Brand advocate adalah salah satu strategi terbaik yang bisa membantu Anda untuk membangun brand awareness, mendatangkan prospek baru, hingga menarik pelanggan baru. Umumnya, teknik pemasaran yang digunakan adalah word-of-mouth marketing atau promosi dari mulut ke mulut.
Bisa dari pelanggan setia, karyawan perusahaan, mitra bisnis, dan/atau kerabat Anda sendiri. Sejatinya, brand advocate adalah tim pendukung merek yang perlu Anda sertakan dalam strategi pemasaran bisnis. Agar lebih memahami tentang pengertian brand advocate, siapa saja pihak yang terlibat, manfaat, cara menggunakannya, dan cara mengukurnya, simak penjelasan lengkap di bawah ini, ya!
BACA JUGA: Pentingnya Brand Ambassador Marketing untuk Bisnis Anda
Brand Advocate Adalah
Pada dasarnya, pengertian brand advocate adalah individu yang menggunakan berbagai cara dan jenis konten untuk mempromosikan sebuah brand ke pasar pelanggan yang lebih sesuai. Dalam hal ini, siapa pun yang memiliki ulasan positif pada suatu bisnis atau produk dan/atau layanan tertentu, bisa menjadi brand advocate atau pendukung merek.
Seperti yang disebutkan sebelumnya, jenis promosi yang digunakan di brand advocate adalah promosi mulut ke mulut. Anda bisa menyebutnya sebagai brand ambassador atau influencer. Bisa dikatakan, mereka adalah orang-orang yang menaruh kepercayaan pada suatu brand, termasuk segala sesuatu yang ditawarkannya. Dimana mereka tidak hanya menyukai produk dan/atau layanan dari bisnis Anda, tetapi mereka juga menggunakannya secara nyata sehingga bisa memberikan testimoni yang berdasar.
Faktanya, 92% pelanggan mencari rekomendasi dari orang-orang terkait produk dan/atau layanan suatu bisnis sebelum melakukan keputusan pembelian. Dan brand advocate adalah salah satu strategi pentingnya. Lalu siapa pihak-pihak yang bisa menjadi pendukung merek bisnis Anda? Mereka termasuk:
- Pelanggan: mereka yang tidak memiliki hubungan bisnis atau afiliasi dengan brand Anda. Sehingga menjadikan dukungan yang mereka berikan lebih tulus dan berpotensi untuk mempengaruhi pembelian dari pelanggan baru di masa mendatang
- Karyawan perusahaan: orang-orang yang mengetahui seluk beluk bisnis Anda. Manfaatkan pengetahuan dan wawasan yang mereka ketahui tentang bisnis dengan sifat yang mudah bergaul untuk mempromosikan brand Anda
- Mitra bisnis: seperti badan amal, organisasi, lembaga, atau perusahaan lainnya yang memiliki hubungan bisnis dengan brand Anda juga bisa mempengaruhi keputusan pembelian di pasar mereka
- Influencer: kehadiran influencer bisa membantu memperluas jangkauan pelanggan yang lebih besar dan bertarget
Manfaat Brand Advocate Adalah
Keuntungan dari brand advocates adalah pihak yang terlibat bisa memberikan ulasan positif tentang produk dan/atau layanan dari bisnis Anda. Selain itu, mereka juga bisa mereferensikan bisnis Anda kepada pelanggan baru dan dengan senang hati membuat konten promosi yang sesuai.
Ada beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan ketika berhasil menjalankan strategi ini. Berikut manfaat brand advocate adalah:
Visibilitas dalam Brand Advocate Adalah Publikasi Media
Hal pertama yang menjadi manfaat brand advocate adalah visibilitas media. Bisnis Anda bisa mendapatkan publikasi media jika memanfaatkan pemasaran yang diberikan oleh influencer atau pelanggan lain yang belum menjalin hubungan bisnis. Penyebaran yang terjadi pun cukup cepat. Berawal dari publikasi di media sosial, lalu menjamur ke khalayak yang lebih luas lagi. Menariknya, dari publikasi media ini, orang-orang bisa melihat semua ulasan positif terkait brand Anda.
Efisiensi Waktu dan Biaya
Dengan adanya promosi dari mulut ke mulut dan bantuan dari pihak-pihak yang membantu, artinya Anda bisa menghemat waktu dan mengelola biaya untuk pemasaran brand. Sehingga Anda bisa fokus pada cara promosi lainnya yang bisa membantu tim Anda untuk mencapai tujuan dengan mudah.
