Referral Program Marketing: Arti, Manfaat, & Cara Membuatnya

Referral Program Marketing; Arti, Manfaat, & Cara Membuat

Faktanya, 84% pelanggan mempercayai rekomendasi yang diberikan oleh orang terpercaya untuk melakukan pembelian terhadap suatu produk dan/atau jasa. Entah itu teman, kerabat, atau keluarga. Sebagai pelaku usaha, tentu Anda harus memanfaatkan hal ini dengan menggunakan referral program marketing untuk mendapatkan pelanggan baru dan juga mempertahankan yang lama.

Sebenarnya, referral program marketing dan program loyalitas pelanggan merupakan dua strategi ampuh dan efektif untuk menghasilkan promosi mouth-to-mouth. Hasil yang akan Anda dapatkan nantinya adalah brand awareness meningkat, retensi pelanggan, hingga jumlah pendapatan yang bertambah.

Jika Anda belum menggunakan referral program marketing untuk bisnis, maka Anda sudah tertinggal jauh. Tapi tenang saja, Benefit One Indonesia akan membantu Anda untuk memahami konsep pemasaran rujukan tersebut. Selengkapnya ada di bawah ini!

BACA JUGA: 12 Strategi Penerapan Kupon yang Bisa Meningkatkan Penjualan

Apa itu Referral Program Marketing?

Referral program marketing adalah upaya yang dilakukan untuk mendorong pelanggan lama agar merekomendasikan produk dan/atau layanan dari suatu perusahaan kepada teman dan orang lain. Baik melalui online (seperti media sosial, aplikasi chat, email, dan lainnya) atau secara offline (mouth-to-mouth, merekomendasikan secara langsung, dan lainnya).

Tujuan utama dari referral program marketing adalah untuk meningkatkan customer lifetime value dan juga meningkatkan angka customer retention. Tahukah Anda bahwa, pelanggan setia 10x lipat lebih berharga dibandingkan pelanggan baru? Selain itu, strategi ini juga terbilang cukup terjangkau karena Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk memasarkan produk dan/atau layanan baru atau lama.

Ditambah dengan adanya penelitian bahwa sebanyak 18% Gen Z lebih menyukai promosi secara langsung atau mouth-to-mouth untuk menemukan dan membeli suatu produk dan/atau layanan. Hal ini tidak bisa didiamkan begitu saja karena bisa meningkatkan angka konversi hingga 31%. Bahkan lebih besar dibandingkan dengan saluran pemasaran lainnya.

Kelebihan lain dari referral program marketing adalah mudah untuk dilakukan. Bisa dalam bentuk kode unik, kupon menarik, hingga hadiah insentif lainnya. Kemudian Anda hanya perlu memberikan reward atau hadiah kepada pelanggan atas jasa mereka mereferensikan bisnis Anda ke orang lain. Kunci utamanya adalah membuat program ini mudah, menarik, dan juga bermanfaat bagi pelanggan untuk membagikannya ke orang lain.

Seberapa Penting Referral Program Marketing untuk Bisnis Anda?

Tahukah Anda bahwa, referral program marketing menghasilkan prospek dan penjualan melalui kekuatan “kepercayaan”? Nielsen menyebutkan bahwa, sebanyak 84% pelanggan lebih mempercayai rujukan dari teman, keluarga, atau orang lain yang mereka percaya dibandingkan informasi lain dari orang yang tidak mereka kenal.

Dari rekomendasi inilah tercipta mesin atau leads yang mendorong berbagai produk yang mungkin akan disukai dan dibeli oleh mereka. Tidak hanya itu, hasil dari strategi ini juga bisa dengan mudah diukur. Jadi Anda bisa mengetahui jumlah pelanggan baru, siapa yang berhasil merekomendasikan bisnis Anda, hingga berapa jumlah produk dan/atau layanan yang berhasil terjual.

Tanpa disadari, referral program marketing ini sangat penting untuk kelangsungan dan perkembangan bisnis Anda. Selain tidak memerlukan biaya yang banyak, dengan adanya program ini Anda bisa meningkatkan angka customer lifetime value, meminimalisir biaya akuisisi pelanggan, hingga mendapatkan pelanggan baru.

