Program loyalitas digital merupakan salah satu bentuk adaptasi yang dirancang untuk memudahkan pelanggan di era teknologi ini. Jika ditarik ulur ke belakang, program loyalitas sudah ada jauh sebelum teknologi berkembang sepesat sekarang. Akan tetapi semakin berkembangnya zaman, setiap pelaku bisnis harus bisa beradaptasi agar tidak tertinggal.
Mulai dari jenis reward, teknologi yang digunakan, pendekatan yang dipakai, hingga algoritma dari program loyalitas tersebut. Sejatinya, hal ini merupakan salah satu bentuk revolusi yang secara perlahan terus mengalami perubahan. Agar lebih jelasnya, mari kita simak penjelasan di bawah ini terkait program loyalitas digital yang sekarang sudah banyak digunakan oleh beberapa pelaku bisnis. Apakah Anda salah satunya?
BACA JUGA: Omnichannel Loyalty Adalah Program Loyalitas Kekinian untuk Bisnis Anda
Pentingnya Program Loyalitas Digital yang Bisa Beradaptasi
Seperti yang disebutkan sebelumnya, setiap bisnis harus mampu beradaptasi agar bisa bertahan di persaingan pasar industri. Jika dulu persaingan dilakukan dengan memberikan harga menarik dan kualitas produk, kali ini ditambah dengan adanya program loyalitas. Bahkan setiap bisnis saat ini menambahkan program tersebut untuk bisa mempertahankan pelanggan dan meningkatkan keuntungan.
Namun dengan perkembangan teknologi dan transformasi digital yang terus berubah, sangat penting untuk memiliki program loyalitas digital yang bisa beradaptasi. Mengapa? Sebab persaingan yang berkembang di dunia digital saat ini menunjukkan persaingan global yang semakin ketat, sehingga setiap bisnis harus bekerja dengan keras untuk mendapatkan banyak keuntungan.
Terlebih, pelanggan juga ikut beradaptasi. Mereka mengharapkan pengalaman digital yang unggul untuk bisa meningkatkan rasa loyalitas kepada sebuah brand. Dan untuk bisa mewujudkan hal tersebut, Anda harus memiliki program loyalitas digital. Seperti menyediakan layanan pelanggan yang inovatif, online, dan real time. Perlu diingat bahwa respon yang Anda berikan kepada pelanggan bisa mempengaruhi persepsi mereka terkait bisnis,
Manfaat Menerapkan Program Loyalitas Digital untuk Bisnis
Saat ini, kita hidup di era yang serba digital. Dimana hampir semua hal bisa dilakukan secara online. Sebut saja seperti berbelanja, bekerja, belajar, dan masih banyak lagi. Sudah banyak bisnis yang beradaptasi mengikuti perubahan dan perkembangan ini dengan menggunakan program loyalitas digital. Apakah bisnis Anda sudah melakukannya?
Berikut beberapa manfaat menerapkan program loyalitas digital untuk bisnis yang perlu Anda ketahui. Yaitu:
- Proses pendaftaran, onboarding, hingga penukaran hadiah yang semuanya bisa dilakukan secara otomatis
- Menciptakan banyak customer touch points untuk menjaga hubungan dengan pelanggan
- Dapat merespon dan memberikan tanggapan yang cepat terkait masalah dan/atau kebutuhan pelanggan
- Mudah diintegrasikan sehingga bisa dihubungkan di berbagai perangkat
- Mendapatkan wawasan dan data yang komprehensif terkait kebiasaan dan perilaku pelanggan
- Analisis data yang lebih mudah
- Memberikan personalisasi pengalaman pelanggan untuk meningkatkan kepuasaan mereka
- Bisa diakses dimanapun, kapanpun, dan dengan perangkat apa pun
Manfaat diatas belum termasuk dengan banyaknya fitur, fasilitas, dan jenis reward yang diberikan. Intinya, program loyalitas digital ini bisa digunakan untuk meningkatkan keuntungan dan mencapai tujuan bisnis yang mungkin sebelumnya tidak bisa didapatkan dengan program loyalitas biasa.
Jenis Perusahaan Apa yang Bisa Menggunakan Program Loyalitas Digital?
