Tahukah Anda bahwa, employee value proposition memainkan peranan penting dalam perusahaan? Peranan ini sangat penting untuk menarik talenta baru, melibatkan karyawan, mempertahankan karyawan, hingga meningkatkan nilai dan merek perusahaan Anda secara keseluruhan.
Employee value proposition tidak hanya bermanfaat bagi karyawan saja. Faktor ini bisa memberikan nilai tambah untuk perusahaan Anda, dan nantinya akan ada banyak talenta baru yang tertarik untuk bekerja di perusahaan. Lalu bagaimana Anda memaksimalkan EVP di perusahaan? Mari kita simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.
BACA JUGA: 8 Strategi Employee Satisfaction dan 3 Faktor Pendukungnya
Apa itu Employee Value Proposition?
Apa yang dimaksud dengan employee value proposition? EVP adalah sebuah nilai unik yang Anda tawarkan sebagai pihak yang memberikan pekerjaan kepada karyawan di perusahaan sebagai bentuk imbalan atas kinerja, keterampilan, pengalaman, dan komitmen yang sudah mereka berikan. Bentuk imbalan tersebut meliputi gaji, tunjangan, penghargaan, pengembangan diri dan karir, work-life-balance, hingga tujuan dan budaya perusahaan.
Pengertian lainnya dari employee value proposition adalah imbalan dan manfaat yang diterima karyawan atas kinerja yang mereka berikan di tempat kerja. Fokus dari pendekatan ini adalah karyawan dan diseimbangkan dengan strategi perencanaan tenaga kerja yang terintegrasi .
Faktanya, menurut penelitian yang dilakukan oleh Harvard Business Review menyebutkan bahwa, employee value proposition adalah komponen penting dari bentuk kepemimpinan perusahaan yang efektif. Bagaimana perusahaan bisa meyakinkan talenta terbaik untuk bergabung dan bagaimana mempertahankan mereka untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan.
Singkatnya, employee value proposition bisa membedakan perusahaan Anda dari kompetitor dan membantu untuk mendapatkan serta mempertahankan karyawan berkualitas. Dengan membuat EVP yang efektif, Anda juga bisa mengetahui apa yang disukai dan dibutuhkan karyawan dari perusahaan. Sehingga Anda bisa membuat tempat kerja yang ideal.
Manfaat Employee Value Proposition untuk Perusahaan Anda
Sebagian besar perusahaan lebih fokus pada cara mereka untuk membangun citra dan merek sebuah brand untuk memenangkan hati pelanggannya. Tanpa disadari, karyawan memegang peranan penting untuk memenangkan hati pelanggan. Maka dari itu, ada baiknya jika Anda fokus pada karyawan terlebih dulu.
Berikut beberapa manfaat employee value proposition untuk perusahaan yang perlu Anda ketahui. Seperti:
Employee Value Proposition Bisa Menarik & Mempertahankan Karyawan
Manfaat employee value proposition yang pertama adalah bisa menarik dan mempertahankan karyawan terbaik. Dengan memberikan penawaran yang unik, manfaat, dan peluang kerja yang baik, Anda bisa menarik talenta terbaik dan juga mempertahankan karyawan berkualitas di perusahaan. Menurut laporan dari Gartner, perusahaan yang bisa mengoptimalkan EVP-nya, bisa menurunkan pergantian karyawan tahunan sebanyak 69%.
Meningkatkan Keterlibatan Karyawan
Sebuah EVP yang baik bisa memberikan pemahaman yang jelas kepada karyawan tentang visi, misi, dan nilai-nilai perusahaan. Hasilnya karyawan akan mau lebih terlibat dan memberikan kinerja terbaik dalam pekerjaan mereka. Bahkan, perusahaan yang bisa memberikan employee value proposition terbaik bisa meningkatkan komitmen karyawan baru sampai 30%.
Menghemat Biaya Rekrutmen dan Retensi
Salah satu manfaat employee value proposition adalah bisa menghemat biaya rekrutmen dan retensi karyawan. Hal ini bisa terjadi jika Anda bisa menarik dan mempertahankan talenta yang tepat untuk perusahaan.
