5 Tips untuk Memilih Referral Incentive yang Sempurna

Referral Incentive

Apakah Anda mengetahui, bahwa 92% orang lebih mempercayai rekomendasi dari teman dan keluarga dibandingkan bentuk iklan lainnya? Dan salah satu cara terbaik untuk menyempurnakannya adalah dengan program rujukan atau referral incentive. Tentu tujuannya adalah untuk membantu kekuatan word of mouth atau pemasaran dari mulut ke mulut yang sedang menjadi tren ini.

Akan tetapi perlu diketahui bahwa, referral incentive atau insentif rujukan hanya diberikan kepada orang-orang yang sudah menjadi pelanggan setia Anda. Namun disaat yang bersamaan, taktik ini bisa membawa pelanggan baru ke bisnis Anda. Mari kita bahas bersama bagaimana memilih insentif rujukan yang sempurna untuk bisnis Anda.

BACA JUGA: Referral Program Marketing: Arti, Manfaat, & Cara Membuatnya

Apa itu Referral Incentive?

Bonus rujukan atau referral incentive adalah imbalan dari sebuah merek yang ditawarkan kepada pelanggan yang sudah berhasil mereferensikan teman atau keluarga atau kolega mereka kepada produk dan/atau layanan dari bisnis tersebut.

Dengan kata lain, referral incentive adalah hadiah atau manfaat yang berfungsi sebagai bentuk pengakuan dan penghargaan atas peran yang dimainkan seseorang dalam memperluas jangkauan bisnis melalui rujukan dari mulut ke mulut.

Sebab dalam hal ini, pelanggan akan bertindak sebagai duta merek. Ketika mereka membagikan kecintaan mereka terhadap suatu produk dan/atau layanan dari suatu brand, maka mereka mendukung apa yang dilakukan oleh bisnis tersebut. Tidak heran jika promosi mulut ke mulut merupakan suatu alat pemasaran yang sangat berharga.

Meskipun bonus referral hanya diberikan kepada pelanggan yang sudah ada, hal ini bisa menjadi magnet atau daya tarik untuk pelanggan baru. Kuncinya adalah menemukan hadiah yang paling menarik bagi audiens bisnis Anda. Berikan sesuatu yang tidak hanya bisa untuk menarik pelanggan saja, tetapi juga sesuatu yang bermanfaat dan mereka butuhkan.

Manfaat Referral Incentive Untuk Bisnis Anda

Ketika Anda memutuskan untuk memulai sebuah program rujukan, maka langkah selanjutnya adalah memilih hadiah atau insentif atau bonus untuk pelanggan setia. Sederhananya, rewards tersebut bagaikan bahan bakar untuk setiap program rujukan yang ditawarkan. Faktanya, lebih banyak pelanggan yang akan termotivasi untuk berbagi jika mereka menerima hadiah atas upaya mereka.

Berikut beberapa manfaat referral incentive untuk bisnis Anda, yakni:

Akuisisi Pelanggan

Pada prakteknya, referensi merupakan alat yang ampuh untuk mendapatkan pelanggan baru dengan biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan saluran pemasaran tradisional. Dan dengan memberikan bonus referral, maka Anda membuka banyak kemungkinan untuk mendapatkan pelanggan baru dan meningkatkan keuntungan bisnis.

Kepercayaan dan Kredibilitas

Sesungguhnya pemberian rekomendasi itu berasal dari sumber terpercaya. Yaitu teman, keluarga, dan/atau kolega. Dengan demikian, hal ini bisa membangun kredibilitas dan kepercayaan dengan calon pelanggan.

Loyalitas dan Retensi

Manfaat memberikan bonus referral berikutnya adalah bisa menumbuhkan loyalitas dan retensi di antara pelanggan yang sudah ada. Tambahannya, Anda bisa menarik pelanggan baru yang mungkin sebelumnya tidak berada dalam jangkauan atau target audiens bisnis.

Efektivitas Biaya

Satu lagi manfaat referral incentive adalah bisa untuk menghemat biaya. Sebab Anda hanya memberikan bonus rujukan kepada mereka yang sudah berhasil mengajak pelanggan baru. Jika tidak berhasil, maka Anda tidak perlu memberi bonus atau insentif.

Referral Incentive

Cara Memilih Referral Incentive yang Tepat untuk Audiens Anda

Memilih bonus referral bukan hanya tentang apa yang baik saja. Melainkan tentang apa yang tepat untuk target audiens bisnis Anda. Seberapa jauh Anda memahami audiens, bagaimana cara Anda menyelaraskannya dengan bisnis, serta bagaimana cara Anda untuk beradaptasi dan belajar.

