9 Cara Meningkatkan Profit Bisnis Di Pasar Digital

Meningkatkan Profit Bisnis

Digital marketplace merupakan sebuah mekanisme efisien yang bisa menghubungkan pembeli dengan penjual dibandingkan dengan cara tradisional. Kelebihan dari mekanisme ini adalah bisa memberikan interaksi tanpa batas. Sehingga memudahkan penggunanya untuk menjalankan bisnis dan mendapat keuntungan. Pertanyaannya, bagaimana cara meningkatkan profit bisnis di pasar digital?

Dalam pasar digital, semuanya serba bergerak dengan cepat. Menavigasi pasar bisa menjadi hal yang menyenangkan dan juga menakutkan bagi para pebisnis yang ingin meningkatkan profitnya. Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir lagi. Sebab, kami sudah menyiapkan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan profit bisnis di pasar digital.

Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: Apa itu Target Pasar dan Bagaimana Cara Menemukannya untuk Bisnis Anda

Pasar Digital Mendorong Bisnis Di Setiap Industri

Tahukah Anda bahwa, hampir setiap industri menggunakan marketplace untuk menjalankan bisnisnya? Mulai dari lembaga keuangan hingga kesehatan. Setiap industri dapat memperoleh manfaat dari kemampuan marketplace itu sendiri dan juga pelanggan mereka.

Kehadiran pasar digital memungkinkan bisnis agar bisa dengan cepat memperluas katalog produk, mendiversikan aliran pendapatan, dan mengurangi risiko supply chain. Sedangkan dari sisi pelanggan, digital marketplace ini bisa memberikan berbagai macam pilihan, kemampuan untuk berbelanja cepat, dan pengalaman personal yang mungkin tidak didapatkan dengan cara tradisional.

Tidak heran jika di era digital seperti ini, ecommerce, social commerce, dan sejenisnya menjadi populer. Sebab secara tidak langsung, berbelanja secara online bisa meningkatkan kepuasan pelanggan dan meningkatkan pendapatan bisnis. Tapi, dari mana pemasukan ini berasal?

Dalam kasus pasar digital, ada beberapa aliran pendapatan utama yang memainkan peran penting dalam meningkatkan profit bisnis dan mempertahankan eksistensinya dalam jangka panjang. Yaitu:

  • Biaya Komisi: bertindak sebagai perantara antara penjual dan pembeli untuk memfasilitasi transaksi yang dilakukan, dan mendapatkan persentase dari penjualan sebagai komisi
  • Biaya Daftar: mendapatkan pendapatan dari biaya yang dibebankan kepada penjual yang ingin menampilkan produknya di platform
  • Biaya Berlangganan: menawarkan paket keanggotaan premium kepada kreator, penjual, dan/atau pembeli, dengan sejumlah biaya dan manfaatnya
  • Pendapatan Iklan: mendapatkan pendapatan dari click per pay yang berasal dari iklan pihak ketiga untuk mempromosikan produk dan/atau layanan mereka
  • Biaya Transaksi: membebankan biaya transaksi di atas biaya komisi untuk setiap penjualan yang terjadi
Meningkatkan Profit Bisnis

Cara Meningkatkan Profit Bisnis Di Pasar Digital

Dalam lanskap ecommerce yang dinamis saat ini, perkembangan bisnis tentu tergantung pada cara Anda memaksimalkan penjualan online. Tidak selamanya digital menjadi penghalang untuk meningkatkan profit bisnis. Justru sebaliknya, jika Anda ingin tetap maju dan berkembang, rangkullah perubahan ini.

Maka dari itu, Anda harus mempelajari dan memahami beberapa strategi ampuh yang bisa meningkatkan profit bisnis dan mengubah kehadiran digital menjadi pembangkit keuntungan bisnis. Di antaranya adalah:

Jadikan Website Sebagai Etalase Digital

Situs web merupakan garda terdepan identitas online Anda. Mengoptimalkannya untuk konversi adalah hal terpenting yang harus dilakukan untuk mendorong penjualan. Prioritaskan kecepatan saat loading halaman untuk meminimalkan bounce rates dan mengoptimalkan pengalaman pengguna. Dan pastikan bahwa situs web Anda bisa dibuka melalui ponsel dengan lancar serta navigasi yang mudah.

Jalin Hubungan Kuat dengan Pelanggan

Online bukanlah alasan tidak bisa menjalin hubungan dengan pelanggan. Justru Anda bisa menjangkau mereka dengan menggunakan marketing email. Pastikan Anda langsung mengirimkan welcoming email kepada mereka yang berpotensi menjadi pelanggan setia. Buatlah email campaign yang dipersonalisasi dan bisa menarik perhatian pelanggan untuk melakukan tindakan yang Anda inginkan.

Gunakan Media Sosial

Libatkan, perkuat, dan konversikan bisnis Anda melalui aplikasi media sosial. Tentu kita semua mengetahui bahwa media sosial menawarkan audiens yang sangat besar dari seluruh penjuru dunia. Agar audiens bisa menemukan brand Anda, sebaiknya lakukan identifikasi platform dimana target demografis Anda berkembang, dan bangun kehadiran yang konsisten. Binalah hubungan yang bermakna melalui interaksi dengan pengikut akun medsos Anda. Berikan berbagai konten yang menarik, edukatif, dan informatif secara konsisten untuk mempertahankan minat mereka.