Pertumbuhan Kinerja Perusahaan
Karyawan yang terlibat, produktif, dan puas akan apa yang mereka dapatkan di tempat kerja, akan meningkatkan kinerja perusahaan. Nantinya, hal ini akan meningkatkan profitabilitas dan pertumbuhan sebesar 23% dan bisa meningkatkan loyalitas pelanggan hingga 10%.
Transparansi yang Lebih Baik
Satu lagi manfaat employee value proposition adalah meningkatkan transparansi yang lebih baik lagi. Ketika sebuah perusahaan sudah terbuka dan jujur dari awal terkait apa yang mereka harapkan dari karyawan dan apa yang akan karyawan dapatkan, maka hal ini akan membangun rasa kepercayaan dan menghormati satu sama lain.
Elemen Penting dalam Employee Value Proposition
Employee value proposition yang kuat akan membedakan perusahaan Anda dengan kompetitor. Sebagai HR, Anda juga bisa mengetahui apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh karyawan. Namun hal yang paling penting dari EVP adalah harus bisa mewakili nilai-nilai perusahaan dan disaat yang bersamaan bisa membuat karyawan merasa terdorong, termotivasi, serta tetap semangat untuk memberikan kinerja terbaik mereka.
Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui beberapa elemen penting dalam employee value proposition untuk memaksimalkan dan mengoptimalkannya. Di antaranya adalah:
- Imbalan Finansial: uang, bonus, komisi, opsi saham
- Tunjangan Ketenagakerjaan: cuti berbayar, cuti melahirkan, cuti menikah, asuransi kesehatan, dana pensiun, liburan, dan lainnya
- Kesempatan Pengembangan Diri & Karir: pelatihan kepemimpinan, pelatihan keterampilan baru, pendidikan berbayar, dan lain-lain
- Tunjangan Insentif Nonmoneter: fasilitas olahraga, fasilitas kesehatan, kantin karyawan yang gratis, jam kerja fleksibel, work-life-balance
- Lingkungan Kerja yang Positif: memberikan penghargaan dan pengakuan, kerjasama tim yang solid, komunikasi yang transparan dan jelas, keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi yang baik
- Budaya Kerja yang Positif: komunikasi yang baik, kolaborasi antar divisi, terjalin hubungan baik antar setiap lapisan karyawan
Cara Mengembangkan & Meningkatkan Employee Value Proposition
Lalu bagaimana cara mengembangkan dan meningkatkan employee value proposition yang tepat? Di bawah ini ada beberapa tips dan cara mengembangkan EVP yang baik, tepat, dan menarik untuk perusahaan Anda secara keseluruhan. Berikut penjelasannya:
Apa yang Unik dari Perusahaan Anda?
Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengidentifikasi apa yang unik dari perusahaan Anda. Apa yang bisa Anda tawarkan? Manfaat apa yang bisa Anda berikan? Mengapa harus bekerja di perusahaan Anda? Dan pertanyaan sejenis lainnya. Untuk mendapatkan jawabannya, Anda bisa berdiskusi dengan pihak-pihak terkait untuk menjabarkan dan menjelaskan fitur dan manfaat yang bisa menjadi pembeda dengan kompetitor.
Employee Value Proposition Adalah Tentang Memahami Kebutuhan Karyawan
Fokus utama dari employee value proposition adalah karyawan. Ketika Anda memahami apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh karyawan, maka Anda bisa memenuhi harapan dan aspirasi mereka. Gunakan survei atau diskusi grup untuk mendapatkan jawabannya. Selain itu, jangan lupa untuk mempertimbangkan latar belakang, pengalaman, dan perspektif karyawan di tempat kerja. Jika dilakukan dengan benar, hal ini bisa membantu Anda dalam mempertahankan karyawan yang beragam dengan talenta terbaiknya.
Menyelaraskan Employee Value Proposition dengan Tujuan Perusahaan
Selanjutnya, Anda juga harus memastikan bahwa EVP yang dibuat selaras dengan nilai, misi, visi, dan tujuan perusahaan agar kohesif dan efektif. Termasuk dalam pembentukan budaya, kebijakan, dan juga praktik kerja perusahaan. Ketika Anda menyelaraskan semua itu, maka akan menimbulkan rasa memiliki tujuan yang sama di benak karyawan. Menariknya, hal ini juga bisa membantu Anda dalam mencari karyawan baru yang sesuai dengan budaya perusahaan.
