Viral Marketing Adalah: Pengertian, Kelebihan, & Strateginya

Viral Marketing Adalah: Pengertian, Kelebihan, & Strateginya

Viral marketing adalah salah satu cara pemasaran yang digunakan oleh jenis bisnis B2C (Business to Customer) dengan memanfaatkan ketenaran seseorang atau menggunakan media sosial. Kendati demikian, cara pemasaran ini bukanlah hal yang mudah. Mengingat tren dan algoritma media sosial sering kali berubah. Hal ini juga membuat para marketer harus selalu up to date dengan semua itu

Tapi, apakah viral marketing masih bisa digunakan untuk sisa akhir tahun ini dan tahun depan? Sebelum itu, ada banyak hal yang harus Anda ketahui dari cara pemasaran ini. Mulai dari pengertian tentang apa itu viral marketing, kelebihan dan kekurangan, hingga apa saja strategi yang harus dilakukan. Semuanya ada di penjelasan bawah ini.

BACA JUGA: Brand Advocate Adalah Cara Terbaik Promosikan Bisnis Anda

Viral Marketing Adalah

Apa itu viral marketing? Pengertian viral marketing adalah sebuah teknik promosi yang mengandalkan audiens untuk menghasilkan dan mendorong produk dan/atau layanan secara organik dengan menggunakan media sosial.  Namun, pemasarn jenis ini akan dianggap “viral” apabila dibagikan oleh pengguna medsos dalam jumlah yang banyak dan cepat. Jadi tidak hanya sekedar bergantung pada target audiens saja.

Viral marketing adalah sebuah cara menyebarkan informasi tentang produk dan/atau layanan dengan menggunakan teknik pemasaran dari mulut ke mulut. Hal ini dilakukan dengan menggunakan bantuan alat pemasaran seperti internet, email, media sosial, iklan, dan lainnya. Tujuannya adalah untuk menginspirasi seseorang untuk membagikan pesan pemasaran tersebut kepada orang-orang yang mereka kenal. Seperti teman, keluarga, atau individu lainnya untuk meningkatkan angka pertumbuhan di jumlah penerima pesan tersebut.

Walaupun menghasilkan hasil yang organik, viral marketing adalah sebuah usaha yang disengaja. Saluran pemasaran seperti media sosial merupakan salah satu wadah yang sempurna untuk jenis ini. Terlebih ketika aplikasi media sosial kini semakin menjamur dan memiliki basis pengguna tertentu. Tentu saja hal ini bisa mempermudah Anda untuk membuat strategi marketing yang tersegmentasi.

Namun perlu menjadi perhatian Anda bahwa, viral marketing adalah pedang bermata dua. Sebagian besar kontrol berada di tangan pengguna media sosial. Akan tetapi hal ini bisa saja disalahartikan atau diparodikan oleh mereka. Dan disaat yang bersamaan, cara pemasaran ini bisa memberikan kejutan bagi brand, meningkatkan brand awareness, dan juga meningkatkan penjualan.

Cara Kerja Viral Marketing Adalah

Secara teori, viral marketing adalah hal yang mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu membuat video atau konten yang sesuai dan bisa menarik atensi target audiens dan orang banyak. Kemudian unggah di media sosial, internet, atau saluran lain untuk mempromosikannya. Selanjutnya, Anda hanya perlu menunggu pengguna lain membagikan konten unggahan tersebut ke jaringan mereka.

Ada dua strategi yang bisa Anda gunakan untuk menyebarkan viral marketing adalah sebagai berikut:

  • Terlihat: pengguna media sosial menyadari dan melihat iklan atau konten dari brand Anda
  • Tersembunyi: pengguna hanya menyadari isi dari konten pemasaran dan baru menyadari keberadaan brand setelahnya

Anda bisa menyesuaikan cara mana yang ingin dilakukan tergantung konteks konten yang dibuat. Apapun cara yang Anda lakukan, usahakan untuk tidak terlalu “spammy” atau membuat spam dengan mengunggah banyak konten. Cukup satu atau dua kali unggah, kemudian biarkan sistem dan algoritma media sosial bekerja untuk membuat konten pemasaran Anda terkenal.

Kelebihan dan Kekurangan Viral Marketing Adalah

Setiap jenis pemasaran yang dilakukan pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Tidak terkecuali dengan viral marketing ini. Agar bisa lebih berhati-hati dalam membuat strateginya, mari pahami  dulu beberapa kelebihan dan kekurangannya. Yaitu:

Kelebihan Viral Marketing Adalah:

Apa saja kelebihan dari viral marketing?

Bisa Meningkatkan Brand Awareness

Ketika ada pengguna yang membagikan, menyukai, atau memberikan komentar di konten Anda, maka hal tersebut adalah keterlibatan pengguna dengan brand Anda. Kasus dalam viral marketing adalah jika tadinya Anda hanya mendapatkan sekitar 10 sampai 100 engagement, lalu sejak konten pemasaran viral dibagikan, angkanya meningkat hingga 10.000 dan lebih. Artinya, Anda sudah meningkatkan brand awareness dan akan mendapatkan pengikut baru.

