E-Voucher untuk Bisnis Kecil: Sebuah Panduan untuk Memulai

E-Voucher untuk Bisnis Kecil: Sebuah Panduan untuk Memulai

Keberadaan voucher elektronik mengubah banyak hal. Voucher ini memberikan alternatif digital untuk gift card dan memudahkan pelanggan dalam membeli dan mengirim hadiah secara online dengan mudah. Bisa digunakan untuk bisnis skala besar dan kecil. Sebagai pemilik usaha, e-voucher untuk bisnis kecil bisa memberikan banyak manfaat dalam perihal meningkatkan kepuasan pelanggan.

Sebab pada titik tertentu, setiap pemilik bisnis kecil pasti akan mempertimbangkan untuk membagikan kupon digital kepada para pelanggan. Meskipun terkesan sangat mudah untuk diberikan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar e-voucher untuk bisnis kecil bisa berjalan secara efektif.

Sebagai salah satu mitra loyalitas terpercaya dan berpengalaman, kami akan memberikan panduan bagi Anda para pemilik bisnis kecil untuk menggunakan voucher elektronik ini. Selengkapnya ada di penjelasan bawah ini.

BACA JUGA: 8 Manfaat E-Voucher yang Mengungtungkan Bisnis Anda

Apa itu E-Voucher?

E-voucher atau voucher elektronik merupakan bentuk alternatif digital dari kupon fisik tradisional. Biasanya, kupon atau voucher diberikan dalam bentuk fisik seperti kertas atau kartu. Akan tetapi karena bentuk tradisional ini banyak kekurangannya, dibuatlah kupon digital.

Sebuah kupon yang bisa digunakan langsung oleh pelanggan secara online atau ketika sedang berkunjung ke toko. Pelanggan akan mendapatkan voucher digital ini melalui email atau aplikasi seluler tertentu. Di dalam kupon elektronik ini juga ada kode unik yang hanya bisa digunakan oleh pemiliknya ketika akan redeem.

Voucher elektronik ini diklaim lebih nyaman digunakan bagi si pemberi dan yang menerimanya. Di sini yang dimaksudkan adalah Anda sebagai pemilik bisnis yang memberi, dan pelanggan yang menerimanya. Keunggulan lainnya adalah tidak perlu dikirim dengan kurir. Pelanggan bisa menerima e-voucher dengan mudah, cepat, dan langsung.

Manfaat E-Voucher untuk Bisnis Kecil

Saat ini sebagian besar orang sudah menggunakan sistem cashless untuk melakukan transaksi. Sehingga tidak heran jika voucher berbentuk digital ini cepat populer dan banyak digunakan oleh berbagai industri bisnis. Bagi Anda pemilik bisnis kecil, adanya e-voucher ini bisa membantu untuk memenuhi preferensi pelanggan modern masa kini.

Berikut beberapa manfaat e-voucher untuk bisnis kecil yang perlu Anda ketahui. Di antaranya adalah:

  • Memperluas jangkauan pelanggan: Anda bisa menarik lebih banyak pelanggan yang lebih menyukai solusi digital
  • Meningkatkan pendapatan bisnis: Kupon digital ini juga bisa dijual kepada pelanggan untuk dijadikan hadiah ke orang-orang tersayang
  • Kenyamanan pelanggan meningkat: Dalam hal ini, pelanggan akan menghargai proses cepat dan mudah dalam bertransaksi yang Anda berikan
  • Meningkatkan brand awareness: E-voucher bisa dijadikan sebagai alat promosi pemasaran bisnis setiap kali dibagikan

Cara Penerapan E-Voucher untuk Bisnis Kecil

Perlu diketahui bahwa e-voucher bisa di kustomisasi dan personalisasi sesuai dengan kebutuhan bisnis. Artinya, Anda bisa menggunakan desain sendiri, memberikan pesan personal kepada pelanggan, hingga memberikan sentuhan ciri khas dari bisnis Anda.

Beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum menerapkan e-voucher untuk bisnis kecil adalah:

Memilih Mitra Loyalitas Terbaik

Memilih mitra loyalitas terbaik merupakan langkah pertama yang harus Anda lakukan. Hal ini demi kelancaran layanan bisnis. Carilah mitra loyalitas yang bisa menawarkan platform untuk mengelola e-voucher ini. Pastikan juga mereka bisa melakukan kustomisasi dan personalisasi voucher elektronik yang akan diberikan kepada pelanggan.

Integrasikan E-Voucher dengan Sistem yang Sudah Ada

Setiap bisnis pasti memiliki sistemnya masing-masing. Lebih bagus lagi jika e-voucher untuk bisnis kecil yang Anda kelola bisa terintegrasi dengan sistem tersebut. Sehingga Anda bisa melacaknya dengan mudah. Selain itu, pastikan juga bahwa sistem di toko offline dan platform online bisa menerima pembayaran dengan kupon elektronik tanpa masalah.

