8 Cara E-Voucher Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Bisnis Anda

8 Cara E-Voucher Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Bisnis Anda

Apakah Anda sedang mencari cara untuk meningkatkan kesetiaan pelanggan bisnis Anda? Salah satunya adalah dengan menggunakan kupon elektronik. Cara e-voucher meningkatkan loyalitas pelanggan ini sudah terbukti efektif dan memberikan hasil yang signifikan.

Lebih baik lagi, Anda bisa menyelipkannya dalam program loyalitas. Tidak hanya meningkatkan kesetiaan pelanggan, jenis hadiah ini juga bisa mendorong mereka untuk kembali bertransaksi dengan bisnis Anda. Selain itu, penggunaan e-voucher mudah untuk dikelola dan sangat efisien.

Lalu bagaimana cara e-voucher meningkatkan loyalitas pelanggan bisnis Anda? Penjelasan selengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: Bagaimana Cara Kerja E-Voucher? Kustomisasi & Personalisasi Kupon Untuk Pelanggan Anda

Mengapa Harus E-Voucher?

E-voucher atau kupon elektronik tidak hanya sekedar pilihan hadiah yang populer dan bisa diandalkan di menit-menit terakhir saja. Tetapi juga bisa sebagai alat yang efektif dan strategis untuk mempertahankan pelanggan, meningkatkan kesetiaan, dan juga membuat mereka kembali ke bisnis Anda.

Seperti yang disebutkan di atas, Anda bisa menyelipkan hadiah kupon digital ini ke dalam program loyalitas. Anda bisa menggunakan program ini untuk menawarkan e-voucher sebagai insentif non tunai kepada pelanggan yang sudah berpartisipasi dalam kegiatan campaign atau misi tertentu.

Sebenarnya, daya tarik dari kupon ini adalah penggunaannya yang sederhana dan mudah. Sebab voucher elektronik ini mendukung segala jenis pembayaran yang dilakukan secara online. Hal ini tentunya menyesuaikan dengan kebutuhan dan gaya hidup masyarakat yang lebih suka berbelanja secara online.

Berikut beberapa manfaat e-voucher untuk bisnis Anda, yaitu:

  • Meningkatkan retensi pelanggan
  • Brand awareness ikut meningkat
  • Pengalaman pelanggan menjadi lebih baik dan meningkat
  • Mendorong pertumbuhan pendapatan bisnis

Cara E-Voucher Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Membangun dan mempertahankan kepercayaan serta kesetiaan antara pelanggan dengan bisnis merupakan suatu hal yang bersifat kaleidoskopik. Dimana hal ini melibatkan adanya penawaran insentif yang berharga dan bermanfaat kepada pelanggan.

Kendati demikian, ada saat dimana Anda tidak dapat mengetahui apa yang benar-benar dibutuhkan oleh pelanggan. Maka dari itu, keberadaan voucher elektronik bisa membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan membangun loyalitas merek. Selain itu, mereka juga akan terdorong untuk terus melakukan interaksi dan kontribusi agar bisa tetap terhubung dengan merek Anda. Tujuannya adalah agar bisa mendapatkan e-voucher ini.

Jadi, bagaimana cara e-voucher meningkatkan loyalitas pelanggan bisnis Anda?

Berikan Sentuhan Manusiawi Pada E-Voucher yang Diberikan

Cara e-voucher meningkatkan loyalitas pelanggan yang pertama adalah dengan memberikan sentuhan manusiawi. Misalnya seperti batas waktu penggunaan voucher. Apakah satu minggu, satu bulan, atau satu tahun? Lalu pikirkan juga waktu yang tepat untuk memberikan kupon ini kepada pelanggan. Apakah di hari ulang tahunnya, saat perayaan hari raya agama, sebagai kejutan, atau hal lainnya.

Memberikan E-Voucher Pada Waktu Tertentu

Umumnya, kupon belanja diberikan pada waktu tertentu. Seperti perayaan hari raya, di tanggal kembar setiap bulannya, musim masuk dan libur sekolah, tahun baru, ketika pelanggan berulang tahun, ketika pelanggan berhasil menyelesaikan misi, atau momen berharga lainnya. Tujuannya adalah untuk meninggalkan kesan dan pengalaman yang tak terlupakan di benak mereka.