Pertumbuhan Audiens Bisnis

Dari banyaknya orang yang memperhatikan brand Anda, disinilah Anda akan mendapatkan banyak pengikut baru yang mungkin bisa menjadi pelanggan baru juga. Kunci utama dari viral marketing adalah membuat konten yang sesuai dan bisa menarik perhatian orang banyak.

Meningkatkan Penjualan

Kedua kelebihan sebelumnya bisa membawa Anda ke keuntungan yang tidak terduga sebelumnya. Dengan lebih banyak pengikut dan meningkatkan kesadaran merek, hal ini bisa berpotensi meningkatkan penjualan dan pendapatan.

Kelebihan Viral Marketing Adalah Menjadi Brand yang Dibicarakan

Satu lagi kelebihan viral marketing adalah menjadi brand yang dibicarakan. Semua ini bisa terjadi ketika ada banyak pengguna media sosial yang membagikan dan membicarakan konten pemasaran Anda dengan cepat. Disaat yang bersamaan, hal ini juga bisa meningkatkan brand awareness, meningkatkan engagement, hingga menambah angka penjualan dan pendapatan.

Kekurangan Viral Marketing Adalah:

Apa saja kekurangan dari viral marketing?

Sambutan yang Tidak Sesuai Ekspektasi

Mungkin Anda berharap sambutan dari pengguna media sosial akan membuat kehebohan. Namun terkadang, kehebohan tersebut bisa menimbulkan dampak negatif untuk brand. Misalnya banyak pengguna yang tidak suka dan memberikan komentar negatif, dan lain sebagainya. Jadi, kehebohan yang tercipta tidak selamanya bisa berdampak positif.

Tidak Memiliki Kendali atas Konten dan Pesan yang Disampaikan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pihak yang memiliki kendali dari viral marketing adalah audiens dan pengguna media sosial lainnya. Ketika Anda mengunggah sebuah konten, maka orang-orang bisa membagikan, mengunggah kembali, hingga memberikan komentar sesuai dengan yang mereka inginkan. Sayangnya, Anda tidak memiliki kendali atas semua itu.

Memiliki Banyak Pengikut, Bukan Berarti Meningkatkan Jumlah Pelanggan

Jika akun media sosial Anda memiliki banyak pengikut, jangan terlalu senang dulu. Sebab, sebagian besar dari mereka belum tentu berpotensi untuk menjadi pelanggan atau melakukan pembelian. Rata-rata dari mereka mengikuti akun brand Anda hanya karena penasaran dengan konten-konten selanjutnya. Bukan karena tertarik untuk membeli produk dan/atau layanan Anda.

Kekurangan Viral Marketing Adalah Memiliki Tumpukan Pesan

Dari banyaknya pengikut, kotak masuk akun media sosial Anda pasti akan dipenuhi dengan ratusan hingga ribuan kontak masuk. Kekurangan viral marketing adalah tidak cukup waktu dan tenaga untuk membalas satu per satu pesan yang masuk. Sementara hal tersebut merupakan salah satu bentuk interaksi dengan audiens.

Indikator Viral Marketing Adalah

Semua jenis pemasaran memiliki indikatornya masing-masing. Termasuk jenis pemasaran yang satu ini. Di bawah ini adalah indikator viral marketing, yaitu:

  • Pesan: pesan apa yang ingin Anda sampaikan dalam pemasaran viral ini. Apa tujuan yang ingin Anda capai dari pemasaran ini. Seperti apa bentuk pesan yang ingin disampaikan (video, gambar, atau teks)
  • Penyampai Pesan: siapa pihak yang bertanggung jawab untuk menyampaikan pesan ini. Umumnya, jenis pemasaran ini mengandalkan influencer atau tokoh publik terkenal untuk mencapai tujuan yang diinginkan
  • Lingkungan: dari banyaknya pilihan influencer dan tokoh publik yang ada, artinya audiens Anda juga akan bertambah dari pengikut mereka. Maka dari itu, sangat penting untuk memilih orang yang sesuai dengan tujuan bisnis Anda
Viral Marketing Adalah: Pengertian, Kelebihan, & Strateginya

Strategi Viral Marketing Adalah

Di tahun 2023 ini, media sosial menjadi salah satu tempat dimana semua konten bisa saja menjadi viral dan populer. Bahkan, para pebisnis pun menginginkan hal yang sama dan hasil yang lebih bagus dari apa yang sudah diinvestasikannya di media sosial. Dengan kata lain, membuat konten yang bisa menjadi viral adalah sebuah keuntungan. Bukan untuk mengganti sebuah strategi sosial yang terukur.

