Voucher elektronik merupakan cara paling ampuh untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan. Faktanya, sebanyak 59% orang rela membelanjakan uangnya melebihi dari jumlah nilai yang ada di voucher tersebut. Salah satu strategi pemasaran yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat e-voucher campaign yang efektif.
Jika dilakukan dengan benar, Anda akan mendapatkan banyak pelanggan baru yang potensial dan juga mempertahankan yang setia. Bahkan, kupon digital ini bisa mendorong mereka untuk terus melakukan pembelian berulang. Di artikel kali ini, ada beberapa contoh e-voucher campaign yang efektif untuk bisnis Anda. Selengkapnya, bisa simak di bawah ini.
BACA JUGA: 10+ Kategori Reward E-Voucher yang Paling Populer dan Dicari
Contoh E-Voucher Campaign yang Efektif
Tahukah Anda bahwa, voucher elektronik merupakan hadiah yang tepat untuk pelanggan? Hal ini karena e-voucher memberikan “kebebasan” untuk membeli apa saja bagi yang menerimanya. Sedangkan dengan voucher fisik, penerima harus menerima apa yang sudah dibeli oleh pemberi hadiah. Kelemahan dari voucher fisik adalah penerima tidak memiliki “kebebasan” untuk membeli yang diinginkan.
Maka dari itu, kupon digital sedang berada di tingkat teratas hadiah yang paling diinginkan oleh pelanggan. Nah untuk bisa memasarkan lebih banyak voucher dan meningkatkan brand awareness, ada beberapa e-voucher campaign yang bisa Anda lakukan. Di antaranya adalah:
Pop Up Surprise
Kampanye pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengadakan pop up surprise bagi pelanggan yang mengunjungi website atau ecommerce. Gunakan cara ini untuk menarik pelanggan agar mereka mau berkunjung lagi. Berikan insentif berupa potongan harga, produk gratis, early access, gratis ongkir, dan lainnya. Lebih baik lagi jika Anda membuat pop up surprise ini dalam bentuk gamifikasi yang bisa mengajak pelanggan untuk terlibat.
E-Voucher Campaign di Hari Besar
Jangan pernah melewatkan hari-hari besar. Seperti tanggal merah, hari raya agama, musim libur atau masuk sekolah, dan tanggal kembar di setiap bulannya. Manfaatkan momen ini untuk mengajak pelanggan berbelanja di toko Anda. Bagikan beberapa e-voucher kepada pelanggan di semua saluran komunikasi. Lebih baik lagi jika ada ketentuan bahwa voucher tersebut hanya berlaku di hari H. Dengan begitu, ada dorongan besar di benak pelanggan untuk menggunakannya secepat mungkin agar tidak hangus.
Menjadikannya Sebagai Hadiah Tambahan
Anda juga bisa memberikannya sebagai hadiah tambahan setelah pelanggan melakukan pembelian dengan nominal atau produk tertentu. Misalnya, setiap pelanggan belanja sebesar Rp100.000, maka akan mendapatkan satu e-voucher dan berlaku kelipatan. Hal yang sama juga berlaku untuk produk tertentu.
E-Voucher Campaign di Media Sosial
Media sosial merupakan alat pemasaran yang paling ampuh. Maka dari itu, Anda bisa melakukan e-voucher campaign di setiap akun bisnis yang dimiliki. Anda bisa membuat kuis dengan hadiah voucher elektronik, memberikannya sebagai giveaway, memberikannya kepada pengikut baru, dan lainnya. Gunakan kata-kata dan konten yang bersifat persuasif namun tidak memaksa. Jika mau, Anda bisa manfaatkan tren FOMO untuk mendorong mereka agar mau terlibat dan bertransaksi.
Referral Campaign
Manfaatkan data pelanggan yang Anda miliki untuk menarik pelanggan baru. Caranya adalah dengan melakukan program rujukan atau referral program. Minta pelanggan setia Anda untuk merekomendasikan bisnis kepada orang lain. Setiap satu orang yang bertransaksi di toko Anda dengan kode refferal unik, maka pelanggan setia yang merekomendasikannya akan mendapatkan satu e-voucher.
