Kekuatan Gamifikasi Dalam Pelatihan Karyawan. Apa Saja?

Gamifikasi Dalam Pelatihan Karyawan

Dalam lanskap bisnis modern yang terus mengalami perkembangan, memiliki program pelatihan karyawan merupakan salah satu bentuk investasi masa depan. Tidak hanya untuk perusahaan saja, tetapi juga untuk membentuk sumber daya yang mampu, kreatif, dan produktif. Saat ini, Anda bisa menggunakan gamifikasi dalam pelatihan karyawan yang bisa membantu meningkatkan keterlibatan.

Gamifikasi dalam pelatihan karyawan ini tidak hanya sekedar ice breaking saja. Tetapi merupakan senjata ampuh yang dapat menumbuhkan pengalaman dan kontribusi yang interaktif. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari strategi ini. DI bawah ini, kami sudah merangkumnya untuk Anda.

BACA JUGA: 3 Cara Menerapkan Gamifikasi Untuk Penghargaan Karyawan

Bagaimana Cara Kerja Gamifikasi Dalam Pelatihan Karyawan

Pada prakteknya, taktik ini merupakan serangkaian kegiatan yang digunakan dengan konsep gamifikasi. Dirancang untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan/atau perilaku karyawan melalui pengalaman belajar yang menarik dan interaktif.

Cara kerja gamifikasi dalam pelatihan karyawan ini adalah dengan melibatkan mereka melalui pengalaman secara aktif dan interaktif. Sehingga nantinya diharapkan bahwa karyawan dapat mengimplementasikannya dalam pekerjaan mereka di masa depan.

Tujuannya adalah untuk membangkitkan bagian intuitif pengalaman otak manusia. Dengan menggunakan gamifikasi dalam pelatihan karyawan, informasi yang diterima cenderung lebih cepat diingat dan jarang dilupakan.

Lebih baik lagi jika Anda memberikan hadiah atau rewards untuk setiap karyawan yang berhasil menyelesaikan misi dalam permainan ini. Anda juga perlu menghargai dan mengapresiasi kerja keras serta usaha mereka dalam pelatihan ini. Sehingga nantinya mereka akan merasa dihargai dan terpacu untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Manfaat Melibatkan Gamifikasi Dalam Pelatihan Karyawan

Meskipun berkedok gamifikasi atau permainan, pelatihan ini memiliki banyak manfaat untuk karyawan dan juga perusahaan. Mari kita bahas apa saja manfaatnya melalui penjelasan di bawah ini:

Meningkatkan Retensi Pengetahuan

Permainan atau gamifikasi menyajikan informasi dalam cara yang lebih menarik dan interaktif. Dengan melibatkan karyawan Anda dalam kegiatan yang berulang-ulang, kemampuan mengingat mereka juga akan meningkat. Hasilnya, mereka dapat menerapkan apa yang sudah dipelajari dalam dunia nyata.

Membantu Mengembangkan Keterampilan dan Perilaku

Gamifikasi dalam pelatihan karyawan ini dapat memberikan tempat yang nyaman dan aman untuk mereka yang ingin berlatih mengembangkan keterampilan. Melalui permainan, keterampilan teknis dan profesional ikut berkembang dan menjadi kuat. Bahkan perilaku positif seperti pengambilan keputusan, pemecahan masalah, dan kerja sama tim juga ikut meningkat.

Meningkatkan Tingkat Penyelesaian Pekerjaan

Sifat permainan yang kompetitif dan bermanfaat dapat membangkitkan minat karyawan. Terlebih jika dikombinasikan dengan hadiah atau rewards seperti produk gratis, hari libur tambahan, poin ekstra, dan lainnya, mereka akan menjadi lebih termotivasi untuk melanjutkan dan menyelesaikan pelatihan. Sehingga tingkat penyelesaian yang dihasilkan jauh lebih tinggi dibandingkan menggunakan metode tradisional.

