Biaya yang dibutuhkan untuk menarik pelanggan baru adalah lima kali lipat lebih besar daripada mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk Anda mengubah pelanggan baru, menjadi pelanggan setia. Tentunya dengan program loyalitas pelanggan bisnis kecil, yang bisa menjadi senjata rahasia Anda.
Penelitian menyebutkan bahwa, sebanyak 40% pelanggan cenderung membeli lagi dari merek yang memberikan penghargaan terhadap loyalitas. Sudahkah Anda memberlakukan itu? Jika belum, mari kita simak apa saja program loyalitas pelanggan bisnis kecil yang efektif dan mudah untuk dilakukan.
BACA JUGA: 6 Cara Mudah dan Efektif Membangun Program Loyalitas untuk Bisnis Kecil
Manfaat Memiliki Program Loyalitas Pelanggan
Bagi bisnis kecil, program loyalitas dapat membantu Anda dalam membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan. Anda bisa memberikan penghargaan kepada mereka karena telah membeli produk dan/atau layanan dari bisnis Anda. Tak hanya itu, berikut beberapa manfaat memiliki program loyalitas pelanggan:
- Meningkatkan retensi pelanggan
- Mendorong bisnis berulang
- Meningkatkan customer lifetime value
- Membangun hubungan yang kuat dan mendalam dengan pelanggan
- Meningkatkan kepuasan pelanggan
- Menjadi keunggulan kompetitif antara bisnis Anda dengan yang lainnya
- Menambah pendapatan
Setiap harinya, persaingan industri semakin ketat. Jika bisnis kecil Anda tidak memiliki program loyalitas pelanggan, maka akan sangat sulit untuk berkompetisi. Sebab dalam hal ini, pelanggan yang menentukan naik turunnya bisnis Anda. Dan program loyalitas ini adalah salah satu taktik untuk membuat mereka bertahan dan mencintai bisnis Anda.
Jenis Program Loyalitas Bisnis Kecil
Sejatinya, ada banyak jenis program loyalitas pelanggan yang bisa Anda gunakan. Namun perlu diperhatikan bahwa semuanya bekerja secara berbeda dan memberikan manfaat yang berbeda pula. Bahkan imbalan dan/atau hadiah yang diberikan pun berbeda.
Kendati demikian, ada beberapa jenis program loyalitas yang cocok dan bisa digunakan untuk bisnis kecil. Meliputi:
Program Loyalitas Poin
Program loyalitas poin adalah salah satu jenis yang paling populer dan mudah digunakan untuk setiap skala bisnis. Cara kerjanya adalah pelanggan akan mendapatkan poin setiap kali membeli produk dan/atau layanan dari bisnis Anda. Nantinya poin tersebut dapat diakumulasi dan ditukarkan dengan hadiah yang sudah ditentukan. Kunci utama yang harus Anda tanamkan adalah tawarkan hadiah yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pelanggan agar mereka semakin bersemangat untuk mengumpulkan poin.
Program Loyalitas dengan Misi
Tidak selalu memberikan hadiah atau imbalan saja, tetapi juga ada program loyalitas yang diselipkan oleh misi. Program ini merupakan tempat dimana pelanggan merasa bahwa ketika mereka melakukan pembelian atau menggunakan produk dan/atau layanan dari bisnis Anda, mereka dapat membantu “membuat perbedaan”. Misalnya misis menanam 1000 pohon dan sejenisnya. Program ini cocok untuk bisnis yang bermitra dengan organisasi nirlaba yang selaras dengan misi dan nilai yang Anda perjuangkan.
Program Komunitas
Program komunitas menyatukan pelanggan yang memiliki pemikiran sama untuk berinteraksi dan belajar dari satu sama lain terkait produk dan/atau layanan dari bisnis Anda dan hal lainnya. Uniknya, program ini tidak menawarkan hadiah atau imbalan. Melainkan memberikan tips, ilmu, atau hal lainnya yang berkaitan dengan bisnis Anda. Kelebihan dari program ini adalah dapat membuat perbedaan nyata dalam kehidupan pelanggan dan menjadi pembeda yang nyata dibandingkan dengan perusahaan atau produk lain di tempat Anda.
Program Loyalitas Referral
Lalu ada program loyalitas referral, dimana pelanggan akan mendapatkan imbalan setiap mereka berhasil mengajak orang lain untuk melakukan pembelian. Program ini cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan pelanggan baru tanpa harus bersusah payah. Sebab promosi dari mulut ke mulut yang dilakukan sudah menjadi iklan berjalan gratis untuk bisnis Anda.
Program Langganan
Lalu ada jenis program loyalitas pelanggan bisnis kecil yang efektif adalah program langganan. Tujuannya adalah untuk membangun loyalitas pelanggan dengan mengubah mereka menjadi pembeli berulang. Anda bisa menawarkan produk, konten, atau layanan eksklusif yang tidak tersedia untuk pelanggan biasa. Hal ini juga dapat meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan karena mereka merasa istimewa dan dihargai oleh bisnis Anda.
Program Stempel
Jika Anda ingin meningkatkan penjualan dalam waktu cepat dan membuat pelanggan terus kembali, Anda bisa mencoba program stempel. Dimana Anda memberikan selembar kartu kupon kepada pelanggan. Setiap mereka melakukan pembelian dengan jumlah nominal tertentu, Anda bisa memberikan satu stempel. Jangan lupa berikan hadiah ketika semua stempel sudah terkumpul. Dengan begitu pelanggan akan merasa dihargai.
BACA JUGA: Pay With Points: Menciptakan Pengalaman Pelanggan yang Bermakna
Mulailah Program Loyalitas Pelanggan Bisnis Kecil Anda Bersama Benefit One Indonesia
Hal utama yang harus Anda tanamkan ketika memiliki bisnis kecil adalah bekerjasama dengan mitra loyalitas terpercaya yang bisa memberikan program yang cocok. Sebab, tidak seperti bisnis besar pada umumnya, bisnis kecil memiliki sumber daya yang lebih sedikit. Oleh karena itu, Anda tidak boleh salah dalam memilih mitra loyalitas.
Kendati demikian, Anda bisa mempercayakan program loyalitas pelanggan bisnis kecil kepada Benefit One Indonesia. Sudah berdedikasi di industri loyalitas lebih dari 10 tahun, dan dipercaya oleh banyak perusahaan ternama dan terbesar di seluruh dunia.
Kami tidak hanya sekedar menawarkan beragam hadiah atau imbalan untuk pelanggan Anda saja, tetapi kami juga memberikan insight yang dibutuhkan untuk kemajuan dan kelangsungan bisnis Anda. Sebagai one stop solution, Benefit One Indonesia akan selalu sedia membantu Anda.Tunggu apa lagi? Segera hubungi kami melalui WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami. Cari tahu sekarang juga bagaimana tim kami bisa membantu bisnis kecil Anda.