Customer appreciation adalah salah satu cara perusahaan menghargai pelanggannya. Sudah menjadi rahasia umum bahwa dengan menjaga kesenangan dan kepuasan pelanggan artinya kita membuat mereka merasa dihargai.
Dengan melakukan hal ini, Anda juga bisa menjaga hubungan bisnis dengan pelanggan. Customer appreciation adalah strategi terbaik yang merupakan bagian penting dari bisnis Anda. Pahami apa yang dimaksud dengan apresiasi pelanggan, pentingnya hal tersebut untuk bisnis Anda, dan beberapa ide menarik yang bisa Anda lakukan. Selengkapnya ada di bawah ini!
BACA JUGA: Customer Touchpoint Adalah: Contoh & Cara Identifikasinya
Customer Appreciation Adalah
Apa yang dimaksud dengan apresiasi pelanggan? Customer appreciation adalah sebuah strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan untuk memberikan penghargaan kepada beberapa pelanggan setianya. Umumnya, strategi ini ditujukan hanya untuk pelanggan yang sudah ada dan bergabung sejak lama. Bukan untuk pelanggan baru.
Salah satu hal penting dari customer appreciation adalah bisa mempengaruhi loyalitas dan advokasi pelanggan, yang bisa mengarah pada peningkatan pertumbuhan dan perkembangan bisnis Anda. Sehingga nantinya akan ada banyak dampak positif yang bisa dirasakan oleh perusahaan Anda.
Customer appreciation adalah lebih dari sekedar bersikap baik atau menghargai pelanggan. Faktanya, sebanyak 68% pelanggan menyebut bahwa mereka tidak akan memiliki perusahaan yang tidak menunjukkan kepedulian mereka. Pada prakteknya hal ini bisa dirasakan pelanggan dalam pengalaman mereka melakukan hubungan bisnis dengan perusahaan Anda.
Jika dijabarkan, bentuk customer appreciation adalah berupa hal sederhana sampai yang rumit. Mulai dari sekedar mengucapkan kata terima kasih, memberikan pengalaman yang dipersonalisasi, hingga memberikan beberapa fasilitas sarana dan prasarana yang sepadan dengan jumlah yang sudah dihabiskan oleh pelanggan.
Sebanyak 70% pelanggan akan merekomendasikan brand yang memiliki program loyalitas pelanggan yang baik dan sesuai dengan pengalaman yang mereka inginkan. Maka dari itu, seperti yang disebutkan sebelumnya customer appreciation adalah faktor penting agar mendorong pelanggan untuk terus melakukan pembelian berulang.
Manfaat & Pentingnya Customer Appreciation Adalah
Secara garis besar, customer appreciation adalah sebuah ukuran terkait upaya perusahaan terhadap pelanggannya. Hal ini seperti pendekatan proaktif yang bisa melibatkan pelanggan untuk membuat perbedaan dalam perusahaan dan bisnis Anda. Salah satu caranya adalah dengan menunjukkan rasa apresiasi terhadap mereka.
Selain itu, bentuk apresiasi yang kecil maupun besar bisa berdampak pada kebahagiaan seseorang. Termasuk untuk pelanggan Anda. Dengan kata lain, pelanggan yang bahagia, bisa membuat tim bisnis Anda merasa bahagia juga.
Berikut beberapa manfaat customer appreciation adalah:
Kelebihan Customer Appreciation Adalah Meningkatkan Profit
Siapa yang tidak mau jika bisnisnya mengalami peningkatkan profit. Tahukah Anda bahwa, menjual produk dan/atau layanan kepada pelanggan setia lebih mudah dan murah sampai tujuh kali lipat? Terlebih jika Anda berhasil memberikan apresiasi dan bisa membuat mereka merasa istimewa, besar kemungkinan pelanggan akan terus kembali untuk waktu yang lama. Dari situ, akan timbul rasa percaya, dan berakhir pada pembelian berulang.
Meningkatkan Loyalitas Pelanggan
Pelanggan yang setia akan selalu menyukai dan mempercayai produk dan/atau layanan dari perusahaan Anda. Jika Anda ingin basis pelanggan setia bertambah, maka customer appreciation adalah jawabannya. Sebab, pelanggan yang sudah jatuh hati pada bisnis Anda tidak mungkin untuk beralih ke kompetitor sejenis.
Menaikkan Nilai Bisnis di Pasar
Manfaat customer appreciation adalah bisa menaikkan nilai bisnis di pasar. Sebuah brand yang mendapatkan banyak ulasan dan umpan balik positif, akan mendapatkan reputasi brand yang lebih baik. Cara ini bisa Anda gunakan untuk mendapatkan keunggulan kompetitif di pasar industri dan calon pelanggan baru.
