Voucher Fisik dan E-Voucher: Perbedaan, Pro & Kontra yang Perlu Anda Ketahui

Voucher Fisik dan E-Voucher: Perbedaan, Pro & Kontra yang Perlu Anda Ketahui

Hampir semua bisnis saat ini mengandalkan penggunaan voucher fisik dan e-voucher untuk menarik perhatian dan mempertahankan pelanggan. Perlu diketahui bahwa, kedua jenis voucher tersebut memiliki perbedaan serta pro dan kontra yang harus Anda pahami.

Pada artikel kali ini, Benefit One Indonesia akan menjelaskan kepada Anda terkait perbedaan serta pro dan kontra dari voucher fisik dan e-voucher. Selengkapnya ada di bawah ini.

BACA JUGA: E-Voucher untuk Bisnis Kecil: Sebuah Panduan untuk Memulai

Perbedaan Voucher Fisik dan E-Voucher

Perbedaan voucher fisik dan e-voucher yang paling mencolok adalah dari bentuk atau wujudnya.

Secara umum, voucher fisik berbentuk sebuah kertas atau kartu. Sedangkan e-voucher atau voucher elektronik berbentuk digital dengan sebuah kode unik tertentu. Kode unik inilah yang nantinya akan digunakan pelanggan untuk redeem voucher ketika melakukan transaksi.

Selanjutnya, perbedaan voucher fisik dan e-voucher adalah tempat transaksinya. Dikarenakan berbentuk kertas atau kartu, voucher fisik hanya bisa digunakan di toko offline saja. Jika pelanggan ingin me-redeem kuponnya, maka mereka harus mendatangi tokonya. Sementara itu, kupon digital memiliki kelebihan karena bisa digunakan kapan saja dan dimana saja. Baik itu secara online maupun offline.

Keunggulan e-voucher dibandingkan voucher fisik adalah sifatnya yang fleksibel sehingga memudahkan pelanggan dalam penggunaannya. Terutama untuk voucher elektronik yang sudah memiliki aplikasi tersendiri. Pelanggan cukup mengunduh aplikasi tersebut untuk mendapatkan voucher yang mereka inginkan.

Keamanan juga menjadi bagian dari perbedaan voucher fisik dan e-voucher yang paling penting. Bentuknya yang digital atau virtual, menjadikan keamanan voucher elektronik lebih unggul dibandingkan yang berbentuk kertas. Kode unik yang tertera di kupon digital juga bisa memastikan bahwa hanya pelanggan yang berhak saja yang bisa memakainya.

Dengan kata lain, keamanan e-voucher jauh lebih unggul dari pada voucher fisik pada umumnya.

Pro dan Kontra Voucher Fisik dan E-Voucher

Voucher atau kupon bisa menjadi pengganti uang tunai yang nyaman dan berguna ketika hendak melakukan pembelian atau sekedar untuk memberi hadiah pada orang lain. Namun dibalik kemudahan dan kenyamanannya, ada beberapa pro dan kontra voucher fisik dan e-voucher. Beberapa di antaranya adalah:

Pro Voucher Fisik dan E-Voucher

  • Bisa menjadi alat pengganti pembayaran yang nyaman ketika sedang tidak ingin melakukan pembayaran dengan uang tunai atau kartu debit/kartu kredit
  • Merupakan pilihan hadiah yang tepat di menit-menit terakhir untuk diberikan kepada pelanggan, orang tersayang, teman, dan yang lainnya
  • Mudah dan nyaman untuk digunakan
  • E-voucher lebih ramah lingkungan karena tidak memiliki bentuk fisik
  • Bisa untuk mengontrol pengeluaran
  • E-voucher memiliki banyak promosi yang bisa digunakan, terutama di ecommerce
  • Pengiriman e-voucher tidak perlu melalui kantor pos. Melainkan bisa dilakukan melalui email, aplikasi chat, aplikasi toko/brand, atau SMS
Voucher Fisik dan E-Voucher: Perbedaan, Pro & Kontra yang Perlu Anda Ketahui

Kontra Voucher Fisik dan E-Voucher

  • Setelah melakukan transaksi dengan voucher, besar kemungkinan masih ada sejumlah nominal yang tersisa dan tidak digunakan. Hal ini akan menjadi uang yang terbuang secara cuma-cuma
  • Beberapa jenis voucher fisik perlu diisi ulang agar terus bisa digunakan
  • Tidak semua voucher fisik bisa digunakan di semua toko meskipun dengan brand yang sama
  • Voucher fisik rentan hilang dan berpindah tangan
  • Beberapa jenis voucher fisik akan menonaktifkan kartu pelanggan ketika tidak ada transaksi selama beberapa periode sejak pembelian dilakukan

BACA JUGA: 8 Manfaat E-Voucher yang Mengungtungkan Bisnis Anda

Berikan Sentuhan Personal Pada E-Voucher Bisnis Anda Bersama Benefit One Indonesia

Pada dasarnya, voucher atau kupon merupakan jenis pembayaran yang bisa digunakan untuk melakukan pembelian apa saja di berbagai lokasi dan toko. Sejak pandemi covid-19, kehadiran e-voucher menjadi populer dan banyak digunakan oleh para pelaku bisnis. Tidak hanya untuk menarik atensi dan mempertahankan pelanggan saja, tetapi juga bisa untuk mempromosikan bisnis mereka.

Terlebih jika Anda melakukan kustomisasi dan personalisasi voucher elektronik bisnis Anda. Bagaimana caranya? Hal yang harus Anda lakukan pertama kali adalah dengan mencari mitra loyalitas terpercaya, ahli, dan berpengalaman di bidangnya. Seperti Benefit One Indonesia contohnya.

Benefit One Indonesia sudah berpengalaman di bidang program loyalitas selama lebih dari 10 tahun. Selama itu juga lah namanya sudah dipercaya oleh banyak perusahaan besar dan ternama di dunia. Benefit One Indonesia bisa membantu Anda untuk memberikan sentuhan personal pada e-voucher yang ingin diberikan kepada pelanggan.

Tidak hanya itu, Benefit One Indonesia sendiri memiliki aplikasi khusus yang bisa mengatasi masalah voucher elektronik Anda dalam satu waktu. Keunggulan lainnya, aplikasi ini bisa langsung terintegrasi dengan sistem yang Anda miliki. Tim kami juga akan membantu memberikan solusi inovatif dan solutif untuk kelangsungan bisnis Anda.Tertarik untuk mencobanya? Cukup dengan menghubungi kami melalui WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!