3 Cara Menerapkan Gamifikasi Untuk Penghargaan Karyawan

Gamifikasi untuk Penghargaan Karyawan

Selain untuk meningkatkan keterlibatan dan motivasi pelanggan, Anda juga bisa menggunakan gamifikasi untuk penghargaan karyawan. Dengan memasukkan elemen permainan pada sistem penghargaan karyawan, Anda dapat meningkatkan produktivitas dan juga kepuasan mereka.

Gamifikasi juga bisa digunakan untuk mendorong tim Anda menuju kesuksesan, mendorong ikatan tim, atau memberikan alasan kepada mereka agar terus masuk setiap hari dengan penuh semangat dan siap menghadapi hari kerja. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui bagaimana cara menggunakan gamifikasi untuk penghargaan karyawan.

Mari kita simak penjelasan lengkapnya.

BACA JUGA: 3 Cara Menggunakan Hadiah Gamifikasi untuk Meningkatkan Keterlibatan dan Loyalitas

Hubungan Gamifikasi dan Penghargaan Karyawan

Sebuah studi menunjukkan bahwa hanya 36% karyawan yang mau terlibat di tempat kerjanya. Artinya, Anda butuh upaya keterlibatan ekstra yang didukung dengan cara apapun yang bisa menghasilkan peluang unik untuk meningkatkan produktivitas, keterlibatan, dan membangun tempat kerja yang berkembang pesat.

Sementara itu, sistem penghargaan tradisional sering kali terbukti gagal dalam menjaga karyawan tetap termotivasi. Sampai muncul pendekatan baru dengan permainan yang diklaim mampu meningkatkan motivasi dan produktivitas hingga 60%.

Gamifikasi adalah bentuk pendekatan baru dalam penghargaan atau pengakuan karyawan yang memungkinkan mereka untuk menantang diri mereka sendiri dengan memperkenalkan elemen kompetisi yang bersahabat. Sehingga nantinya proses kerja bisa menjadi lebih menyenangkan.

Pendekatan ini mengubah cara perusahaan dalam memberikan insentif dan melibatkan karyawan mereka. Secara tidak langsung gamifikasi membawa elemen-elemen permainan seperti poin, lencana, papan peringkat, dan juga level, ke dalam sistem penghargaan karyawan. Semua elemen ini bukan hanya sekedar gaya atau fitur yang menyenangkan saja. Tetapi sebagai alat ampuh yang mampu untuk mendorong motivasi, keterlibatan, dan kinerja karyawan.

Teknik Gamifikasi untuk Karyawan yang Populer

Pada dasarnya, ada banyak teknik diintegrasikan ke dalam sistem penghargaan karyawan untuk memaksimalkan keterlibatan dan produktivitas. Namun, berikut ini adalah beberapa teknik yang dianggap paling efektif. Seperti:

Points and Badges

Pemberian poin dan lencana untuk setiap kali tugas berhasil diselesaikan atau saat karyawan mencapai tonggak pencapaian, dapat menciptakan rasa puas diri, bangga, dan pengakuan. Cara ini juga dapat memupuk persaingan sehat di antara para karyawan.

Leaderboards

Tampilkan papan peringkat di tempat yang bisa dilihat oleh banyak orang atau di aplikasi program loyalitas karyawan Anda. Tujuannya untuk menyoroti para pemain terbaik dan mendorong karyawan lainnya agar mau meningkatkan posisi mereka. Anda bisa menampilkan 10 besar atau maksimal 100 peringkat.

Levels and Progress Bar

Dengan menerapkan level dan tingkat kemajuan, memungkinkan karyawan untuk memvisualisasikan pertumbuhan mereka dan langkah-langkah yang perlu diambil untuk mencapai tujuan tersebut. Sekaligus menambah rasa keingintahuan mereka, rasa ingin terus berkembang, dan ingin memiliki pencapaian tertentu.

On The Spot Recognition

Memberikan penghargaan langsung untuk kinerja karyawan yang luar biasa dapat menjaga tingkat motivasi tetap tinggi. Kemudian imbalan yang diberikan secara berkala telah terbukti dapat meningkatkan keterlibatan secara signifikan. Terlebih ketika Anda memberikan penghargaannya di depan karyawan lainnya.