Pertimbangkan Syarat & Ketentuan yang Berlaku

Meskipun tidak berbentuk fisik, kupon digital ini juga perlu memiliki beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku. Mulai dari masa penggunaan kupon, cara penukaran, jumlah nominal, produk dan/atau layanan apa saja yang bisa dibeli dengan kupon, dan lainnya. Pastikan Anda memberikan ketentuan yang jelas dan menginformasikannya kepada pelanggan dengan benar dan seksama. Untuk meminimalisir adanya kesalahpahaman di kemudian hari.

Kustomisasi & Personalisasi E-Voucher untuk Bisnis Kecil

Seperti yang disebutkan di atas, Anda bisa melakukan kustomisasi dan personalisasi e-voucher untuk bisnis kecil. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum melakukan hal tersebut. Meliputi:

Buat Desain E-Voucher untuk Bisnis Kecil yang Menarik

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan adalah desain yang menarik. Desain tersebut juga harus mencerminkan identitas brand Anda. Gunakan logo, warna, atau atribut lainnya yang menjadi ciri khas dari bisnis Anda. Jangan hanya mengedepankan visualnya saja, tapi juga harus fungsional. Setiap e-voucher harus memiliki kode unik tertentu yang bisa digunakan untuk melakukan pelacakan dan penukaran.

Tentukan Nilai dan Kebijakan yang Berlaku

Setiap kupon digital memiliki nilai dan nominalnya masing-masing. Mulai dari terendah hingga yang paling tinggi. Berikan banyak opsi kepada pelanggan sehingga mereka bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Kemudian jelaskan dengan transparan terkait kebijakan kupon yang berlaku. Seperti masa berlaku kupon, cara penukaran, dan lainnya.

Sentuhan Personalisasi untuk Setiap Pelanggan

Dikarenakan berbentuk digital, Anda bisa dengan mudah memberikan sentuhan personalisasi kupon untuk setiap pelanggan. Contohnya adalah menyebutkan nama mereka ketika mengirimkan e-voucher. Tambahkan pesan personalisasi berupa penawaran khusus atau eksklusif untuk beberapa pelanggan terpilih. 

Cara Memberikan E-Voucher

Satu lagi hal yang harus Anda pertimbangkan adalah cara memberikan e-voucher. Umumnya, kupon digital ini dikirimkan melalui email. Namun apabila Anda memiliki aplikasi tersendiri, ada baiknya menggunakan aplikasi tersebut untuk memudahkan pelanggan dan meningkatkan pengalaman mereka ketika menggunakannya. Jangan lupa juga melakukan promosi di setiap saluran komunikasi yang Anda miliki.

Mengelola dan Melacak E-Voucher untuk Bisnis Kecil

Kupon digital ini menjadi populer karena sifatnya yang fleksibel dan bisa digunakan kapanpun dan dimanapun. Lalu bagaimana cara Anda mengelola dan melacak e–voucher untuk bisnis kecil ini? Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

Memantau Penjualan dan Penukaran Voucher dengan Sistem

Anda harus menggunakan dan terhubung dengan sistem yang bisa mencatat semua transaksi secara real-time. Artinya ketika ada pelanggan yang membeli atau menukarkan voucher elektronik, maka sistem pencatatan tersebut langsung melakukan pendataan secara instan.

Latih Staf Anda untuk Melayani Pelanggan

Pelanggan pasti akan selalu meninggalkan pertanyaan terkait penggunaan e-voucher ini. Hal yang harus Anda lakukan adalah melatih staf Anda untuk melayani mereka. Pastikan setiap staf memahami dan mengenali produk tersebut sehingga bisa membantu dan menyelesaikan masalah pelanggan dengan cepat.

Menggunakan Data Penjualan untuk Wawasan Bisnis

Dari semua data penjualan yang ada, Anda bisa melakukan analisis untuk mendapatkan insight berharga. Seperti memahami pola pembelian dan preferensi pelanggan, berapa banyak pelanggan yang menggunakan dan menukarkan voucher, jenis voucher apa yang paling banyak digunakan oleh pelanggan, dan lainnya. Nantinya semua data ini bisa digunakan untuk membuat keputusan bisnis berikutnya.

BACA JUGA: Bagaimana Cara Kerja E-Voucher? Kustomisasi & Personalisasi Kupon Untuk Pelanggan Anda

Benefit One Indonesia, Mitra Loyalitas E-Voucher untuk Bisnis Kecil yang Tepat

Benefit One Indonesia merupakan salah satu mitra loyalitas terpercaya dan berpengalaman di bidang program loyalitas selama lebih dari 10 tahun. Sudah ada banyak perusahaan besar dan ternama dari seluruh dunia yang mempercayakan masalah program loyalitas pelanggannya kepada kami. Termasuk dalam urusan pemberian dan kustomisasi voucher elektronik.

Menjalin kerja sama dengan Benefit One Indonesia tidak hanya meningkatkan menjawab permasalahan Anda terkait kupon digital saja, tetapi juga bisa membantu dalam memberikan solusi inovatif, meningkatkan keterlibatan pelanggan dan karyawan, serta masalah program loyalitas Anda.Ingin tahu bagaimana cara kami melakukannya? Segera hubungi kami melalui WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!