Membangun customer loyalty bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Bahkan beberapa perusahaan terbesar dan ternama pun bisa mendapatkan hal tersebut setelah melewati beberapa tahapan dan tahun-tahun penjualan. Akan tetapi, sudah sewajarnya bagi pemilik bisnis, Anda mengedepankan pelanggan dalam segala hal yang dilakukan.
Sebab, dalam menjalankan bisnis pelanggan adalah hal utama yang bisa membuat Anda menjadi sukses dan mendapatkan keuntungan besar. Faktanya, kebutuhan pelanggan haruslah menjadi hal utama dan terdepan dalam bisnis Anda. Tidak hanya untuk mendorong penjualan saja, tetapi juga bisa membantu membangun customer loyalty untuk jangka panjang.
Bagaimana cara mudah membangun customer loyalty dari nol untuk bisnis Anda? Simak penjelasan selengkapnya di artikel bawah ini, ya!
BACA JUGA: Strategi Penghargaan Loyalitas Pelanggan, Solusi Modern Mempertahankan Pelanggan Setia
Mengapa Membangun Customer Loyalty itu Penting untuk Bisnis Anda?
Sebelum kita membahas pentingnya membangun customer loyalty, mari kita perjelas kembali apa itu kesetiaan pelanggan. Customer loyalty adalah sebuah bentuk komitmen yang diberikan pelanggan terhadap merek bisnis Anda. Dimana dalam hal ini, mereka akan selalu memilih merek Anda dibandingkan kompetitor lainnya.
Sejatinya, kesetiaan pelanggan dapat dibangun dengan cara mengutamakan kualitas pelayanan pelanggan, memenuhi ekspektasi, memuaskan pelanggan, memberikan apa yang mereka butuhkan, dan masih banyak lagi. Terlebih jika Anda memiliki produk dan/atau jasa yang unik dan menjadi pembeda dengan kompetitor.
Lalu mengapa membangun customer loyalty itu sangat penting untuk bisnis Anda? Perlu diketahui bahwa, pelanggan setia merupakan sebuah aset berharga yang harus dipertahankan oleh setiap pemilik bisnis. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Bain & Company, pelanggan setia bisa menghabiskan 67% lebih banyak sambil terus menjaga hubungan baik dengan merek.
Hal ini jauh berbeda jika Anda berusaha untuk terus mendatangkan pelanggan baru. Dikarenakan hal ini akan memakan banyak biaya hingga 25 kali lebih besar. Maka dari itu, sangat penting untuk Anda membangun customer loyalty. Di sisi lain, Anda bisa menghemat biaya pengeluaran dan juga meningkatkan angka ROI perusahaan.
Manfaat Membangun Customer Loyalty untuk Bisnis Anda
Selain seperti yang disebutkan di atas, ada beberapa manfaat membangun customer loyalty untuk bisnis Anda. Kesetiaan pelanggan merupakan hal penting yang harus dilakukan sebab dapat mempengaruhi kesuksesan bisnis Anda dalam jangka panjang.
Di bawah ini ada penjelasan singkat terkait manfaat membangun customer loyalty untuk bisnis Anda, yaitu:
Mempertahankan Angka Penjualan dan Mendorong Pertumbuhan
Manfaat membangun customer loyalty yang pertama adalah bisa mempertahankan angka penjualan dan mendorong pertumbuhan. Pada prakteknya, jika Anda memiliki basis pelanggan yang loyal, maka Anda bisa mempertahankan angka penjualan yang konsisten dari waktu ke waktu. Keuntungan lainnya adalah Anda memiliki kesempatan untuk memperluas bisnis ke pasar baru.
Membangun Customer Loyalty Bisa Membuat Bisnis Lebih Kompetitif
Dengan memiliki pelanggan setia, maka Anda bisa mengetahui apa yang mereka cari dan butuhkan. Selain itu Anda juga bisa mengetahui apakah mereka membeli dari kompetitor atau tidak. Manfaatkan hal ini untuk memberikan hal yang lebih kepada pelanggan dengan menawarkan bentuk pelayanan yang luar biasa dan bisa memuaskan mereka.
