13 Cara Membuat Pelanggan Bergabung Dengan Program Loyalitas

Membuat pelanggan bergabung dengan program loyalitas

Tanpa adanya promosi, program loyalitas pelanggan Anda tidak akan bisa berjalan dengan sukses. Anda masih memerlukan strategi pemasaran yang tepat. Strategi yang bisa membuat pelanggan bergabung dengan program loyalitas, meningkatkan keterlibatan, dan setia dengan bisnis Anda.

Sebab pada faktanya, memelihara loyalitas pelanggan adalah kunci bagi setiap brand yang ingin berkembang di persaingan ketat pasar industri saat ini. Bahkan kini hampir setiap bisnis berlomba-lomba membuat pelanggan bergabung dengan program loyalitas mereka.

Lalu bagaimana caranya? Mari kita bahas bersama di bawah ini.

BACA JUGA: Cara Efektif untuk Menciptakan Nilai Program Loyalitas

Bagaimana Cara Membuat Pelanggan Bergabung dengan Program Loyalitas?

Faktanya, kehadiran program loyalitas pelanggan mengubah permainan industri. Program ini tidak hanya dirancang untuk melibatkan pelanggan lebih jauh dengan bisnis saja, tetapi juga bisa untuk menarik pelanggan baru serta mempertahankannya.

Selain itu, program ini juga bisa membawa keuntungan lebih bagi bisnis. Akan tetapi, tidak semua orang mau dan tertarik untuk bergabung. Oleh karena itu, Anda harus memiliki strategi untuk mengajak serta membujuk pelanggan setia untuk bergabung dan menerima benefit yang menarik.

Berikut beberapa cara membuat pelanggan bergabung dengan program loyalitas bisnis Anda, yaitu:

Membuat Website yang Ramah Pengguna

Dalam hal menyiapkan program loyalitas, salah satu hal utama yang harus Anda lakukan adalah membuat website yang user-friendly. Ketika Anda menawarkan situs yang mudah dinavigasi, maka hal ini memungkinkan pelanggan untuk melacak hadiah mereka, menukarkan poin, dan/atau mengakses konten eksklusif dengan mudah.

Tidak hanya navigasinya saja, Anda juga perlu memperhatikan visual websitenya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan, dan memperkuat komitmen merek terhadap kepuasan pelanggan. Dengan memperhatikan setiap titik kontak pelanggan, maka Anda bisa menciptakan perjalanan yang kohesif dan tidak terlupakan.

Memanfaatkan Testimoni Pelanggan

Tak ada yang lebih baik daripada mendengar langsung dari pelanggan yang puas untuk membangun kepercayaan dan minat terhadap program hadiah yang Anda tawarkan. Manfaatkan testimoni yang baik untuk membuat pelanggan bergabung dengan program loyalitas. Testimoni tersebut tidak hanya memberikan bukti sosial, tetapi juga berfungsi sebagai motivator yang kuat bagi calon anggota.

Berbagi pengalaman yang baik juga dapat memberikan dampak positif bagi pelanggan. Di sisi lain, Anda juga bisa menciptakan hubungan yang otentik dan semakin percaya diri untuk menawarkan program loyalitas. Tampilkan testimoni terbaik secara mencolok di halaman program hadiah, dan lihat bagaimana strategi ini bekerja dengan sendirinya.

Tampilkan Call-To-Action yang Menarik

Cara lain untuk membuat pelanggan bergabung dengan program loyalitas adalah menampilkan call-to-action yang menarik. Buatlah pernyataan yang tegas, pop up yang menarik, atau formulir slide-in di situs web Anda. Tangkap perhatian setiap pengunjung dan memanfaatkan momen ini untuk mengajak mereka bergabung dengan program hadiah.

Berikan Undangan Pada Saat Checkout

Bangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan saat mereka melakukan checkout. Setelah pelanggan menyelesaikan transaksinya, berikan pop up yang berisi penawaran untuk bergabung dengan program loyalitas. Tunjukkan kepada mereka manfaat apa saja yang bisa didapatkan jika bergabung.

Bersikap Transparan

Kemungkinan besar mengapa pelanggan banyak yang enggan bergabung dengan program loyalitas Anda adalah terkait masalah privasi, spam atau kerumitan saat mengaksesnya. Jangan biarkan mereka berpikir bahwa program yang Anda tawarkan tidak sebanding dengan waktu, uang, dan perhatian mereka.

Dengan kata lain, apa pun alasannya yakinkan pada mereka bahwa program loyalitas Anda berbeda dengan yang lain. Sampaikan kepada mereka terkait kebijakan privasi, opsi untuk tidak ikut bergabung, aturan yang sederhana dan transparan, serta layanan pelanggan yang bisa diakses 24 jam.

Menciptakan Urgensi dan Kelangkaan

Hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk membuat pelanggan bergabung dengan program loyalitas adalah menciptakan rasa urgensi dan kelangkaan. Buatlah kesan seolah-olah mereka kehilangan sesuatu yang berharga jika tidak segera bergabung. Misalnya dengan memberikan penawaran tertentu dengan waktu yang terbatas, flash sale, atau hadiah dan bonus yang menarik serta spesial.

