Tahukah Anda bahwa, direct selling strategi terbaik dan paling menguntungkan untuk bisnis Anda? Berdasarkan hasil penelitian menyebutkan bahwa, sebanyak 41,6 juta pelanggan lebih menyukai membeli secara langsung. Hal ini memberikan dampak positif pada 14% perusahaan. Keuntungan dan penjualannya terus mengalami peningkatan.
Pada artikel kali ini, Benefit One Indonesia ingin mengajak Anda untuk memahami lebih dalam mengenai beberapa strategi direct selling yang bisa meningkatkan keuntungan bisnis Anda. Simak selengkapnya di bawah ini!
BACA JUGA: Mengenal Customer Segmentation & Manfaatnya untuk Bisnis
Direct Selling Adalah
Pengertian direct selling adalah cara berjualan dengan tidak melewati perantara. Dengan kata lain, Anda langsung menjual produk dan/atau layanan kepada pelanggan. Ada dua cara penjualan yang kita ketahui saat ini. Yaitu penjualan online dengan menggunakan platform online shop. Dan juga penjualan offline dengan membuka toko fisik.
Umumnya, praktek penjualan langsung ini terjadi antara sebuah brand dan end consumer atau pengguna terakhir tanpa adanya perantara atau distributor. Direct selling juga bisa dilakukan secara langsung maupun melalui online.
Fakta menariknya, direct selling diprediksi bisa meningkatkan keuntungan bisnis Anda hingga mencapai Rp2,6 triliun pada akhir tahun 2023.
Direct selling menjadi sebuah kegiatan penjualan yang unik. Sebab hal ini mengandalkan seorang sales untuk menjual produk dan/atau jasa langsung kepada pelanggan. Tidak hanya itu, setiap produk dan/atau jasa yang dijual langsung umumnya tidak dapat ditemukan di gerai manapun. Jika pelanggan ingin mendapatkannya, berarti mereka harus mencari distributor atau agen perwakilan yang tersebar di beberapa titik.
Sangat berbeda dengan penjualan melalui pihak ketiga, bukan? Disinilah direct selling bekerja untuk meningkatkan penjualan dan juga keuntungan bisnis Anda. Apakah Anda sudah melakukannya?
Manfaat Direct Selling untuk Bisnis Anda
Jika Anda masih kurang yakin untuk melakukan penjualan langsung, mungkin Anda bisa melihat beberapa manfaat direct selling untuk bisnis di bawah ini:
Bisnis yang Menjanjikan
Manfaat direct selling adalah memberikan model bisnis yang menjanjikan. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh the World Direct Sales Association, menyebutkan bahwa penjualan langsung bisa meningkatkan pertumbuhan bisnis mencapai 1,7%.
Bisa Menyesuaikan dengan Kebutuhan Pelanggan
Sebuah bisnis yang melakukan penjualan langsung, artinya mereka memegang kendali penuh dengan siklus produk tersebut. Mulai dari produksi hingga melakukan penjualan akhir. Melalui pendekatan ini, Anda bisa mendapatkan umpan balik dari pelanggan dengan cepat dan real time. Sehingga jika ada yang tidak sesuai, Anda bisa langsung memperbaikinya dan menyesuaikannya dengan kebutuhan pelanggan.
Menciptakan Personalisasi yang Lebih Baik
Salah satu kelebihan melakukan direct selling adalah bisa melakukan interaksi langsung dengan pelanggan. Dengan begitu, Anda juga bisa mengetahui customer persona dengan lebih baik lagi. Manfaatkan hal ini untuk memberikan pengalaman berbelanja yang sesuai dan dipersonalisasikan kepada setiap pelanggan. Perlu diingat bahwa, Anda memegang kendali penuh atas harga produk dan/atau jasa yang dijual, dan bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan pelanggan.
Meningkatkan Kualitas Hubungan dengan Pelanggan
Dasar dari direct selling adalah interaksi langsung dengan pelanggan. Hal ini memungkinkan Anda untuk menggunakan pendekatan individual yang berbeda pada setiap pelanggan. Sehingga, Anda bisa membangun hubungan jangka panjang dengan mereka. Hasilnya? Akan ada peningkatan retensi pelanggan dan juga keuntungan bisnis.
Margin Bisnis yang Lebih Tinggi
Satu lagi manfaat direct selling adalah mendapatkan margin bisnis yang lebih tinggi. Hal ini terjadi karena Anda tidak menggunakan pihak ketiga atau perantara. Sehingga semua pendapatan bisa langsung kembali ke bisnis tanpa harus membaginya kepada pihak-pihak terlibat.
Strategi Direct Selling untuk Bisnis Anda
Setelah mengetahui dan memahami manfaat direct selling, sekarang saatnya kita membahas beberapa strategi yang bisa Anda gunakan. Sebelumnya, perlu diketahui bahwa setiap strategi ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.
Berikut beberapa strategi direct selling yang bisa Anda lakukan. Di antaranya adalah:
Melakukan Identifikasi Target Audiens
Strategi direct selling yang pertama adalah melakukan identifikasi target audiens. Hal ini dilakukan agar Anda bisa mengetahui siapa pelanggan yang berpotensi memberikan keuntungan yang besar. Caranya Anda bisa membuat customer persona melalui usia, jenis kelamin, tingkat pendapatan yang dibelanjakan, lokasi, status pernikahan, agama, hobi atau minat, pekerjaan, dan data lainnya yang diperlukan.