Strategi Customer Appreciation Adalah
Hal pertama yang harus diperhatikan dalam strategi customer appreciation adalah data atau informasi terkait pelanggan Anda. Tujuannya adalah agar Anda mengetahui data diri pelanggan mulai dari nama, alamat, email, nomor telepon, hingga hal lainnya yang berhubungan dengan bisnis Anda.
Dari data tersebut, Anda bisa melacak dan memberikan pengalaman personalisasi yang lebih baik untuk bisa menggunakan strategi customer appreciation. Dibawah ini ada beberapa strategi yang bisa Anda lakukan. Di antaranya sebagai berikut:
Menghubungi Pelanggan dengan Teratur
Loyalitas pelanggan bukanlah tentang suatu hal yang membuat pelanggan membeli produk dan/atau layanan dari bisnis Anda pertama kalinya. Melainkan untuk membuat pelanggan terus kembali. Dan untuk bisa melakukan hal itu, Anda perlu memberikan alasan yang bagus dan sempurna.
Salah satunya adalah selalu menghubungi pelanggan dengan teratur. Tanpa disadari, strategi customer appreciation ini bisa mempengaruhi keputusan pembelian mereka dan juga bisa memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik lagi. Menghubungi secara teratur, bukan berarti Anda bisa melakukan spamming pesan kepada pelanggan, ya!
Customer Appreciation Adalah Membuat Pelanggan Seperti VIP
Menarik perhatian pelanggan serta membuat mereka merasa istimewa dan spesial, bisa mendorong kepuasan hingga meningkatkan loyalitas. Satu hal penting yang tidak boleh Anda lupakan dalam customer appreciation adalah membuat mereka merasa penting. Misalnya dengan membuat mereka menjadi VIP atau memberikan pengalaman pelanggan yang dipersonalisasi.
Beberapa Ide Customer Appreciation Adalah
Sudah disebutkan sebelumnya bahwa, ada banyak ide customer appreciation yang bisa Anda berikan untuk pelanggan setia. Bagian terpenting dari customer appreciation adalah untuk menunjukkan kepada mereka bahwa Anda peduli dan menghargai kesetiaan yang mereka berikan untuk bisnis.
Di bawah ini ada beberapa ide customer appreciation adalah sebagai berikut:
Menunjukkan Customer Appreciation Adalah dengan Menuliskan Kartu Ucapan Terima Kasih
Pertama, ide customer appreciation adalah memberikan kartu ucapan terima kasih yang ditulis tangan. Mengapa harus ditulis tangan? Hal ini menunjukkan seberapa personal hubungan Anda dengan pelanggan. Selain itu, hal ini juga bisa memberikan pengalaman personalisasi yang lain dari biasanya. Akan tetapi, jangan libatkan bisnis dalam penulisan kartu tersebut. Sebaiknya, gunakan nama sendiri dan ucapan terima kasih yang tulus dari diri sendiri.
Memberikan Spotlight Kepada Pelanggan
Jika bisnis Anda memiliki akun media sosial atau blog dengan jumlah pengikut yang banyak, memanfaatkan hal ini untuk memberikan spotlight kepada pelanggan. Caranya dengan menyebut nama atau akun mereka ke dalam konten yang Anda buat. Anda juga bisa mengunggahnya di platform lain yang sesuai.
Mengadakan Hari Customer Appreciation Adalah Hal yang Efektif
Ide customer appreciation adalah dengan membuat hari apresiasi pelanggan selama satu sampai dua hari atau lebih. Tujuannya adalah untuk menunjukkan kepada mereka bahwa Anda peduli dengan mereka. Dalam hari tersebut, Anda bisa memberikan diskon, voucher, hadiah, atau jenis reward lainnya. Perlu dicatat bahwa Anda bisa menetapkan tanggalnya sendiri tanpa terpaku dengan customer appreciation day yang jatuh setiap 18 April. Sesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.
Membuat Segmentasi Reward
Salah satu keunggulan dari program loyalitas adalah adanya segmentasi reward atau hadiah. Dimana Anda bisa memberikan hadiah sesuai dengan jumlah uang yang dibelanjakan pelanggan. Sebagai gantinya, Anda bisa memberikan sejumlah poin yang bisa dikumpulkan dan nantinya bisa ditukarkan dengan hadiah yang mereka inginkan. Ide customer appreciation adalah mengajak pelanggan untuk belanja sebanyak-banyaknya agar bisa mendapatkan poin. Ide ini tidak hanya berlaku untuk pelanggan setia saja, tetapi juga bisa menarik atensi pelanggan baru yang ingin bergabung.
