Employee satisfaction adalah salah satu faktor yang harus terus ditingkatkan oleh perusahaan manapun. Meskipun dunia kerja terus mengalami perubahan, faktor ini harus tetap ada untuk menjaga kepuasan karyawan dan juga kesuksesan sebuah perusahaan. Tahukah Anda bahwa, karyawan yang merasa puas bisa memberikan banyak keuntungan?
Mulai dari peningkatan produktivitas, kreativitas, inovasi, hingga menjalin hubungan baik dengan pelanggan yang bisa membawa keuntungan bisnis. Tentu Anda menginginkan hal tersebut, bukan? Pada artikel kali ini, Benefit One Indonesia akan menjelaskan beberapa hal yang bisa mempengaruhi employee satisfaction dan cara untuk meningkatkannya. Selengkapnya ada di penjelasan bawah ini!
BACA JUGA: 8 Bentuk Employee Recognition & Manfaatnya untuk Perusahaan
Apa itu Employee Satisfaction?
Apa yang dimaksud dari employee satisfaction? Secara garis besar, kepuasan karyawan adalah sebuah istilah untuk menentukan apakah semua kebutuhan dan keinginannya terpenuhi oleh tempat mereka bekerja dan untuk mengetahui apakah mereka merasa senang atau tidak.
Pengertian lain dari employee satisfaction adalah acuan tingkat kepuasan yang dirasakan oleh seorang karyawan terkait perannya dalam perusahaan. Faktor ini menentukan seberapa senang seseorang dengan pekerjaan yang dilakukannya. Karyawan yang puas berpotensi besar untuk lebih produktif yang bisa mengefisiensikan waktu dan biaya, serta meningkatkan angka retensi karyawan.
Employee satisfaction tidak hanya terbatas pada pemberian kompensasi seperti uang saja. Tetapi ada beberapa faktor pendukung lainnya yang berperan besar untuk meningkatkan kepuasan karyawan. Semua faktor yang akan dijelaskan di bawah ini merupakan hal-hal yang perlu Anda lakukan jika ingin membuat lingkungan dan budaya yang saling menghargai.
Faktor tersebut haruslah bisa memenuhi kesejahteraan, keterlibatan, dan juga memotivasi karyawan secara keseluruhan. Seperti halnya keseimbangan kerja, kesempatan untuk belajar dan berkembang, pengakuan dan apresiasi, hingga lingkungan kerja yang mendukung. Sebagai seorang pebisnis dan pemberi kerja, Anda harus memastikan bahwa perusahaan sudah memenuhi semua faktor tersebut.
Manfaat Employee Satisfaction
Mengapa kepuasan karyawan sangat penting? Tanpa disadari oleh banyak orang, manfaat employee satisfaction adalah banyak hal. Dalam artian, faktor ini bisa mengarah ke tempat kerja yang berkembang dan bisnis yang terus mendatangkan keuntungan. Seperti penjelasan di bawah ini:
Efisiensi Tempat Kerja dari Employee Satisfaction
Pada umumnya, karyawan yang merasa puas bekerja di sebuah perusahaan akan memiliki fokus yang lebih baik dan juga merasa bangga akan pekerjaannya. Disisi lain, mereka juga bisa membangun hubungan internal dan menghasilkan kerjasama yang lebih baik lagi. Bahkan dari kerjasama ini mereka bisa menghasilkan ide dan kolaboratif yang lebih besar, saling berbagai ide dan pengetahuan, hingga meningkatkan efisiensi tempat kerja secara keseluruhan.
Employee Retention Meningkat
Manfaat employee satisfaction adalah bisa meningkatkan angka retensi karyawan. Hal ini didukung dengan sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa, karyawan yang merasa puas akan pekerjaannya cenderung akan bertahan lebih lama dibandingkan karyawan yang tidak puas sama sekali.
Kepuasan Pelanggan
Tahukah Anda bahwa, karyawan yang puas akan menyalurkan energi positifnya dalam banyak hal? Salah satunya adalah ketika sedang berhubungan dengan pelanggan. Kemudian, pelanggan yang merasa puas juga bisa memberikan banyak keuntungan bisnis, seperti meningkatkan pendapatan dan penjualan.
