Insentif dan Pengakuan Karyawan, Mana yang Perlu Diprioritaskan?

Insentif dan Pengakuan Karyawan

Mendapatkan hasil maksimal dari karyawan Anda mungkin lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Kenyataannya, untuk bisa unggul di tempat kerja, karyawan perlu merasa dihargai dan diakui atas kerja kerasnya. Untuk mewujudkan hal tersebut, para atasan memberikan insentif dan pengakuan karyawan.

Dua benefit tersebut dapat membantu meningkatkan keterlibatan dan juga produktivitas yang nantinya akan menunjang perkembangan dan kemajuan perusahaan. Tapi, di antara insentif dan pengakuan karyawan, mana yang perlu Anda prioritaskan?

Pada artikel kali ini, kami akan membahas terkait insentif dan pengakuan yang diberikan kepada karyawan untuk menumbuhkan loyalitas. Simak selengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: Pentingnya Loyalitas Karyawan di Tempat Kerja dan Cara Meningkatkannya

Apa itu Insentif dan Pengakuan Karyawan?

Insentif karyawan adalah bentuk imbalan finansial atau nonfinansial namun tetap memiliki wujud. Biasanya diberikan dalam bentuk poin, voucher hadiah, e-voucher, atau program khusus untuk memotivasi dan melibatkan karyawan.

Sementara itu, pengakuan karyawan adalah cara perusahaan menunjukkan penghargaannya atas dedikasi dan kontribusi karyawan. Bentuknya pun bisa yang berhubungan dengan uang dan tidak. Tujuannya pun juga sama, untuk memotivasi, meningkatkan keterlibatan, dan juga menumbuhkan rasa loyalitas karyawan.

Pada prakteknya, kedua manfaat tersebut diberikan pada saat-saat tertentu, seperti:

  • Pencapaian kerja
  • Berhasil menyelesaikan pekerjaan dengan hasil yang melampaui ekspektasi
  • Karyawan terbaik di setiap bulannya
  • Masa bakti karyawan

Mengapa Insentif dan Pengakuan Karyawan itu Penting?

Jawaban sederhananya adalah karena manusia membutuhkan dua hal tersebut untuk tetap bisa berfungsi secara maksimal. Ketika karyawan mendapatkan insentif dan pengakuan, hal ini akan bekerja sebagai dopamin atau zat kimia yang akan mengubah dua hal tersebut menjadi sesuatu yang menyenangkan.

Pada saat karyawan merasa senang karena dihargai atas apa yang dilakukannya, maka hal ini akan membuat mereka merasa lebih termotivasi, dapat meningkatkan keterlibatan, bahkan memberikan maximum output pada apa yang dikerjakannya.

Dengan kata lain, memberdayakan nilai pengakuan karyawan akan menghasilkan nilai kesejahteraan yang lebih tinggi sekaligus meningkatkan pendapatan perusahaan. Di sisi lainnya, Anda pun memiliki sumber daya manusia yang terbaik di antara yang terbaik.

Insentif Mendorong Keterlibatan dengan Cepat

Semua orang menyukai insentif. Tidak hanya karyawan, Anda sendiri pun pasti menyukainya. Ada alasan bagus mengapa faktor ini sangat bagus. Sebab dapat mendorong karyawan untuk terlibat.

Karyawan yang mendapatkan insentif tambahan, cenderung berusaha untuk bekerja lebih keras untuk mencapai target yang diberikan. Sehingga bisa mendapatkan bentuk insentif lainnya. Hal ini tentu didukung dengan penelitian yang menyebutkan bahwa, 90% perusahaan dengan kinerja terbaik menggunakan insentif dan imbalan dalam bentuk uang untuk mempertahankan dan mendorong karyawannya.

Strategi insentif terbaik dibangun berdasarkan kebutuhan dan minat karyawan secara spesifik. Artinya, Anda harus mencari tahu dulu apa yang mereka butuhkan sehingga pemberian imbalannya bisa sesuai dan tepat sasaran.

Hal yang perlu digaris bawahi adalah penghargaan yang baik bukan tentang materi yang diberikan. Melainkan bagaimana cara untuk menciptakan momen yang bermakna dan tak terlupakan bagi karyawan Anda.