Spin to Win Bonuses

Hadiah atau bonus acak yang bisa diputar oleh karyawan ini dapat menambah elemen menyenangkan. Karyawan jadi mengantisipasi hadiah apa yang akan mereka dapat sehingga nantinya bisa menciptakan rasa gembira pada diri mereka. Agar semakin menantang, ada bisa membuat beberapa hadiahnya menjadi zonk.

Goal Tracking Tools

Satu lagi teknik gamifikasi untuk karyawan yang bisa Anda lakukan adalah dengan alat pelacak pencapaian. Alat ini dapat membantu Anda untuk mengetahui karyawan mana yang sudah menyelesaikan misi atau tugasnya atau pencapaiannya. Buatlah dengan visual yang menarik agar bisa mempertahankan fokus dan arah karyawan untuk tujuannya.

Gamifikasi untuk Penghargaan Karyawan

Cara Menerapkan Gamifikasi untuk Penghargaan Karyawan

Sekarang saatnya kita membahas terkait cara menerapkan gamifikasi untuk penghargaan karyawan. Perlu diketahui bahwa, setiap perusahaan memiliki tujuan dan budayanya masing-masing. Anda bisa menyesuaikan cara-cara di bawah ini dengan hal tersebut agar tidak melenceng dari keyakinan bisnis.

Di antaranya adalah:

Menetapkan Tujuan yang Terukur

Anda perlu menetapkan target spesifik yang dapat diukur dengan angka. Misalnya seperti peningkatan kinerja karyawan hingga 15% atau keterlibatan karyawan harus mencapai 20%, dan lain sebagainya. Mendefinisikan seperti apa kesuksesan yang Anda inginkan merupakan hal penting. Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. Baik itu untuk meningkatkan produktivitas, pelatihan karyawan, kepuasan karyawan, keterlibatan karyawan, dan hal lainnya yang dinyatakan dengan jelas. Sehingga mempermudah dalam memandu seluruh proses gamifikasi ini.

Rancang Mekanisme Permainannya

Untuk menjaga keterlibatan karyawan tetap tinggi, Anda perlu merancang mekanisme permainannya seefektif mungkin. Tidak semua elemen permainan cocok untuk setiap perusahaan atau tujuannya. Mungkin mekanisme poin dan lencana efektif untuk mengakui pencapaian kecil. Lalu papan peringkat untuk menciptakan persaingan sehat, namun disaat yang bersamaan dapat menurunkan motivasi karyawan. Sehingga Anda perlu mengetahui mekanisme mana yang paling cocok digunakan dalam gamifikasi untuk penghargaan karyawan.

Bantuan Teknologi

Teknologi memainkan peran penting dalam mengintegrasikan elemen-elemen gamifikasi dengan lancar. Sebaiknya gunakan platform yang dapat mendukung fitur gamifikasi. Seperti real time analysis, pelacakan kemajuan karyawan, hingga penggunaan antarmuka yang mulus dan lancar merupakan hal penting dalam menerapkan gamifikasi untuk penghargaan karyawan yang sukses. Anda hanya perlu memilih platform terbaik di antara yang terbaik, yang bisa memvisualisasikan kinerja karyawan dan melacaknya secara akurat.

BACA JUGA: 6 Jenis Hadiah Gamifikasi Dalam Program Loyalitas Pelanggan

Hadiah Gamifikasi untuk Penghargaan Karyawan dari Benefit One Indonesia

Tentunya setelah melakukan semua hal di atas, Anda perlu memberikan hadiah atau rewards untuk karyawan yang berprestasi, bukan? Tidak perlu pusing atau risau, Anda bisa mempercayakan hal tersebut kepada Benefit One Indonesia yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun serta dipercaya oleh perusahaan besar dan ternama di dunia.

Benefit One Indonesia akan membantu Anda untuk memilih hadiah terbaik yang akan Anda berikan kepada karyawan. Ada yang berbentuk fisik dan ada juga yang digital. Anda bisa memilihnya sesuai dengan preferensi dan kebutuhan karyawan.Cari tahu bagaimana kami bisa membantu bisnis Anda sekarang juga. Hubungi kami melalui WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami.