Saat ini, pelanggan berharap untuk mendapatkan pengalaman berbelanja yang fleksibel, menyenangkan, dan tanpa hambatan. Di sinilah ritel omnichannel berperan untuk bisnis Anda. Pengalaman yang mereka dapatkan bisa membantu pelanggan untuk berkomunikasi dengan brand favorit mereka di saluran terpilih. Tentunya hal ini akan memungkinkan untuk terjadinya percakapan langsung yang terhubung.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh salah satu lembaga menyebutkan bahwa, 70% pelanggan mengatakan bahwa pengalaman yang lancar akan membuat mereka membeli lebih banyak dari sebuah brand. Sementara itu 64% lainnya akan membelanjakan lebih banyak uang jika perusahaan bisa menyelesaikan masalah mereka di saluran yang saat itu digunakan.
Terlebih ketika saat ini belanja online sudah menjadi gaya hidup masyarakat. Anda harus bisa membuat ritel omnichannel sendiri yang sukses dan efektif.
BACA JUGA: 5 Cara Membangun Kemitraan Ritel yang Sukses
Apa itu Ritel Omnichannel?
Coba bayangkan, ada satu pelanggan yang melihat produk di toko online Anda, namun tidak melakukan pembelian. Setelahnya, pelanggan tersebut sedang melihat akun media sosial mereka, dan mendapati iklan dari brand Anda yang menampilkan produk serupa dengan tambahan diskon 20% untuk pembelian pertama. Pelanggan tersebut tidak akan berpikir dua kali untuk melakukan pembelian.
Jadi, apa itu ritel omnichannel? Studi kasus di atas adalah salah satu contoh dari kegiatan yang terjadi di retail omnichannel. Secara garis besar, hal ini mengacu pada penciptaan pengalaman pelanggan yang konsisten di berbagai saluran yang berbeda. Mulai dari menciptakan brand awareness, hingga melakukan transaksi.
Pendekatan omnichannel pada bisnis ritel memungkinkan pelanggan untuk menikmati pengalaman berbelanja yang terpadu dan lancar, baik saat mereka berbelanja secara online, di ponsel, saat sedang menjelajahi media sosial, atau di toko offline.
Artinya, ritel omnichannel adalah strategi pengalaman yang memungkinkan pelanggan berinteraksi dengan sebuah merek di saluran yang mereka sukai. Pelanggan dapat berganti antar saluran dengan lancar, karena bisnis Anda sudah menyimpan data dan informasi yang dibutuhkan untuk melakukan kegiatan tersebut. Hal ini nantinya bisa menghasilkan pengalaman yang lebih disesuaikan dan dipersonalisasi bagi pelanggan.
Manfaat Ritel Omnichannel untuk Bisnis Anda
Mengadopsi ritel omnichannel dalam operasional bisnis Anda dapat meningkatkan keterlibatan dan pengalaman pelanggan. Anda bisa bertemu dengan pelanggan dimana pun mereka berada, dan banyak manfaat lainnya. Di antaranya adalah:
Meningkatkan Pengalaman Pelanggan
Dengan ritel omnichannel, bisnis dapat memanfaatkan pengalaman pelanggan yang lebih baik untuk meningkatkan skor kepuasan pelanggan. Anda bisa menggunakan matrik tertentu untuk mengukurnya. Misalnya seperti loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan terhadap produk dan/atau layanan yang mereka beli, hingga kepuasan mereka terhadap bisnis Anda.
Menambahkan Visibilitas Inventaris
Pendekatan ini membantu sebuah bisnis mengirimkan produk ke tempat yang tepat. Strategi ritel omnichannel ini bisa membantu bisnis untuk mengelola inventaris dengan lebih baik dan analisis yang bermanfaat serta platform terpusat untuk mengelola dan mudah berkomunikasi dengan vendor. Meningkatkan visibilitas inventaris juga berpotensi pada penjualan silang. Sehingga Anda bisa merekomendasikan produk dan/atau layanan sejenis dengan nilai yang lebih tinggi apabila stoknya kosong.
Bisa Bertemu Pembeli Dimana Pun
Manfaat ritel omnichannel lainnya adalah memungkinkan bisnis Anda untuk bertemu dengan pembeli dimana pun mereka berada dan memberikan pengalaman yang mereka cari. Menyediakan pengalaman berbelanja yang fleksibel bagi pelanggan bisa didapatkan dengan beberapa cara. Seperti:
- Menawarkan berbagai pilihan pengiriman dan pengantaran
- Pilihan untuk membelinya secara online atau langsung mendatangi toko fisik
- Pengantaran tanpa kontak
Personalisasi Customer Experience
Sesuai namanya, ritel omnichannel menggabungkan semua aspek titik kontak pelanggan. Sehingga Anda bisa menggunakan data dari berbagai saluran untuk menciptakan pengalaman yang ditargetkan bagi pelanggan. Seperti data terkait riwayat pembelian, sehingga Anda bisa memberikan rekomendasi berdasarkan apa yang mereka sukai.
