Tahukah Anda bahwa, program insentif bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan market share bisnis Anda? Ya, program tersebut bisa membantu Anda untuk melindungi bisnis disaat-saat yang tidak terduga dan sekaligus mendorong pertumbuhan pangsa pasar.
Terutama setelah pandemi COVID-19 yang terjadi pada tahun 2020 lalu. Semuanya berubah. Mulai dari pola belanja, kebutuhan dan permintaan pasar, hingga perubahan pangsa pasar.
Pada artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana cara memaksimalkan program insentif untuk meningkatkan market share bisnis Anda dan bagaimana cara menjaga pelanggan yang ada untuk tidak beralih. Simak sampai selesai, ya.
Hubungan Program Insentif dengan Market Share
Dalam menjalankan sebuah bisnis, market share memegang peranan penting untuk menentukan posisi bisnis di setiap industri. Hal ini bisa menunjukan, brand apa yang menduduki peringkat teratas dan apa yang mereka jual.
Namun pada prakteknya, bisnis tidak selalu tentang kesuksesan. Ada kalanya dimana Anda berhadapan dengan tantangan yang bisa menjatuhkan bisnis atau hal lainnya. Disinilah peran program insentif membantu bisnis Anda untuk bangkit kembali.
Program insentif yang sudah Anda bangun, bukanlah hanya sekedar alat untuk administrasi data pelanggan. Jika Anda bisa memaksimalkannya, alat ini bisa digunakan untuk memenangkan kembali hati para pelanggan setia Anda dan memperbaiki strategi pemasaran untuk meningkatkan market share.
Hal yang harus digaris bawahi adalah tujuan dari program insentif itu sendiri. Untuk mendorong pola perilaku yang bisa meningkatkan pendapatan dan keunggulan kompetitif dari bisnis Anda. Jika Anda bisa memaksimalkan hal ini, maka angka ROI (Return On Investment) yang akan didapatkan pun tinggi.
Bagaimana Program Insentif Bisa Membantu Bisnis Anda?
Program insentif merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengatasi tantangan bisnis saat ini. Mengapa? Sebab dalam program ini tersimpan beberapa data yang bisa digunakan untuk meningkatkan pengalaman berbelanja pelanggan.
Jika digunakan secara benar, program insentif bisa memberikan pelanggan pengalaman yang luar biasa dan memberikan kesan khusus yang tidak bisa dilupakan begitu saja. Tentunya hal ini bisa membuat fokus Anda tetap pada menjaga pelanggan setia daripada mendapatkan pelanggan baru.
Cara ini terbilang cukup hemat dibandingkan Anda harus mengeluarkan banyak biaya pemasaran untuk mendatangkan pelanggan baru. Tidak hanya untuk pelanggan saja, program insentif juga bisa Anda gunakan dengan memberikan penghargaan kepada para stakeholders yang sudah bekerja keras untuk kelangsungan bisnis.
Hal inilah yang menjadi solusi positif dan hemat untuk mengatasi permasalahan bisnis Anda. Pendekatan ini bisa Anda manfaatkan untuk memperkuat hubungan dengan pelanggan dan stakeholders, yang dimana keduanya merupakan aspek penting pada kelangsungan bisnis.
Strategi Memaksimalkan Program Insentif untuk Meningkatkan Market Share
Pertanyaan yang harus dijawab selanjutnya adalah bagaimana memaksimalkan program insentif untuk meningkatkan market share? Berikut beberapa cara yang bisa Anda gunakan. Di antaranya adalah:
Menghemat Anggaran Biaya
Uang merupakan pondasi terpenting dalam bisnis. Tanpa uang yang cukup, semua kegiatan operasional bisnis tidak mungkin bisa berjalan. Maka dari itu, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih dari program insentif dengan menghemat penganggaran dan mengalokasikannya secara strategis.
Alokasikan budget untuk memberikan reward atau hadiah yang sesuai dengan tujuan dan pendekatan yang paling bermanfaat. Misalnya dengan memberikan harga lebih tinggi pada produk untuk membiayai program insentif Anda.
Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Forbes, sebanyak 70% pelanggan tidak merasa keberatan mengeluarkan uang lebih pada sebuah brand yang sudah mereka kenal dan percaya selama mereka bisa memberikan kualitas pelayanan yang memuaskan.
