Program Loyalitas Nasabah Bank: Penjelasan, Jenis, & Tantangannya

Program Loyalitas Nasabah Bank: Penjelasan, Jenis, & Tantangannya

Sepanjang sejarah, industri perbankan telah berhasil melewati berbagai tantangan. Mulai dari krisis keuangan global, inflasi, pandemi global, hingga perubahan ke digitalisasi. Program loyalitas nasabah bank sangat diperlukan agar semua lembaga keuangan bisa beradaptasi dengan keadaan yang dinamis ini.

Pasalnya, saat ini nasabah mencari sebuah hubungan berarti dengan bank yang mereka percaya. Sama seperti program loyalitas pada umumnya, di industri perbankan program ini juga digunakan untuk mendorong keterlibatan nasabah, hingga meningkatkan customer lifetime value.

Dalam artikel kali ini, Benefit One Indonesia akan menjelaskan kepada Anda secara jelas dan singkat terkait program loyalitas nasabah bank dan hal lain yang perlu diketahui. Selengkapnya, bisa Anda simak penjelasan di bawah ini.

BACA JUGA: Memahami Program Loyalitas Asuransi untuk Mempertahankan Nasabah

Apa itu Program Loyalitas Nasabah Bank?

Program loyalitas nasabah bank adalah strategi pemasaran yang digunakan oleh industri perbankan untuk mendorong loyalitas nasabah dan memberikan penghargaan kepada mereka atas bisnis dan keterlibatan yang diberikan kepada bank. Program ini dirancang untuk mendorong nasabah agar terus menggunakan produk dan layanan bank. Sebagai gantinya, bank akan memberikan reward dan benefit kepada mereka.

Tidak hanya itu, program loyalitas nasabah bank juga menawarkan keuntungan bersama untuk kedua belah pihak (nasabah dan bank). Beberapa diantaranya adalah pemberian hadiah eksklusif yang istimewa.

Agar bisa berjalan dengan efektif, program loyalitas ini membutuhkan personalisasi, kustomisasi, dapat terintegrasi ke semua saluran penjualan, hingga strategi tepat yang bisa menumbuhkan loyalitas nasabah.

Manfaat yang dirasa pun sama dengan program loyalitas pada umumnya. Seperti:

  • Meningkatkan keterlibatan dan retensi pelanggan
  • Meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan
  • Keunggulan kompetitif di industri perbankan
  • Memberikan penawaran yang dipersonalisasi untuk nasabah

Jenis Program Loyalitas Nasabah Bank

Ada banyak jenis program loyalitas nasabah bank yang masing-masing dirancang untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi nasabah. Tujuannya adalah agar pelanggan merasa mudah untuk menavigasi pilihan yang tersedia untuk mereka.

Berikut beberapa jenis program loyalitas nasabah bank yang umumnya digunakan. Di antaranya adalah:

Program Loyalitas Berbasis Poin

Jenis program loyalitas berbasis poin merupakan yang paling populer dan umum digunakan di dunia perbankan. Nasabah akan mengumpulkan poin loyalitas berdasarkan aktivitas perbankan mereka. Seperti saldo rekening, transaksi, penggunaan kartu kredit, hingga aktivitas menabung. Nantinya poin-poin tersebut akan diakumulasi dan dapat ditukarkan dengan berbagai hadiah yang sudah ditentukan.

Program Loyalitas Berjenjang

Lalu ada jenis program loyalitas berjenjang yang menawarkan berbagai tingkatan manfaat berdasarkan loyalitas nasabah atau tingkat transaksi yang mereka lakukan. Setiap nasabah berhasil naik tingkat, maka mereka akan mendapatkan hak istimewa dan hadiah tambahan. Tingkat yang paling tinggi cenderung memiliki hadiah, benefit, dan fasilitas eksklusif. Termasuk layanan pelanggan prioritas, suku bunga istimewa, dan/atau akses ke acara-acara eksklusif yang diselenggarakan oleh bank.

Cashback Loyalty Program

Selanjutnya ada program loyalitas cashback yang memberikan pelanggan persentase dari pembelian mereka sebagai hadiah kredit tunai. Hal ini bertujuan untuk mendorong transaksi belanja dan sekaligus memberikan manfaat nyata bagi nasabah. Menariknya, sistem pembayaran pay later sedang menjadi populer saat ini. Industri perbankan akan memasukkan program ini ke dalam opsi pembayaran pay later. Sehingga nantinya bisa meningkatkan loyalitas nasabah.

Fasilitas Eksklusif dan Hak Istimewa

Faktanya, program loyalitas nasabah bank bisa menawarkan hak istimewa dan fasilitas eksklusif pada nasabahnya. Hal ini mencakup seperti akses ke ruang tunggu bandara VIP, layanan pramutamu, potongan harga atau pembebasan biaya, suku bunga pinjaman istimewa, atau nasihat keuangan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan nasabahnya. Dengan memberikan sejumlah manfaat eksklusif ini, bank dapat menciptakan rasa eksklusivitas dan memenuhi kebutuhan unik dari nasabah mereka.

