Cross Promotion Adalah: Manfaat, Strategi, & Cara Memulainya

Cross Promotion Adalah: Manfaat, Strategi, & Cara Memulainya

Konsep promosi silang atau cross promotion adalah sebuah konsep dalam strategi pemasaran yang sebenarnya ada di sekitar kita. Contohnya, ketika sebuah supermarket memberikan potongan harga khusus untuk pembayaran dengan menggunakan kartu kredit dari bank tertentu. Atau ketika ada toko yang memberikan hadiah satu set alat masak, setelah pelanggan mencapai batas minimum pembelian.

Secara garis besar, hal tersebutlah yang dinamakan promosi silang atau cross promotion. Sebuah strategi yang saling menguntungkan untuk beberapa pihak yang saling bekerja sama.

Agar lebih memahami apa itu cross promotion, pentingnya untuk bisnis Anda, manfaat, dan beberapa strateginya, mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: Membangun Strategi Omnichannel Marketing untuk Bisnis Anda

Cross Promotion Adalah

Ada banyak pengertian terkait promosi silang ini dari beberapa sumber. Namun pada dasarnya semuanya sama. Cross promotion adalah sebuah praktik pemasaran untuk membangun kemitraan strategis dengan merek lain dengan tujuan meningkatkan brand awareness dan mendorong penjualan, serta disaat yang bersamaan juga mengurangi biaya iklan.

Cross promotion adalah sebuah strategi pemasaran umum dimana adanya kolaborasi yang saling menguntungkan antara dua perusahaan atau lebih. Semua perusahaan yang tergabung akan memberikan kekuatannya masing-masing untuk mempromosikan produk dan/atau layanan satu sama lain.

Praktek promosi silang ini bisa digunakan hampir pada semua produk dan/atau layanan dari berbagai sektor. Tentunya merupakan kerjasama dari dua atau lebih merek yang berbeda. Misalnya, Coffee Shop A X Susu B. Artinya, ada kolaborasi yang terjadi antara kedai kopi A dengan merek susu B.

Keunikan dari kolaborasi ini adalah setiap brand atau perusahaan yang bergabung bisa memanfaatkan sumber daya satu sama lain. Jika dari contoh tersebut, kedai kopi A bisa mendapatkan dan menggunakan produk dari merek susu B untuk membuat minuman yang milk based. Dan sebaliknya, pihak susu B juga bisa menggunakan produk dari kedai kopi A untuk membuat inovasi terbaru.

Hal yang akan Anda dapatkan dari cross promotion adalah keunggulan kompetitif dalam bentuk kerjasama di tengah ketatnya persaingan industri pasar saat ini. Di sisi lain, Anda bisa mengurangi biaya iklan, meningkatkan strategi, mendorong penjualan, meningkatkan kesadaran merek, dan juga bisa menjangkau target pelanggan yang lebih luas lagi. Sangat menguntungkan, bukan?

Manfaat Menggunakan Cross Promotion Adalah

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan Partnerize, sebanyak 54% perusahaan sudah merasakan manfaat cross promotion. Mereka menyebutkan bahwa dengan melakukan strategi promosi silang ini, angka pendapatan perusahaan meningkat hingga 20%.

Umumnya, perusahaan atau beberapa brand yang bergabung adalah mereka yang memiliki minat dan target audiens sama. Sehingga mereka lebih memilih untuk melakukan kerjasama agar bisa saling menguntungkan, dibandingkan harus berkompetisi satu sama lain.

Berikut beberapa manfaat cross promotion yang bisa Anda rasakan, yaitu:

  • Meningkatkan brand awareness
  • Menumbuhkan angka audiens
  • Banyak peluang dan prospek baru
  • Meningkatkan reputasi perusahaan atau brand
  • Meringankan biaya iklan atau pemasaran lainnya

Satu hal yang perlu Anda lakukan ketika menggunakan cross promotion adalah memilih saluran atau channel pemasaran yang lebih disukai oleh audiens. Dengan begitu, Anda bisa menghasilkan keuntungan yang lebih, meningkatkan customer engagement, dan/atau tercapainya suatu tujuan tertentu.

