Omnichannel Loyalty Adalah Program Loyalitas Kekinian untuk Bisnis Anda

Omnichannel Loyalty Adalah Program Loyalitas Kekinian untuk Bisnis Anda

Omnichannel loyalty, pernahkah Anda mendengar istilah tersebut? Program ini ada karena perubahan dalam dunia bisnis. Hubungan antara online dan offline yang semakin berkembang, berubahnya pola belanja pelanggan, hingga tren pasar. Terutama setelah pandemi Covid-19 berakhir, pelanggan lebih menyukai berbelanja online.

Bagi sebuah bisnis, pola belanja yang berubah ini bisa membawa keuntungan. Mengapa? Sebab, ada ulasan online yang diberikan pelanggan setelah menggunakan produk dan/atau layanan dari brand tertentu. Mulai dari harga, kemasan, pelayanan, manfaat, dan lainnya. Hal ini tentu akan memberikan brand Anda jangkauan pasar yang lebih luas lagi, karena mereka tidak akan segan untuk merekomendasikannya kepada orang lain.

Oleh karena itu, bisnis Anda harus bisa beradaptasi dengan perubahan perilaku ini. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan omnichannel loyalty. Seperti apa gambarannya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: 5 Strategi untuk Memenangkan Gen Z Loyalty

Apa itu Omnichannel Loyalty?

Apa yang dimaksud dengan omnichannel loyalty? Loyalitas omnichannel merupakan salah satu teknologi yang bisa memberikan pelanggan pengalaman dan penawaran yang relevan di waktu yang tepat. Cara ini disebut sebagai bentuk interaksi antara sebuah brand dengan pelanggannya tanpa mengenal waktu dan juga bagaimana mereka berbelanja.

Pengertian lainnya dari omnichannel loyalty adalah tentang keterlibatan menyeluruh. Dalam hal ini artinya melibatkan semua pelanggan di seluruh saluran pemasaran baik online maupun offline. Pendekatan ini tidak hanya akan meningkatkan customer touch points, tetapi juga bisa memberikan pengalaman program loyalitas yang lebih menarik dan dengan bantuan teknologi canggih.

Singkatnya, omnichannel loyalty ini dibuat untuk memberikan pengalaman baru yang lebih bermanfaat untuk pelanggan dan juga anggotanya dengan melibatkan seluruh saluran pemasaran yang ada. Dengan kata lain, pelanggan bisa mengakses program loyalitas tersebut melalui browser, aplikasi seluler, dan juga ketika mereka berbelanja secara offline di toko.

Keuntungan dari omnichannel loyalty adalah fokus utamanya untuk keterlibatan pelanggan. Jauh berbeda dengan program loyalitas tradisional dimana pelanggan harus membeli produk dalam jumlah tertentu untuk mendapatkan poin yang nantinya bisa ditukarkan dengan hadiah. Program yang satu ini diklaim lebih interaktif, sehingga bisa mendorong keterlibatan pelanggan dengan brand, meskipun mereka tidak ada niatan untuk membeli.

Manfaat Omnichannel Loyalty

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bila omnichannel loyalty lebih menguntungkan dibandingkan program loyalitas biasa. Agar lebih jelas, mari kita simak beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan jika menggunakan pendekatan ini. Di antaranya adalah:

Keunggulan Kompetitif

Manfaat omnichannel loyalty pertama adalah keunggulan kompetitif. Program loyalitas yang satu ini menawarkan fleksibilitas pembelian yang dibutuhkan oleh pelanggan. Bertambahnya customer touch points bisa memberikan banyak analisis yang bisa digunakan untuk menciptakan hubungan yang lebih baik lagi dengan pelanggan. Baik pelanggan baru maupun pelanggan tetap. Belum lagi adanya pengalaman terintegrasi di seluruh perangkat baik online maupun offline. Anda jadi bisa menarik lebih banyak atensi dan mempertahankan perhatian pelanggan.

Mendapatkan Data Pelanggan yang Lebih Relevan

Keunggulan lain dari omnichannel loyalty adalah Anda bisa mendapatkan gambaran menyeluruh terkait aktivitas pelanggan. Seperti; kebiasaan berbelanja, frekuensi belanja, saluran yang sering mereka gunakan, tingkat penggunaan poin, demografi pelanggan, sikap dan perilaku pelanggan, hingga lokasi belanja mereka. Tujuannya adalah agar Anda bisa memberikan fasilitas, manfaat, dan hal lainnya yang lebih relevan kepada pelanggan. Selain itu, Anda juga bisa dengan mudah mengirimkan newsletter kepada mereka.

Meningkatkan Penjualan

Ketiga, manfaat omnichannel loyalty adalah bisa meningkatkan penjualan. Penelitian dari Think With Google membuktikan bahwa, perusahaan yang menggunakan strategi ini memiliki angka traffic hingga 80% dan bisa lebih tinggi. Kemudian, Omnisend juga menyebutkan bahwa, bisnis yang mengadopsi program ini bisa meningkatkan penjualan hingga 250% lebih tinggi dibandingkan satu saluran saja.

Omnichannel Loyalty Bisa Membantu Anda Menyesuaikan Pengalaman Pelanggan

Terakhir, manfaat omnichannel loyalty adalah bisa memberikan pengalaman baru dan menarik sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan. Jadi, program ini tidak hanya sekedar memberikan hadiah untuk meningkatkan penjualan saja. Tetapi juga untuk mendorong keterlibatan pelanggan. Agar bisa menyesuaikan pengalaman ini, Anda harus menggunakan data pelanggan yang sudah didapatkan sebelumnya untuk memberikan konten personalisasi.

