Ketika Anda menciptakan gebrakan baru pada produk atau merek, maka hal ini akan menarik pengunjung baru ke dalam ranah bisnis Anda. Tentu saja hal ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan user engagement dengan memberikan pengalaman pengguna yang menarik.
Terlebih di tahun 2024 ini, dimana semuanya serba dilakukan secara online dan digital. Tentunya meningkatkan user engagement menjadi salah satu tantangan terbesar bagi para pebisnis. Agar bisa tetap bertahan, Anda harus menyusun beberapa strategi yang bisa membuat pengguna terlibat. Terutama bagi Anda yang menggunakan aplikasi atau platform online untuk melakukan bisnis.
Kali ini, kami sudah merangkum beberapa cara yang bisa meningkatkan keterlibatan pengguna yang bisa Anda lakukan. Simak terus sampai selesai untuk mengetahui penjelasan lengkapnya.
BACA JUGA: Memahami Pentingnya User Engagement Dalam Sebuah Bisnis
Penyebab Menurunnya User Engagement
Apakah Anda mengetahui apa yang menjadi penyebab menurunnya keterlibatan pengguna? Salah satunya karena menurunnya rentang perhatian pengguna secara rata-rata.
Fenomena digital yang terjadi saat ini menunjukkan bahwa, banyak orang menemukan dan menggunakan lebih dari satu aplikasi dan platform lain setiap harinya. Tujuannya adalah untuk mencari apa yang mereka butuhkan dan melihat perbandingan di setiap aplikasinya.
Sayangnya, hal ini justru membuat merek kesulitan untuk menonjol di pasar yang sudah jenuh. Padahal, setiap industri bisnis memiliki metrik keterlibatannya masing-masing. Dengan kata lain, untuk bisa menarik pengguna aktif dan terlibat sepenuhnya, Anda harus melakukan tindakan yang berarti pada produk dan/atau jasa yang ditawarkan.
Sebab, pengguna atau pelanggan yang aktif dan mau terlibat merupakan salah satu fondasi utama dari sebuah bisnis. Semakin tinggi pengguna yang terlibat, maka semakin tinggi juga tingkat retensinya. Tidak hanya itu, konversi bisnis pun akan meningkat yang bisa berujung pada pertumbuhan dan perkembangan bisnis.
Bagaimana Cara Meningkatkan User Engagement?
Perlu digaris bawahi bahwa, meningkatkan user engagement bukanlah perkara mudah dan bisa dilakukan dalam satu malam saja. Dibutuhkan ketekunan, kerajinan, dan konsistensi yang tinggi. Berikut beberapa cara yang bisa Anda gunakan, meliputi:
Merancang Peta Perjalanan Pelanggan
Merancang peta perjalanan pelanggan dari pertemuan pertama mereka dengan produk dan/atau jasa bisnis Anda, ke titik dimana mereka mendapatkan nilai maksimum dari apa yang ditawarkan. Untuk berhasil melakukan cara ini, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan, yaitu:
- Memahami tujuan bisnis Anda
- Memahami pengguna Anda
- Identifikasi langkah-langkah dalam perjalanan pelanggan
- Menggunakan peta perjalanan yang sudah dicoba dan diuji sebelumnya
- Menguji dan menyempurnakan peta perjalanan tersebut
Membuat Personalisasi Konten
Dengan memberikan konten yang sudah dipersonalisasi kepada pengguna, maka hal ini dapat membantu mereka melihat nilai produk dan/atau jasa serta membuat mereka tetap terlibat. Namun sebelumnya, Anda harus mencari tahu dulu siapa target pengguna atau pelanggan. Lalu buatlah persona mereka berdasarkan segmentasi masing-masing. Kemudian sesuaikan konten yang dipersonalisasi pada setiap kelompok.
Mempersonalisasi Saluran Dukungan
Saluran dukungan atau support channel dapat membantu Anda membangun hubungan yang lebih dekat kepada pengguna dan menciptakan loyalitas dengan menunjukkan sisi manusiawi kepada mereka. Misalnya seperti memanggil nama mereka setiap kali berkomunikasi, menggunakan gambar atau video yang dapat digunakan untuk memberikan penjelasan lebih terkait solusi yang dialami, hingga melakukan follow up kepada pengguna terkait solusi mereka.