Umumnya, saluran yang digunakan untuk cross promotion adalah media sosial, blog, video, email, iklan di tv, ecommerce, dan masih banyak lagi. Anda hanya perlu memilih saluran mana yang sesuai dengan kebutuhan promosi silang tersebut.

Cross Promotion Adalah: Manfaat, Strategi, & Cara Memulainya

Strategi yang Digunakan dalam Cross Promotion Adalah

Untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari cross promotion adalah penggunaan strategi yang tepat. Namun perlu diperhatikan bahwa, ada beberapa faktor yang menentukan strategi ini berhasil atau tidaknya. Yaitu produk dan/atau layanan yang ditawarkan, perusahaan atau brand yang bekerjasama, dan tujuan dari promosi silang itu sendiri.

Berikut beberapa strategi cross promotion adalah:

Kunci dari Cross Promotion Adalah Promosi Pelanggan

Dua atau lebih perusahaan yang memiliki minat, target audiens, dan juga berada di industri yang sama, bisa bergabung untuk membuat satu program loyalitas pelanggan. Hal ini disebut sebagai coalition loyalty programs. Tujuannya adalah untuk mendorong penjualan dan juga meningkatkan brand awareness. Disaat yang bersamaan, beberapa perusahaan yang bergabung bisa memberikan nilai tambah dan kepuasan yang lebih untuk pelanggan mereka.

Melakukan Promosi Iklan Bersama

Salah satu strategi cross promotion adalah dengan melakukan promosi iklan bersama. Anda bisa membagi biaya iklan dengan perusahaan lain. Sehingga nanti hasilnya akan memberikan exposure brand masing-masing.

Melakukan Promosi di Acara Publik

Agar bisa berhasil, hal utama yang harus diperhatikan pada strategi cross promotion adalah melakukan identifikasi demografi yang sesuai dengan kampanye pemasaran Anda. Cara ini termasuk sangat efektif untuk mempromosikan produk dan/atau layanan dan juga membiarkan pelanggan merasakan langsung. Apabila Anda bergerak di industri olahraga, maka Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menyelenggarakan lomba lari marathon atau lomba olahraga lainnya.

Hal yang Tidak Boleh Luput dari Cross Promotion Adalah Tampilan Promosi

Tujuan utama dari cross promotion adalah untuk menunjukkan keberadaan produk dan/atau layanan dari perusahaan Anda ke pelanggan. Maka dari itu, Anda tidak boleh melupakan tampilan promosi. Display promosi yang menarik dan efektif bisa memberikan pengalaman dan kesan tersendiri untuk pelanggan.

Merilis Produk dan/atau Layanan Bersama

Selanjutnya yang bisa Anda coba dari strategi cross promotion adalah dengan merilis produk dan/atau layanan bersama. Dengan begitu, Anda bisa memberikan atau membuat bundle produk dengan lebih mudah. Perlu dicatat bahwa, pelanggan yang sudah mengenali suatu produk akan tetap membeli bundle produk tersebut meskipun mereka belum mengenali brand lainnya. Jadi cara ini cukup efektif untuk memperkenalkan brand Anda ke banyak pelanggan baru.

Memulai Referral Program di Cross Promotion Adalah Cara Efektif

Referral program dalam strategi cross promotion adalah cara efektif untuk mendapatkan pelanggan baru. Dengan meminta pelanggan setia untuk merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain, Anda juga bisa meningkatkan pendapatan. Jangan lupa untuk memberikan hadiah, reward, atau balasan lainnya yang menarik bagi kedua belah pihak (pelanggan yang merekomendasikan dan pelanggan baru yang bergabung dari refferal tersebut).

Menggunakan Promosi Media Sosial

Kemudian ada strategi cross promotion adalah dengan menggunakan media sosial. Seperti yang diketahui bersama, platform ini merupakan saluran terbaik dan efektif untuk meningkatkan interaksi, basis pelanggan, dan juga memperluas jangkauan audiens. Buatlah konten yang bisa merepresentasikan kolaborasi dari gabungan brand tersebut. Salah satu contohnya adalah dengan melakukan konten kolaboratif.