Pengakuan Karyawan Dapat Membangun Budaya Penghargaan

Sudah bukan rahasia lagi bahwa ketika karyawan merasa dihargai dan dihormati, mereka akan lebih termotivasi untuk melakukan yang terbaik dalam pekerjaannya dalam waktu jangka panjang. Selain itu, mereka juga akan menunjukkan loyalitasnya dengan bekerja lebih lama.

Jika ingin memiliki program pengakuan karyawan yang berhasil dan efektif, maka Anda perlu fokus pada interaksi dan komunikasi yang terjadi di tempat kerja. Bukan hanya antara atasan dengan manajer dan karyawan, tetapi juga di antara rekan kerja lainnya.

Contoh sederhana dari bentuk pengakuan yang bisa Anda berikan adalah ucapan terima kasih sambil mengucapkan nama karyawan yang bersangkutan. Tindakan lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberikan selamat atas pencapaian mereka, memajang karyawan terbaik pada buletin karyawan, atau mengumumkannya secara publik.

Insentif dan Pengakuan Karyawan

Lebih Penting Mana Antara Insentif dan Pengakuan Karyawan?

Sebenarnya, kedua faktor ini sama pentingnya bagi karyawan. Anda bisa menggabungkan keduanya atau memilih salah satu. Bila ingin memilih salah satu, hal ini dapat diselesaikan dengan tujuan perusahaan, budget yang dimiliki, dan nilai budaya perusahaan.

Pendekatan terbaik yang dapat Anda lakukan tergantung pada tujuan perusahaan. Apakah untuk meningkatkan retensi karyawan? Meningkatkan produktivitas? Atau meningkatkan keterlibatan? Atau ada target kinerja yang perlu dicapai pada waktu tertentu? Lalu pikirkan lagi apakah tujuan tersebut berlaku untuk jangka pendek atau jangka panjang.

Insentif cenderung lebih efektif dalam jangka pendek karena umumnya melibatkan imbalan langsung atas pencapaian atau tindakan tertentu. Sebaliknya, pengakuan karyawan bekerja lebih lambat namun dapat membangun lingkungan kerja yang positif dan budaya penghargaan di perusahaan untuk waktu yang lama.

Penting untuk mendapatkan umpan balik dari karyawan untuk mengetahui insentif dan pengakuan karyawan seperti apa yang mereka inginkan.\

BACA JUGA: 3 Cara Menggunakan Hadiah Gamifikasi untuk Meningkatkan Keterlibatan dan Loyalitas

Berikan Insentif dan Pengakuan Karyawan yang Tepat Dengan Program yang Tepat Dari Benefit One Indonesia

Insentif dan pengakuan karyawan merupakan dua hal penting yang harus diterima oleh karyawan. Kedua hal ini dapat membantu karyawan menjadi lebih terlibat dan juga menjadi loyal. Dan tentunya, ada banyak bentuk yang bisa diberikan. Mulai dari gift cards, e-voucher, hari cuti tambahan, hadiah berbasis pengalaman, paket kesehatan dan kesejahteraan karyawan, pengembangan karir, dan masih banyak lagi.

Selain dari menanyakan kepada karyawan terkait apa yang mereka inginkan, Anda juga perlu menggunakan program penghargaan yang tepat agar bisa sesuai target. Maka dari itu, Anda membutuhkan mitra loyalitas yang dapat membantu menemukan solusi untuk masalah tersebut.

Benefit One Indonesia adalah salah satu mitra loyalitas terpercaya yang bisa Anda andalkan sebagai one stop solution. Tidak hanya menyediakan program yang tepat, kami juga memberikan banyak pilihan hadiah yang bisa Anda berikan. Ada hadiah fisik dan juga digital. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan.

Tim Benefit One Indonesia juga akan memberikan wawasan terkait keterlibatan karyawan dan hal lainnya yang dapat membantu kelangsungan dan perkembangan perusahaan Anda. Didukung teknologi canggih dan modern yang bisa langsung terhubung dengan sistem manajemen bisnis Anda tanpa harus mengunduh aplikasi tambahan.Praktis, bukan? Tunggu apa lagi! Segera hubungi kami melalui WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang! Cari tahu bagaimana Benefit One Indonesia dapat membantu bisnis Anda untuk berkembang dan maju!