Kemudian pastikan untuk selalu memisahkan budget untuk program insentif dan untuk pemasaran. Keduanya adalah hal penting untuk menjalankan dan mengembangkan bisnis. Namun jika Anda terlalu over budget, bisa-bisa biaya yang dikeluarkan lebih besar dari pada keuntungang yang didapatkan.
Membuat Segmentasi Pelanggan
Berapa jumlah anggota yang sudah ada dalam data program insentif bisnis Anda? Dalam hal ini, Anda bisa melakukan segmentasi pelanggan. Tujuannya adalah untuk mengetahui mana pelanggan yang berpotensi untuk melakukan pembelian ulang dan mana yang tidak, lalu mana pelanggan yang sudah bergabung dengan Anda sejak lama dan mana yang baru.
Dengan melakukan segmentasi pelanggan, Anda bisa memberikan mereka pengalaman yang dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan dan pengalaman pelanggan. Cara ini juga bisa membuat Anda melakukan marketing campaign dengan tepat sasaran dan bisa meningkatkan market share bisnis.
Manfaatkan Program Insentif Secara Maksimal
Selanjutnya Anda bisa memanfaatkan program insentif tersebut secara maksimal untuk menghasilkan lebih banyak penjualan dan mendapatkan data pelanggan. Seperti yang disebutkan sebelumnya, data pelanggan yang tersimpan jangan didiamkan begitu saja.
Ada tiga cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan lebih banyak data pelanggan dan wawasan baru tentang mereka. Di antaranya adalah:
Menggunakan Formulir Terbuka
Jika bisnis Anda bergerak di sektor B2B, maka ini cara yang tepat untuk Anda. Cara ini memungkinkan siapa saja untuk mendaftar ke program insentif yang Anda buat. Dimana end user yang membeli produk Anda dari berbagai pihak seperti dealer, distributor, atau pihak ketiga lainnya, diminta untuk mengisi formulir tertentu.
Pendaftaran program insentif dengan formulir terbuka secara ini bisa memberikan banyak data pelanggan end user yang tidak Anda ketahui. Sehingga Anda bisa mendapatkan lebih banyak insights yang bisa dijadikan untuk strategi pemasaran selanjutnya.
Manfaatkan Fitur Unggah dan Verifikasi Online
Biasanya, di akhir formulir terbuka pelanggan akan diminta bukti yang menerangkan bahwa mereka membeli produk Anda dari pihak tertentu. Nah di sini Anda bisa memanfaatkan fitur unggah dan verifikasi online untuk pembuktian klaim hadiah mereka.
Dengan memberikan pelayanan yang cepat dan fasilitas yang mudah dari program insentif ini, Anda bisa meningkatkan rencana penjualan dan marketing campaign. Hal ini juga bisa meningkatkan kepuasan pelanggan karena semuanya bisa dilakukan dengan cepat dan mudah.
Ajak Pelanggan untuk Terlibat
Selanjutnya Anda bisa mengajak pelanggan untuk terlibat dalam bisnis. Misalnya seperti mengajak mereka untuk mengisi survey dengan memberikan imbalan sejumlah poin reward yang bisa ditambahkan ke akun masing-masing. Anda bisa memanfaatkan email marketing untuk menyebarkan survey.
Maksimalkan Program Insentif Anda Bersama Benefit One Indonesia
Jika Anda masih bingung bagaimana memaksimalkan program insentif, Anda bisa menggunakan jasa pihak ketiga seperti Benefit One Indonesia. Kami akan menyediakan program penghargaan dan pengakuan yang fleksibel, menggunakan teknologi masa kini untuk melakukan verifikasi data pada saat proses penukaran hadiah, memberikan Anda banyak pilihan hadiah yang bisa diberikan kepada pelanggan, dan memberikan Anda data yang transparan serta terukur dalam bentuk laporan interaktif.
Benefit One Indonesia hadir sebagai Solusi Digital Loyalty Terlengkap untuk bisnis Anda. Kami hadir untuk membantu Anda membangun loyalitas pelanggan, mendorong tim penjualan, meningkatkan kedekatan dengan karyawan dan pelanggan, hingga memberikan solusi dan pilihan hadiah yang beragam.
Kami sudah berpengalaman sejak 2014 dan sudah dipercaya oleh lebih dari ratusan perusahaan besar di seluruh dunia. Kami menawarkan solusi pintar untuk menjaga koneksi atau kerjasama Anda dengan mitra bisnis.Cari sistem reward digital? Dapatkan loyalitas dan penghargaan tanpa batas dengan menggunakan aplikasi kami. Tunggu apa lagi? Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!