Faktor Pendorong Employee Satisfaction yang Harus Anda Perhatikan
Kepuasan karyawan atau employee satisfaction adalah hasil dari kesejahteraan dan keterlibatan seluruh lapisan karyawan di tempat kerja. Ada beberapa faktor pendorong yang perlu Anda perhatikan untuk memberikan dan memenuhi kepuasan mereka. Meliputi:
Support atau Dukungan untuk Employee Satisfaction
Bentuk dukungan yang dimaksud bisa dibuat dengan membuat budaya dan lingkungan yang terus mendukung. Mulai dari memberikan bantuan secara emosional, menyediakan alat bantu kerja yang dibutuhkan, hingga memberikan penghargaan dan apresiasi atas pencapaian karyawan.
Pendekatan Inklusif di Tempat Kerja
Dengan menggunakan pendekatan inklusif di tempat kerja, Anda bisa membantu untuk mendorong banyak ide dari setiap karyawan. Faktor employee satisfaction ini bisa membuat karyawan merasa dihargai dan bisa memberikan yang terbaik untuk setiap pekerjaan yang dilakukannya.
Kesempatan untuk Berkembang dan Belajar
Setiap orang tentu ingin untuk terus belajar dan berkembang. Tidak terkecuali dengan karyawan di perusahaan Anda. Kesempatan untuk terus berkembang dan belajar bisa memberikan banyak manfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan perusahaan. Anda tidak akan merasa rugi karena sudah berinvestasi dalam faktor employee satisfaction ini. Bahkan dengan memberikan pelatihan dan bimbingan profesional, karyawan bisa melahirkan banyak ide dan inovasi baru.
Strategi Employee Satisfaction yang Bisa Anda Lakukan
Setelah mengetahui tiga faktor pendorong untuk kepuasan karyawan, maka selanjutnya adalah membahas beberapa strategi untuk meningkatkan employee satisfaction yang bisa Anda lakukan. Yakni:
Tingkatkan Keterlibatan Karyawan dalam Setiap Pengambilan Keputusan
Menurut penelitian yang dilakukan oleh Harvard Business School, melibatkan karyawan dalam setiap pengambilan keputusan bisa membangun kepercayaan dan kepuasan mereka. Tentu hal ini memiliki peranan penting dalam pertumbuhan bisnis dan juga keterlibatan karyawan. Contoh sederhana yang bisa Anda lakukan adalah dengan membiarkan setiap karyawan untuk memberikan ide dan inovasinya secara terbuka.
Membuat Peta Perjalanan Karir untuk Employee Satisfaction
Kemudian, hasil studi dari Robert Walters Group menyebutkan bahwa 69% generasi milenial membutuhkan pengembangan karir untuk terus bertahan dalam satu perusahaan. Strategi employee satisfaction yang bisa Anda lakukan adalah membuat peta perjalanan karir untuk setiap posisi. Isinya berupa data terkait hasil kompetensi, hasil kerja, rentang kompensasi, hingga nilai-nilai yang perlu ditingkatkan. Sehingga Anda bisa memberikan pengembangan karir yang sesuai.
Menawarkan Gaji dan Tunjangan Kompetitif
Strategi employee satisfaction dengan menawarkan gaji dan tunjangan kompetitif sudah dilakukan oleh sebagian besar perusahaan. Tujuannya adalah untuk menarik dan juga mempertahankan talenta terbaik. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah menerapkan informasi transparan mengenai kenaikan gaji ini dan juga menyesuaikannya dengan keuangan perusahaan. Jika perlu, Anda bisa meminta bantuan ahli untuk memutuskan hal ini.
Membangun dan Menyediakan Pusat Bantuan Internal
Pusat bantuan internal untuk meningkatkan employee satisfaction adalah sebuah sumber daya yang bisa memberikan solusi atas setiap masalah karyawan dan juga menciptakan rasa pemberdayaan. Mulai dari sumber daya manusia hingga sumber daya lainnya dari perusahaan untuk memperlancar pekerjaan setiap karyawan. Pastikan juga mereka bisa mendapatkannya dalam waktu cepat agar tidak menunda pekerjaan dan mempertahankan kepuasan karyawan.
