Seiring dengan berkembangnya zaman, kebutuhan dan permintaan pelanggan pun akan semakin bertambah. Mereka menginginkan hal baru dari program loyalitas tradisional yang biasa dipakai. Jika Anda gagal dalam memenuhi permintaan dan kebutuhan mereka, maka merek Anda akan beresiko kehilangan minat dan loyalitas. Oleh karena itu, Anda harus memikirkan strategi inovasi program loyalitas pelanggan yang efektif.
Pada artikel kali ini, kami akan membahas beberapa strategi inovasi program loyalitas pelanggan yang menggunakan sumber daya seperti teknologi kreativitas, dan wawasan pelanggan untuk mendorong hubungan yang lebih dalam lagi. Selengkapnya bisa Anda temukan di penjelasan bawah ini.
BACA JUGA: Menyesuaikan Apresiasi Karyawan dengan Dinamika Industri Saat ini
Mengapa Harus Berinovasi?

Program loyalitas yang umumnya digunakan sampai saat ini adalah berbasis pengumpulan poin yang nantinya akan ditukar dengan berbagai macam hadiah.
Tapi tahukah Anda bahwa, metode ini saja tidak cukup untuk mempertahankan pelanggan dan membuatnya tetap terlibat? Ekspektasi pelanggan akan bertambah tinggi dan penawaran poin saja belum tentu cukup untuk menyenangkan mereka.
Di zaman yang serba modern dan teknologi canggih dimana-mana, tentu pelanggan menginginkan pengalaman yang berbeda. Salah satunya adalah pengalaman yang lebih personal, hadiah yang sesuai dengan kebutuhan mereka, dan program loyalitas yang mudah digunakan dimanapun.
Lalu, bagaimana sebuah merek dapat memberikan apa yang dibutuhkan pelanggannya? Sudah tentu jawabannya adalah inovasi. Dengan kata lain, Anda memerlukan strategi inovasi program loyalitas yang mengandalkan teknologi, kreativitas, dan wawasan untuk menjaga pelanggan tetap loyal.
Strategi Inovasi Program Loyalitas Pelanggan yang Dapat Anda Lakukan

Dapat dikatakan bila, inovasi adalah aspek penting dalam sebuah bisnis dan merupakan bahan utama dan dasar untuk pertumbuhannya. Aspek ini harus dipertimbangkan dengan matang agar bisnis Anda dapat mengikuti perkembangan zaman.
Maka dari itu, Anda perlu melakukan beberapa strategi inovasi program loyalitas pelanggan yang dapat membantu pertumbuhan bisnis. Di antaranya:
Personalisasi Dalam Skala Besar
Sebenarnya, hadiah yang sama untuk setiap orang sudah tidak zaman lagi. Tentu pelanggan mengharapkan hadiah yang berbeda, yang lebih personal-sesuatu yang hanya untuk mereka. Dan pada saat inilah personalisasi dalam skala besar memainkan perannya.
Program loyalitas yang dipersonalisasi sesuai kebutuhan akan membuat setiap pelanggan merasa istimewa. Alih-alih menawarkan diskon 10% untuk pembelian berikutnya, mengapa Anda tidak mencoba mengirimkan hadiah yang disesuaikan secara khusus dengan preferensi atau pembelian sebelumnya?
Strategi inovasi program loyalitas pelanggan ini akan membuat pelanggan merasa istimewa dan dihargai. Namun Anda akan membutuhkan teknologi yang tepat untuk dapat mengimplementasikan personalisasi dalam skala besar ini.
Mengapa? Sebab, strategi inovasi program loyalitas ini tidak Anda berikan hanya untuk satu atau dua pelanggan saja. Melainkan untuk ribuan atau bahkan jutaan pelanggan. Dengan menggunakan teknologi yang tepat, dapat membantu Anda dalam meningkatkan pengamalan setiap pelanggan.
Pengalaman Omnichannel yang Mulus
Saat berbelanja, pelanggan cenderung berpindah-pindah dari toko fisik, aplikasi online, situs website, dan media sosial. Pola ini terjadi karena mereka cenderung melihat-lihat produk di berbagai gadget. Ada yang menambahkan produk ke keranjang melalui ponsel, ada yang melalui situs web, dan lain-lainnya.