Inilah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memilih referral incentive yang tepat, di antaranya:

Pahami Audiens Anda

Langkah pertama, mulailah dengan memahami audiens bisnis Anda. Kumpulkan berbagai data terkait usia, lokasi, tingkat pendapatan, jenis kelamin, hingga minat pelanggan. Saat ini audiens yang lebih muda dan melek teknologi, cenderung lebih menyukai hadiah digital seperti e-voucher. Sedangkan audiens yang lebih dewasa, biasanya menyukai hadiah fisik yang memiliki nilai tinggi.

Selanjutnya, pahami gaya hidup, nilai, dan sikap pelanggan. Apakah mereka lebih menghargai pengalaman dibandingkan materi? Bagaimana dengan lingkungan di sekitar mereka? Wawasan ini nantinya dapat membantu Anda memilih pilihan rewards yang tepat.

Selaraskan dengan Nilai Bisnis

Satu hal yang tidak boleh Anda lupakan begitu saja adalah bentuk insentif yang diberikan haruslah mencerminkan etos bisnis. Artinya, jika bisnis Anda merupakan brand mewah, maka hadiah yang diberikan pun haruslah mewah atau eksklusif. Lalu jika brand Anda memiliki anggaran yang terbatas, berikan hadiah seperti potongan harga, produk gratis, dan promo menarik lainnya. Bentuk insentif rujukan yang diberikan harus terasa seperti perpanjangan tangan dari merek Anda kepada pelanggan.

Lakukan Evaluasi Produk

Pilihlah referral incentive yang bisa melengkapi produk dan/atau jasa bisnis Anda. Misalkan, bisnis Anda menjual peralatan olahraga. Mak Anda bisa menawarkan sesi latihan gratis atau konsultasi kebugaran secara percuma. Kemudian, pikirkan customer lifetime value. Seberapa lama perjalanan pelanggan tersebut dengan merek Anda. Sebagai catatan, pelanggan baru mungkin akan menghargai insentif yang berbeda dari pelanggan setia Anda. Maka dari itu, sebaiknya lakukan evaluasi produk.

Pantau Pesaing Bisnis

Program rujukan dan program loyalitas merupakan senjata ampuh yang digunakan untuk mempertahankan pelanggan serta menarik yang baru. Hampir semua jenis bisnis di pasar industri sudah mengadopsi taktik ini. Oleh karena itu, Anda juga tidak boleh lengah. Perhatikan pesaing bisnis Anda. Cari tahu seperti apa program yang mereka jalankan. Jadikan wawasan tersebut untuk membuat dan menawarkan sesuatu yang berbeda untuk audiens Anda.

Uji dan Pelajari

Cara terakhir memilih referral incentive adalah menguji dan mempelajarinya. Jangan takut untuk mencoba memberikan bentuk hadiah yang berbeda-beda. Lihatlah bagaimana reaksi pelanggan Anda. Apakah mereka menyukainya atau sebaliknya. Dengarkan juga apa yang mereka katakan dari umpan balik. Data dan wawasan yang berharga ini bisa digunakan untuk menyempurnakan dan meningkatkan program rujukan Anda.

BACA JUGA: 10 Contoh E-Voucher Campaign yang Efektif untuk Bisnis Anda

Sempurnakan Referral Incentive Bisnis Anda Bersama Benefit One Indonesia

Umumnya, imbalan referral itu berupa voucher digital yang diberikan kepada pelanggan. Bisa berupa potongan harga, penawaran menarik, atau hal lainnya yang bisa diberikan secara digital. Nah, apakah Anda sudah memiliki hadiah tersebut?

Jika belum, Anda bisa berkonsultasi dengan tim dari Benefit One Indonesia untuk membantu mengatasi masalah ini. Bekerja sebagai one stop solution yang siap mendukung kebutuhan bisnis Anda perihal hadiah untuk pelanggan. Ada banyak hadiah digital yang bisa diberikan. Anda hanya perlu memilih mana yang paling sesuai dengan target audiens.Tim Benefit One Indonesia juga bisa membantu Anda dengan memberikan wawasan dan data terkait pelanggan setia yang dapat digunakan untuk mengembangkan dan memajukan bisnis. Penasaran bagaimana kami bisa membantu Anda? Segera hubungi kami melalui WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami. Temukan solusi untuk masalah program loyalitas Anda bersama kami.