Di era modern seperti saat ini, sistem penghargaan berbasis poin masih menunjukkan eksistensinya. Sampai saat ini, program penghargaan ini tetap digunakan untuk meningkatkan keterlibatan, motivasi, dan retensi pelanggan.
Namun, apa yang membuat sistem ini masih digunakan? Simak penjelasannya di bawah ini.
Apa itu Sistem Penghargaan Berbasis Poin?

Secara sederhana sistem penghargaan berbasis poin adalah sebuah program yang dibuat secara fleksibel yang memungkinkan orang-orang untuk mendapatkan poin sebagai reward setelah melakukan sesuatu. Poin yang dikumpulkan dapat diakumulasi dan ditukarkan dengan berbagai macam hadiah.
Singkatnya, sistem ini merupakan bentuk pengakuan dan penghargaan secara real-time yang dapat memberikan kepuasan instan kepada pelanggan.
Sistem ini menciptakan pengalaman pengakuan tepat waktu, bermakna, dan memotivasi orang untuk melakukan tindakan berulang. Dalam hal ini, pelanggan akan terus termotivasi untuk melakukan pembelian berulang agar bisa terus mengumpulkan poin sampai batas maksimal yang diinginkan.
Bagaimana Cara Kerja Sistem Penghargaan Berbasis Poin?
Berikut cara kerja point-based rewards systems:
Mengumpulkan Poin
Pelanggan akan mendapatkan poin setelah berhasil suatu pencapaian atau misi. Misalnya, melakukan pembelian maks Rp500.000 dalam satu kali belanja. Atau ketika mereka berhasil merekomendasikan produk bisnis Anda ke orang baru.
Poin ini akan diberikan secara langsung sebagai bentuk penghargaan dan pengakuan atas apa yang sudah dilakukan oleh pelanggan.
Menukarkan Poin
Salah satu kelebihan dari point-based rewards systems ini adalah memiliki banyak hadiah yang dapat diberikan. Meskipun memang tidak semua hadiah cocok untuk semua orang, pelanggan dapat menukarkan poin mereka dengan apa yang paling membuat mereka termotivasi.
Seperti gift voucher, potongan diskon, pengalaman menarik, hadiah eksklusif, dan lainnya.
Fleksibilitas & Penyesuaian
Sistem penghargaan berbasis poin juga memiliki hadiah yang dapat dipersonalisasikan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Diambil dari data pelanggan terkait pola pembelian, produk apa yang mereka sukai, dan lainnya.
Hadiah dalam Bentuk Nyata & Dapat Dilacak
Kelebihan dari sistem poin adalah dapat membuat bentuk pengakuan dan penghargaan terlihat alias menjadi nyata, dapat diukur, dan mudah dilacak. Sehingga Anda dapat memantau pelanggan mana yang paling banyak mengumpulkan poin dan mana yang tidak.
Meningkatkan Keterlibatan & Motivasi
Ketika pelanggan menyadari bahwa apa yang mereka lakukan dapat memberikan hadiah yang bermakna, maka hal ini akan menciptakan efek domino ke hal lainnya. Seperti meningkatkan keterlibatan, motivasi, dan tindakan tertentu yang diinginkan.
Mengapa Sistem Penghargaan Berbasis Poin Masih Ideal?

Secara garis besar, sistem ini menggunakan dampak psikologi yang mungkin tidak ada di program penghargaan lainnya. Yaitu memberikan pengakuan secara langsung setelah melakukan sesuatu.
Singkatnya begini, manusia suka dipuji dan diakui. Ketika seseorang mendapatkan pengakuan atas apa yang dilakukannya, maka hal ini akan memicu respon penghargaan di otak.
Hasilnya? Secara alami orang tersebut akan mengulangi perilaku yang membuat mereka mendapatkan pengakuan itu. Inilah mengapa sistem penghargaan berbasis poin masih sangat ideal untuk mendorong motivasi pelanggan.
Jadi, pengakuan yang diberikan secara langsung dapat membentuk perilaku berulang.
Manfaat Sistem Penghargaan Berbasis Poin untuk Bisnis
Sistem ini tidak hanya membentuk perilaku dan motivasi saja, tapi juga memiliki banyak manfaat untuk bisnis Anda. Seperti:
Keterlibatan yang Lebih Tinggi
Keunggulan lainnya dari sistem ini adalah dapat membuat bentuk apresiasi menjadi instan, menyenangkan, dan personal. Hal ini dapat membuat pelanggan merasa termotivasi, terhubung, dan terlibat dengan merek.
Tingkat Retensi yang Lebih Baik
Pelanggan yang merasa diakui dan dihargai cenderung akan bertahan dengan lama. Pengakuan yang konsisten dapat mengurangi tingkat turnover, memperkuat ikatan dengan merek, dan membangun loyalitas berkelanjutan.
Kinerja Bisnis yang Lebih Baik Lagi
Perilaku pembelian berulang dari pelanggan tentu akan meningkatkan pendapatan bisnis. Disisi lain, hal ini juga dapat memuat kinerja bisnis menjadi lebih baik lagi. Jadi, Anda akan mendapatkan dua manfaat sekaligus.
Mendapatkan Wawasan untuk Strategi yang Lebih Baik
Dengan wawasan dan data yang dapat dilacak, Anda dapat melihat seperti apa dampak pengakuan dan penghargaan yang sudah diberikan. Disaat yang bersamaan, sistem ini juga dapat membantu Anda untuk meningkatkan strategi pengakuan dan memotivasi pelanggan.
Berikan Sistem Penghargaan Berbasis Poin Terbaik Bersama Benefit One Indonesia
Pengakuan bukan hanya sekedar gestur untuk membuat orang-orang senang. Melainkan sebuah cara yang masih terbukti sampai saat ini untuk membuat orang merasa dihargai, didengar, dan diakui.
Dengan menggunakan sistem penghargaan berbasis poin, Anda dapat menjaga kepuasan pelanggan secara real time, mempertahankan dan meningkatkan motivasi mereka, dan juga membuat mereka terlibat lebih banyak dengan merek.
Benefit One Indonesia telah berpengalaman lebih dari 10 tahun dalam membantu banyak perusahaan untuk memberikan hasil tersebut. Terlebih kami juga memiliki banyak hadiah yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Baik itu hadiah fisik atau digital.
Sebagai one-stop-solution untuk masalah loyalitas, Benefit One Indonesia tidak hanya membantu dari sisi programnya saja. Tetapi juga memberikan wawasan dan data dalam bentuk laporan interaktif dan solutif yang dapat membantu kemajuan bisnis Anda.Siap untuk mengubah pengakuan menjadi loyalitas jangka panjang? Hubungi kami segera di WhatsApp untuk berkonsultasi atau menjadwalkan demo dengan tim kami.