Pernahkah Anda mendengar istilah brand champion? Brand champion adalah sebuah Istilah yang merujuk pada seseorang yang mempromosikan bisnis Anda kepada orang lain dan membantu untuk menumbuhkan basis loyalitas pelanggan bisnis secara organik.
Hal ini adalah sebuah cara untuk bisa mendorong bisnis Anda agar bisa terus memberikan yang terbaik dan tetap bertahan dalam persaingan industri bisnis yang ketat. Orang-orang yang tergabung dalam brand champion adalah mereka yang bisa mendukung bisnis Anda dengan bangga. Mari kita simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.
BACA JUGA: Brand Advocate Adalah Cara Terbaik Promosikan Bisnis Anda
Brand Champion Adalah
Brand champion adalah seorang pelanggan yang sangat mencintai produk dan/atau layanan dari bisnis Anda dan akan terus menjadi pendukung setia. Dalam hal ini, mereka akan selalu berusaha untuk menyebarkan berita, merekomendasikan bisnis, dan hal lainnya yang berkaitan dengan bisnis Anda ke orang lain sebanyak mungkin.
Tanggung jawab seorang brand champion adalah untuk mempromosikan merek bisnis Anda dan membangun bentuk dukungan lainnya baik dari luar maupun dalam. Dan perlu diketahui bahwa, peran ini tidak hanya terbatas pada satu orang saja. Melainkan bisa banyak orang dan bukan merupakan peran formal.
Jadi bisa dikatakan bahwa, brand champion adalah seorang penggemar yang bisa menghabiskan banyak waktu untuk memuji sebuah merek dari pada pelanggan lainnya. Tentunya, mereka merupakan aset berharga yang bisa Anda miliki tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Sebab, mereka bisa membantu Anda dalam meningkatkan penjualan, mendorong traffic di berbagai saluran pemasaran, hingga meningkatkan brand awareness dari pemasaran mulut ke mulut.
Singkatnya, brand champion adalah seperti brand ambassador, chief brand officers, karyawan, dan juga pelanggan setia. Siapapun yang bisa mendukung merek bisnis Anda, bisa menjadi seorang brand champion.
Manfaat Brand Champion Adalah
Manfaat brand champion adalah untuk meningkatkan citra bisnis Anda di mata banyak orang. Mereka tidak akan ragu untuk memberikan pujian dan ulasan positif lainnya yang tidak akan Anda dapatkan dari sebuah promosi iklan. Berikut, beberapa manfaat lainnya yang bisa Anda rasakan. Di antaranya adalah:
Keunggulan Brand Champion Adalah Efisiensi Waktu dan Sumber Daya
Hal pertama yang menjadi manfaat brand champion adalah efisiensi waktu dan sumber daya. Seorang brand champion bisa menghasilkan buzz secara organik di sekitar mereka dan bisnis Anda. Sehingga, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya pemasaran. Selanjutnya, Anda harus membalas apa yang sudah mereka lakukan untuk bisnis dengan memberikan kode diskon, potongan harga, atau reward lainnya yang sepadan.
Meningkatkan Pemasaran dengan Word of Mouth
Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Nielsen, sebanyak 88% pelanggan lebih mempercayai rekomendasi orang-orang yang mereka percaya dibandingkan rekomendasi online. Artinya, promosi word of mouth atau dari mulut ke mulut lebih efektif dibandingkan bentuk promosi lainnya. Manfaat brand champion adalah meningkatkan pemasaran bisnis Anda dengan menyebarkan berita dan hal positif lainnya kepada banyak orang. Dengan begitu, bisnis Anda berpotensi untuk mendapatkan pelanggan baru.
Pihak yang Bisa Menjadi Brand Champion Adalah
Siapapun bisa menjadi seorang brand champion untuk bisnis Anda. Mulai dari diri Anda sendiri, karyawan, dan pelanggan. Secara tidak langsung mereka memiliki tanggung jawabnya masing-masing yang sudah tertanam dalam benak mereka. Hal yang perlu Anda lakukan adalah membuat strategi pemasaran yang sesuai dengan masing-masing pihak yang terlibat. Intinya, semakin banyak brand champion yang Anda miliki, maka semakin kuat identitas merek Anda di mata banyak orang.
