Di pasar yang kompetitif seperti saat ini, program loyalitas telah menjadi hal penting bagi bisnis yang ingin mempertahankan pelanggan dan mendorong pembelian berulang. Kini, banyak perusahaan pemasaran mulai menyadari pentingnya kemitraan dalam memberikan nilai besar kepada pelanggan. Maka dari itu, banyak perusahaan yang mulai menerapkan program loyalitas kemitraan.
Seiring dengan berkembangnya ekspektasi pelanggan, program loyalitas juga ikut berkembang. Dengan mitra yang tepat, bisnis Anda bisa menghasilkan pendapatan dan keuntungan yang diinginkan bahkan lebih. Kolaborasi yang tepat dapat mengubah lompatan keyakinan menjadi sebuah perjalanan menuju kesuksesan bersama.
Lalu bagaimana cara menciptakan nilai dengan program loyalitas kemitraan? Berikut penjelasan lengkapnya!
BACA JUGA: Tantangan Program Loyalitas Pelanggan FMCG yang Harus Diwaspadai
Apa itu Program Loyalitas Kemitraan?
Program loyalitas kemitraan adalah sebuah kolaborasi yang terjadi antara dua atau lebih bisnis dimana mereka bekerja sama untuk menawarkan manfaat bersama kepada pelanggan mereka. Biasanya mereka menggunakan program, loyalitas gabungan atau yang terhubung. Kemitraan ini juga bisa dilakukan antara perusahaan di industri yang sama atau berbeda.
Sekarang coba bayangkan, ketika pelanggan mengumpulkan banyak poin dari hasil pembelian produk kerjasama bisnis Anda dengan mitra. Misalnya, mereka bisa menikmati potongan harga untuk tiket nonton bioskop dan membeli snack dari hasil poin yang mereka kumpulkan.
Hal ini tidak hanya bisa membuat pelanggan senang dan merasa puas saja, tetapi juga merupakan cara cerdas dalam berbisnis. Dari contoh tadi, Anda bisa mengubah poin yang dikumpulkan menjadi sebuah pengalaman yang menyenangkan bagi pelanggan. Tentunya hal ini merupakan salah satu dari bentuk experiential reward yang bisa memenangkan hati pelanggan.
Namun Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal seperti preferensi dan kebutuhan pelanggan yang terus mengalami perkembangan. Oleh karena itu, sangat penting untuk terus menyesuaikan program loyalitas Anda untuk memenuhi customer demands ini. Apa yang berhasil kemarin mungkin tidak akan berhasil besok.
Alasan inilah yang membuat banyak perusahaan beralih ke program loyalitas kemitraan, karena sudah terbukti secara efektif. Kemampuan pelanggan untuk mengakses berbagai macam produk dan/atau layanan dari satu sumber adalah dasar dari adanya program ini.
Manfaat Program Loyalitas Kemitraan
Pendekatan melalui program ini sangat penting untuk mempertahankan relevansi, menawarkan nilai lebih kepada pelanggan, dan menjaga keunggulan kompetitif di persaingan yang ketat ini. Tidak hanya itu, kemitraan loyalitas ini juga bisa meningkatkan keterlibatan pelanggan dan memberikan kepuasan lebih kepada mereka.
Perlu diketahui bahwa, manfaat program loyalitas kemitraan ini dibagi menjadi dua. Yaitu untuk bisnis dan pelanggan. Berikut penjelasannya:
Manfaat Program Loyalitas Kemitraan untuk Bisnis:
Memperluas Basis Pelanggan
Melakukan kerja sama dengan perusahaan lain, bisnis dapat memperoleh akses ke basis pelanggan baru dan lebih banyak lagi yang belum tentu bisa Anda lakukan sendirian. Hal ini memungkinkan adanya perluasan pasar dan peluang promosi silang. Kolaborasi ini juga dapat meningkatkan visibilitas dan reputasi merek serta menarik pelanggan dari segmen pasar dengan lokasi geografis yang berbeda.
