Pada prakteknya, program loyalitas pelanggan tidak hanya dapat membantu bisnis Anda berkembang, tetapi juga bisa membantu Anda untuk bertahan di tengah ketatnya persaingan bisnis.
Sebagai pelaku bisnis, tentu Anda menyadari bahwa pelanggan adalah bagian dari inti bisnis tersebut. Maka dari itu, memenuhi kebutuhan pelanggan adalah hal yang harus diutamakan dan didahulukan. Jika sebelumnya, kita membahas mengenai apa itu program loyalitas pelanggan, maka di artikel kali ini kita akan memaparkan bagaimana cara membangunnya.
Manfaat Program Loyalitas Pelanggan
Hal yang perlu Anda garis bawahi adalah pelanggan didorong oleh tujuan mereka. Dalam hal ini produk dan/atau jasa yang mereka inginkan. Dan sudah menjadi tugas Anda untuk memenuhi kebutuhan mereka.
Tahukah Anda bahwa, pelanggan akan setia kepada perusahaan yang bisa membantu dan memenuhi apa yang mereka inginkan? Membuat pelanggan menjadi setia mungkin bisa dilakukan dengan mudah.
Namun untuk mempertahankan mereka agar tetap setia dengan brand Anda, adalah perkara lain. Salah satu strategi yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat program loyalitas pelanggan.
Jika Anda masih ragu, berikut beberapa manfaat program loyalitas pelanggan yang perlu Anda ketahui. Di antaranya adalah:
- Retensi pelanggan yang lebih baik lagi
- Lebih banyak referensi pelanggan
- Efisiensi biaya
- Menciptakan ulasan dan konten UGC (User Generated Content)
Membangun Program Loyalitas Pelanggan dengan Optimal
Semua bentuk bisnis, baik skala besar maupun kecil, bisa memperoleh manfaat dari program loyalitas pelanggan ini. Di persaingan pasar yang semakin ketat ini, kehadiran program ini bisa menjadi pembeda bisnis Anda dengan kompetitor.
Lalu bagaimana cara membangun program loyalitas pelanggan dengan optimal dan efektif? Berikut kami beri tahu caranya. Seperti:
Kenali Pelanggan Anda, dan Biarkan Mereka Mengenal Bisnis Anda
Hal yang harus Anda perhatikan sebelum membangun program loyalitas pelanggan adalah saling mengenal. Kenali pelanggan Anda, dan di saat bersamaan biarkan mereka mengenal bisnis Anda. Seperti mengetahui siapa nama mereka, pola belanja mereka, hingga cerita atau pengalaman berbelanja mereka.
Nah dari data tersebut, Anda bisa membuat strategi pemasaran yang sudah disesuaikan dengan kemauan pelanggan. Tujuannya adalah untuk membuat pengalaman berbelanja yang lebih menyenangkan dan juga mengetahui pelanggan Anda lebih dekat.
Ketika Anda sudah mengetahui informasi dan data pribadi pelanggan, saatnya mereka untuk mengetahui bisnis Anda. Misalnya seperti memberikan newsletter, memberikan info atau update terkini terkait bisnis Anda, dan masih banyak lagi. Sehingga nantinya lama kelamaan pelanggan akan merasa nyaman untuk terus menjaga koneksi dengan bisnis Anda.
Membuat Program Loyalitas Pelanggan
Program loyalitas pelanggan adalah salah satu cara yang bisa mendorong dan sekaligus memberikan penghargaan atau hadiah kepada pelanggan setia. Meskipun program ini memiliki syarat dan kondisi tertentu (seperti melakukan pembelanjaan berulang dan lainnya), pastikan untuk memberikan hadiah atau reward yang sesuai dengan jumlah yang mereka habiskan untuk bisnis Anda.
Salah satu tujuan dari program ini adalah membuat pelanggan untuk terus melakukan pembelian berulang sehingga bisa meningkatkan jumlah produk dan/atau jasa yang terjual.
Siapkan Program Referral
Program referral atau program rujukan bisa diterapkan pada program loyalitas pelanggan untuk mendorong keterlibatan mereka dengan bisnis Anda. Biasanya dalam hal ini, pelanggan akan mendapatkan reward yang sesuai ketika mereka berhasil merekomendasikan produk dan/atau jasa dari bisnis Anda kepada orang lain.
