Ritel adalah salah satu industri yang memiliki perubahan cepat di pasar. Tentunya hal ini juga didasari karena kebutuhan dan permintaan pelanggan yang terus mengalami perubahan. Jika ingin bisnis Anda sukses dan terus bertahan, maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah retail partnership atau kemitraan ritel.
Melakukan kerjasama dengan peritel lain bisa membawa banyak keuntungan untuk bisnis Anda. Termasuk bisa memperluas jangkauan, meningkatkan brand awareness, dan masih banyak lagi. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui manfaat retail partnership dan jenis-jenisnya.
BACA JUGA: 5 Cara Membangun Kemitraan Ritel yang Sukses
Manfaat Retail Partnership
Kemitraan ritel atau retail partnership adalah bentuk kolaborasi antara dua perusahaan. Dimana masing-masing perusahaan mengandalkan sumber daya dan basis pelanggan satu sama lain untuk menghasilkan penjualan dengan produknya sendiri.
Umumnya, bentuk kerjasama ini dilakukan oleh dua perusahaan yang tidak sejenis, namun produk dan/atau layanannya saling melengkapi. Kendati demikian, pada prakteknya masih ditemukan adanya tiga perusahaan yang melakukan kerjasama. Lalu, apa manfaat retail partnership untuk masing-masing merek?
Exposure ke Audiens Baru
Seperti yang disebutkan sebelumnya, bentuk kolaborasi ini mengandalkan sumber daya dan basis pelanggan masing-masing. Artinya, bermitra dengan peritel lain bisa memberi Anda kesempatan untuk menjangkau basis pelanggan setia mereka, yang belum pernah tersentuh oleh bisnis Anda.
Memiliki Sumber Daya Bersama
Manfaat retail partnership berikutnya adalah memiliki sumber daya bersama. Mulai dari promosi pemasaran, pengembangan produk, hingga pelayanan pelanggan. Anda dapat memanfaatkan sumber daya mitra untuk menyelesaikan semua itu. Tentu hal ini sangat menguntungkan. Sebab masing-masing perusahaan jadi memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada apa yang dikerjakan walaupun dengan sumber daya yang terbatas.
Memperluas Kategori Produk dan/atau Layanan
Melakukan kerjasama dengan merek lain artinya akan ada produk dan/atau layanan baru yang muncul. Dengan memanfaatkan basis pelanggan satu sama lan, Anda bisa menggunakan kesempatan ini untuk membuat atensi orang-orang tertuju pada produk dan/atau layanan yang ditawarkan. Dan tentunya bisa untuk membuat gebrakan baru.
Membangun Loyalitas Pelanggan
Pelanggan yang loyal akan memperkuat sebuah merek. Semakin banyak pelanggan yang membeli, artinya akan ada kemungkinan mereka berubah menjadi pelanggan setia. Jika hal ini terjadi, Anda tidak perlu pusing memikirkan biaya akuisisi pelanggan baru. Cukup dengan mempertahankan yang sudah ada dan biarkan mereka melakukannya untuk Anda. Sebab pelanggan setia pasti akan merekomendasikan brand yang mereka percaya kepada orang lain. Pada akhirnya Anda akan mendapatkan pelanggan baru tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak.
Jenis-jenis Retail Partnership
Perlu digaris bawahi bahwa, semua jenis dan skala bisnis bisa melakukan retail partnership ini. Baik itu perusahaan kecil yang baru berdiri atau perusahaan besar yang sudah memiliki nama dan basis yang kuat. Semua merek mengharapkan sesuatu baru yang dianggap unik dan berharga bagi pelanggan dalam kolaborasi ini.
Berikut beberapa jenis retail partnership yang umumnya dilakukan. Di antaranya adalah:
- Brand to Retail: melibatkan kemitraan antara sebuah merek dengan toko ritel
- Retail to Retail: kolaborasi antara dua bisnis ritel yang saling melengkapi
- Digital and Ecommerce: ketika sebuah merek bermitra dengan ecommerce untuk menjual produknya secara digital
- Sales and Distribution: kerjasama yang melibatkan sebuah merek dengan merek lain untuk menjual produk mereka kepada audiens yang lebih luas
- Product Collaboration Partnership: dua merek atau dua bisnis melakukan kerjasama untuk menciptakan produk co-branded baru
- Marketing Partnership: banyak merek melakukan kolaborasi untuk sama-sama mengembangkan kampanye pemasaran guna menyasar demografi pelanggan yang sama dan menghemat biaya akuisisi
- Kemitraan Program Loyalitas: melibatkan beberapa brand yang tidak bersaing untuk berbagi insentif melalui program loyalitas pelanggan
BACA JUGA: Menciptakan Nilai Lebih Untuk Pelanggan Dengan Program Loyalitas Kemitraan
Tingkatkan Peluang Retail Partnership Anda dengan Solusi dari Benefit One Indonesia
Agar retail partnership yang Anda lakukan bisa berjalan sukses dan lancar, tentu Anda memerlukan strategi yang kuat. Terutama untuk mempertahankan pelanggan. Anda bisa memberikan insentif berupa hadiah atau reward kepada mereka. Tidak hanya pelanggan saja, Anda juga perlu memberikannya kepada mitra bisnis yang sudah bekerjasama.
Pemberian insentif ini dilakukan untuk melancarkan proses kerjasama dan juga menarik atensi pelanggan untuk terus datang kembali. Di sinilah Benefit One Indonesia bisa membantu Anda sebagai one stop solution. Kami memiliki beragam pilihan hadiah yang bisa Anda berikan. Baik itu kepada pelanggan atau mitra bisnis.
Mulai dari hadiah digital hingga yang fisik, Anda bisa mempercayakan Benefit One Indonesia untuk memberikan hadiah yang dipersonalisasi. Keunggulan lainnya adalah kami menggunakan teknologi canggih dan terkini yang bisa langsung terhubung dengan sistem manajemen bisnis Anda. Bahkan Anda tidak perlu mengunduh aplikasi lainnya, karena sistem ini terhubung menggunakan API.Silakan hubungi kami di WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang, untuk mengetahui bagaimana Benefit One Indonesia bisa membantu Anda.