Brand Advocate Adalah Tentang Pertumbuhan Bisnis
Pertumbuhan dan perkembangan bisnis artinya ada pertambahan basis pelanggan. Tentu saja hal ini berkaitan dengan pendapatan bisnis yang meningkat. Dengan begitu, Anda bisa fokus untuk melakukan investasi di metode lain. Salah satu manfaat brand advocate adalah bisa mendatangkan pelanggan baru yang mungkin sebelumnya tidak Anda pertimbangkan sebagai target pelanggan bisnis.
Memperkuat Hubungan dengan Pelanggan
Satu lagi manfaat brand advocate adalah bisa memperkuat hubungan Anda dengan pelanggan. Di sisi lainnya, Anda juga bisa menumbuhkan loyalitas pelanggan dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian ulang atau untuk merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain.
Cara Menemukan Brand Advocate Adalah
Publikasi media dari orang-orang yang dengan senang hati melakukan promosi terkait bisnis Anda dan pemasaran dari mulut ke mulut bisa memberikan hasil empat kali lebih baik dan efektifnya daripada media berbayar (iklan di media besar). Akan tetapi sebelum mendapatkan hasilnya, Anda harus menemukan orang atau pihak yang mau mendukung brand Anda terlebih dulu.
Cara menemukan brand advocate adalah sebagai berikut:
- Mengunjungi situs ulasan tentang produk dan/atau layanan Anda dan hubungi mereka yang sudah memberikan testimoni terbaik
- Melacak setiap jejak produk dan/atau layanan dari bisnis Anda di berbagai saluran yang ada
- Memantau pelanggan mana saja yang terlibat di setiap saluran pemasaran
- berbicara dengan mitra bisnis terkait program advokasi bersama
Dengan memberikan layanan pelanggan yang kuat di semua saluran yang ada, Anda bisa menghasilkan pihak-pihak yang akan mendukung dan merekomendasikan produk dan/atau layanan ke orang lain.
Cara Menggunakan Brand Advocate Adalah
Meskipun terlihat mudah, nyatanya ada beberapa cara dan proses yang harus dilakukan sebelum menjalankan strategi ini. Berikut cara menggunakan brand advocate adalah dengan:
Menentukan Target Pasar Bisnis
Cara menggunakan brand advocate adalah dengan menentukan target pasar bisnis Anda. Dengan memahami jenis pelanggan yang sesuai dengan bisnis Anda, maka hal ini bisa membantu Anda memilih individu yang tepat untuk menjadikannya sebagai brand advocate atau pendukung merek.
Brand Ambassador Sebagai Brand Advocate Adalah Cara Terbaik
Brand ambassador bisa dengan mudah mewakili bisnis dengan memberikan ulasan positif dan meningkatkan kesadaran mereka serta penjualan. Namun Anda juga tidak bisa memilih sembarang orang untuk hal ini. Anda harus memastikan bahwa individu tersebut memiliki kemampuan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menjalin hubungan bisnis jangka panjang.
Menggunakan Metode SMART untuk Menentukan Tujuan Brand Advocate
Ketika Anda sudah memiliki tujuan bisnis, maka hal ini bisa membantu untuk memaksimalkan efektivitas brand advocate dalam kegiatan pemasaran. Mengetahui dan memahami tujuan yang harus dicapai oleh brand advocate adalah suatu hal yang krusial. Gunakan metode SMART untuk menentukan tujuan yang akan dicapai. Yaitu:
- Specific: Anda harus spesifik dan jelas akan tujuan yang ingin dicapai
- Measurable: setiap proses terkait strategi promosi ini bisa diukur dengan metrik tertentu
- Attainable: menetapkan dan menentukan tujuan yang bisa dicapai dan realistis
- Relevant: memiliki tujuan bisnis yang sesuai dengan budaya bisnis serta produk dan/atau layanan yang ditawarkan
- Timely: tujuan bisnis yang ditetapkan bisa diselesaikan tepat waktu
Budaya Brand Advocate Adalah Budaya Kerja yang Positif
Terakhir, Anda harus mengembangkan budaya kerja positif. Sebab, pihak yang paling mudah untuk menjadi brand advocate adalah karyawan perusahaan Anda sendiri. Dari budaya ini juga nantinya akan membentuk cara brand berinteraksi dengan pelanggan, yang bisa memberikan pengaruh untuk meningkatkan brand awareness. Bentuk pemasaran ini dinilai lebih efektif dan organik sebab bisa berkembang dengan sendirinya.
