Setiap bisnis membutuhkan kemitraan yang tepat dan dapat diandalkan agar bisa berkembang. Baik dengan penyedia layanan, pemasok, atau merek lainnya. Bentuk kerjasama ini sangat penting untuk kelangsungan bisnis jangka panjang. Salah satu yang paling penting adalah kemitraan ritel.
Hubungan mitra ini memungkinkan Anda untuk memanfaatkan basis audiens yang lebih luas dan mengembangkan bisnis secara eksponensial. Para rekanan ini merupakan bagian penting dari perjalanan akhir pelanggan bisnis Anda. Jika dilakukan dengan benar, bentuk kerjasama ini bisa membawa keuntungan bagi semua pihak.
Lalu, bagaimana cara membangun kemitraan ritel yang sukses? Mari kita simak penjelasannya di bawah ini.
BACA JUGA: Menciptakan Nilai Lebih Untuk Pelanggan Dengan Program Loyalitas Kemitraan
Apa itu Kemitraan Ritel?
Kemitraan ritel adalah ketika dua bisnis berkolaborasi untuk memanfaatkan basis audiens dan sumber daya masing-masing. Umumnya, jenis kerjasama ini terbentuk antara dua merek dengan basis audiens yang tidak bersaing namun saling melengkapi.
Dengan kata lain, jika ada tumpang tindih antara masing-masing audiens mereka, hal ini tidak menjadikan kedua bisnis sebagai kompetitor. Justru hal ini memungkinkan mereka untuk saling meningkatkan penjualan dan kesadaran merek di benak pelanggan dan banyak orang.
Keunggulan dari membangun kerjasama ini adalah Anda bisa langsung memanfaatkan basis audiens bisnis mereka. Sehingga memungkinkan Anda untuk menampilkan merek di depan audiens baru dan menumbuhkan brand awareness. Pada akhirnya, hal ini bisa meningkatkan penjualan karena semakin banyak orang yang mengetahui tentang produk dan/atau layanan dari bisnis Anda.
Para pebisnis biasanya memanfaatkan kemitraan ritel ini untuk meluncurkan produk dan/atau layanan baru atau berekspansi ke wilayah baru. Beberapa juga ada yang ingin meningkatkan kinerja mereka secara strategis. Dan yang paling utama adalah untuk meningkatkan performa mereka di segmen unggulan.
Kolaborasi antar dua bisnis ini memungkinkan Anda untuk memanfaatkan tenaga kerja dan sumber daya pemasaran dari merek ritel lain. Artinya, hal ini bisa menjadi solusi terbaik untuk sebuah bisnis yang memiliki sumber daya terbatas.
Cara Membangun Kemitraan Ritel yang Sukses dan Efektif
Tahukah Anda bahwa, kemitraan ritel ini sudah menjadi hal yang umum? Mungkin Anda lebih mengenalnya dengan istilah crossover atau cross selling. Sebagai pebisnis yang cerdas, tentu Anda telah menyadari manfaat menciptakan nilai bersama dan menghasilkan banyak keuntungan dari bentuk kerjasama ini, bukan?
Berikut beberapa cara membagun kemitraan ritel yang sukses dan efektif, yang bisa Anda lakukan. Di antaranya adalah:
Identifikasi Mitra yang Potensial
Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengidentifikasi bisnis mana yang memiliki target pasar, nilai, dan visi yang sama. Dalam kerjasama ini yang dibutuhkan adalah mitra yang bisa saling melengkapi, bukan bersaing dengan mereka. Carilah mitra bisnis yang memiliki profil pelanggan serupa, reputasi yang kuat, dan strategi pemasaran yang sesuai.
Jangkau dan Ajukan Nilai yang Sebanding
Setelah Anda memiliki beberapa daftar mitra bisnis yang potensial, maka Anda perlu menjangkau dan menawarkan ide kemitraan kepada mereka. Ajukan bagaimana bentuk kolaborasi ini bisa menguntungkan kedua belah pihak, berikan nilai bisnis yang bisa membawa profit, serta berikan penjelasan secara spesifik terkait apa yang Anda harapkan dan apa yang mereka dapatkan dari kerjasama ini.