Tidak hanya bisnis Anda akan mendapatkan pelanggan baru, tetapi disaat bersamaan Anda bisa mempertahankan pelanggan setia dan membuat pelanggan yang tidak aktif untuk terlibat lagi. Banyak sekali keuntungan yang akan Anda dapatkan, bukan?
Tunjukan Kekuatan dan Nilai dari Bisnis Anda
Cara membangun program loyalitas pelanggan selanjutnya adalah dengan menunjukan kekuatan dan nilai dari bisnis Anda. Dengan kata lain, berikan pelanggan produk dan/atau jasa terbaik, unik, berbeda dari kompetitor, dapat memberikan manfaat dan nilai lebih, hingga bisa memuaskan dan memenuhi kebutuhan pelanggan.
Meskipun begitu, jangan sampai melupakan jati diri dari bisnis Anda. Agar bisa tetap berhubungan dengan pelanggan setia, Anda tidak perlu merubah bentuk atau image bisnis. Cukup dengan meningkatkan kualitas dan fokus pada apa yang bisa Anda berikan kepada pelanggan.
Berinteraksi di Media Sosial
Media sosial menjadi salah satu wadah dimana Anda bisa melakukan interaksi dengan pelanggan secara langsung. Bahkan beberapa pelanggan bisa meragukan keberadaan bisnis Anda jika tidak memiliki media sosial. Maka dari itu, sangat penting untuk memiliki satu akun untuk setiap media sosial yang ada.
Mulai dari membuat konten menarik, membalas komentar atau DM (Direct Message) yang masuk, membuat acara atau komunitas untuk pelanggan, dan lainnya. Manfaatkan media sosial untuk berinteraksi dengan pelanggan Anda.
Meminta Feedback atau Ulasan
Meminta feedback atau ulasan mengenai produk dan/atau jasa yang sudah dibeli merupakan salah satu cara untuk menunjukan kepada pelanggan bahwa Anda menghargai pendapat mereka. Tahukah Anda bahwa, beberapa pelanggan suka untuk terlibat langsung dengan bisnis Anda melalui opini mereka?
Namun ada hal yang perlu Anda perhatikan juga. Ketika Anda meningkatkan kualitas berdasarkan ulasan atau opini yang mereka berikan, pastikan Anda juga memberitahukan hal tersebut kepada pelanggan.
Menyimpan Data Pelanggan
Cara terakhir untuk membangun program loyalitas pelanggan adalah dengan menyimpan data mereka. Misalnya seperti membuat akun pada website atau aplikasi yang khusus Anda buat atau dengan menggunakan aplikasi dari jasa pihak ketiga seperti Cerra Point dan Spur dari Benefit One Indonesia.
Dengan begitu, pelanggan bisa dengan mudah mengecek jumlah poin atau reward yang bisa mereka dapatkan setelah melakukan pembelian. Pelanggan juga akan merasa senang karena tidak perlu melakukan hal yang membuat mereka repot.
Membangun Program Loyalitas Pelanggan Bersama Benefit One Indonesia
Seperti yang disebutkan sebelumnya, Benefit One Indonesia memiliki aplikasi seperti Cerra Point dan Spur yang bisa membuat pelanggan Anda mengecek jumlah poin dengan mudah. Aplikasi ini bisa langsung terhubung dan terintegrasi dengan platform Anda dengan API.
Benefit One Indonesia hadir sebagai Solusi Digital Loyalty Terlengkap untuk bisnis Anda. Kami hadir untuk membantu Anda membangun loyalitas pelanggan, mendorong tim penjualan, meningkatkan kedekatan dengan karyawan dan pelanggan, hingga memberikan solusi dan pilihan hadiah yang beragam.
Kami sudah berpengalaman sejak 2014 dan sudah dipercaya oleh lebih dari ratusan perusahaan besar di seluruh dunia. Kami menawarkan solusi pintar untuk menjaga koneksi atau kerjasama Anda dengan mitra bisnis.Cari sistem reward digital? Dapatkan loyalitas dan penghargaan tanpa batas dengan menggunakan aplikasi kami. Tunggu apa lagi? Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!