Berterima Kasih Melalui Email
Penggunaan email marketing dalam bisnis sudah tidak diragukan lagi manfaatnya. Terutama untuk ide customer appreciation, hal ini adalah salah satu cara yang mudah dan murah. Anda bisa mengucapkan terima kasih atas pembelian yang dilakukan atau merayakan milestone bisnis agar lebih personal. Tidak hanya itu, email marketing juga bagus untuk personalisasi pengalaman.
Memberikan Promosi Menarik
Promosi menarik seperti diskon, gratis ongkir, cashback, promo bundle, dan lainnya merupakan salah satu ide customer appreciation yang selanjutnya bisa Anda lakukan. Anda bisa memberikannya melalui email personal kepada pelanggan setia. Bisa berupa kode voucher, e-voucher, dan lainnya yang akan digunakan pada transaksi berikutnya.
Menawarkan Upgrade Paket Gratis
Jika bisnis Anda bergerak di bidang SaaS, mungkin Anda akan mempertimbangkan ide ini. Menawarkan upgrade paket gratis sebagai customer appreciation adalah salah satu cara untuk menunjukkan kepada mereka bahwa Anda peduli. Contoh sederhananya adalah ketika Anda mendapatkan ada pelanggan yang sudah menggunakan paket dengan versi lama tanpa melakukan upgrade sekali pun. Nah, Anda bisa menawarkan pembaharuan paket dengan uji coba beberapa fitur baru. Secara tidak langsung, hal ini bisa membantu meningkatkan ROI (Return on Investment) bisnis Anda.
Merilis Pengumuman Presale
Tahukah Anda bahwa, pengumuman presale bisa menarik perhatian pelanggan setia? Dalam hal ini, Anda sudah memprioritaskan pelanggan setia terlebih dahulu dibandingkan dengan pelanggan lainnya. Sebab, mereka adalah pelanggan yang paling sering melakukan transaksi dengan bisnis Anda. Selipkan pengumuman ini dalam setiap newsletter yang Anda kirimkan. Di sisi lain, ide customer appreciation ini bisa mendorong pelanggan untuk bergabung dengan milis bisnis Anda.
Mengirim Hadiah Personal dalam Customer Appreciation Adalah Hal Penting
Hadiah personal bisa berupa barang gratis dari bisnis Anda atau yang Anda pilih sendiri sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Intinya adalah dengan memberikan sentuhan pribadi untuk menunjukkan bentuk dan rasa apresiasi kepada pelanggan. Ide ini juga bisa membuat pelanggan berpikir bahwa Anda menaruh minat dan perhatian kepada apa yang mereka sukai di luar produk dan/atau layanan dari bisnis sendiri.
Membuat Program Loyalitas Pelanggan
Terakhir, ide customer appreciation adalah membuat program loyalitas pelanggan. Terbukti dari banyaknya praktek bisnis di luar sana, program loyalitas pelanggan merupakan salah satu cara efektif untuk menunjukkan kepedulian dan apresiasi Anda kepada mereka. Strategi ini juga bisa mendorong pelanggan untuk terus melakukan pembelian berulang sampai masa waktu mereka selesai dan menjaga mereka untuk tetap setia pada bisnis.
BACA JUGA: 12 Strategi Penerapan Kupon yang Bisa Meningkatkan Penjualan
Program Loyalitas Pelanggan untuk Customer Appreciation Adalah dari Benefit One Indonesia
Pada prakteknya, setiap perusahaan membutuhkan pihak ketiga untuk membantu mengurus program loyalitas pelanggan. Selain bisa mendapatkan banyak jenis hadiah dan reward, Anda juga tidak perlu repot-repot untuk melakukan verifikasi dan pengumpulan data pelanggan. Anda bisa menyerahkan semua tugas itu kepada pihak ketiga atau vendor yang dipercaya. Salah satunya adalah Benefit One Indonesia.
Benefit One Indonesia hadir sebagai Solusi Digital Loyalty Terlengkap untuk bisnis Anda. Kami hadir untuk membantu Anda membangun loyalitas pelanggan, mendorong tim penjualan, meningkatkan kedekatan dengan karyawan dan pelanggan, hingga memberikan solusi dan pilihan hadiah yang beragam.
Kami sudah berpengalaman sejak 2014 dan sudah dipercaya oleh lebih dari ratusan perusahaan besar di seluruh dunia. Kami menawarkan solusi pintar untuk menjaga koneksi atau kerjasama Anda dengan mitra bisnis.Cari sistem reward digital? Dapatkan loyalitas dan penghargaan tanpa batas dengan menggunakan aplikasi kami. Tunggu apa lagi? Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!