Cara Mengukur Keberhasilan Brand Advocate Adalah
Setelah Anda mengetahui bagaimana cara menggunakan brand advocate, langkah selanjutnya adalah mengukur keberhasilannya. Dengan mengukur dan mempelajari lebih lanjut, Anda bisa mendapatkan pengetahuan dan wawasan yang bisa digunakan untuk meningkatkan strategi advokasi merek.
Berikut beberapa cara mengukur keberhasilan brand advocate dan penjelasannya:
Keberhasilan Brand Advocate Adalah dengan Meninjau Tujuan Bisnis
Faktor pertama yang bisa menjadi cara mengukur keberhasilan brand advocate adalah meninjau kembali tujuan bisnis Anda. Artinya disini Anda harus mengingat kembali apa yang ingin dicapai dari pihak-pihak yang mendukung bisnis Anda. Sejauh mana tujuan itu berhasil? Apakah hasilnya sesuai dengan ekspektasi Anda? Dari sini, Anda juga bisa mengetahui apakah tujuan tersebut bisa dicapai dan bersifat realistis. Nantinya, Anda bisa meningkatkan dan menyempurnakan lagi menjadi lebih baik di masa mendatang.
Melacak dan Mengumpulkan Data Sebanyak-banyaknya
Selanjutnya, Anda bisa melacak dan mengumpulkan data sebanyak-banyaknya. Mulai dari data traffic situs website, keterlibatan pelanggan di setiap saluran pemasaran, hingga keterlibatan pelanggan di program loyalitas. Hal ini bisa membantu Anda untuk memahami jangkauan pelanggan di semua saluran pemasaran.
Mengubah Pendekatan yang Dilakukan oleh Brand Advocate Adalah Hal yang Diperlukan
Dari dua cara di atas, Anda bisa menarik kesimpulan apakah pendekatan yang dilakukan oleh brand advocate adalah yang terbaik atau tidak. Jika dirasa perlu, Anda bisa mengubahnya lagi dan menyesuaikannya dengan kebutuhan bisnis Anda. Tak hanya itu, Anda juga harus melacak dan menyesuaikan apabila orang atau pihak yang Anda pilih sudah tepat atau belum. Anda juga bisa merubahnya jika dirasa perlu.
BACA JUGA: Cross Promotion Adalah: Manfaat, Strategi, & Cara Memulainya
Cara Berterima Kasih Kepada Brand Advocates Adalah dengan Program Loyalitas Pelanggan
Sangat penting untuk memberikan hadiah atau sekedar mengucapkan terima kasih kepada pelanggan yang sudah menjadi pendukung merek bisnis Anda. Perlu diingat bahwa, pelanggan tidak mengeluarkan uang untuk brand Anda karena atas dasar suka saja. Tetapi karena mereka menghargai nilai tambah yang diberikan bisnis Anda kepada mereka. Salah satunya adalah dengan menyediakan program loyalitas pelanggan.
Kehadiran program loyalitas pelanggan di brand advocates adalah cara Anda untuk menghargai dan menghormati pelanggan dengan memberikan nilai tambah dan juga beberapa manfaat lainnya. Seperti adanya poin insentif yang nantinya bisa ditukarkan dengan hadiah atau reward yang sesuai. Salah satu mitra bisnis yang bisa Anda percayakan untuk membangun program ini adalah Benefit One Indonesia.
Benefit One Indonesia hadir sebagai Solusi Digital Loyalty Terlengkap untuk bisnis Anda. Kami hadir untuk membantu Anda membangun loyalitas pelanggan, mendorong tim penjualan, meningkatkan kedekatan dengan karyawan dan pelanggan, hingga memberikan solusi dan pilihan hadiah yang beragam.
Kami sudah berpengalaman sejak 2014 dan sudah dipercaya oleh lebih dari ratusan perusahaan besar di seluruh dunia. Kami menawarkan solusi pintar untuk menjaga koneksi atau kerjasama Anda dengan mitra bisnis.
Cari sistem reward digital? Dapatkan loyalitas dan penghargaan tanpa batas dengan menggunakan aplikasi kami. Tunggu apa lagi? Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!