Early Access
Apabila bisnis Anda sedang mempromosikan produk dan/atau layanan baru, manfaatkan momen ini untuk menarik perhatian pelanggan lama maupun baru. Ajak pelanggan untuk menjadi orang pertama yang bisa mencoba produk dan/atau layanan tersebut dengan memberikan e-voucher. Nantinya, mereka bisa memakai kupon digital tersebut untuk membeli apa yang mereka suka dari penawaran early access.
Survey Reward
Setiap bisnis pasti membutuhkan feedback dari pelanggannya. Pengisian survei merupakan salah satu cara mudah untuk mendapatkannya. Anda bisa memberikan satu kupon digital kepada setiap pelanggan yang sudah mengisi survey dan/atau memberikan pendapatnya. Jangan lupa untuk meminta alamat email mereka agar Anda bisa mengirimkan newsletter.
E-Voucher Campaign untuk Program Retensi Pelanggan
Sebagaimana yang kita ketahui bersama, mempertahankan pelanggan lama jauh lebih penting dan hemat dibandingkan mendapatkan pelanggan baru. Oleh karena itu, Anda juga harus fokus pada pelanggan lama agar mereka merasa dihargai dan dipedulikan. Salah satu caranya adalah dengan memberikan kupon digital melalui email. Nantinya pelanggan dapat menggunakan voucher tersebut untuk membeli produk dan/atau layanan di toko bisnis Anda.
Perlu dicatat bahwa, tujuan program ini bukan untuk meningkatkan penjualan secara langsung. Melainkan untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan, yang akhirnya akan menghasilkan peningkatan penjualan di kemudian hari.
VIP Program
Selanjutnya ada VIP program, dimana Anda memberikan kupon digital kepada beberapa pelanggan yang memenuhi kriteria tertentu. Misalnya seperti jumlah yang dibelanjakan, jumlah waktu sebagai pelanggan, seberapa besar interaksi yang dilakukan (jika menggunakan gamifikasi), dan lainnya.
Program ini bisa membantu Anda untuk memperkuat hubungan loyalitas antara pelanggan dengan brand. Program ini juga menjadi bukti bahwa Anda menghargai dan peduli terhadap mereka.
Kaitkan dengan Program Loyalitas
Satu lagi e-voucher campaign yang bisa Anda lakukan adalah mengaitkannya dengan program loyalitas. Perlu dicatat bahwa, cara yang satu ini berbeda dengan program VIP di atas. Program loyalitas ditujukan pada semua pelanggan yang sudah bergabung menjadi anggota. Baik yang baru maupun yang lama.
Berikan voucher elektronik secara personalisasi berdasarkan item terakhir yang mereka beli. Dengan begitu Anda bisa menjaga mereka untuk terus kembali. Anda bisa memberikannya melalui aplikasi program loyalitas, email, SMS, dan aplikasi chat. Ada beberapa cara mudah untuk memberikannya, seperti:
- Memberikannya sebagai hadiah karena sudah menyelesaikan misi atau karena berhasil naik ke level selanjutnya
- Membuat penawaran eksklusif
- Penukaran poin loyalitas dengan kupon digital
- Mengirimkan kepada target pelanggan secara personal
BACA JUGA: 8 Cara E-Voucher Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Bisnis Anda
Jalankan E-Voucher Campaign Anda Bersama Benefit One Indonesia
Sekarang, Anda bisa menjalankan satu atau lebih kampanye di atas sesuai dengan strategi bisnis yang sudah ditetapkan. Semua kampanye di atas jika dilakukan dengan benar, maka bisa memberikan hasil yang signifikan. Baik itu melalui media sosial, email, ecommerce, website, dan lainnya.
Namun pastikan bahwa pendekatan yang ingin dilakukan sudah sesuai dengan citra brand Anda. Tidak hanya itu, Anda juga harus memastikan budget yang dimiliki untuk setiap e-voucher campaign. Selanjutnya Anda hanya butuh memberikan sentuhan personal pada setiap kampanye.
Jika Anda tidak mau repot, Anda bisa mencari mitra loyalitas yang bisa melakukan semua itu. Seperti Benefit One Indonesia yang sudah dipercaya oleh banyak perusahaan besar dan ternama di seluruh dunia selama 10 tahun lebih. Ada banyak pelayanan yang bisa diberikan untuk kelangsungan bisnis Anda melalui program loyalitas dan e-voucher.Ingin tahu lebih lanjut? Cukup dengan menghubungi kami melalui WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!