3 Cara Menggunakan Hadiah Gamifikasi untuk Meningkatkan Keterlibatan dan Loyalitas

Hadiah Gamifikasi

Selama beberapa tahun terakhir ini, gamifikasi telah berkembang menjadi sebuah alat amput untuk memberikan motivasi dan melibatkan orang dalam berbagai konteks. Dalam bisnis, adanya hadiah gamifikasi bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan keterlibatan dan loyalitas pelanggan.

Namun, agar bisa mencapai kesuksesan dalam mengimplementasikan strategi ini, kuncinya adalah dengan memahami beberapa elemen berbeda yang membentuk gamifikasi itu sendiri. Salah satunya tentang bagaimana menggunakan hadiah gamifikasi yang bisa memotivasi pelanggan untuk berpartisipasi dan memberikan kesetiaannya.

BACA JUGA: 6 Jenis Hadiah Gamifikasi Dalam Program Loyalitas Pelanggan

Kekuatan Hadiah Gamifikasi dalam Sebuah Program Loyalitas

Tahukah Anda bahwa, gamifikasi memiliki kekuatan tersendiri untuk menghasilkan sebuah hubungan emosional dengan penggunanya? Sebenarnya, penyebutan kata ‘hadiah’ saja sudah merupakan pendorong motivasi kuat untuk penggunanya. Ketika mereka membenamkan diri dalam lingkungan gamifikasi, maka mereka akan mendapatkan pengalaman yang bisa menarik emosi dan perasaan mereka.

Kemudian mereka akan menggunakan pengalaman tersebut untuk mendapatkan hadiah gamifikasi. Tetapi, bagaimana cara kerja hubungan emosional ini? Seperti yang kita ketahui, salah satu naluri manusia yang paling primitif adalah mencari kesenangan. Hal inilah yang disampaikan oleh gamifikasi.

Melalui berbagai pendekatan dan strategi, game berusaha mendorong pelepasan dopamin (hormon yang berhubungan dengan emosi) untuk memberikan kesenangan tersebut. Contohnya, melalui teknik gamifikasi, pengguna dapat menyelesaikan tantang kecil atau misi. Setiap misi yang berhasil dilalui, maka akan ada rasa pencapaian bagi pengguna tersebut. Di setiap pencapaian itu, maka hormon dopamin dilepaskan.

Lalu dari sini timbulah perilaku motivasi, pengulangan, dan pembelajaran. Terlepas dari semua itu, gamifikasi juga memiliki keuntungan bagi penggunanya. Mereka bisa mengurangi stres dan kecemasan, meningkatkan suasana hati, mengembalikan semangat, hingga sebagai bentuk kepuasan diri. Terutama jika diberikan hadiah gamifikasi yang sesuai dan bisa menarik atensi mereka.

Bentuk Hadiah Gamifikasi yang Bisa Diberikan

Faktanya, seseorang bersedia berpartisipasi dalam suatu hal jika ada imbalannya. Dan kasusnya dalam gamifikasi, ada hadiahnya. Agar mereka terus merasa termotivasi, maka ada bentuk pengakuan dan penghargaan yang diberikan. Namun, seperti apa bentuknya?

Virtual Rewards

Hadiah virtual atau digital merupakan bentuk hadiah gamifikasi yang paling umum dan sangat efektif. Bisa berupa poin, lencana, medali, mata uang virtual, e-voucher, dan lainnya. Tentunya imbalan ini diberikan setelah pengguna berhasil menyelesaikan misi atau level tertentu dalam program gamifikasinya. Jika Anda bisa memberikan hadiah yang sesuai, hal ini bisa memotivasi pengguna untuk terus bergerak maju dan mendapatkan lebih banyak lagi.

Physical Rewards

Tidak seperti hadiah virtual, hadiah fisik memiliki wujud nyata. Bisa berupa produk gratis, diskon, merchandise, dan hadiah fisik lainnya. Diberikan atas hasil dari partisipasi mereka dalam sistem gamifikasi. Imbalan fisik ini dapat menambahkan faktor emosional tambahan ke dalam permainan karena adanya barang nyata yang sangat diinginkan.