Mendorong Penjualan Berulang Adalah Manfaat Membangun Customer Loyalty
Tidak hanya untuk mempertahankan angka penjualan saja, tetapi manfaat membangun customer loyalty juga bisa untuk mendorong penjualan berulang. Untuk bisa melakukan hal ini, maka Anda membutuhkan strategi penjualan yang efektif untuk mempertahankan perhatian pelanggan setia pada bisnis. Dengan begitu, mereka akan dengan senang hati melakukan pembelian berulang.
Meningkatkan Pemasaran Word-of-Mouth
Sudah bukan menjadi rahasia umum jika pelanggan setia akan dengan senang hati merekomendasikan merek favoritnya kepada rekan, teman, keluarga, atau orang lain. Dalam hal ini, mereka akan bertindak sebagai advokat bisnis yang bisa meningkatkan pemasaran dari mulut ke mulut. Keuntungan lainnya, Anda bisa mendapatkan pelanggan baru tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak.
Cara Membangun Customer Loyalty dari Nol untuk Bisnis Anda
Setelah memahami pentingnya dan manfaat membangun customer loyalty, sekarang kita akan membahas bagaimana cara membangunnya. Terutama untuk Anda yang baru saja memulai bisnis dan ingin menyelipkan strategi ini. Meliputi:
Memahami dan Melibatkan Pelanggan
Cara membangun customer loyalty yang pertama adalah dengan memahami dan melibatkan pelanggan Anda. Cara ini harus dilakukan jika Anda menginginkan hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Di sini Anda harus mengetahui dan memahami siapa mereka, mengetahui apa preferensi dan tren pembelian yang dilakukan, kebiasaan belanja, produk apa yang mereka cari, hingga mencari tahu apakah mereka akan kembali lagi ke merek Anda atau tidak. Jika bisa, Anda harus memberikan rekomendasi produk dan/atau jasa untuk membangun kepercayaan pelanggan.
Mendorong Tim Penjualan untuk Mengenali Produk dan/atau Jasa Secara Pribadi
Selanjutnya, Anda bisa mendorong tim penjualan untuk mengenal produk dan/atau jasa yang ditawarkan. Artinya, tim penjualan bisa menjadi sosok testimoni berjalan yang akan meyakinkan pelanggan. Pengalaman pribadi yang dibagikan dengan pelanggan bisa membantu Anda untuk mengenal mereka lebih dalam. Bahkan dari hal ini Anda juga bisa memberikan banyak rekomendasi produk dan/atau jasa yang sekiranya mereka butuhkan.
Menyediakan Pelayanan Pelanggan Terbaik untuk Membangun Customer Loyalty
Memberikan pelayanan pelanggan terbaik tidak hanya berlaku bagi pelanggan setia saja. Tetapi juga untuk pelanggan baru. Mulai dari interaksi pertama yang terjadi, respon cepat dan tanggap yang diberikan saat pelanggan memiliki keluhan atau mengalami masalah terkait produk dan/atau jasa yang dibelinya. Dimensional Research melakukan sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa, sebanyak 89% pelanggan mengatakan jika respon cepat yang diberikan sebuah brand bisa mempengaruhi keputusan pembelian mereka.
Tunjukkan Apresiasi Anda Melalui Program Loyalitas
Satu hal yang tidak boleh terlewatkan dan paling penting adalah memberikan apresiasi kepada pelanggan. Untuk bisa membangun customer loyalty, Anda perlu menunjukkan hal tersebut. Misalnya dengan memberikan insentif seperti diskon, penawaran khusus, atau fasilitas menarik yang hanya bisa mereka dapatkan ketika sudah bergabung dengan program loyalitas. Salah satu kelebihan program loyalitas ini adalah membuat pelanggan merasa dihargai dan diapresiasi atas setiap kontribusi yang mereka berikan. Bahkan jika dilakukan dengan benar, program ini bisa membangun kesetiaan pelanggan untuk jangka waktu yang lama.
