Manajemen program loyalitas menjadi salah satu hal yang perlu Anda perhatikan jika tidak ingin mengalami kegagalan. Mungkin sebagian besar dari Anda tidak menyadari bahwa manajemen yang buruk bisa menjadi salah satu faktor kegagalan dari program loyalitas.
Pada prakteknya, setiap perusahaan bisa saja menerapkan program loyalitas pelanggan yang efektif dan menarik. Hanya saja, tantangan terbesarnya adalah mengelolanya. Manajemen program loyalitas termasuk pada pengawasan kampanye yang dilakukan baik dalam jangka pendek maupun panjang.
Dikarenakan manajemen program loyalitas merupakan salah satu kunci keberhasilan, berikut kami jabarkan beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Selengkapnya ada di artikel bawah ini.
BACA JUGA: 7 Cara Mudah Membangun Customer Loyalty dari Nol untuk Bisnis Anda
Apa itu Manajemen Program Loyalitas?
Seperti yang kita ketahui bersama, program loyalitas pelanggan merupakan sebuah program yang dibuat untuk menarik, memahami, mempertahankan, dan juga melibatkan pelanggan dalam merek bisnis Anda. Dari program ini, Anda bisa membangun hubungan jangka panjang dan bisa meningkatkan keuntungan bisnis.
Sementara itu, pada sisi praktikalnya, program loyalitas bisa membantu Anda untuk menyusun, mengelola, dan juga menganalisis pelanggan berdasarkan data dan informasi yang didapat. Nantinya, hal ini akan digunakan untuk terus meningkatkan customer journey dan juga kepuasan mereka selama berinteraksi dengan bisnis Anda.
Lalu, apa itu manajemen program loyalitas? Loyalty program management adalah sebuah aktivitas pengelolaan yang fokus pada peningkatan retensi pelanggan dan juga pengendalian di aspek-aspek tertentu. Misalnya seperti perilaku pembelian, saluran komunikasi yang digunakan, customer touch points baik secara online atau offline, hingga seberapa sering interaksi yang dilakukan antara pelanggan dengan bisnis Anda.
Agar bisa mengelola manajemen program loyalitas yang baik, tentunya Anda membutuhkan tim dengan anggota yang solid, terampil, dan juga cekatan. Hal ini tidak hanya melibatkan tim penjualan saja, tetapi juga tim customer service, IT, dan masih banyak lagi.
Siapa Saja Tim Dalam Manajemen Program Loyalitas?
Disebutkan sebelumnya bahwa Anda membutuhkan tim dengan anggota yang solid, terampil, dan juga cekatan. Lalu, siapa sajakah tim yang bertanggung jawab dalam manajemen program loyalitas ini?
- Manajer Loyalitas: bertanggung jawab untuk menciptakan visi dan model bisnis serta pelaksanaan kerja seluruh tim strategi manajemen loyalitas. Mereka juga bertanggung jawab untuk bekerja sama dengan mitra bisnis dan membuat kesepakatan promosi.
- Analis Data: mereka bertanggung jawab untuk melakukan analisis pada pola belanja pelanggan, tren program loyalitas yang ada di pasar industri, mengembangkan segmen pelanggan, hingga membuat laporan terkait semua hal tersebut.
- Spesialis Sistem Loyalitas: dalam hal ini, mereka akan bertanggung jawab terhadap kampanye loyalitas dan melakukan konfigurasi perangkat lunak yang digunakan. Umumnya, mereka juga bertugas untuk mengurus masalah administrasi, pembayaran, keamanan data, serta tata kelola data.
- Spesialis Pekerjaan Operasional: tanggung jawab mereka adalah kebutuhan perusahaan. Seperti spesialis logistik yang mengurus hadiah atau reward untuk pelanggan. Lalu ada manajer hubungan pelanggan, spesialis komunikasi dan pemasaran, dan spesialis lainnya yang dibutuhkan untuk membuat program loyalitas pelanggan berjalan dengan efektif.
Sebab pada dasarnya, manajemen program loyalitas adalah tentang penggunaan strategi, alat, dan taktik yang digunakan oleh perusahaan untuk mendapatkan, melibatkan, dan mempertahankan pelanggan setia. Jika dijalankan dengan benar, maka hal ini bisa membantu Anda untuk menargetkan audiens yang tepat dan sesuai. Sambil menawarkan pengalaman, manfaat, dan memberikan penghargaan terbaik kepada mereka. Tujuannya tidak lain adalah untuk mendorong keterlibatan dalam jangka waktu panjang.
