Taktik direct to consumer atau D2C menjadi semakin populer di hampir semua sektor industri. Baik untuk produsen maupun pelanggan. Manfaat utama dari saluran D2C adalah memberikan kontrol penuh pada merek atas reputasi, pemasaran, penetapan harga, dan terlibat langsung dengan pelanggan.
Salah satu hambatan yang harus diperhatikan adalah persaingan dengan banyak saluran D2C lainnya dari berbagai sektor industri. Terutama di ranah ecommerce yang telah memiliki basis pelanggan yang sangat besar dan kesadaran yang tinggi. Inilah sebabnya mengapa Anda perlu memiliki strategi yang bisa membantu kelangsungan bisnis Anda.
Anda tidak perlu khawatir, sebab kami sudah menyiapkan empat hal penting yang bisa dilakukan untuk meningkatkan saluran direct to consumer bisnis Anda. Sehingga Anda bisa fokus untuk menawarkan pengalaman pelanggan terbaik. Selengkapnya di bawah ini.
BACA JUGA: Memahami Direct to Consumer dan Manfaatnya untuk Bisnis
Elemen untuk Meningkatkan Saluran D2C Bisnis Anda
Strategi direct to consumer atau D2C bukanlah bagian yang berbeda dari pemasaran bisnis Anda. Hanya saja, saluran ini dirancang untuk melengkapi kekurangan yang tidak didapatkan dari penjualan melalui mitra grosir atau ritel. Termasuk di antaranya adalah berhubungan langsung dengan pelanggan.
Padahal, pelanggan memegang peranan penting untuk membuat strategi pemasaran dan penawaran produk berikutnya. Dari mana Anda bisa mengetahui apa yang dibutuhkan mereka jika tidak pernah berkomunikasi? Nah, selain dari program loyalitas pelanggan, Anda juga bisa memanfaatkan saluran D2C.
Meskipun hambatan untuk masuk ke pasar relatif rendah, Anda harus bersiap untuk menghadapi persaingan dengan kompetitor lainnya. Maka dari itu, Anda harus menyiapkan dan memperkuat empat elemen penting ini. Yaitu:
Katalog Produk dan Harga Jual
Ada tiga hal utama yang harus Anda perhatikan sebelum menyiapkan katalog produk dan harga jual, di antaranya:
- Jumlah Pilihan Produk: luncurkan dengan jumlah minimum produk dna kategori yang Anda yakini penting untuk mendorong konversi. Mulailah dari produk terlaris dan terus perbarui stok produk setiap harinya. Jangan lupa untuk menghapus produk yang sudah tidak lagi dijual
- Kualitas Konten: merupakan salah satu atribut penting untuk membuat pelanggan berekspektasi dengan produk yang ditawarkan dan meminimalisir pengembalian barang. Pastikan Anda memberikan informasi seperti jumlah stok yang tersedia, gambar produk, warna, ukuran, harga, judul produk, dan deskripsinya
- Penetapan Harga: Anda harus menetapkan harga yang sesuai dengan pesaing untuk memastikan pengalaman pelanggan tetap terjaga dan sekaligus melindungi margin keuntungan bisnis. Selain membuka saluran D2C sendiri, Anda bisa mengintegrasikannya dengan beberapa platform ecommerce untuk memberikan promosi harga yang menarik kepada pelanggan
Kenyamanan Pengguna
Dua hal penting dalam elemen kenyamanan pengguna yang harus Anda perhatikan adalah:
- Pembayaran yang Mudah: pastikan Anda menawarkan metode pembayaran yang paling sering dan mudah digunakan oleh pelanggan. Misalnya pembayaran dengan kartu kredit, kartu debit, e-wallet, transfer bank, dan lainnya
- Proses Return yang Mudah: berikan proses pengembalian tanpa hambatan. Baik itu dalam situs web, aplikasi khusus, atau ecomemrce. Lalu, terus perbarui informasi kepada pelanggan terkait proses pengembalian tersebut agar mereka tidak merasa khawatir
Branding and Marketing
Setidaknya elemen penting saluran D2C ini mencakup dua hal yang harus dilakukan, meliputi:
- Kesadaran Merek: Anda harus meningkatkan reputasi dan kesadaran merek di masyarakat luas. Tentukan format dan saluran apa yang akan digunakan untuk menjalankan kampanye ini. Namun pastikan bahwa tujuan dari kampanye ini adalah meningkatkan traffic bukan konversi atau pembelian
- Performa Kampanye: campaign yang sudah berjalan harus selalu dipantau agar Anda bisa mengetahui seberapa efektifnya. Sehingga Anda bisa mengoptimalkan iklan dengan audiens yang sudah ditargetkan
Pengiriman Barang ke Pelanggan
Bila Anda menepati janji pengiriman atau paket tiba di pelanggan tepat waktu, maka hal ini bisa mendorong tingkat konversi. Jika tidak, maka Anda harus bersiap untuk kehilangan pelanggan dan kemungkinan untuk membayar biaya pengiriman yang lebih tinggi karena pengembalian barang yang gagal.
BACA JUGA: Menciptakan Nilai Lebih Untuk Pelanggan Dengan Program Loyalitas Kemitraan
Perluas Saluran D2C Bisnis Anda Bersama Benefit One Indonesia
Dari keempat elemen penting saluran D2C di atas, dapat dipahami bahwa Anda harus menjadikan kepuasan dan pengalaman pelanggan prioritas utama. Mulai dari penentuan harga jual, strategi pemasaran yang digunakan, hingga proses pengiriman dan pengembalian barang.
Benefit One Indonesia bisa membantu dalam hal program loyalitas pelanggan yang bekerja sebagai one stop solution untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda. Ada banyak pilihan hadiah yang bisa diberikan. Mulai dari hadiah fisik dan digital untuk memastikan tingkat retensi pelanggan tetap terjaga dan bisa menarik atensi pelanggan baru.
Selain itu Benefit One Indonesia juga sudah menggunakan teknologi canggih dan terkini yang bisa memberikan solusi inovatif. Bahkan teknologi yang kami miliki bisa langsung terhubung dengan sistem manajemen Anda melalui penggunaan API tanpa harus mengunduh aplikasi lain. Canggih dan praktis, bukan?Segera hubungi kami di WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami. Cari tahu bagaimana kami bisa membantu bisnis Anda, sekarang!