Terlibat dengan Pengguna di Media Sosial
Saat ini, media sosial masih menjadi salah satu alat promosi terbaik untuk setiap industri. Berinteraksi dengan pengguna atau pelanggan bisa membuat Anda terhubung dan memperluas jangkauan target pasar. Sebab pada dasarnya media sosial merupakan tempat dimana Anda dapat mendengar apa yang benar-benar dipikirkan oleh pengguna terkait produk dan/atau jasa yang ditawarkan.
Reward Engagement
Berikan penghargaan atas keterlibatan pengguna atau pelanggan dengan bisnis Anda. Contohnya, Anda dapat membangun pengalaman produk dan/atau jasa yang menarik, dan yakinlah bahwa mereka akan terlibat dengan hal tersebut. Atau Anda juga dapat secara aktif memberikan penghargaan kepada pengguna ketika mereka terlibat, dan untuk menunjukkan bahwa Anda menghargai upaya mereka.
Tindaklanjuti Semua Umpan Balik yang Diberikan
Jika pengguna Anda telah meluangkan waktu untuk memberikan umpan balik, saran, dan/atau kritik terkait bisnis Anda, maka Anda juga harus memiliki proses untuk mengakui pendapat mereka dan menunjukkan kepada mereka bahwa semua yang sudah diberikan akan ditindaklanjuti.
Lacak Metrik User Engagement
Salah satu cara untuk meningkatkan user engagement adalah terus melacak sudah sejauh mana mereka terlibat. Ada beberapa metrik yang bisa Anda gunakan, di antaranya:
- Jumlah pengguna baru, unik, dan yang kembali
- Page views dan waktu yang mereka habiskan untuk membaca keseluruhan halaman
- Scroll and click through rates untuk mengetahui apakah konten yang dibuat relevan dengan apa yang dibutuhkan atau dicari oleh pelanggan
- Bounce, rates, and abandonment rates untuk mengetahui proporsi pengguna yang meninggalkan situs Anda karena tidak menemukan apa yang mereka cari
Perbarui Pengalaman Produk dan/atau Jasa Bisnis Anda
Satu lagi cara meningkatkan user engagement adalah dengan selalu memperbarui pengalaman produk dan/atau jasa yang Anda tawarkan. Dalam hal ini, Anda dapat memanfaatkan inovasi teknis secara maksimal untuk menarik keterlibatan pengguna. Dengan begitu mereka akan merasa bahwa bisnis Anda sangat memperhatikan penggunanya serta memberikan pelayanan terbaik. Hal ini akan meningkatkan loyalitas pengguna dan pelanggan dengan bisnis Anda.
BACA JUGA: 6 Jenis Hadiah Gamifikasi Dalam Program Loyalitas Pelanggan
Tingkatkan User Engagement Bisnis Anda Bersama Benefit One Indonesia
Salah satu strategi meningkatkan user engagement yang disebutkan di atas adalah dengan memberikan hadiah setiap kali ada yang terlibat. Selain dari pengalaman produk, Anda juga bisa menawarkan pengalaman pelanggan melalui program loyalitas kepada mereka. Tujuannya adalah untuk meningkatkan keterlibatan dan mempertahankan pelanggan setia.
Lalu bagaimana Benefit One Indonesia membantu Anda? Kami akan membantu Anda dengan memberikan wawasan terkait pelanggan dan saluran penjual yang digunakan. Kami juga akan menyediakan berbagai macam hadiah yang bisa dijadikan imbalan untuk setiap pelanggan atau pengguna yang terlibat. Ada hadiah fisik dan ada yang digital.Benefit One Indonesia juga akan memberikan laporan interaktif dan solusi inovatof yang bisa membantu Anda dalam mengembangkan dan memajukan perusahaan. Lebih baik lagi, kami akan membantu bisnis Anda sebagai one stop solution! Segera hubungi kami melalui WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang! Cari tahu bagaimana Benefit One Indonesia dapat membantu bisnis Anda!