Hasil dari Brand Champion Adalah Meningkatkan Kepercayaan
Selain meningkatkan pemasaran dan penjualan, manfaat brand champion adalah bisa meningkatkan kepercayaan orang terhadap produk dan/atau layanan dari bisnis Anda. Tentu saja hal ini berbanding lurus dengan kepercayaan dari rekomendasi orang terdekat atau yang dipercaya. Hal ini bisa terus berulang secara terus menerus dan nantinya bisa membesarkan brand Anda.
Pihak yang Bisa Menjadi Brand Champion Adalah
Seperti yang disebutkan di atas, siapapun bisa menjadi seorang brand champion. Pada prakteknya, ada banyak jenis brand champion yang bisa membantu bisnis Anda. Meliputi:
- Media sosial ambassador atau influencer
- Affiliate partners
- Referral partners
- Word-of-mouth ambassadors
- Customer referral ambassadors
- Employee referral ambassadors
Semua pihak di atas bisa membantu untuk membagikan pengalaman mereka selama menggunakan produk dan/atau layanan dari bisnis Anda dengan audiens atau orang-orang terdekat mereka. Bisa melalui cara online seperti media sosial, YouTube, kode referral, dan lainnya. Atau bisa juga melalui offline dengan menggunakan promosi mulut ke mulut.
Pada prakteknya, pihak-pihak yang terlibat sebagai brand champion adalah mereka yang akan mempromosikan bisnis Anda dengan atau tanpa dibayar. Walaupun sebagian besar ada bentuk kerjasama dan upah yang harus dibayarkan, namun disisi lain ada pihak yang akan dengan senang hati merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain.
Hal-hal yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Membangun Brand Champion Adalah
Tidak hanya pada saat membangun brand champion saja, tetapi juga pada setiap program pemasaran dan promosi lainnya, Anda harus membuat sebuah merek yang layak untuk dipromosikan. Hal ini merupakan aspek penting dan utama dalam membangun sebuah merek bisnis yang patut untuk diperhitungkan.
Di bawah ini ada beberapa penjelasan terkait hal-hal yang harus Anda perhatikan sebelum membangun brand champion adalah:
Brand Champion Adalah Tentang Basis Pelanggan Loyal
Sebelumnya, Anda harus memiliki basis pelanggan loyal yang cukup banyak. Dalam artian cukup banyak untuk bisa merekomendasikan merek Anda ke orang lain tanpa harus diminta. Akan tetapi, bukan jenis pelanggan yang hanya melakukan satu kali pembelian saja, ya! Melainkan mereka yang sudah berulang kali melakukan pembelian dan meninggalkan ulasan positif terkait produk dan/atau layanan dari bisnis Anda.
Produk dan/atau Layanan Bisnis yang Bisa Dijual
Ketika Anda membangun brand champion, pastikan bahwa bisnis Anda sudah didukung dengan menyediakan produk dan/atau layanan yang bisa dijual. Apa yang akan direkomendasikan oleh pelanggan jika Anda tidak mendukungnya dengan hal tersebut?
Memberikan Pelayanan Terbaik dalam Brand Champion Adalah Penting
Pelayanan terbaik ini berhubungan dengan dukungan pelanggan yang Anda berikan. Bagaimana bisnis Anda menyelesaikan setiap masalah pelanggan dengan profesional dan empati. Secepat apa tim dukungan pelanggan dalam memberikan solusi untuk setiap masalah pelanggan? Ketika Anda memberikan pelayanan terbaik, maka pelanggan juga akan dengan senang hati memberikan dukungan penuh untuk bisnis Anda.
Strategi Brand Champion Adalah
Manfaat lainnya dari brand champion adalah bisa memberikan hasil yang maksimal untuk pemasaran bisnis Anda. Dengan menyatukan beberapa suara yang sama, maka hasil akhir yang diberikan pun bisa optimal dan efektif.