Sebuah data yang dilansir dari Hubspot menyebutkan bahwa, pelanggan yang mereferensikan bisnis Anda ke orang lain akan mendatangkan angka konversi 30% lebih tinggi, meningkatkan angka customer lifetime value hingga 16%, dan angka retensi pelanggan mencapai 37%, dibandingkan dengan saluran marketing lainnya.

Program referensi pelanggan ini juga bisa membantu Anda untuk memperluas jangkauan audiens yang sebelumnya mungkin tidak pernah terpikirkan. Keuntungannya bagi pelanggan yang membagikan adalah mereka berkesempatan untuk mendapatkan hadiah khusus. Sebut saja seperti potongan harga, cashback, poin insentif, dan masih banyak reward digital lainnya.

Manfaat Referral Program Marketing untuk Bisnis Anda

Referral Program Marketing; Arti, Manfaat, & Cara Membuat

Salah satu keuntungan dari referral program marketing adalah Anda bisa mendapatkan hasil yang terukur. Mulai dari mengetahui siapa pelanggan setia berharga, hingga melacak dari mana pelanggan baru berasal. Secara garis besar, strategi bisnis ini bisa menghasilkan penjualan dua kali lipat dibandingkan dengan menggunakan promosi iklan berbayar.

Agar lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat referral program marketing yang akan Anda rasakan. Di antaranya:

Memperluas Jaringan Pasar Bisnis

Hal menarik yang perlu Anda perhatikan dari referral program marketing adalah memberikan akses ke lingkaran pertemanan dan keluarga mereka. Artinya, Anda bisa mendapatkan pelanggan baru dari lingkup tersebut. Untuk lebih optimal dan efektif, Anda juga bisa menggunakan jasa influencer untuk merekomendasikan bisnis ke pelanggan baru.

Menemukan Pelanggan yang Berharga dari Referral Program Marketing

Setiap pelanggan yang berhasil mereferensikan bisnis Anda kepada orang lain, artinya mereka memiliki pandangan positif terkait brand Anda. Dari sini Anda bisa mendapatkan angka customer lifetime value yang lebih tinggi dibandingkan pelanggan yang didapatkan dari cara lain.

Mendapatkan dan Mempertahankan Pelanggan Tetap

Ketika ada pelanggan dari program loyalitas memberikan referensi ke orang lain, maka besar kemungkinan mereka bisa menjadi pelanggan setia untuk jangka waktu panjang. Manfaat referrall program marketing ini bisa meningkatkan traffic situs website atau toko online Anda, dan pada akhirnya mendorong mereka untuk melakukan pembelian.

Dari Referral Program Marketing, Angka ROI Meningkat

Hal keempat dari manfaat referral program marketing adalah bisa meningkatkan angka ROI (Return on Investment). Dengan menambahkan program ini, Artinya Anda sudah menghemat biaya untuk beriklan.

Membangun Hubungan yang Lebih Kuat dengan Pelanggan

Dengan memberikan hadiah atau reward kepada pelanggan yang sudah mereferensikan bisnis, Anda turut menghargai kontribusi yang mereka lakukan. Sehingga hubungan yang terjalin dengan pelanggan setia semakin kuat dan akan bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Mengetahui Siapa Pelanggan Paling Setia

Satu lagi manfaat referral program marketing adalah Anda bisa mengetahui siapa pelanggan yang paling setia. Sehingga Anda bisa memberikan pengalaman yang dipersonalisasikan sesuai dengan kebutuhan mereka. Dengan kata lain, Anda memberikan pengalaman yang lebih personal.

Cara Membuat Referral Program Marketing dari Nol

Setelah Anda mengetahui pengertian dan pentingnya sebuah referral program marketing, sekarang saatnya kita membahas cara membuatnya dari nol untuk Anda yang baru mau memulai strategi ini. Yaitu:

Tetapkan Tujuan Kuat dalam Referral Program Marketing

Keberhasil dari referral program marketing adalah tujuan yang kuat sebagai pondasi dasarnya. Mulai dari membuat sistem rujukan yang solid, membangun hubungan kuat dengan pelanggan, hingga tujuan pemasaran yang jelas. Semua hal tersebut adalah kunci utamanya. Tidak hanya itu, Anda juga harus menyediakan produk dan/atau layanan yang layak untuk direkomendasikan kepada khalayak banyak.