Omnichannel Loyalty Adalah Program Loyalitas Kekinian untuk Bisnis Anda

Contoh Praktik Omnichannel Loyalty

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada banyak manfaat omnichannel loyalty yang bisa Anda manfaatkan. Dengan menggabungkan banyak saluran berbeda untuk menjangkau pelanggan, Anda akan memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapatkan hasil yang jauh lebih baik dan efektif. Di bawah ini, ada beberapa contoh praktik yang bisa Anda lakukan untuk membuat pendekatan ini lebih menguntungkan, yaitu:

Memberikan Kartu Keanggotaan untuk Omnichannel Loyalty

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberikan kartu keanggotaan. Namun bukan dalam bentuk fisik, melainkan dalam bentuk digital. Beberapa brand bahkan sudah menerapkan hal ini untuk mempermudah pelanggan. Misalnya dengan memberikan nomor telepon, nomor anggota, hingga scan QR Code.

Mengirimkan Penawaran yang Dipersonalisasi

Kedua, Anda bisa mengirimkan penawaran yang dipersonalisasi secara berkala. Tentunya setiap pelanggan akan mendapatkan penawaran yang berbeda-beda, tergantung pada preferensi dan kebutuhan mereka. Cara paling mudah untuk melakukan praktik omnichannel loyalty ini adalah menawarkan produk relevan yang berkaitan dengan produk yang mereka beli atau menawarkan produk yang sekiranya akan terjual habis dalam waktu dekat.

Meminta Penilaian dari Email atau Push Notification

Bagi sebuah bisnis, penilaian pelanggan merupakan salah satu faktor terpenting. Anda bisa mendapatkan penilaian tersebut dengan mengirimkan email atau push notification kepada mereka. Di sisi lain, pelanggan juga akan merasa dihargai karena ikut terlibat dalam kemajuan bisnis. Artinya, pelanggan akan berpikir bahwa mereka sudah memberikan pengaruh pada brand dan tentunya hal ini membuat mereka merasa lebih terhubung.

Cara Membangun Omnichannel Loyalty untuk Bisnis Anda

Kemajuan teknologi dan internet bisa mempermudah Anda dalam membangun omnichannel loyalty. Anda bisa menjangkau pelanggan secara online maupun offline. Sehingga Anda bisa memaksimalkan strategi pemasaran untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Berikut beberapa cara membangun omnichannel loyalty yang bisa Anda lakukan, meliputi:

Membuat Integrasi Omnichannel

Cara membangun omnichannel loyalty pertama adalah dengan membuat integrasi omnichannel. Anda bisa membuatnya di toko secara offline. Fokus utamanya adalah memudahkan pelanggan yang terbiasa melakukan belanja secara online bisa merasakan kemudahan ketika berbelanja offline. Salah satunya dengan memberikan kemudahan ketika ada pengembalian atau penukaran produk.

Mengintegrasikan dengan Media Sosial

Media sosial merupakan salah satu alat pemasaran yang bisa digunakan untuk mendorong keterlibatan, prospek, dan juga jangkauan pelanggan yang lebih luas. Anda juga bisa memanfaatkan media sosial untuk mengembangkan konten khusus yang dijadikan sebagai media edukasi, menarik pelanggan untuk bergabung dengan program loyalitas, atau sekedar promosi produk dan/atau layanan.

Omnichannel Loyalty untuk Menyimpan dan Melacak Data Pelanggan

Dari banyaknya saluran yang ada, tentu Anda akan mendapatkan banyak data pelanggan. Pelajari dan gunakan data tersebut untuk membuat penawaran yang dipersonalisasi. Sehingga Anda juga bisa mengintegrasikan data tersebut dengan memberikan pengalaman lintas saluran.

Manfaatkan Mitra atau Pihak Ketiga yang Sudah Berpengalaman

Satu lagi cara membangun omnichannel loyalty adalah dengan memanfaatkan mitra atau pihak ketiga yang sudah berpengalaman. Tujuannya adalah untuk membantu Anda menciptakan strategi omnichannel yang efektif. Salah satunya adalah Benefit One Indonesia yang akan dengan senang hati membantu Anda untuk mengumpulkan , melacak, mengelola, dan menggunakan data tersebut agar bisa digunakan lebih efektif.

BACA JUGA: Membangun Strategi Omnichannel Marketing untuk Bisnis Anda

Bagaimana Benefit One Indonesia Bisa Membantu Anda untuk Membuat Omnichannel Loyalty?

Benefit One Indonesia adalah salah satu mitra bisnis yang bisa Anda percaya untuk membangun omnichannel loyalty. Hadir dengan memberikan solusi One Stop Digital Reward, Benefit One Indonesia sudah memiliki beberapa aplikasi pendukung program loyalitas yang bermanfaat.

Bahkan Anda juga bisa mengintegrasikannya ke platform Anda melalui API. Kelebihan lainnya adalah Anda tidak perlu repot-repot untuk mengunduh atau menggunakan aplikasi pihak ketiga. Sebab, data tersebut bisa disimpan di dalam dompet digital atau didistribusikan melalui platform web Benefit One Indonesia.

Benefit One Indonesia hadir sebagai Solusi Digital Loyalty Terlengkap untuk bisnis Anda. Kami hadir untuk membantu Anda membangun loyalitas pelanggan, mendorong tim penjualan, meningkatkan kedekatan dengan karyawan dan pelanggan, hingga memberikan solusi dan pilihan hadiah yang beragam.

Kami sudah berpengalaman sejak 2014 dan sudah dipercaya oleh lebih dari ratusan perusahaan besar di seluruh dunia. Kami menawarkan solusi pintar untuk menjaga koneksi atau kerjasama Anda dengan mitra bisnis.Cari sistem reward digital? Dapatkan loyalitas dan penghargaan tanpa batas dengan menggunakan aplikasi kami. Tunggu apa lagi? Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!