Status Rewards

Hadiah gamifikasi yang ketiga adalah imbalan status. Bisa dikatakan jika imbalan kali ini lebih menarik dari yang lainnya karena pengguna akan diberikan sebuah medali atau lencana yang dapat ditampilkan pada profil mereka masing-masing. Hal ini dapat membuat mereka merasa menjadi bagian dari komunitas dan menonjol di dalamnya, serta kebanggaan pada diri sendiri.

Access or Privilege Rewards

Akses atau hak istimewa bisa diberikan dengan cara menambahkan akses eksklusif ke dalam fitur sistem. Hadiah gamifikasi ini dapat membuat pengguna tetap terlibat dengan menawarkan kesempatan untuk mengakses pengalaman tambahan yang istimewa. Setiap jenis hadiah yang diberikan memiliki keunggulan dan penerapannya masing-masing. Dan umumnya, pilihan ini dibuat berdasarkan tujuan dari gamifikasi itu sendiri dan audiens yang dituju.

Hadiah Gamifikasi

Cara Menggunakan Hadiah Gamifikasi

Dalam sistem gamifikasi, kunci keberhasilan terletak pada bagaimana Anda menciptakan pengalaman yang berkesan dan menarik bagi para pengguna. Perlu diingat bahwa hadiah gamifikasi memainkan peranan penting dalam proses ini. Pastikan Anda memberikan imbalan atau insentif yang dapat membuat pengguna terus terlibat dan termotivasi.

Berikut beberapa cara menggunakan hadiah gamifikasi yang bisa Anda lakukan, yaitu:

Tawarkan Hadiah Gamifikasi yang Dipersonalisasi

Sistem gamifikasi harus bisa memberikan pengalaman yang menyenangkan, memotivasi, dan menarik. Sesuaikanlah hadiah yang akan diberikan dengan preferensi individu pengguna agar bisa mencapai tujuan yang diinginkan. Personalisasi memastikan bahwa imbalan tersebut bermakna dan relevan bagi pengguna, meningkatkan nilai yang dirasakan, dan memperdalam hubungan emosional pengguna dengan sistem. 

Buatlah Imbalan yang Menantang Namun Bisa Dicapai

Beberapa orang menyukai tantangan. Termasuk tantangan di dalam sebuah permainan. Buatlah imbalan yang bisa menantang mereka untuk mendorong keterlibatan yang berkelanjutan. Namun harus tetap diingat bahwa tantangan tersebut harus tetap bisa dicapai. Berikan sasaran yang realistis namun tetap menantang, sehingga bisa memotivasi pengguna untuk menyelesaikan misinya. Sebagai gantinya, Anda bisa memberikan hadiah gamifikasi yang sesuai dan dipersonalisasi.

Berikan Penghargaan Sosial

Tahukah Anda bahwa, penghargaan tertentu dapat mendorong interaksi sosial? Seperti pengakuan publik contohnya. Ketika ada pengguna yang berhasil menyelesaikan misi tersulit atau berhasil naik menjadi “Top Player”, maka Anda harus memajangnya di media sosial dan tag orangnya. Tujuannya adalah untuk memperkuat rasa memiliki serta meningkatkan motivasi melalui validasi sosial.

BACA JUGA: Membuka Hadiah Terbaik Program Loyalitas Anda

Percayakan Hadiah Gamifikasi Program Loyalitas Anda Bersama Benefit One Indonesia

Jadi, apakah Anda sudah menentukan mau memberikan hadiah gamifikasi yang seperti apa? Jika belum ada baiknya untuk berkonsultasi dengan ahlinya. Yaitu Benefit One Indonesia. Tim kami akan membantu Anda untuk memilih hadiah terbaik bagi pelanggan setia. Mau itu hadiah fisik atau digital, Benefit One Indonesia memiliki banyak pilihannya.

Selain itu, tim kami juga akan dengan senang hati membantu Anda dalam memberikan wawasan dan informasi terkait pelanggan yang bergabung pada program loyalitas. Kami juga akan memberikan solusi inovatif yang bisa membantu perkembangan dan kemajuan bisnis Anda.Cari tahu sekarang juga bagaimana kami bisa membantu bisnis Anda untuk memberikan hadiah gamifikasi terbaik. Segera hubungi kami melalui WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang! Cari tahu bagaimana kami bisa membantu bisnis Anda.