Artinya, strategi viral marketing adalah untuk siapa saja. Semua brand bisa menggunakan cara ini  dan mulai menunjukkan jati diri bisnis Anda. Lalu, apa saja strategi viral marketing? Di bawah ini ada beberapa penjelasan terkait bagaimana membuat viral marketing. Meliputi:

Tujuan dari Menggunakan Viral Marketing Adalah

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan tujuannya. Apakah ingin meningkatkan brand awareness? Mendapatkan banyak pengikut baru? Meningkatkan interaksi dan keterlibatan? Atau hal lainnya? Apapun tujuannya, perlu diketahui bahwa dengan memahaminya, Anda bisa menciptakan sebuah konten yang sesuai, bermakna, dan memiliki nilai lebih.

Memahami Report Media Sosial

Audiens memainkan peran terpenting dalam pembagian dan pembuatan konten di dalam strategi ini. Baik ketika Anda sedang mengkurasi beberapa konten atau sedang membuat konten viral, Anda perlu mengetahui konten jenis apa yang disukai oleh audiens atau pengikut di media sosial. Berikut beberapa ukuran yang bisa Anda gunakan dalam membuat konten untuk viral marketing adalah sebagai berikut:

  • Engagement atau keterlibatan
  • Traffic dan kinerja kata kunci yang sesuai
  • Klik dan jangkauan audiens
  • Data demografis audiens
  • Impression dari akun bisnis sebuah brand

Semua ukuran tersebut akan memberikan Anda informasi yang berharga untuk membuat sebuah konten yang bisa menarik atensi audiens. Terutama dalam hal membagikan ke pengguna lain dan melakukan interaksi di konten tersebut.

Konten Viral Marketing Adalah Mudah untuk Dibagikan

Salah satu tujuan utama dari viral marketing adalah membagikan konten ke sebanyak-banyaknya audiens di media sosial. Jadi Anda harus memastikan bahwa konten yang Anda buat dengan strategi ini harus mudah untuk dibagikan. Misalnya, pembagian konten tidak hanya terbatas pada media sosial saja, tetapi juga bisa sharing ke blog pribadi, YouTube, dan platform lainnya yang sejenis.

Peran Hashtag Pada Viral Marketing Adalah Penting

Menggunakan hashtag dalam setiap konten yang Anda buat merupakan cara paling mudah dan efektif untuk bisa dilihat oleh lebih banyak orang. Hal ini juga dilakukan agar mereka bisa mengingat brand Anda dengan lebih mudah. Dengan bantuan hashtag juga, Anda bisa mengetahui topik yang sesuai dengan audiens.

Gunakan Trendjacking

Apa itu trendjacking? Adalah sebuah cara yang digunakan dengan memasukkan brand Anda pada budaya atau tren yang sedang dibahas oleh banyak orang. Seperti meme contohnya. Penggunaan cara ini dalam viral marketing adalah yang termudah untuk meningkatkan brand awareness tanpa harus menjadi viral atau populer.

Memanusiakan Konten

Terakhir, strategi viral marketing adalah memanusiakan konten. Maksudnya, konten yang Anda buat haruslah organik, menarik, dan mudah untuk dipahami. Anda harus membuat konten yang sesuai dengan kehidupan atau apa yang dialami oleh target audiens. Buatlah konten yang asli dan terkesan mudah untuk dicapai. Bahkan Anda harus menghilangkan kesan binsis dalam konten tersebut. Sehingga bisa menarik perhatian audiens dan mendorong mereka untuk membagikan konten tersebut ke pengguna lainnya.

BACA JUGA: Pentingnya Brand Ambassador Marketing untuk Bisnis Anda

Berikan Keuntungan Audiens dengan Program Loyalitas Pelanggan

Salah satu kelebihan dari viral marketing adalah bisa menumbuhkan audiens bisnis Anda. Jangan sia-siakan hal ini begitu saja. Agar basis audiens dan pelanggan bisa terus bertahan, ajak mereka untuk bergabung dengan program loyalitas pelanggan. Dimana mereka akan mendapatkan banyak keuntungan dan manfaat dari brand Anda. Termasuk dalam mendapatkan hadiah dan reward yang sesuai.

Benefit One Indonesia hadir sebagai Solusi Digital Loyalty Terlengkap untuk bisnis Anda. Kami hadir untuk membantu Anda membangun loyalitas pelanggan, mendorong tim penjualan, meningkatkan kedekatan dengan karyawan dan pelanggan, hingga memberikan solusi dan pilihan hadiah yang beragam.

Kami sudah berpengalaman sejak 2014 dan sudah dipercaya oleh lebih dari ratusan perusahaan besar di seluruh dunia. Kami menawarkan solusi pintar untuk menjaga koneksi atau kerjasama Anda dengan mitra bisnis.Cari sistem reward digital? Dapatkan loyalitas dan penghargaan tanpa batas dengan menggunakan aplikasi kami. Tunggu apa lagi? Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!