Pilihlah Saluran Komunikasi yang Tepat untuk Membangun Customer Loyalty
Ada banyak pilihan saluran komunikasi yang bisa Anda gunakan. Namun tidak semua disukai atau digunakan oleh pelanggan. Maka dari itu, Anda harus bisa mengidentifikasi dan memilih saluran mana yang paling efektif. Sesuaikan dengan karakter dan jenjang usia pelanggan. Ketika Anda menggunakan saluran yang tepat, maka Anda bisa berkomunikasi dengan pelanggan tanpa kendala apapun. Termasuk untuk mempromosikan produk dan/atau jasa hingga informasi mengenai brand.
Pengalaman Personalisasi Pelanggan itu Wajib!
Untuk menunjukkan bahwa Anda menghargai dan mengapresiasi pelanggan, maka jangan lupa untuk memberikan pengalaman yang dipersonalisasi. Sebagai contoh: memanggil pelanggan dengan namanya, memberikan diskon atau penawaran khusus di hari ulang tahunnya, mengirimkan hadiah kejutan di hari-hari tertentu, dan masih banyak lagi. Hal ini bisa membuat pelanggan merasa diapresiasi dan istimewa. Sehingga mereka akan dengan senang hati melakukan hal yang sama untuk bisnis Anda.
Meminta Feedback Pelanggan untuk Kemajuan Bisnis
Terakhir, Anda bisa meminta feedback pelanggan untuk membangun customer loyalty. Bisa dengan mengirimkan survey online, pemberian nilai secara langsung setelah selesai melakukan transaksi, hingga meminta saran dan kritik membangun untuk kemajuan bisnis. Meskipun mereka memberikan ulasan yang negatif, jangan berkecil hati. Jadikan ulasan tersebut sebagai masukan dan perbaikan di kemudian hari.
BACA JUGA: 7 Strategi Meningkatkan Customer Loyalty dan Retention untuk Bisnis Anda
Membangun Customer Loyalty Bisnis Anda Bersama Benefit One Indonesia
Seperti yang sudah disebutkan di atas, salah satu cara untuk membangun customer loyalty adalah dengan menyediakan program loyalitas. Dimana dalam program ini, setiap pelanggan yang berkontribusi akan mendapatkan hadiah atau reward. Membangun kesetiaan pelanggan sama seperti membangun sebuah hubungan.
Kendati demikian, hal ini tidak terlepas dari banyaknya tantangan, strategi, dan juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Untuk bisa terus meningkatkan loyalitas pelanggan, Anda juga perlu memperhatikan pengalaman mereka. Jadikan pengalaman berbelanja mereka bersama bisnis Anda menjadi suatu hal yang menyenangkan, memuaskan, dan tidak terlupakan.
Jika Anda membutuhkan provider untuk membuat program loyalitas, Anda bisa mempercayakan kepada ahlinya, Benefit One Indonesia. Kami sudah terjun dalam industri ini selama 10 tahun dan sudah dipercaya lebih dari ratusan perusahaan besar di seluruh dunia. Tentunya, dengan solusi pintar yang kami tawarkan, Anda bisa menjaga koneksi dan membangun customer loyalty dari nol untuk bisnis Anda.
Benefit One Indonesia hadir sebagai Solusi Digital Loyalty Terlengkap untuk bisnis Anda. Kami hadir untuk membantu Anda membangun loyalitas pelanggan, mendorong tim penjualan, meningkatkan kedekatan dengan karyawan dan pelanggan, hingga memberikan solusi dan pilihan hadiah yang beragam.Cari sistem reward digital? Dapatkan loyalitas dan penghargaan tanpa batas dengan menggunakan aplikasi kami. Tunggu apa lagi? Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!