Manfaatkan SEO Marketing

SEO atau Search Engine Optimization berperan penting untuk menarik organic traffic dan meningkatkan visibilitas online bisnis Anda. Lakukanlah riset dan penelitian terkait kata kunci atau hal-hal yang sedang tren, sesuai dengan target audiens di industri Anda. Optimalkan konten di situs web Anda secara strategis.

Buat Deskripsi dan Visual Produk yang Menarik

Deskripsi dan visual produk yang menarik merupakan kombo sempurna untuk menarik perhatian para pelanggan dan orang-orang. Buatlah deskripsi yang mendetail dan persuasif, bukan hanya sekedar menjelaskan fitur dari produk tersebut. Utamakan untuk menjelaskan manfaat dan nilai yang disematkan dalam produk tersebut. Kuatkan dengan visual yang memukau. Mulai dari kemasan produk hingga konten promosinya.

Tumbuhkan Loyalitas Pelanggan untuk Meningkatkan Profit Bisnis Anda

Tahukah Anda bahwa, kekuatan loyalitas pelanggan bisa menjadi pembeda yang kuat di pasar online yang kompetitif saat ini? Ketika Anda mengutamakan pelayanan pelanggan, maka hal ini akan menumbuhkan kepercayaan dan loyalitas mereka. Anda bisa memberikan layanan pelanggan yang luar biasa melalui beberapa saluran komunikasi. Seperti obrolan langsung, telepon, email, chat, hingga SMS. Berikan pengalaman terbaik dan positif untuk pelanggan Anda.

Melakukan Strategi Up Selling dan Cross Selling

Strategi meningkatkan profit bisnis selanjutnya bisa Anda lakukan dengan melakukan up selling dan cross selling. Dimana Anda bisa menambahkan produk pelengkap atau versi yang ditingkatkan saat proses checkout untuk meningkatkan nilai produk utama yang dibeli. Anda juga bisa memberikan rekomendasi ini secara personalisasi dengan memanfaatkan riwayat pembelian dan preferensi pelanggan.

Memanfaatkan Kehadiran Influencer

Salah satu keunggulan media sosial adalah tempat berkumpulnya para influence. Anda bisa memanfaatkan eksistensi mereka untuk menjangkau audiens baru yang lebih luas dan membangun kredibilitas merek. Jalin kerja sama dengan influencer ternama yang bisa mewujudkan nilai bisnis Anda. Para influencer juga bisa memicu minat dan niat beli untuk merek Anda.

Promosi Konten yang Menarik untuk Meningkatkan Profit Bisnis

Pemasaran konten merupakan senjata ampuh untuk menarik dan melibatkan target audiens Anda. Baik itu melalui situs web, media sosial, atau toko online lainnya yang Anda miliki. Tidak hanya untuk mempromosikan produk dan/atau layanan, Anda juga harus memberikan konten edukatif dan informatif bagi pelanggan untuk mempelajari brand. Konten yang edukatif dan informatif memposisikan merek Anda sebagai otoritas industri, menumbuhkan kepercayaan, dan pada akhirnya mendorong konversi penjualan.

BACA JUGA: Bagaimana Cara Menerapkan Customer Reward yang Efektif?

Benefit One Indonesia, Mitra yang Dapat Membantu Meningkatkan Profit Bisnis Anda

Seperti yang disebutkan di atas, salah satu cara meningkatkan profit bisnis adalah dengan menumbuhkan loyalitas pelanggan. Akan tetapi, mereka haruslah terikat dalam sebuah program loyalitas yang bisa memberikan banyak manfaat dan reward berharga serta yang mereka butuhkan.

Dengan begitu para pelanggan setia Anda tidak akan berpikir dua kali untuk menghabiskan uangnya. Terlebih jika Anda memberikan pengalaman atau hadiah yang dipersonalisasi. Tentunya hal istimewa ini bisa membuat pelanggan akan makin setia.

Agar bisa mewujudkan hal tersebut, Benefit One Indonesia sudah menyiapkan banyak pilihan hadiah atau reward yang bisa Anda berikan kepada pelanggan. Ada hadiah fisik dan digital. Anda tidak perlu ragu dengan kredibilitas kami. Sebab kami sudah berpengalaman di industri ini selama lebih dari 10 tahun dan dipercaya oleh banyak perusahaan besar dan ternama di dunia.

Benefit One Indonesia tidak hanya memberikan hadiah saja, tetapi kami bekerja sebagai one stop solution untuk bisnis Anda. Kami juga akan memberikan banyak wawasan dan informasi terkait pelanggan, serta memberikan solusi inovatif untuk bisnis Anda.Cari tahu lebih lanjut bagaimana kami bisa membantu meningkatkan profit bisnis Anda dengan menghubungi kami di WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami. Cari tahu bagaimana kami bisa membantu bisnis Anda, sekarang!