Tetapkan Tujuan dan Ekspektasi
Selanjutnya, setelah Anda mendapat respon dan tanggapan yang positif dari mitra terpilih, Anda perlu menetapkan tujuan dan ekspektasi yang jelas serta realistis untuk kolaborasi ini. Kedua belah pihak harus memiliki pemahaman bersama tentang apa yang ingin dicapai, bagaimana mengukur keberhasilannya, serta cara komunikasi dan kolaborasi yang diinginkan. Pada cara ini, masing-masing pihak juga perlu mendefinisikan peran dan tanggung jawabnya, dan bagaimana cara menangani masalah atau konflik yang terjadi di kemudian hari.
Jalankan dan Pantau Kemitraan Ritel yang Terjalin
Cara membangun kemitraan ritel yang sukse dan efektif selanjutnya adalah dengan menjalankan rencana yang sudah dibentuk dan memantau prosesnya. Tentu selama kontrak kerjasama ini berlangsung, Anda harus bisa memenuhi janji, mengikuti pedoman yang telah disepakati, serta menjaga hubungan baik dengan mitra.
Disaat yang bersamaan, Anda juga bisa melakukan pelacakan dan menganalisis hasil kemitraan ini. Seperti penjualan, traffic yang dihasilkan, prospek mendatang, hingga kepuasan pelanggan. Dalam hal ini, Anda harus menggunakan data dan umpan balik untuk melakukan evaluasi terkait apa yang berhasil dan yang tidak, serta melakukan penyesuaian sesuai kebutuhan.
Tinjau dan Perbarui
Terakhir, Anda perlu meninjau dan memperbarui kontrak kerjasama secara teratur. Diskusikan masa depan kolaborasi ini dengan mitra bisnis Anda. Lalu pikirkan apakah Anda ingin melanjutkan, memperluas, atau mengakhirinya. Jika Anda ingin memperbaruinya, usulkan ide, tujuan, atau insentif baru yang lebih menguntungkan. Namun jika Anda ingin mengakhirinya, jangan lupa untuk ucapkan terima kasih, berbagi pembelajaran, dan berpisah secara damai dengan mitra Anda.
BACA JUGA: 10+ Kategori Reward E-Voucher yang Paling Populer dan Dicari
Bangun Loyalitas Kemitraan Ritel Bersama Benefit One Indonesia
Persaingan pasar kini kiat ketat. Tanpa adanya program loyalitas, sangat kecil kemungkinannya untuk sebuah bisnis bisa bertahan lama dan mempertahankan pelanggannya. Perlu diketahui, program loyalitas ini tidak hanya untuk pelanggan saja, tetapi juga bisa untuk mitra bisnis Anda.
Ketika dua brand melakukan kerjasama, maka akan ada nilai yang lebih untuk diberikan kepada pelanggan. Tidak heran jika kini banyak perusahaan yang mulai merangkul program loyalitas kemitraan. Khususnya untuk Anda yang melakukan kemitraan ritel, program satu ini tidak boleh dilewatkan begitu saja.
Benefit One Indonesia akan membantu Anda sebagai one stop solution yang bisa memenuhi kebutuhan program loyalitas kemitraan. Mulai dari pemberian hadiah untuk mitra bisnis dan pelanggan setia, memberikan wawasan serta insight yang berharga untuk kemajuan dan perkembangan bisnis Anda, hingga memberikan solusi interaktif dan inovatif yang bermanfaat.
Anda tidak perlu meragukan kiprah Benefit One Indonesia di industri ini. Sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun dan dipercaya oleh banyak perusahaan ternama dan terbesar di berbagai belahan dunia. Kini, waktunya Anda merasakan solusi yang bisa mempermudah bisnis Anda dalam mempertahankan pelanggan dan menjaga interaksinya.Cukup dengan menghubungi kami melalui WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!