Peluang Cross Promotion
Dengan memanfaatkan kepercayaan yang telah dibangun dari mitra bisnis dapat membantu kedua perusahaan mempromosikan produk dan/atau layanan kepada basis pelanggan masing-masing. Lebih baik lagi, hal ini bisa sangat efektif jika produk dan/atau layanan yang ditawarkan bisa saling melengkapi. Promosi silang ini bisa meningkatkan visibilitas dan reputasi brand, serta membangun kepercayaan dan kredibilitas dengan pelanggan.
Meningkatkan Brand Exposure
Manfaat program loyalitas kemitraan berikutnya adalah bisa meningkatkan brand exposure yang juga akan membuat visibilitas merek bertambah. Sehingga nantinya Anda bisa menjangkau audiens baru dan menciptakan brand awareness di antara mereka. Lalu, hadiah yang ditawarkan dari program loyalitas ini juga bisa menarik minat dan pelanggan baru.
Memiliki Akses Data Pelanggan yang Luas
Kemitraan loyalitas yang terjadi antar bisnis merupakan cara efektif untuk mengumpulkan dan berbagi data pelanggan. Anda bisa memiliki akses data pelanggan yang lebih luas. Termasuk di antaranya adalah kebiasaan pembelian, preferensi, dan perilaku belanja mereka. Sehingga nantinya, kedua bisnis yang bekerja sama bisa menyempurnakan strategi pemasaran, mempersonalisasi pengalaman pelanggan, hingga memprediksi tren yang akan populer di masa depan dengan tepat.
Kepercayaan Pelanggan Ikut Meningkat
Jika ada salah satu dari dua perusahaan yang bekerja sama ini memiliki kepercayaan pelanggan yang kuat, maka bisa dimanfaatkan untuk memperkenalkan produk dan/atau layanan baru dari perusahaan mitra. Baik Anda atau mitra bisnis akan mendapatkan keuntungan dari audiens yang sudah loyal, yang bisa mengurangi rasa skeptisme dan hambatan untuk masuk. Pelanggan juga akan dengan mudah menerima produk dan/atau layanan baru tersebut karena berasal dari brand yang sudah mereka percayai.
Manfaat Program Loyalitas Kemitraan untuk Pelanggan:
Memberikan Nilai Lebih untuk Pelanggan
Salah satu manfaat program loyalitas kemitraan yang utama adalah memberikan nilai lebih untuk pelanggan dari produk dan/atau layanan yang ditawarkan. Singkatnya, ketika dua perusahaan bergabung dan membentuk program loyalitas sendiri, maka opsi hadiah yang ditawarkan dan cara penukarannya pun bervariasi.
Aspek inilah yang bisa membantu Anda untuk memenuhi selera dan preferensi pelanggan yang berbeda-beda. Mereka mendapatkan pilihan hadiah yang lebih luas, yang mungkin tidak mereka dapatkan dari program loyalitas tunggal.
Akses Eksklusif
Integrasi data yang didapatkan dari kemitraan loyalitas ini bisa memberikan Anda wawasan dan pemahaman yang lebih komprehensif terkait perilaku dan preferensi pelanggan. Dari sinilah Anda harus bisa membuat hadiah dan/atau penawaran yang bisa disesuaikan berdasarkan minat dan riwayat pembelian pelanggan.
Selain bisa untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, mereka juga bisa menumbuhkan hubungan emosional yang lebih kuat dengan merek karena mereka merasa kebutuhannya terus terpenuhi.
Jenis Program Loyalitas Kemitraan yang Bisa Menambah Nilai untuk Pelanggan
Kemitraan loyalitas dengan merek yang saling melengkapi merupakan cara terbaik untuk menciptakan nilai tambah bagi pelanggan dan juga bisnis Anda. Faktanya, program loyalitas kemitraan terbaik adalah yang memiliki banyak mitra bisnis di dalamnya.
