Memahami Perjalanan Pelanggan Melalui Multichannel Retailing

Multichannel Retailing

Sadarkah Anda bahwa pelanggan juga mengalami evolusi? Jika dulu mereka mau berbelanja di toko fisik, kini mereka ingin pengalaman berbelanja yang fleksibel, nyaman, dan akses penuh terhadap produk dan/atau layanan yang mereka incar. Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan pendekatan multichannel retailing.

Dengan banyaknya cara bagi pelanggan untuk berbelanja, maka penting untuk bisnis Anda bisa tampil beda. Kini, mengandalkan keuntungan lewat toko fisik saja tidaklah cukup. Anda harus membuat stratgi dan mengubah model bisnis agar bisa mengikuti kebutuhan dan permintaan pelanggan yang terus mengalami perubahan.

Kali ini, kami akan membahas mengenai multichannel retailing yang bisa menjadi penyelamat bisnis Anda. Mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Memahami Ritel Omnichannel untuk Bisnis Anda

Apa itu Multichannel Retailing?

Multichannel retailing adalah sebuah strategi yang digunakan perusahaan untuk menawarkan kepada pelanggan beberapa cara untuk membeli produk dan/atau layanan mereka. Saluran ini bisa berupa online maupun offline. Bahkan pelanggan bisa memilih salah satu yang mereka anggap paling nyaman dan mudah. Pada prakteknya, model bisnis ini digunakan untuk meningkatkan penjualan produk dan kepuasan pelanggan.

Dengan kata lain, multichannel retailing adalah praktik penjualan produk dan/atau layanan dari sebuah perusahaan di saluran penjualan yang berbeda. Kendati demikian, pendekatan ini berbeda dengan ritel omnichannel. Pendekatan ini menawarkan berbagai saluran penjualan kepada pelanggan. Sedangkan omnichannel lebih menawarkan pengalaman berbelanja pelanggan yang unik dan stabil secara online saja.

Umumnya, sebagian besar penjual online memulai perjalanan mereka dari satu saluran penjualan saja. Yaitu melalui toko online atau toko fisik. Sementara di sisi lainnya, pelanggan memiliki banyak titik kontak dan cara untuk membeli apa yang mereka inginkan. Sehingga, mau tidak mau penjual harus menjual produk dan/atau layanannya secara online dan offline.

Anda harus bisa dan berkeinginan kuat untuk menjelajahi saluran baru yang saat ini semuanya serba digital. Bisa melalui media sosial, ecommerce, situs web, dan yang lainnya. Dengan cara ini, pelanggan akan membelanjakan uangnya tiga kali lebih banyak dari pada membeli di satu saluran saja.

Manfaat Multichannel Retailing

Dengan adanya banyak pilihan berbelanja yang ditawarkan pelanggan, baik itu online maupun offline, tentu bisnis Anda akan mendapatkan banyak manfaat dan keuntungan. Di antaranya adalah:

Pendapatan Bisnis yang Lebih Baik

Ketika Anda menyebarkan bisnis Anda ke berbagai platform, maka bisnis Anda bisa muncul lebih sering dan berada dalam jangkauan calon pelanggan serta menarik atensi mereka. Setelah itu, calon pelanggan akan memberikan waktu mereka untuk melihat-lihat toko online Anda, membandingkan harga, dan melakukan riset yang diperlukan terhadap apa yang mereka incar sebelum memutuskan untuk membeli. Hal ini bisa membantu meningkatkan pendapatan bisnis Anda.

Ada Banyak Cara untuk Membeli

Jika Anda hanya memiliki satu saluran penjualan, artinya Anda memaksa pelanggan untuk menggunakan saluran itu saja. Hal ini mungkin tidak bermasalah bagi pelanggan yang sebelumnya sudah pernah membeli. Lalu, bagaimana dengan calon pelanggan yang masih ragu? Di sinilah manfaat multichannel retailing untuk bisnis Anda. Model ini bisa menawarkan berbagai cara mudah kepada pelanggan untuk berbelanja dengan brand Anda. Tentu hal ini bsia memberikan Anda bisnis Anda keunggulan kompetitif dibandingkan bisnis lain yang hanya memiliki satu saluran penjualan saja.

Mendapatkan Banyak Data Berharga

Manfaat multichannel retailing untuk bisnis Anda lainnya adalah Anda bisa mendapatkan banyak data berharga terkait pembelian pelanggan. Seperti saluran yang paling sering mereka gunakan. Jadi Anda bisa mengetahui cara mempromosikan bisnis Anda dengan cara yang tepat. Anda juga akan mendapatkan banyak perspektif dari banyaknya saluran ini. Mengetahui produk mana yang akan dipromosikan di saluran apa juga merupakan bagian dari data berharga.

Multichannel Retailing

Kelebihan dan Kekurangan Multichannel Retailing

Multichannel retailing membantu untuk memastikan bahwa Anda menjangkau basis pelanggan dimana pun mereka berada dan preferensi perangkat yang mereka gunakan untuk berbelanja. Dengan lebih banyak saluran yang tersedia, maka akan ada lebih banyak orang yang bisa mendapatkan akses ke bisnis Anda. Artinya, Anda membuka diri terhadap lebih banyak peluang dan sekaligus memberikan fleksibilitas yang lebih besar kepada pelanggan.