Buatlah Program Loyalitas yang Mudah dan Nyaman Digunakan

Buatlah program loyalitas yang mudah dan nyaman digunakan bagi pelanggan. Saat ini tidak ada pelanggan yang menyukai kerumitan atau proses panjang hanya untuk mendaftar jadi anggota. Jika Anda ingin membuat pelanggan bergabung dengan program loyalitas, maka Anda harus memudahkan proses pendaftarannya. Bisa melalui formulir online, kode QR, aplikasi seluler, atau newsletter.

Membuat pelanggan bergabung dengan program loyalitas

Tawarkan Insentif Menarik Ketika Sudah Bergabung

Selanjutnya, Anda perlu memenangkan hati pelanggan dengan memberikan insentif menarik ketika mereka sudah bergabung. Berikan beberapa produk dan/atau jasa gratis, bonus rujukan, potongan harga menarik, atau uji coba gratis. Tawarkan sesuatu yang spesial dan eksklusif sehingga bisa menarik perhatian mereka untuk terlibat lebih jauh lagi.

Gunakan Sistem Hadiah Berjenjang

Sistem hadiah berjenjang atau tiered rewards system adalah salah satu taktik efektif yang bisa digunakan untuk memotivasi pelanggan untuk mencapai level lebih tinggi dan membuka hadiah yang lebih besar lagi. Dengan memberikan insentif yang jelas dan menarik di setiap tingkatan, Anda secara tidak langsung sudah memicu rasa kemajuan dan pencapaian pada anggota. Mereka pun akan berusaha keras untuk bisa naik ke tingkat berikutnya, dengan tujuan mendapatkan hadiah yang lebih besar lagi.

Tawarkan Personalisasi Hadiah

Hadiah yang dipersonalisasi sudah terbukti bisa mempertahankan pelanggan dan menarik atensi calon pelanggan. Anda bisa menganalisis riwayat pembelian dan preferensi belanja mereka. Dengan menggunakan strategi ini, Anda membuat pelanggan merasa dihargai dan dipahami. Hal ini juga menunjukkan bahwa Anda telah meluangkan waktu untuk mengenal pelanggan yang nantinya akan menumbuhkan ikatan mendalam dan loyalitas yang lama.

Terlibatlah Dengan Pelanggan

Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk terlibat dan berinteraksi dengan pelanggan. Bisa dengan membagikan konten yang dibuat pengikut setia Anda, membalas komentar dan pesan masuk, membuat giveaway, dan banyak lagi. Anda juga dapat membagikan testimoni terbaik dari pelanggan yang sudah merasakan benefit dari program loyalitas. Sehingga nantinya hal ini bisa digunakan untuk membangun kepercayaan dan kredibilitas di antara target audiens.

Melatih Karyawan untuk Menjadi Advokat

Mungkin Anda tidak memperhatikannya, tapi karyawan merupakan agen advokat terbaik untuk membuat pelanggan bergabung dengan program loyalitas. Namun sebelum itu, Anda harus bisa meyakinkan karyawan bahwa program hadiah yang ditawarkan adalah yang terbaik. Edukasi mereka dengan wawasan dan informasi penting terkait program tersebut. Lalu minta mereka untuk menjadi advokat dan mengajak para pelanggan maupun calon pelanggan agar mau bergabung.

Uji dan Optimalkan

Satu lagi cara yang bisa Anda gunakan adalah dengan melakukan uji coba dan mengoptimalkannya. Tentu Anda tidak ingin bergantung hanya pada asumsi atau tebakan saja, bukan? Gunakan data dan wawasan yang sudah didapatkan untuk meningkatkan program loyalitas dan pengalaman pelanggan. Anda juga dapat melakukan analisis, pengujian A/B, atau wawancara pelanggan. Selain itu, Anda juga bisa membandingkan program loyalitas bisnis lain untuk menjadi tolak ukur dan perbandingan. Sehingga nantinya Anda mengetahui apa saja yang perlu ditingkatkan dan diperbaiki.

BACA JUGA: Program Loyalitas Berjenjang: Strategi Unggulan untuk Mempertahankan Pelanggan

Membuat Pelanggan Bergabung Dengan Program Loyalitas Bersama Benefit One Indonesia

Strategi yang sudah dijelaskan di atas bisa dilakukan bagi Anda yang ingin memulai program loyalitas atau sekedar ingin memiliki lebih banyak pelanggan untuk bergabung. Hal yang perlu Anda ingat adalah kunci kesuksesan sebuah program loyalitas terletak pada pengalaman berbelanja yang dipersonalisasi kepada setiap pelanggan. Sehingga mereka merasa dihargai dan diapresiasi.

Nah, jika Anda membutuhkan mitra loyalitas untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa mempercayakannya kepada Benefit One Indonesia. Tidak hanya membantu Anda dalam membuat program loyalitas yang menarik, kami juga memiliki banyak pilihan hadiah yang bisa diberikan. Baik itu hadiah fisik maupun digital yang semuanya bisa dipersonalisasi.

Salah satu keunggulan Benefit One Indonesia adalah program yang kami buat bisa langsung terintegrasi dengan sistem manajemen bisnis Anda dengan menggunakan API tanpa harus mengunduh aplikasi tambahan. Secara real time.Tunggu apa lagi? Segera hubungi kami di WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang! Cari tahu bagaimana kami bisa membantu bisnis Anda.