Kupon digital memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk membagikan rasa cinta mereka pada brand Anda dengan orang lain. Pelanggan bisa menggunakan kupon ini untuk melakukan pembelian dari toko offline atau online. Nah, untuk bisa mendapatkan hasil penjualan yang lebih tinggi, Anda bisa membuat program e-voucher.
Program ini juga bisa menjadi strategi untuk mengembangkan bisnis Anda. Kali ini kami akan memberikan sebuah penjelasan dan panduan bagaimana menjalankan program e-voucher yang sukses untuk bisnis Anda. Selengkapnya ada di penjelasan bawah ini.
BACA JUGA: 8 Manfaat E-Voucher yang Mengungtungkan Bisnis Anda
Jenis-jenis E-Voucher
Sebelum kita membahas caranya, akan lebih baik jika Anda sudah memahami apa saja jenis-jenis e-voucher yang beredar di masyarakat. Ada tiga jenis voucher elektronik yang selama ini digunakan oleh para pebisnis dan pelanggannya. Yaitu:
Close-loop
E-voucher close-loop merupakan jenis kupon yang khusus untuk membeli produk dan/atau layanan dari satu perusahaan saja. Ciri khas dari kupon ini adalah memiliki logo perusahaan yang memberi tahu pelanggan dimana kupon tersebut dapat ditukarkan. Misalnya, kupon brand A yang hanya bisa digunakan di toko merek tersebut.
Untuk bisnis kecil, jenis e-voucher ini merupakan cara terbaik untuk memulai. Kelebihannya adalah mudah dilacak dan dibuat. Proses penukarannya pun tidak sulit. Sehingga bisa meningkatkan kepuasan dan kenyamanan pelanggan saat menggunakannya.
Open-loop
Berbeda dengan close-loop, open-loop merupakan sebuah kupon yang dikeluarkan oleh bank. Kupon ini bisa digunakan dan ditukarkan di toko mana pun. Contohnya penggunaan kartu kredit atau debit di restoran, toko ritel, toko kelontong, atau secara online sekalipun.
Kupon Hadiah Digital
Hal yang membedakan kupon hadiah digital dengan kupon tradisional adalah bentuk fisiknya. Karena berbentuk digital, kupon hadiah ini bisa dikirimkan melalui email, SMS, aplikasi chat, atau di aplikasi program khusus. Nantinya pelanggan akan menerima kode unik yang akan dipindai oleh petugas ketika akan ditukarkan.
Cara Memulai Program E-Voucher
Kehadiran voucher elektronik memberikan banyak sekali manfaat untuk para pelaku bisnis. Termasuk bisnis kecil yang sedang mencari banyak pelanggan baru dan mempertahankannya. Seperti yang disebutkan di awal artikel, program e-voucher bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan bisnis yang lebih tinggi.
Tapi, bagaimana cara memulai program e-voucher? Berikut penjelasannya:
Sistem POS yang Bisa Menerima Penukaran atau Pembayaran E-Voucher
Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah memastikan bahwa bisnis Anda memiliki sistem POS (point of sale) yang bisa menerima penukaran atau pembayaran e-voucher. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah untuk membuat, mempromosikan, mengirim, dan melacak setiap kupon yang sudah terintegrasi dengan toko atau situs web. Oleh karena itu, Anda harus mencari dan bekerja sama dengan mitra loyalitas yang sudah ahli di bidang ini.
Gunakan Aplikasi Khusus
Cara mudah lainnya untuk memulai program e-voucher ini adalah dengan menggunakan aplikasi khusus. Perlu diketahui bahwa, cara kerja aplikasi ini berbeda dengan sistem POS yang Anda miliki. Kendati demikian, aplikasi ini bisa terintegrasi dengan sistem POS tersebut.
