Apa itu Skema Insentif Pelanggan dan Bagaimana Cara Kerjanya

Skema Insentif Pelanggan

Skema insentif pelanggan adalah sebuah program terstruktur yang dirancang untuk mendorong keterlibatan dan membangun loyalitas jangka panjang. Ada banyak hal yang ditawarkan program ini. Seperti potongan harga, cashback, dan/atau keuntungan eksklusif lainnya.

Namun yang perlu digaris bawahi, skema insentif pelanggan berbeda dengan program loyalitas pada umumnya. Mari kita bahas bersama di bawah ini.

Apa itu Skema Insentif?

Apa Itu Skema Insentif Pelanggan
Sumber gambar: iStock

Seperti yang disebutkan sebelumnya, skema insentif adalah program yang dirancang untuk mendorong keterlibatan pelanggan dan membangun loyalitas jangka panjang. Rewards yang diberikan dari program ini merupakan bentuk imbalan atas transaksi berulang atau perilaku tertentu.

Berbeda dengan program loyalitas tradisional atau pada umumnya yang fokus utamanya adalah keterlibatan jangka panjang, program insentif ini dapat diberikan secara langsung. Tujuannya adalah untuk mendorong tindakan pelanggan dalam jangka pendek sambil tetap memotivasi partisipasi berkelanjutan.

Para retailer dan bisnis lainnya menggunakan hadiah dan loyalitas untuk memperkuat hubungan pelanggan dengan menciptakan pengalaman berbelanja yang lebih personal dan menarik. Baik itu melalui point rewards system, tiered reward systems, atau program lain untuk meningkatkan retensi pelanggan dengan membuat setiap transaksi terasa lebih berharga.

Bagaimana Cara Kerja Skema Insentif Pelanggan?

Bagaimana Cara Kerja Skema Insentif Pelanggan
Sumber gambar: iStock

Sistem penghargaan berbasis poin memberikan rewards berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan sebelumnya. Seperti melakukan pembelian berulang, merekomendasikan produk ke orang lain, atau keterlibatan mereka dalam kampanye pemasaran.

Pelanggan akan mendapatkan poin yang nantinya dapat dikumpulkan dan diakumulasikan untuk ditukarkan dengan hadiah. Ada potongan harga untuk pembelian berikutnya, mendapatkan produk gratis, atau hadiah eksklusif lainnya.

Kemudian ada tiered reward systems atau sistem penghargaan berjenjang. Program ini memiliki konsep yang lebih luas dibandingkan penghargaan berbasis poin. Sistem ini menawarkan hadiah atau reward yang semakin besar seiring dengan meningkatnya keterlibatan pelanggan dengan brand.

Misalnya ketika ada pelanggan yang secara konsisten berbelanja di sebuah retailer. Tingkat membership mereka akan naik dari level dasar ke level yang tinggi. Tentu saja hadiah yang diberikan pun juga akan lebih tinggi.

Kelebihan dari skema insentif pelanggan yang ini adalah dapat mendorong pembelian berulang dan disaat yang bersamaan pelanggan dapat membangun keterikatan jangka panjang dengan brand.

Manfaat Skema Insentif Bagi Pelanggan dan Bisnis

Manfaat untuk Bisnis:

  • Sebagai alat ampuh untuk mempertahankan pelanggan
  • Mengurangi tingkat pergantian pelanggan
  • Meningkatkan nilai pesanan rata-rata

Manfaat untuk Pelanggan:

  • Mendapatkan nilai nyata dari pengalaman berbelanja mereka
  • Interaksi dengan merek dapat lebih menguntungkan
  • Adanya sentuhan personal pada setiap interaksi yang berlangsung

Jalani Skema Insentif Pelanggan Bisnis Anda Bersama Benefit One Indonesia

Seiring dengan berkembangnya tren dan teknologi, program loyalitas dan skema insentif pun sudah memasuki era digital. Menariknya, program ini tidak hanya mengintegrasikan teknologi sebagai saran untuk membeli barang demi untuk mendapatkan hadiah saja. Tetapi juga sebagai sumber hadiah itu sendiri. Yaitu mendorong keterlibatan pelanggan.

Untuk dapat menjalankan skema insentif ini dengan optimal, Anda membutuhkan mitra loyalitas yang tepat. Seperti Benefit One Indonesia, yang memiliki banyak opsi hadiah untuk pelanggan setia bisnis Anda. Baik itu hadiah fisik maupun digital.

Sistem penghargaan berbasis poin dari Benefit One Indonesia, memungkinkan Anda untuk menerapkan skema insentif pelanggan dengan baik dan optimal. Kami menggabungkan personalisasi, wawasan, dan data untuk menghadirkan program loyalitas yang efektif dalam mencapai hasil yang diinginkan.

Sebagai one-stop-solution untuk masalah loyalitas pelanggan bisnis Anda, Benefit One Indonesia tidak hanya memberikan yang terbaik, tapi juga pengalaman yang berkesan untuk mereka.Biarkan Benefit One Indonesia membantu bisnis Anda. Hubungi kami segera di WhatsApp untuk berkonsultasi atau menjadwalkan demo dengan tim kami.