Memunculkan Kembali Kehadiran Toko Fisik
Meskipun kehadiran toko fisik sempat meredup pasca pandemi, saat ini toko fisik bisa membawa keuntungan bagi bisnis Anda. Terutama jika ada pelanggan yang menyukai belanja secara online dan mendatangi toko fisik secara langsung.
Strategi Ritel Omnichannel
Strategi ritel omnichannel yang kuat dapat meningkatkan efisiensi supply chain, yang pada akhirnya bisa membantu memajukan pertumbuhan bisnis yang lebih cepat. Berikut beberapa strategi yang bisa Anda lakukan, meliputi:
Hadir Di Platform yang Disukai oleh Pelanggan Anda
Ritel omnichannel memungkinkan Anda untuk bertemu dengan pelanggan dimana pun. Pendekatan ini juga memungkinkan Anda untuk hadir di saluran yang paling sering digunakan oleh mereka. Baik itu memberikan kemudahan dalam melakukan penelusuran dan membeli produk tanpa harus meninggalkan laman media sosial, atau seperti pelanggan bisa mengembalikan pesanan online melalui toko fisik, dan lainnya.
Jangkau Audiens Baru
Setelah Anda memahami platform apa yang paling sering digunakan pelanggan, maka langkah selanjutnya adalah menjangkau audiens baru. Perlu diketahui bahwa, tidak semua pelanggan Anda mengerti tentang belanja online. Beberapa dari mereka mungkin hanya bisa mendapatkan produk bisnis Anda dari toko fisik. Strategi ritel omnichannel yang ideal adalah ketika Anda mendiversifikasikan lini produk dan mulai menjangkau berbagai demografi dan pelanggan.
Tawarkan Pengalaman Pelanggan yang Unik dan Sesuai dengan Harapan Pelanggan
Seperti penjelasan sebelumnya, pendekatan rtiel omnichannel ini bisa memungkinkan Anda untuk menawarkan pengalaman yang unik di berbagai platform berdasarkan apa yang diinginkan atau diharapkan oleh pelanggan. Anda bisa memberikan beberapa pengalaman pelanggan seperti:
- Menggunakan chatbot untuk menjawab pertanyaan pelanggan dengan cepat di berbagai saluran
- Melihat produk dengan menggunakan teknologi augmented reality sebelum membelinya
- Membeli beberapa produk untuk dikirim di hari yang sama sehingga pelanggan dapat mengujinya dan membeli produk yang sudah mereka masukkan ke dalam wishlist.
BACA JUGA: Manfaat Dan Jenis Retail Partnership Yang Perlu Anda Pahami
Mengembangkan Ritel Omnichannel Bisnis Anda Bersama Benefit One Indonesia
Setelah Anda berhasil mendapatkan pelanggan baru, maka langkah selanjutnya adalah membuat program loyalitas pelanggan. Untuk apa? Untuk mempertahankan kesetiaan mereka dengan bisnis Anda. Namun, perlu dipahami bahwa Anda juga harus “memberi” sesuatu yang mereka butuhkan atau inginkan dengan cara yang dipersonalisasi.
Seperti memberikan hadiah atau reward dan benefit yang menguntungkan pelanggan setia Anda. Pastikan Anda memberikan hal-hal yang memberikan manfaat dan value kepada pelanggan. Sehingga mereka akan dengan senang hati menunjukkan kesetiaan mereka kepada Anda.
Salah satu mitra loyalitas yang bisa Anda percaya adalah Benefit One Indonesia. Sebuah perusahaan yang sudah memiliki lebih dari 10 tahun pengalaman di industri loyalitas pelanggan, serta dipercaya oleh berbagai perusahaan besar dan ternama di dunia. Benefit One Indonesia siapa membantu Anda untuk memberikan penghargaan kepada pelanggan, saluran penjualan, dan juga karyawan Anda.
Kami bertindak sebagai one stop solution yang fleksibel untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda. Ada banyak pilihan hadiah yang bisa diberikan, baik itu hadiah fisik maupun digital. Mengapa tidak mencobanya sekarang?Cari tahu bagaimana kami bisa membantu mengembangkan bisnis Anda dengan menghubungi melalui WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!