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan multichannel retailing yang perlu Anda ketahui. Yaitu:

Kelebihan Multichannel Retailing:

Bisa Menargetkan Pelanggan Di Setiap Tahap Pembelian

Sebelum melakukan pembelian, pelanggan pasti melakukan banyak pertimbangan sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli produk dan/atau layanan yang mereka lihat. Mulai dari mengunjungi toko, melihat produk dan/atau layanan, mencari ulasan, membandingkan harga, dan lainnya. Inilah sebabnya mengapa memahami perjalanan pelanggan dengan menggunakan pendekatan multichannel retailing memberikan Anda keunggulan dalam persaingan.

Memanfaatkan Kekuatan Pasar dan Mesin Pencari

Ada banyak pihak yang ingin memperebutkan pangsa pasar ecommerce. Dari semua banyak perusahaan besar, penjual ritel berada di tengah-tengah persaingan tersebut. Apabila Anda hanya memiliki satu saluran saja, maka besar kemungkinan bisnis Anda kalah sebelum berperang. Lain soal jika Anda memiliki banyak saluran penjualan yang bisa memberikan lebih banyak kebebasan dan fleksibilitas.

Dengan memanfatkan kekuatan pasar dan mesin pencari, Anda bisa membuat strategi untuk pengalaman belanja yang dipersonalisasi, membantu pelanggan menemukan produk dan.atau layanan yang mereka cari secara akurat dan tepat waktu, hingga meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Mendapatkan Pendapatan yang Lebih

Strategi multichannel retailing yang sukses melibatkan penjualan produk dan/atau layanan serta solusinya di berbagai saluran dan platform. Hal yang sudah pasti harus Anda lakukan adalah memperluas jangkauan. Sebuah penelitian menyebutkan bawha, penjual ritel yang berjualan di dua pasar atau lebih mendapatkan pendapatan 190% lebih banyak dibandingkan hanya dengan satu pasar saja.

Kelemahan Multichannel Retailing:

Berjualan Di Saluran yang Salah

Meskipun diversifikasi adalah kunci untuk menjangkau audiens yang lebihi besar, meluncurkan produk dan/atau layanan di saluran yang salah bisa menyebabkan banyak kerugian. Maka Anda harus memastikan target pasarnya terlebih dulu. Kemudian, lakukan evaluasi setiap pasar dengan cermat dan bereksperimen hingga menemukan ceruk pasar yang tepat untuk bisnis Anda.

Banyak Infrastruktur yang Digunakan untuk Mempertahankan Multichannel Retailing

Pada saat Anda memulai berjualan di dua saluran atau lebih, Anda mungkin akan mengalami beberapa kesulitan. Seperti mendaftar di saluran yang dipilih, memelihara stok dan inventaris, memproses pesanan, hingga menyediakan pelayanan pelanggan. Semua hal tersebut bisa memberikan dampak buruk kepada bisnis Anda apabila tidak ada proses dan fondasi yang baik untuk memulai.

Maka dari itu, Anda perlu meningkatkan jumlah dalam tim dan menggunakan bantuan alat otomatisasi untuk mendukung pertumbuhan bisnis. Jika Anda tidak melakukannya, maka Anda berisiko menciptakan tumpukan pesanan, tugas, dan pengembalian uang yang nantinya dapat merusak nilai brand dan pasar.

Atribut Penjualan

Salah satu kelemahan multichannel retailing adalah Anda harus mengetahui platform mana yang bisa meyakinkan pelanggan untuk melakukan pembelian. Selain itu, Anda juga akan mengalami kesulitan untuk mengetahui dimana penjualan dilakukan. Solusinya adalah Anda harus memiliki sebuah sistem yang bisa digunakan untuk memantau dan melacak data serta metrik pelanggan.

BACA JUGA: Manfaat Dan Jenis Retail Partnership Yang Perlu Anda Pahami

Jalankan Bisnis Multichannel Retailing Anda Bersama Benefit One Indonesia

Semua pelanggan setia berhak mendapatkan perlakuan dan hadiah istimewa. Baik yang sering melakukan pembelian secara online maupun langsung di toko. Cara inilah yang bisa membuat mereka kembali lagi dan tidak segan mengeluarkan uang yang lebih banyak untuk bisnis Anda.

Anda bisa mempercayakan program loyalitas pelanggan kepada Benefit One Indonesia. Dengan pengalaman lebih dari 10 tahun serta dipercaya oleh perusahaan besar dan ternama di dunia, tim kami akan memberikan yang terbaik untuk membuat pelanggan lebih terlibat. Tidak hanya itu, kami juga memiliki banyak pilihan hadiah yang bisa diberikan.

Mau hadiah dalam bentuk fisik atau digital? Kami akan menyiapkan. Benefit One Indonesia sudah didukung dengan teknologi canggih dan terkini yang bisa langsung terhubung dengan sistem manajemen bisnis Anda melalui API, tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan.Penasaran bagaimana Benefit One Indonesia bisa membantu bisnis multichannel retailing Anda? Jangan ragu untuk menghubungi kami melalui WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!