Merayakan Pencapaian Karyawan
Merayakan pencapaian setiap karyawan bukanlah hal yang sia-sia. Justru dengan melakukan hal ini, karyawan akan merasa dihargai dan diapresiasi. Tidak perlu perayaan yang mewah, perayaan sederhana seperti mentraktir makan siang juga sudah cukup. Selain itu, pencapaian ini juga tidak selalu tentang pekerjaan. Ketika ada karyawan yang berulang tahun contohnya. Atau ketika ada karyawan yang baru menikah dan memiliki anak, dan masih banyak lagi. Hal-hal sederhana ini bisa membantu meningkatkan kepuasan karyawan.
Meningkatkan Employee Satisfaction dengan Personalisasi Pengalaman
Faktanya, sekitar 87% dari pebisnis percaya bahwa, employee experience yang dipersonalisasi bisa meningkatkan kepuasan karyawan. Jika Anda memberikan hadiah untuk karyawan yang berprestasi, berikan hadiah yang sesuai dengan apa yang dibutuhkannya. Bukan hadiah yang bisa digunakan untuk semua orang. Pendekatan ini bisa membantu Anda untuk menambah angka employee satisfaction.
Memberikan Work-Life-Balance
Selanjutnya, strategi employee satisfaction adalah dengan memberikan work-life-balance. Sebuah penelitian menunjukan bahwa sebanyak 51% karyawan membutuhkan faktor keseimbangan kehidupan kerja ini untuk terus terlibat dalam perusahaan dan pekerjaannya. Lalu apa yang akan terjadi ketika ada karyawan yang tidak mendapatkan faktor ini? Sayangnya, mereka akan lebih rentan stres dan bisa mengganggu kesehatan mental.
Strategi yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengatur jadwal kerja yang fleksibel, memberikan cuti berbayar tanpa batas atau lebih banyak dari biasanya, mengutamakan prioritas keluarga karyawan, cuti menikah dan melahirkan yang lebih panjang, dan lainnya. Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan kebijakan perusahaan.
Employee Satisfaction dengan Memberikan Umpan Balik Teratur
Satu lagi strategi employee satisfaction adalah memberikan umpan balik secara teratur. Umpan balik yang Anda berikan haruslah membangun dan memberikan solusi. Dengan begitu mereka akan terus berusaha untuk terlibat dan memberikan yang terbaik, daripada yang tidak mendapatkan umpan balik sama sekali. Anda bisa mengatur jadwal rutin untuk melakukan pertemuan empat mata dengan karyawan. Nantinya Anda bisa memberikan semangat, berdiskusi untuk pertumbuhan dan pengembangan diri, hingga membuat rencana karir yang dibutuhkan.
BACA JUGA: Employee Experience dan Pentingnya untuk Perusahaan Anda
Meningkatkan Employee Satisfaction Bersama Benefit One Indonesia
Salah satu strategi untuk meningkatkan employee satisfaction adalah dengan memberikan hadiah atau reward yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan karyawan. Seperti ketika ada karyawan yang baru menikah, hadiah yang bisa Anda berikan berupa alat kebutuhan rumah tangga atau voucher menginap untuk bulan madu.
Selain itu, Anda juga bisa memberikan reward digital dalam bentuk e-voucher untuk hal-hal lainnya. Mungkin seperti voucher belanja, voucher kesehatan, voucher kecantikan, dan masih banyak lagi. Nah, Anda bisa mempercayakan Benefit One Indonesia untuk memberikan solusinya.
Benefit One Indonesia hadir sebagai Solusi Digital Loyalty Terlengkap untuk bisnis Anda. Kami hadir untuk membantu Anda membangun loyalitas pelanggan, mendorong tim penjualan, meningkatkan kedekatan dengan karyawan dan pelanggan, hingga memberikan solusi dan pilihan hadiah yang beragam.
Kami sudah berpengalaman sejak 2014 dan sudah dipercaya oleh lebih dari ratusan perusahaan besar di seluruh dunia. Kami menawarkan solusi pintar untuk menjaga koneksi atau kerjasama Anda dengan mitra bisnis.Cari sistem reward digital? Dapatkan loyalitas dan penghargaan tanpa batas dengan menggunakan aplikasi kami. Tunggu apa lagi? Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!