Menjalin Kerjasama dengan Influencer

Menjalin kerjasama dengan influencer yang tepat bisa membuat brand Anda terlihat lebih humanis dan mudah dipahami. Keuntungan menggunakan influencer dalam cross promotion adalah bisa meningkatkan penjualan dan angka refferal. Sebagian besar pelanggan akan membeli sebuah produk dan/atau layanan atas rekomendasi yang diberikan dari orang-orang yang mereka percaya. Termasuk rekomendasi dari influencer. Maka dari itu, Anda harus memilih orang yang tepat dan sesuai dengan tujuan perusahaan.

Cara Memulai Cross Promotion Adalah

Setelah Anda mengetahui dan memahami strategi cross promotion, tentu Anda bertanya-tanya bagaimana cara memulainya, bukan? Bagi Anda yang baru pertama kali ingin melakukan promosi silang tapi tidak tahu caranya, di bawah ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Meliputi:

Identifikasi Mitra Potensial dalam Cross Promotion Adalah Kewajiban

Cara pertama untuk memulai cross promotion adalah mengidentifikasi mitra potensial untuk bisnis Anda. Seperti yang disebutkan sebelumnya, kebanyakan kolaborasi yang terjadi adalah dari industri dengan minat dan audiens yang sama. Anda tidak perlu langsung memilih brand besar sebagai awalnya. Manfaatkan brand lokal yang terkenal untuk melakukan kolaborasi. Dengan begitu kedua belah pihak bisa sama-sama diuntungkan.

Membuat dan Mengembangkan Strategi Pemasaran yang Efektif

Ketika Anda sudah mengetahui siapa mitra yang akan diajak kerjasama, cara selanjutnya dalam memulai cross promotion adalah membuat dan mengembangkan strategi pemasaran yang efektif. Keuntungan dari cara ini adalah bisa memanfaatkan sumber daya satu sama lain.

Hal Terakhir dari Cross Promotion Adalah Analisis Hasil

Terakhir yang harus Anda lakukan adalah menganalisa hasil dari pemasaran yang sudah dilakukan. Apakah berjalan dengan efektif? Apakah tujuan pemasarannya tercapai? Berapa jumlah pelanggan yang terlibat? Berapa jumlah produk dan/atau layanan yang terjual? Dan lain sebagainya. Hasil dari analisis ini nantinya bisa digunakan untuk keputusan bisnis selanjutnya. Apakah Anda masih mau menjalin kerjasama dengan mitra yang sama atau tidak.

BACA JUGA: Coalition Loyalty Programs: Gabungan Brand untuk Pelanggan

Penyedia Program Loyalitas Pelanggan untuk Cross Promotion Adalah Benefit One Indonesia

Sebelumnya disebutkan bahwa, salah satu strategi cross promotion adalah dengan membuat satu program loyalitas bersama atau coalition loyalty programs. Selain bisa untuk meningkatkan penjualan, Anda juga bisa memuaskan pelanggan dengan berbagai pilihan hadiah dan reward yang lebih banyak dan luas. Sehingga bisa mendorong pembelian berulang.

Apabila Anda membutuhkan provider atau jasa pihak ketiga untuk mewadahi program loyalitas pelanggan tersebut, Anda bisa mempercayakannya kepada Benefit One Indonesia. Memiliki pengalaman bekerja dengan perusahaan multinasional besar dalam memenuhi kebutuhan loyalitas mereka. Kami pun memiliki orang yang ahli dalam integrasi di API/SDK/PWA, dalam penanganan administrasi & inventaris hadiah, serta tim IT yang berpengalaman dalam pengembangan teknologi dan akun manajemen.

Anda pun bisa memiliki akses ke jaringan Benefit One Marketplace Regional dan semua pertanyaan serta dukungan yang dibutuhkan akan sepenuhnya ditangani oleh pihak kami. Terdapat tiga aplikasi pendukung yang bisa digunakan untuk SaaS adalah CERRA POINTS, SPUR, dan Flexible Solution.

Cari sistem reward digital? Dapatkan loyalitas dan penghargaan tanpa batas dengan menggunakan aplikasi kami. Tunggu apa lagi? Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!