Ada beberapa strategi brand champion yang bisa Anda lakukan. Meliputi:
Referral Programs dalam Brand Champion Adalah Motivasi Terbaik
Salah satu strategi brand champion adalah dengan membuat referral programs. Dimana pelanggan tidak hanya akan mempromosikan bisnis Anda secara gratis, tetapi juga bisa meningkatkan motivasi mereka untuk merekomendasikan merek Anda kepada orang lain. Namun, Anda harus memastikan untuk memberikan reward sepadan dengan usaha yang mereka lakukan. Setiap hadiah atau reward yang diberikan, hal ini bisa menambah motivasi mereka untuk menyebarkan bisnis Anda.
Membuat Konten di Media Sosial
Media sosial merupakan salah satu alat promosi yang paling efektif untuk memperluas jangkauan audiens bisnis. Strategi brand champion adalah dengan membuat konten terkait produk dan/atau layanan yang sesuai dengan tujuan bisnis Anda atau dengan user generated content. Misalnya seperti konten video, foto atau gambar, podcast, ulasan positif, dan lainnya.
Menyusun dan Membuat Panduan Brand Champion Adalah Sebagai Alat Bantu
Memang betul, siapa saja bisa menjadi brand champion dari bisnis Anda. Akan tetapi, bukan berarti mereka mengerti secara menyeluruh terkait hal tersebut. Coba bayangkan ketika ada yang bertanya mengenai kandungan atau komposisi dari produk yang dijual, tetapi mereka tidak bisa menjawabnya. Maka dari itu, Anda harus menyusun dan membuat panduang sebagai alat bantu.
Tujuan dari strategi brand champion adalah untuk membimbing para pihak yang terlibat. Misalnya dengan membuat panduan yang berisi:
- Syarat dan Ketentuan
- Informasi terkait produk dan/atau layanan bisnis Anda
- Peran brand champion
- Frequently Asked Questions (FAQ)
- Panduan atau inspirasi konten yang bisa dibuat oleh para influencer dan lainnya
- Pedoman gaya konten
- Sumber daya tambahan yang bisa diberikan
- Dan hal-hal lain yang berkaitan
Minta Ulasan dan Umpan Balik dari Mereka
Brand champion adalah orang-orang yang sudah menjalin hubungan dengan bisnis Anda dalam waktu yang cukup lama. Mereka mengetahui sisi baik dan buruknya dari bisnis Anda. Strategi brand champion berikutnya adalah meminta ulasan dan umpan balik dari mereka baik dalam memberikan saran atau kritik. Libatkan mereka dalam perkembangan dan kesuksesan bisnis Anda. Dengan begitu, Anda bisa membangun hubungan dan interaksi yang lebih kuat lagi.
BACA JUGA: Pentingnya Brand Ambassador Marketing untuk Bisnis Anda
Bangun Brand Champion dengan Program Loyalitas Pelanggan
Sudah disebutkan bahwa, brand champion adalah basis dari pelanggan setia Anda. Tanpa adanya pelanggan setia, maka tidak ada perkembangan dan kesuksesan bisnis. Nah, salah satu cara menjaga dan mempertahankan mereka adalah dengan membentuk program loyalitas pelanggan. Dimana Anda akan memberikan banyak hadiah atau reward yang sesuai sehingga bisa mendorong penjualan dan meningkatkan pendapatan bisnis Anda.
Benefit One Indonesia hadir sebagai Solusi Digital Loyalty Terlengkap untuk bisnis Anda. Kami hadir untuk membantu Anda membangun loyalitas pelanggan, mendorong tim penjualan, meningkatkan kedekatan dengan karyawan dan pelanggan, hingga memberikan solusi dan pilihan hadiah yang beragam.
Kami sudah berpengalaman sejak 2014 dan sudah dipercaya oleh lebih dari ratusan perusahaan besar di seluruh dunia. Kami menawarkan solusi pintar untuk menjaga koneksi atau kerjasama Anda dengan mitra bisnis.Cari sistem reward digital? Dapatkan loyalitas dan penghargaan tanpa batas dengan menggunakan aplikasi kami. Tunggu apa lagi? Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!