Perlu digaris bawahi bahwa tanpa adanya pelanggan, strategi program ini tidak mungkin bisa berjalan. Jadi, Anda harus memahami dan mengutamakan pelanggan lebih dulu. Baru setelah itu, Anda menetapkan tujuan pemasaran yang melibatkan pelanggan.

Pilih Reward atau Hadiah yang Akan Diberikan Kepada Pelanggan

Kira-kira, hal apa yang bisa mendorong dan memotivasi pelanggan untuk merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain? Berikan hadiah atau reward yang sesuai dan pantas atas kontribusi mereka. Misalnya dengan poin insentif, hadiah eksklusif, potongan harga, hingga manfaat lainnya yang bisa mereka dapatkan.

Selain itu, Anda juga harus menentukan siapa yang akan mendapatkan hadiah atau reward ini. Apakah orang yang merekomendasikan, atau orang yang direkomendasikan, atau keduanya.

Buatlah Referral Program Marketing yang Bisa Menghasilkan Konversi

Cara membuat referral program marketing selanjutnya adalah membuat program yang bisa menghasilkan konversi. Artinya, Anda harus membuat desain visual yang menarik untuk mempromosikan program ini. Hal ini juga berkaitan dengan bagaimana seseorang akan melakukan interaksi. 

Pastikan agar semua pesan dan elemen yang akan disampaikan bisa dengan mudah dimengerti dan dipahami oleh pelanggan. Di saat yang bersamaan, Anda juga harus menyediakan berbagai opsi pilihan untuk membagikan kode referral tersebut. Jangan lupa menyertakan call to action agar mendorong pelanggan untuk melakukan hal yang diinginkan.

Manfaatkan dan Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga untuk Membuat Referral Program Marketing

Terakhir, cara membuat referral program marketing yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga. Kelebihan dari cara ini adalah Anda bisa membuat aplikasi yang khusus didesain untuk mengurus program ini. Lalu Anda juga bisa dengan mudah melacak aktivitas terbaru yang dilakukan pelanggan. Berapa banyak yang mereferensikan bisnis Anda, berapa banyak pelanggan baru yang membeli, hingga mengetahui preferensi masing-masing pelanggan.

Keuntungan lainnya adalah Anda akan mendapatkan tim dukungan tambahan yang akan membantu selama proses referral program marketing ini berlangsung. Salah satu provider yang menyediakan aplikasi seperti ini adalah Benefit One Indonesia. Dengan menggunakan API yang bisa terhubung langsung dengan dashboard, memungkinkan Anda untuk mendapatkan hasil yang pasti secara real time.

BACA JUGA: Pentingnya Brand Ambassador Marketing untuk Bisnis Anda

Membuat Referral Program Marketing Bersama Benefit One Indonesia

Benefit One Indonesia mengajak Anda untuk mengenali dan terlibat dengan pelanggan internal dan eksternal. Didukung dengan pengetahuan dan wawasan yang lebih banyak mengenai pelanggan.

Sehingga nantinya Anda bisa memberikan penghargaan atau hadiah yang paling sesuai kepada mereka. Dengan kata lain, Benefit One Indonesia mengajak Anda untuk terlibat, mengenali, memberikan penghargaan, dan meningkatkan brand Anda.

Benefit One Indonesia hadir sebagai Solusi Digital Loyalty Terlengkap untuk bisnis Anda. Kami hadir untuk membantu Anda membangun loyalitas pelanggan, mendorong tim penjualan, meningkatkan kedekatan dengan karyawan dan pelanggan, hingga memberikan solusi dan pilihan hadiah yang beragam.

Kami sudah berpengalaman sejak 2014 dan sudah dipercaya oleh lebih dari ratusan perusahaan besar di seluruh dunia. Kami menawarkan solusi pintar untuk menjaga koneksi atau kerjasama Anda dengan mitra bisnis.Cari sistem reward digital? Dapatkan loyalitas dan penghargaan tanpa batas dengan menggunakan aplikasi kami. Tunggu apa lagi? Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!