Ketahui Dimana Pasar Bisnis Anda Berada
Selanjutnya, Anda perlu mengetahui dimana pasar bisnis Anda berada. Dengan kata lain, Anda harus mengetahui dimana pelanggan paling banyak menghabiskan waktu. Apakah di toko online, media sosial, atau yang lainnya? Dengan begitu, Anda bisa menjangkau mereka dengan mudah dan lebih dekat.
Lakukan Direct Selling dengan Storytelling
Storytelling merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan jika ingin melibatkan pelanggan dalam kegiatan penjualan. Anda hanya perlu membubuhkan cerita yang bisa memberikan nilai pada produk dan/atau jasa yang dijual. Ketika mereka merasa tertarik, besar kemungkinan mereka akan membelinya dan membagikan pengalaman tersebut ke orang lain. Disini Anda bisa mendapatkan dua hal sekaligus. Pertama mendapatkan keuntungan, dan kedua mendapatkan promosi secara gratis dari pelanggan tersebut.
Hal Unik dari Bisnis Anda
Secara garis besar, ada banyak produk dan/atau jasa yang dijual di pasar memiliki persamaan yang signifikan. Lalu apa yang bisa menjadi pembeda bisnis Anda dengan kompetitor sejenis? Tunjukkan gaya dan image bisnis Anda yang berbeda dalam channel pemasaran. Mulai dari akun media sosial, blog, situs website, atau yang lainnya.
Jangan Lupakan Follow Up
Follow up pelanggan juga merupakan bagian dari strategi direct selling. Pernahkah Anda mengalami penolakan saat pertama kali menawarkan produk dan/atau jasa kepada pelanggan? Mungkin saja saat itu bukanlah waktu yang tepat bagi pelanggan untuk membelinya. Jika Anda terus melakukan follow up dan menawarkan produk dan/atau jasa yang sama, besar kemungkinan mereka akan melakukan pembelian pada akhirnya. Namun, jangan lupa untuk memberikan nilai tambah lainnya. Seperti kupon diskon, promo pembelian menarik, dan lainnya.
Gunakan Media Sosial
Media sosial menjadi salah satu alat pemasaran dan penjualan terbaik di era digital seperti saat ini. Di sini, Anda bisa membuat atau menemukan komunitas pelanggan. Strategi direct selling yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat konten yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan kepercayaan dan juga melibatkan mereka dalam aktivitas promosi. Dengan catatan, Anda menggunakan akun media sosial yang sesuai dengan target audiens, ya!
Gunakan Cross Promotion dalam Direct Selling
Cross promotion atau kemitraan strategis bisa membantu Anda untuk menjalin hubungan bisnis dengan bisnis lainnya. Misalnya seperti melakukan kolaborasi produk Anda dengan produk B. Secara tidak langsung, hal ini bisa memberikan keuntungan dan mengurangi biaya pemasaran disaat yang bersamaan. Selain itu, Anda juga membangun lebih banyak jaringan.
Membangun Jaringan Secara Lokal
Tidak hanya cross promotion atau media sosial saja, tetapi Anda juga perlu membangun jaringan secara lokal. Biasanya jaringan ini bisa Anda temukan di acara-acara tertentu yang mengumpulkan banyak bisnis sejenis. Disini Anda akan bertemu dengan pebisnis lainnya dan bisa membangun jaringan lebih luas lagi.
Tonjolkan Ulasan dan Testimoni dari Pelanggan
Ulasan dan testimoni dari pelanggan merupakan salah satu pondasi dasar untuk melakukan direct selling. Hal yang perlu Anda ingat dan perhatikan adalah “pelanggan mempercayai pelanggan lain”. Artinya, jika ada pelanggan yang memberikan ulasan dan testimoni dengan baik, maka Anda harus menonjolkannya sebagai salah satu bukti sosial. Hal ini bisa membantu meningkatkan penjualan dan juga mendatangkan lebih banyak review positif.
BACA JUGA: End User VS Consumer & Tips Membuat Produknya
Tingkatkan Direct Selling Bisnis Anda dengan Solusi Layanan Digital Terlengkap
Data merupakan salah satu sumber terpenting untuk melakukan bisnis. Tanpa adanya data pelanggan, Anda akan menjadi buta. Tidak tahu kemana harus menjual produk dan/atau jasa, tidak tahu siapa target audiens, dan tidak tahu strategi apa yang harus dilakukan. Agar semuanya jadi lebih mudah, Anda bisa mempercayakan data pelanggan kepada pihak ketiga yang memberikan solusi layanan digital terlengkap. Benefit One Indonesia salah satunya.
Benefit One Indonesia hadir sebagai Solusi Digital Loyalty Terlengkap untuk bisnis Anda. Kami hadir untuk membantu Anda membangun loyalitas pelanggan, mendorong tim penjualan, meningkatkan kedekatan dengan karyawan dan pelanggan, hingga memberikan solusi dan pilihan hadiah yang beragam.
Kami sudah berpengalaman sejak 2014 dan sudah dipercaya oleh lebih dari ratusan perusahaan besar di seluruh dunia. Kami menawarkan solusi pintar untuk menjaga koneksi atau kerjasama Anda dengan mitra bisnis.Cari sistem reward digital? Dapatkan loyalitas dan penghargaan tanpa batas dengan menggunakan aplikasi kami. Tunggu apa lagi? Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!