Berikut beberapa jenis program loyalitas kemitraan yang bisa Anda lakukan dengan mitra bisnis. Di antaranya adalah:
Kemitraan Lintas Industri
Salah satu cara untuk menciptakan nilai bagi pelanggan Anda adalah bermitra dengan merek dari industri yang berbeda untuk saling melengkapi produk dan/atau layanan satu sama lain. Jenis kemitraan loyalitas ini bisa memperluas basis pelanggan, meningkatkan eksposur merek, serta memberikan kenyamanan dan variasi hadiah kepada pelanggan.
Kemitraan yang Berhubungan dengan Kegiatan Amal
Anda bisa melakukan kerja sama dengan perusahaan atau organisasi yang melakukan kegiatan amal tertentu sesuai dengan nilai, visi, dan misi brand Anda. Dengan melakukan kemitraan ini, Anda dapat menunjukkan tanggung jawab sosial, membangun kepercayaan dan loyalitas, serta membuat pelanggan senang karena bisnis Anda mendukung tujuan yang mereka pedulikan.
Kemitraan Merek Bersama
Dimana Anda melakukan kerja sama dengan merek dari industri sejenis untuk menawarkan produk dan/atau layanan yang saling melengkapi satu sama lain. Anda dapat memanfaatkan kekuatan satu sama lain, menciptakan proposisi nilai yang unik, serta meningkatkan kepuasan dan retensi pelanggan.
Gamified Partnership
Selanjutnya ada gamified partnership atau kemitraan yang digerakkan oleh game. Dimana Anda melakukan kerja sama dengan brand yang menawarkan cara menyenangkan dan menarik untuk mendapatkan atau menukarkan poin. Dengan begitu Anda bisa menciptakan kegembiraan dan motivasi, meningkatkan keterlibatan dan loyalitas pelanggan, serta menjadi pembeda Anda dari kompetitor.
Kemitraan Berbasis Data
Melakukan kerjasama dengan brand yang memiliki wawasan atau rekomendasi berdasarkan data atau analisis. Biasanya jenis program loyalitas kemitraan ini sering diadopsi oleh perusahaan travel dan lembaga keuangan. Manfaatkan hal ini untuk memberikan layanan yang memiliki nilai lebih, meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan, serta mengoptimalkan strategi pemasaran dan penjualan.
BACA JUGA: Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui dari Program Loyalitas Otomotif
Percayakan Program Loyalitas Kemitraan Anda Kepada Benefit One Indonesia
Kemitraan loyalitas merupakan cara efektif untuk meningkatkan kesadaran merek dan keterlibatan pelanggan. Mereka akan mendapatkan manfaat dan nilai yang lebih, serta beragam pilihan hadiah yang ditawarkan dari merek favorit mereka. Namun Anda juga harus benar-benar memperhatikan mitra bisnis yang dipilih. Sebab hal ini akan berdampak pada keberhasilan program loyalitas kemitraan yang dijalankan.
Jika dijalankan dengan baik, kemitraan loyalitas ini bisa menciptakan hubungan yang sinergis, meningkatkan loyalitas pelanggan untuk waktu yang lama, hingga memberikan peningkatkan pada pertumbuhan bisnis secara signifikan. Maka dari itu, Anda harus bisa mengelolanya dengan baik dan efektif.
Daripada pusing memikirkan bagaimana cara mengelolanya, Anda bisa menyerahkan masalah tersebut kepada Benefit One Indonesia. Salah satu mitra loyalitas yang sudah berpengalaman selama lebih dari 10 tahun dan dipercaya oleh perusahaan besar di seluruh dunia.
Benefit One Indonesia memiliki banyak pilihan hadiah yang bisa diberikan untuk pelanggan Anda. Baik itu hadiah digital atau fisik, semuanya bisa disesuaikan dan personalisasi untuk kebutuhan bisnis Anda. Kami juga menggunakan teknologi canggih dan terkini yang bisa langsung terintegrasi dengan sistem manajemen bisnis Anda tanpa perlu mengunduh aplikasi lain.Praktis dan solutif, bukan? Tunggu apa lagi? Segera hubungi kami melalui WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!