Otentik, Transparan, dan Sejalan dengan Budaya Perusahaan
Cara mengembangkan employee value proposition selanjutnya adalah dengan membuatnya menjadi otentik, transparan, dan sejalan dengan budaya perusahaan. Sehingga nantinya akan terjalin rasa kepercayaan dan kredibilitas yang tinggi di benak karyawan. Tidak hanya itu, Anda juga perlu melibatkan karyawan dalam proses pengembangan yang dapat membantu pembentukan EVP yang lebih baik lagi.
Membuat EVP Terlihat Nyata dan Inklusif
Kaitkan employee value proposition yang Anda buat dengan beberapa elemen di atas. Seperti cuti berbayar, waktu kerja yang fleksibel, pengembangan diri dan karir, komisi, dan lainnya. Disaat yang bersamaan, Anda juga bisa menyoroti dan mengamati bagaimana kebijakan tersebut berkontribusi pada EVP secara keseluruhan.
Menempatkan EVP Di Setiap Siklus Karyawan
Pada prakteknya, ada tujuh siklus karyawan yang harus Anda perhatikan. Yaitu ketertarikan, perekrutan, orientasi, retensi, pengembangan, pelepasan, dan karyawan yang merasa bahagia. Sebuah employee value proposition yang baik harus bisa fokus dan disesuaikan setiap siklus tersebut.
Mengintegrasikan Employer Branding dengan EVP dan EX
Mengintegrasikan employer branding dengan employee value proposition dan employee experience memungkinkan Anda untuk bisa memenuhi janji kepada karyawan melalui apa yang Anda tawarkan. Ketiga hal ini juga bisa meningkatkan keterlibatan karyawan yang memberikan dampak positif pada kinerja dan produktivitas secara keseluruhan.
Mengkomunikasikan EVP Secara Efektif
Langkah selanjutnya adalah dengan mengkomunikasikan employee value proposition yang sudah Anda buat kepada para pemangku kepentingan, karyawan, dan juga kandidat. Disini Anda harus memikirkan bagaimana EVP yang sudah dibuat bisa sesuai dan menarik untuk audiens.
Mengukur Keberhasilan EVP
Terakhir, Anda hanya perlu mengukur keberhasilan EVP yang sudah berjalan. Sebuah employee value proposition yang sukses adalah EVP yang bisa membantu Anda melacak hasilnya dan juga menunjukkan area yang perlu ditingkatkan. Termasuk didalamnya mengenai retensi, keterlibatan, dan pengurangan biaya karyawan.
BACA JUGA: Employee Experience dan Pentingnya untuk Perusahaan Anda
Mengembangkan Employee Value Proposition Bersama Benefit One Indonesia
Setelah Anda mengetahui apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh karyawan, maka langkah selanjutnya adalah memberikan dan memenuhi semua itu. Benefit One Indonesia, siap membantu Anda untuk menyediakan solusi atas reward atau imbalan yang diberikan untuk karyawan.
Mulai dari e-voucher, e-gift, voucher belanja, voucher kesehatan, hingga bentuk imbalan menarik lainnya. Benefit One Indonesia hadir sebagai Solusi Digital Loyalty Terlengkap untuk bisnis Anda. Kami hadir untuk membantu Anda membangun loyalitas pelanggan, mendorong tim penjualan, meningkatkan kedekatan dengan karyawan dan pelanggan, hingga memberikan solusi dan pilihan hadiah yang beragam.
Kami sudah berpengalaman sejak 2014 dan sudah dipercaya oleh lebih dari ratusan perusahaan besar di seluruh dunia. Kami menawarkan solusi pintar untuk menjaga koneksi atau kerjasama Anda dengan mitra bisnis.Cari sistem reward digital? Dapatkan loyalitas dan penghargaan tanpa batas dengan menggunakan aplikasi kami. Tunggu apa lagi? Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!