Cara Mudah untuk Manajemen Program Loyalitas
Dengan perencanaan, strategi, dan juga kemitraan yang tepat, manajemen program loyalitas bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat program loyalitas pelanggan yang efektif dan berjalan dengan baik. Di antaranya adalah:
Tentukan Tujuan dari Manajemen Program Loyalitas
Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan tujuan untuk membantu Anda mengubah visi dan misi menjadi sebuah kenyataan. Misalnya seperti mendapatkan banyak pelanggan baru untuk bergabung, meningkatkan angka penjualan, mendapatkan banyak keuntungan, dan lainnya.
Namun dalam hal ini, Anda harus mengingat beberapa hal. Seperti: memiliki strategi pemasaran jangka panjang dan pendek, menentukan KPI yang harus dicapai, menetapkan kegiatan operasional, dan menentukan frekuensi serta bentuk laporan yang akan dibuat.
Pahami Pelanggan Anda!
Selanjutnya, pahami pelanggan Anda! Dimana hal ini bisa didapatkan melalui riset pasar, survei, wawancara, analisis media sosial, riwayat pembelian yang dilakukan, hingga dari ulasan yang diberikan. Kendati demikian, semua cara tersebut memerlukan waktu yang tidak sebentar, sumber daya yang banyak dan juga tenaga ekstra. Setelahnya, Anda bisa menggunakan data tersebut untuk manajemen program loyalitas dan mengenal pelanggan lebih dalam.
Buat Program Loyalitas Anda Sederhana dan Mudah untuk Digunakan
Membuat program loyalitas yang sederhana dan mudah digunakan bukanlah hal yang ketinggalan zaman. Justru saat ini orang-orang lebih menyukai aplikasi yang user friendly. Didukung dengan kecanggihan teknologi dan internet seperti saat ini, sudah seharusnya Anda membuat program loyalitas yang bisa memudahkan pelanggan untuk mendaftar, menukarkan hadiah, dan proses lainnya.
Manajemen Program Loyalitas Harus Fokus Pada Komunikasi dan Keterlibatan Pelanggan
Hal keempat yang harus Anda perhatikan adalah komunikasi dan keterlibatan pelanggan. Sebab kedua hal ini merupakan kunci kesuksesan sebuah manajemen program loyalitas. Caranya sangat mudah untuk dilakukan. Libatkan pelanggan melalui pengalaman yang dipersonalisasi, menanggapi semua keluhan atau hal lainnya yang dilontarkan pelanggan pada setiap saluran komunikasi, hingga selalu memberikan informasi up to date dan penawaran eksklusif untuk menarik dan mempertahankan minat mereka.
Selalu Lakukan Evaluasi dan Peningkatan Secara Berkala
Terakhir, Anda tidak boleh melupakan evaluasi dan peningkatan secara berkala. Lakukan identifikasi terhadap hal apa saja yang harus diperbaiki dan lakukan penyesuaian yang diperlukan. Manfaatkan umpan balik yang diberikan pelanggan untuk terus meningkatkan pengalaman dan pembaharuan manajemen program loyalitas Anda.
BACA JUGA: Apa itu Customer Experience Management (CXM) & Pentingnya untuk Bisnis Anda
Rencanakan Manajemen Program Loyalitas Anda Bersama Benefit One Indonesia
Perbedaan signifikan yang dapat dilihat dari keberhasilan sebuah program loyalitas adalah cara pengelolaannya. Maka dari itu, Anda harus benar-benar memperhatikan manajemen program loyalitas agar bisa membuat program yang berhasil. Keuntungan dari pengelolaan yang baik adalah Anda bisa mempertahankan pelanggan setia dan juga menarik yang baru dalam waktu yang bersamaan.
Benefit One Indonesia tidak hanya merancang dan membuat program loyalitas digital yang efektif untuk bisnis Anda. Tetapi kami juga membantu untuk mengelolanya dan menjalankan program tersebut secara efektif dan efisien. Anda tidak perlu ragu lagi dalam memilih mitra loyalitas dengan reputasi terbaik dan terpercaya.Tim kami siap membantu Anda untuk mewujudkan program loyalitas pelanggan yang efektif dan efisien, serta membantu meningkatkan pendapatan dan keterlibatan pelanggan. Cari sistem reward digital? Dapatkan loyalitas dan penghargaan tanpa batas dengan menggunakan aplikasi kami. Tunggu apa lagi? Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!