Penawaran Terbaik E-Voucher Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Anda bisa memberikan penawaran terbaik sebagai cara e-voucher meningkatkan loyalitas pelanggan berikutnya. Berikan voucher dalam bentuk diskon, potongan harga, kode promo, poin reward, cashback, atau berbagai promosi belanja lainnya. Pelanggan akan melihat ini sebagai bentuk diskon besar-besaran yang diberikan bisnis Anda.

Melakukan Kerja Sama dengan Bisnis Lain

Menjalin hubungan yang menyenangkan dengan bisnis lain merupakan salah satu hal yang menguntungkan. Namun dalam hal ini pilihlah bisnis yang bukan merupakan saingan Anda. Contoh, jika bisnis Anda bergerak dalam industri retail, Anda bisa menjalin kerja sama dengan bisnis yang bergerak di bidang otomotif atau makanan. Promosi silang ini bisa menguntungkan kedua belah pihak dan memperluas basis pelanggan.

8 Cara E-Voucher Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Bisnis Anda

E-Voucher Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Melalui Campaign Digital

Berikutnya, cara e-voucher meningkatkan loyalitas pelanggan adalah melalui campaign digital. Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk mendapatkan interaksi dengan pelanggan baru dan setia. Adakan kontes dengan tagar campaign tertentu dan minta sebanyak-banyaknya orang untuk berpartisipasi. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan pelanggan baru dan terhubung dengan mereka secara online untuk memasarkan bisnis.

Sebagai Bentuk Permintaan Maaf

Tidak sedikit dari pelanggan yang sering kali menghadapi masalah dan keluhan dengan bisnis. Hal tersebut memang tidak bisa dihindari dan akan selalu ada. Tanpa keluhan, bisnis Anda tidak akan bisa berkembang dengan baik. Nah sebagai bentuk permintaan maaf Anda kepada pelanggan, Anda bisa memberikan e-voucher. Sampaikan juga permintaan maaf Anda kepada mereka secara personal. Dan sampaikan kepada mereka bahwa tim Anda sedang berusaha untuk memperbaiki dan meningkatkan kekurangan tersebut.

Memberikan E-Voucher untuk Umpan Balik

Cara e-voucher meningkatkan loyalitas pelanggan berikutnya adalah dengan memberikannya sebagai hadiah atas setiap umpan balik yang diterima. Taktik ini digunakan untuk menunjukkan apresiasi atas saran dan kritik yang sudah diberikan. Tentu saja semua wawasan dan informasi ini nantinya berguna untuk meningkatkan bisnis Anda. Keterlibatan kupon digital ini hanya untuk mendorong banyak pelanggan yang berpartisipasi.

Hadiah Berjenjang E-Voucher Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Pada pembahasan di artikel sebelumnya sudah disebutkan bahwa program loyalitas berjenjang bisa menjadi strategi unggulan untuk mempertahankan pelanggan. Tawarkan juga kupon elektronik untuk meningkatkan loyalitas mereka. Anda bisa menawarkan e-voucher senilai Rp500.000 untuk setiap pembelanjaan di atas Rp1.000.000 dan berlaku kelipatan. Hal ini akan mendorong pembelian dengan nilai yang lebih tinggi.

BACA JUGA: Program Loyalitas Berjenjang: Strategi Unggulan untuk Mempertahankan Pelanggan

Personalisasikan E-Voucher Bisnis Anda Bersama Benefit One Indonesia

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa salah satu cara e-voucher meningkatkan loyalitas pelanggan adalah dengan memberikan sentuhan personal. Misalnya dengan menyebutkan nama pelanggan ketika mengirimkan kupon digital, dan/atau memberikannya di hari ulang tahunnya.

Benefit One Indonesia bisa membantu Anda dalam hal tersebut. Tidak hanya melakukan kustomisasi dan personalisasi e-voucher bisnis Anda, tetapi juga bisa membantu meningkatkan program loyalitas pelanggan Anda. Benefit One Indonesia merupakan salah satu mitra loyalitas yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun serta dipercaya oleh banyak perusahaan besar dan ternama di dunia.Cari tahu lebih lanjut tentang kustomisasi dan personalisasi e-voucher untuk meningkatkan loyalitas pelanggan bisnis Anda dengan menghubungi kami melalui WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!