Ketika pola itu berlangsung dan berulang setiap kali, mereka mengharapkan pengalaman yang mulus. Aplikasi yang mudah digunakan, banyak pilihan pembayaran, terhubung antar setiap gadget dengan satu akun, dan program loyalitas yang terintegrasi.
Jika mereka tidak mendapatkan pengalaman itu, maka Anda beresiko kehilangan keterlibatan dan loyalitas pelanggan. Dengan pengalaman omnichannel, hal ini dapat menjamin bahwa dimana pun, kapan pun, dan bagaimanapun pelanggan berinteraksi, maka setiap reward dan penawaran yang dipersonalisasi akan selalu mengikuti.
Gamifikasi & Keterlibatan
Strategi inovasi program loyalitas selanjutnya adalah gamifikasi dan keterlibatan. Dimana untuk mendapatkan rewards, pelanggan akan melakukan sesuatu yang menyenangkan. Misalnya sebuah permainan yang memiliki unsur tantangan, lencana, dan papan peringkat.
Disisi lain, Anda bisa memanfaatkan strategi ini untuk mengubah skema loyalitas menjadi sesuatu yang menarik dan interaktif. Bukan sekedar sebuah sistem dimana pelanggan “belanja dan dapatkan hadiahnya”.
Permainan atau gamifikasi ini memiliki kaitannya dengan keinginan untuk berkompetisi dan berprestasi. Sehingga menjadikan program loyalitas Anda jauh lebih menarik dan bisa membuat ketagihan. Pelanggan tidak hanya sekedar mengumpulkan poin secara pasif, tapi juga secara aktif ikut berpartisipasi dan merasakan pencapaian atas usaha mereka sendiri.
Opsi Penukaran Rewards yang Fleksibel
Coba bayangkan, ketika Anda sudah mengumpulkan poin dalam waktu lama tapi hanya bisa ditukarkan dengan rewards yang tidak seberapa seperti diskon kecil atau hadiah yang tidak diinginkan. Tentu Anda akan merasa kesal dan frustasi, bukan?
Hal inilah yang akan dirasakan pelanggan jika Anda tidak memberikan opsi penukaran rewards yang fleksibel. Dalam strategi inovasi program loyalitas, personalisasi sangat penting untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan.
Memberikan lebih banyak cara untuk berinteraksi akan membuat pelanggan terus kembali dan bertahan. Nantinya mereka juga akan membelanjakan lebih banyak lagi. Program loyalitas yang fleksibel, bermanfaat, dan memberikan pengalaman yang dipersonalisasi, akan meningkatkan kesetiaan, customer life value, dan menjadikan mereka sebagai pelanggan dalam waktu lama.
BACA JUGA: 3 Cara Menggunakan Hadiah Gamifikasi untuk Meningkatkan Keterlibatan dan Loyalitas
Benefit One Indonesia Menawarkan Opsi Hadiah Fleksibel untuk Pelanggan Setia Anda
Bila merek Anda merangkul inovasi pada program loyalitasnya, seperti gamifikasi dan bentuk penghargaan yang fleksibel, maka Anda sudah satu langkah lebih maju dan berhasil mempertahankan pelanggan setia.
Mulailah dengan memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan Anda. Lalu pilih mitra loyalitas dan platform yang tepat untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang mulus serta dapat dipersonalisasi, yang fokus pada penawaran hadiah sesuai dengan keinginan mereka.
Seperti Benefit One Indonesia. Sebagai one stop solution untuk bisnis Anda, kami tidak hanya menggunakan teknologi terkini yang dapat dengan mudah diaplikasikan dengan sistem manajemen Anda. Tapi juga memberikan banyak opsi hadiah fleksibel untuk pelanggan setia. Baik itu hadiah fisik maupun digital.
Program penghargaan kami tidak hanya membantu Anda dalam mempertahankan pelanggan, tapi juga dapat membuat mereka terlibat. Tak hanya sampai di situ, Benefit One Indonesia juga akan memberikan wawasan dan data yang dapat membantu kemajuan bisnis Anda dalam laporan inovatif dan solutif.
Penasaran bagaimana kami dapat membantu Anda untuk mengimplementasikan strategi inovasi program loyalitas? Hubungi segera di WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim kami.
Hadirkan inovasi pada program loyalitas pelanggan Anda bersama Benefit One Indonesia!