Program Loyalitas Koalisi

Jenis program loyalitas nasabah bank yang satu ini melibatkan kemitraan dengan bisnis lain untuk menawarkan hadiah dan manfaat yang lebih luas. Nasabah dapat memperoleh poin dan menukarkan hadiah di beberapa mitra yang berpartisipasi. Keuntungan dari jenis program ini adalah bisa meningkatkan perolehan dan penukaran hadiah bagi nasabah dan memperluas jangkauan serta daya tarik dari program loyalitas itu sendiri.

Program Loyalitas Nasabah Bank: Penjelasan, Jenis, & Tantangannya

Tantangan Program Loyalitas Nasabah Bank

Sejak pandemi covid-19 menyerang secara global di tahun 2020, semua industri mengalami perubahan yang signifikan. Termasuk industri perbankan. Bahkan saat ini, bank tradisional berada di bawah tekanan untuk mengimbangi realitas pasar yang baru dan meminimalkan gesekan nasabah.

Faktanya, banyak nasabah yang memandang industri perbankan hanya sebagai hubungan transaksional saja dari pada hubungan yang berkelanjutan. Akibatnya, bank menghadapi beberapa tantangan dalam hal memperdalam loyalitas dan mempertahankannya. Meliputi:

Persaingan yang Ketat Di Industri Perbankan

Tantangan program loyalitas nasabah bank yang pertama adalah persaingan ketat di industri perbankan. Setiap bank beroperasi dalam lanskap yang sangat kompetitif. Dengan banyaknya lembaga keuangan yang ada dan saling bersaing satu sama lain, bisa menyulitkan untuk menarik dan mempertahankan nasabah. Sebab mereka memiliki banyak pilihan untuk dipilih.

Ekspektasi Pelanggan yang Terus Berkembang

Didorong dengan kemajuan teknologi dan perubahan perilaku pelanggan, ekspektasi mereka pun ikut berkembang. Di saat seperti inilah bank harus bisa mengimbangi dan mengikuti perkembangan ekspektasi tersebut. Tujuannya adalah untuk memberikan pengalaman digital yang mulus, layanan yang dipersonalisasi, dan solusi perbankan yang nyaman untuk semua nasabahnya.

Meningkatnya Angka Perpindahan Nasabah

Dengan kemudahan berpindah bank dan ketersediaan platform online, nasabah bisa berpindah ke bank lain yang menyediakan layanan perbankan yang lebih baik lagi jika merasa tidak puas. Oleh karena itu, bank harus memprioritaskan membangun hubungan yang kuat dan menyediakan layanan untuk memberikan nilai tambah dan mengurangi perpindahan nasabah, serta meningkatkan kepuasan mereka.

Analisis Data dan Personalisasi

Tahukah Anda bahwa, lembaga keuangan dapat mengakses data nasabah dalam jumlah besar? Namun sayangnya, mereka belum memanfaatkannya secara efektif untuk pemasaran yang dipersonalisasi. Solusinya adalah bank harus berinvestasi pada kemampuan analisis data untuk mendapatkan wawasan yang bisa digunakan dan strategi pemasaran yang lebih ditargetkan lagi dengan pesan personalisasi.

Kepatuhan Terhadap Peraturan

Sebagai salah satu industri yang memegang data dan informasi penting terkait para nasabahnya, semua lembaga keuangan harus mengikuti dan tunduk pada peraturan terkait praktik pemasaran. Hal ini dilakukan agar data nasabah bisa terlindungi. Artinya, setiap bank harus bisa menavigasi peraturan tersebut sambil mempromosikan layanan mereka secara efektif. Maka dari itu, bank harus memiliki tim pemasaran dan hukum yang bisa diandalkan untuk mengatasi tantangan ini.

Untuk mengatasi tantangan ini, bank harus proaktif dalam memahami kebutuhan nasabahnya, memanfaatkan analisis data yang dimiliki, dan merangkul transformasi digital agar bisa terus beradaptasi. Kemudian, salah satu cara untuk mulai membangun hubungan jangka panjang yang awet dengan nasabah adalah melalui program loyalitas nasabah bank.

BACA JUGA: Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui dari Program Loyalitas Otomotif

Solusi Program Loyalitas Nasabah Bank, Benefit One Indonesia

Seiring dengan berkembangnya ekspektasi nasabah dan semakin ketatnya persaingan, setiap lembaga keuangan harus tetap berada di depan dengan menawarkan hadiah dan insentif menarik untuk meningkatkan customer lifetime value. Dan pada akhirnya, program loyalitas nasabah bank adalah solusinya yang bisa memenuhi kebutuhan mereka yang membeli produk dan layanan bank.

Apabila Anda sedang mencari mitra loyalitas yang terpercaya, berpengalaman, dan ahli di bidangnya, Anda bisa langsung menghubungi Benefit One Indonesia. Kami memiliki banyak pilihan beragam yang bisa dijadikan hadiah untuk para nasabah tercinta Anda. Mulai dari hadiah fisik hingga hadiah digital, kami bisa memberikan layanannya kepada Anda.

Selain itu, kami juga menggunakan teknologi canggih dan terkini yang bisa diintegrasikan ke sistem manajemen Anda tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan. Mudah dan praktis, bukan? Ingin mengetahui lebih lanjut?Cukup hubungi kami melalui WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!