Setiap perusahaan bisa mengadopsi program loyalitas digital ini. Baik bisnis dengan skala kecil atau skala besar sekalipun. Hanya saja kedua bisnis ini menggunakan jenis program yang berbeda. Dari perangkat lunak yang digunakan, sistem yang dipakai, hingga jenis reward yang diberikan.
Umumnya bisnis dengan skala besar akan berinvestasi pada program loyalitas digital yang memiliki sistem khusus dan canggih. Sementara bisnis dengan skala kecil menggunakan aplikasi yang sesuai dengan budget. Hal yang menjadi kesimpulannya di sini adalah setiap jenis bisnis bisa menggunakan pendekatan modern yang relevan untuk beradaptasi.
Bagaimana Program Loyalitas Digital Bisa Mendorong Loyalitas Pelanggan?
Agar bisa mempertahankan pelanggan dalam jangka waktu yang panjang, sudah seharusnya sebuah brand bisa memperlakukan pelanggan sebagai individu. Bukan sebagai angka yang bisa mendatangkan keuntungan saja. Hal ini pun berlaku dalam penerapan program loyalitas digital.
Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendorong keterlibatan dan meningkatkan kesetiaan pelanggan dengan menerapkan program loyalitas digital. Meliputi:
Manfaatkan Pandangan Pelanggan untuk Memberikan Pengalaman yang Mengesankan
Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan pandangan pelanggan. Kunci utama dari loyalitas pelanggan adalah personalisasi pengalaman dan konsistensi dalam memberikan layanan. Dari pandangan tersebut Anda bisa mendapatkan wawasan terkait kebutuhan pelanggan. Sehingga Anda bisa memenuhi hal tersebut untuk memuaskan pelanggan.
Membangun Customer Journey dengan Menggunakan Data yang Ada
Teknologi canggih bisa membantu Anda untuk membangun customer journey yang dinamis dan personal. Teknologi ini bisa mengumpulkan data dari beberapa saluran dan memberikan wawasan serta analisis yang dibutuhkan. Gunakan data dan wawasan ini untuk mendorong keterlibatan pelanggan dalam program loyalitas digital.
Fokus Pada Pengalaman Pelanggan di Program Loyalitas Digital
Sebuah program loyalitas digital bisa dikatakan sukses dan efektif apabila bisa memenuhi kebutuhan pelanggan dan mengantisipasinya. Akan tetapi hal ini memerlukan kerjasama dari pelanggan untuk memberikan wawasan dan data yang dibutuhkan. Nantinya data tersebut bisa digunakan untuk memberikan personalisasi pengalaman yang lebih baik lagi.
BACA JUGA: 5 Strategi untuk Memenangkan Gen Z Loyalty
Benefit One Indonesia, Mitra Terpercaya untuk Program Loyalitas Digital
Dari semua penjelasan di atas, sekarang Anda mengetahui pentingnya dari sebuah program loyalitas untuk sebuah bisnis, bukan? Program ini tidak hanya meningkatkan keuntungan saja, tetapi juga Anda bisa mendapatkan banyak data dan wawasan yang bisa digunakan untuk menciptakan personalisasi pengalaman pelanggan.
Akan tetapi untuk bisa membuat sebuah program loyalitas digital yang efektif, Anda memerlukan mitra terpercaya yang sudah memiliki pengalaman dan ahli di bidangnya. Salah satunya adalah Benefit One Indonesia yang sudah berpengalaman selama hampir sembilan tahun.
Hadir dengan memberikan solusi One Stop Digital Reward, Benefit One Indonesia sudah memiliki beberapa aplikasi pendukung program loyalitas yang bermanfaat. Bahkan Anda juga bisa mengintegrasikannya ke platform Anda melalui API.
Benefit One Indonesia hadir sebagai Solusi Digital Loyalty Terlengkap untuk bisnis Anda. Kami hadir untuk membantu Anda membangun loyalitas pelanggan, mendorong tim penjualan, meningkatkan kedekatan dengan karyawan dan pelanggan, hingga memberikan solusi dan pilihan hadiah yang beragam.
Kami sudah berpengalaman sejak 2014 dan sudah dipercaya oleh lebih dari ratusan perusahaan besar di seluruh dunia. Kami menawarkan solusi pintar untuk menjaga koneksi atau kerjasama Anda dengan mitra bisnis.Cari sistem reward digital? Dapatkan loyalitas dan penghargaan tanpa batas dengan menggunakan aplikasi kami. Tunggu apa lagi? Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!