Meningkatkan Kepuasan dan Keterlibatan

Permainan membuat pembelajaran menjadi sebuah pengalaman yang lebih menyenangkan dan seru. Karyawan yang menikmati pelatihan ini cenderung merasa lebih puas dan berkomitmen terhadap perkembangan mereka. Artinya, hal ini juga dapat membantu meningkatkan efektivitas program dan retensi karyawan.

Gamifikasi Dalam Pelatihan Karyawan

Cara Menggunakan Gamifikasi Dalam Pelatihan Karyawan

Ada banyak permainan yang bisa digunakan untuk meningkatkan pelatihan karyawan. Namun, tidak semuanya bisa memberikan dampak dan hasil yang diinginkan. Maka dari itu, kami sudah menyiapkan empat cara untuk menggunakan gamifikasi dalam pelatihan karyawan Anda. Meliputi:

Ice Breaking

Sebelum memulai program gamifikasi dalam pelatihan karyawan ini, sangat penting untuk menciptakan lingkungan yang santai dan terbuka. Bisa dilakukan ice breaking untuk mencairkan suasana yang ideal. Nantinya suasana ini dapat membantu karyawan menjadi lebih nyaman dan dapat mengenal rekan kerja lainnya dengan lebih baik. Dengan cara ini, Anda akan menemukan karyawan yang lebih terbuka, responsif, penuh perhatian, dan bersedia untuk berpartisipasi.

Permainan yang Interaktif

Pemilihan permainan yang interaktif adalah jenis gamifikasi dalam pelatihan karyawan yang dapat membantu untuk mengajarkan konsep dan keterampilan dengan cara praktis dan menarik. Bisa berupa simulasi, kuis interaktif, latihan menarik, atau hal lainnya yang memungkinkan karyawan menerapkan apa yang sudah mereka pelajari.

Permainan Kelompok

Selanjutnya ada permainan kelompok yang tidak hanya mengajarkan keterampilan khusus, namun juga dapat memperkuat semangat tim dan kolaborasi di antara karyawan. Anda bisa memberikan permainan seperti tantangan antar tim atau divisi. Agar lebih seru dan menantang, tampilkan papan peringkat untuk mengetahui kemajuan masing-masing tim.

Permainan yang Kreatif dan Menyenangkan

Mengintegrasikan permainan yang menyenangkan dan kreatif ke dalam pelatihan karyawan akan membuat proses pembelajaran menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Permainan seperti menguji pengetahuan yang didapatkan dapat membantu mengembangkan keterampilan dan ketangkasan.

Dikarenakan semua gamifikasi dalam pelatihan karyawan itu dirancang dengan sifat interaktif dan menstimulasi, maka permainan tadi dapat menumbuhkan lingkungan kerja yang lebih dinamis dan partisipatif. Namun, Anda juga perlu memilih permainan yang sekiranya bisa membantu perkembangan karyawan dan tidak membuat mereka frustasi.

BACA JUGA: Pentingnya Loyalitas Karyawan di Tempat Kerja dan Cara Meningkatkannya

Beragam Pilihan Rewards Dari Benefit One Indonesia Untuk Karyawan Anda

Gamifikasi dalam pelatihan karyawan akan menjadi lebih seru jika Anda memberikan rewards atau hadiah bagi mereka yang bekerja keras dan berhasil menyelesaikan misis. Alih-alih hanya sekedar memberikan produk perusahaan secara percuma, Anda bisa meningkatkan hadiah tersebut dengan melakukan kerjasama bersama mitra loyalitas.

Benefit One Indonesia merupakan mitra loyalitas terpercaya yang bisa Anda andalkan sebagai one stop solution. Ada banyak pilihan hadiah yang bisa Anda berikan untuk karyawan dengan top performance. Ada hadiah fisik, dan juga hadiah digital seperti e-voucher.

Tidak hanya memberikan hadiah saja, kami juga bisa membantu Anda dalam memberikan wawasan terkait keterlibatan karyawan serta laporan interaktif yang solutif. Sehingga bisa membantu Anda dalam mengembangkan dan memajukan perusahaan.Cukup hubungi kami melalui WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami, dan cari tahu bagaimana kami bisa membantu Anda!