Memahami Peraturan yang Berlaku untuk Memulai Program E-Voucher
Selanjutnya Anda perlu memahami peraturan yang berlaku sebelum memulai program e-voucher ini. Tujuannya adalah untuk mencari tahu peraturan mana yang sesuai dengan bisnis Anda. Misalnya untuk pembayaran pajak atau untuk mengetahui jangka waktu masa berlaku kupon, dan hal lainnya.
Menyiapkan E-Voucher yang Akan Dijual atau Dibagikan
Setelah tiga cara di atas sudah dilakukan, selanjutnya Anda hanya perlu menyiapkan kupon digital yang akan dijual atau dibagikan ke pelanggan. Mulai dari pembuatan desain, jumlah kupon yang akan dibagikan atau dijual, jumlah nominal yang akan dikeluarkan untuk setiap voucher, hingga cara memberikannya. Jangan lupa untuk melakukan kustomisasi dan personalisasi voucher yang akan Anda berikan.
Mempromosikan E-Voucher Kepada Pelanggan
Sekarang saatnya mempromosikan program e-voucher Anda kepada pelanggan. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, yaitu:
- Buat paket promosi unik yang bisa membuat kupon digital tersebut menonjol
- Promosikan melalui saluran komunikasi bisnis yang Anda miliki. Terutama media sosial
- Lakukan cross promotion dengan beberapa produk dan/atau layanan bisnis yang sesuai
- Infokan kepada pelanggan terkait program e-voucher yang sedang dijalankan
- Pajang poster promosi di tempat yang paling mencolok sehingga bisa menarik atensi banyak orang
- Iklankan program e-voucher Anda
- Memberikan voucher elektronik kepada pelanggan sebagai bentuk ucapan terima kasih atau hadiah kejutan
Melatih Sumber Daya Manusia yang Ada
Satu lagi cara memulai program e-voucher adalah melatih sumber daya manusia yang Anda miliki. Dalam hal ini tentu saja karyawan. Pastikan mereka mengetahui dan memahami bagaimana cara memasukkan kode unik dari kupon digital ke sistem POS. Karyawan merupakan garda terdepan bisnis kepada pelanggan. Ketika mereka bisa melayani pelanggan dengan cepat, maka pelanggan akan puas. Hal sebaliknya juga berlaku.
BACA JUGA: 8 Cara E-Voucher Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Bisnis Anda
Jalankan Program E-Voucher Bisnis Anda Bersama Benefit One Indonesia
Di atas sudah dijelaskan bahwa, langkah pertama untuk memulai program e-voucher bisnis Anda adalah bekerja sama dengan mitra loyalitas yang sudah ahli di bidangnya. Seperti Benefit One Indonesia yang sudah berpengalaman di bidang program loyalitas pelanggan selama lebih dari 10 tahun dan sudah dipercaya oleh banyak perusahaan besar dan ternama di seluruh dunia.
Benefit One Indonesia memiliki dua aplikasi yang bisa digunakan untuk menjalankan program e-voucher Anda. Yaitu Cerra Points dan SPUR. Kedua aplikasi ini bisa membantu Anda memberikan pengalaman menggunakan voucher elektronik yang lebih baik lagi kepada pelanggan.
Anda bisa langsung mengirimkan e-voucher kepada pelanggan melalui email atau dari aplikasi ini langsung. Pelanggan pun bisa langsung menggunakannya secara online atau langsung di toko. Aplikasi ini bisa terintegrasi dengan sistem POS bisnis Anda dengan menggunakan API. Anda tidak perlu pusing mengunduh aplikasi tambahan lainnya.
Tidak hanya itu, Benefit One Indonesia juga menawarkan solusi fleksibel bagi Anda yang menginginkan layanan tambahan untuk mewujudkan tujuan bisnis. Selain untuk pelanggan, layanan yang diberikan Benefit One Indonesia juga berlaku untuk karyawan. Bisa untuk meningkatkan keterlibatan, hingga interaksi antara pelanggan dengan bisnis Anda.Tertarik untuk mencobanya? Hubungi kami melalui WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!