Apakah Anda sedang mencari cara untuk membuat pelanggan tetap aktif dalam program loyalitas? Jika iya, maka penting untuk memberikan penghargaan atau reward yang nilainya melebihi potongan harga. Kalau bisa, Anda harus memberikan sesuatu yang bisa menambah nilai program loyalitas.
Bukan hanya untuk keuntungan bisnis Anda saja, tetapi juga untuk keuntungan dan kepentingan pelanggan. Faktanya, lebih dari 70% pelanggan akan merekomendasikan brand yang menawarkan program loyalitas terbaik. Apabila Anda menambahkan nilai pada program loyalitas, maka akan semakin banyak pelanggan yang datang ke jangkauan bisnis Anda.
Mari cari tahu bagaimana cara efektif untuk menciptakan nilai program loyalitas, di bawah ini.
BACA JUGA: Program Loyalitas Berjenjang: Strategi Unggulan untuk Mempertahankan Pelanggan
Mengapa Harus Menambahkan Nilai Program Loyalitas?
Seperti yang kita ketahui bersama, program loyalitas adalah upaya pemasaran terstruktur yang mendorong pelanggan untuk kembali ke bisnis tempat mereka sering melakukan pembelian. Salah satu tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kesetiaan pelanggan.
Program seperti ini umumnya menggunakan prinsip psikologis timbal balik, komitmen, dan penghindaran kerugian untuk meningkatkan probabilitas loyalitas pelanggan. Ada banyak insentif yang bisa diberikan dari program ini. Termasuk diantaranya diskon tambahan, produk gratis, early access untuk produk baru, hadiah eksklusif, dan banyak lagi.
Bahkan bisa dikatakan jika kehadiran program loyalitas ini bisa membuat perusahaan sukses tanpa harus berinvestasi banyak pada periklanan. Tentunya apabila didukung dengan kemajuan teknologi dan internet. Tapi apakah semua itu sudah cukup untuk membuat pelanggan bertahan pada bisnis Anda?
Sayangnya, setiap saat kebutuhan dan permintaan pelanggan terus mengalami perkembangan. Jika Anda tidak bisa beradaptasi dengan perkembangan tersebut, mereka tidak akan segan untuk meninggalkan Anda dan mencari brand lain yang dapat memenuhi keinginan mereka. Oleh karena itu, sangat diperlukan untuk menambahkan nilai program loyalitas.
Tidak hanya untuk menjaga pelanggan saja, tetapi juga bisa sebagai strategi bisnis yang menguntungkan.
Bagaimana Cara Menciptakan Nilai Program Loyalitas?
Tahukah Anda bahwa, saat ini teknik pemasaran yang paling unggul adalah word of mouth? Tentunya hal ini juga didukung dengan kehadiran media sosial dan komunitas internet yang membagikan ulasan terkait sebuah produk dan/atau jasa. Kelebihan dari promosi mulut ke mulut ini adalah pelanggan akan mendapatkan reward atau imbalan yang berhasil mengadvokasi pelanggan baru.
Tentunya hal ini juga bisa menjadi batu loncatan untuk menciptakan nilai program loyalitas yang lebih baik lagi. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menambahkan nilai tersebut. Di antaranya adalah:
Mengumpulkan Data Pelanggan
Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah mengumpulkan data pelanggan dari waktu ke waktu untuk meningkatkan upaya pemasaran ulang bisnis. Hal ini juga dibutuhkan untuk memperkuat hubungan antara sebuah bisnis dengan pelanggannya dan mendorong loyalitas jangka panjang. Anda bisa memberikan imbalan untuk setiap data yang diberikan. Bisa melalui survey, discussion group, atau kritik dan saran.
Mendorong Keterlibatan Sosial
Tahukah Anda bahwa, di zaman sekarang ini sangat penting bagi sebuah bisnis atau merek untuk tetap aktif di media sosial? Dengan mendorong pelanggan masuk ke dalam lingkungan sosial, dapat membantu membangun kesadaran merek yang lebih besar. Anda bisa memberikan penghargaan kepada pelanggan karena telah terhubung di akun media sosial. Lanjutkan cara ini sampai Anda dapat memperluas jangkauan merek.
Bangun Komunitas untuk Pelanggan Anda
Faktanya, pelanggan akan mencari tahu sedetail mungkin terkait sebuah brand baru yang belum mereka percaya. Mereka akan mencarinya melalui review di internet, media sosial, atau komunitas. Agar bisa menciptakan nilai program loyalitas, Anda dapat menyediakan sebuah forum komunitas yang menjadi tempat bagi pelanggan berkomunikasi dengan satu sama lain dan berbagai pendapat terkait bisnis Anda. Apa pun komentar atau ulasan yang mereka berikan, pastikan Anda bisa meresponnya dengan bijak dan tepat.
Berikan Imbalan dan Pengalaman Unik
Tambahkan nilai program loyalitas Anda dengan memberikan penawaran menarik yang unik untuk pelanggan setia. Mereka yang sudah setia mendukung bisnis Anda tentu berhak mendapatkan perlakuan khusus dan imbalan spesial. Imbalan dan pengalaman unik ini dilakukan untuk menunjukkan bahwa Anda menghargai dan menghormati mereka sebagai pelanggan. Bisa berupa undangan VIP untuk launching produk baru, akses lebih awal untuk penjualan edisi terbatas, diskon ekstra, bonus poin dan masih banyak lagi. Buatlah pelanggan Anda merasa istimewa.
Bermitra dengan Perusahaan Lain
Satu lagi cara menciptakan nilai program loyalitas adalah bermitra dengan perusahaan lain. Atau yang dikenal sebagai program koalisi. Taktik ini sangat efektif untuk mempertahankan pelanggan. Ketika Anda bermitra dengan perusahaan lain, maka akan dapat memberikan penawaran menyeluruh kepada pelanggan. Pilihlah perusahaan relevan dengan nilai dan tujuan bisnis Anda.
BACA JUGA: Kekuatan Komunitas dalam Program Loyalitas Pelanggan
Menciptakan Nilai Program Loyalitas Bisnis Anda Bersama Benefit One Indonesia
Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa untuk menjaga agar pelanggan bisa tetap aktif dan terlibat dalam inisiatif loyalitas, sangat penting untuk memberi penghargaan kepada mereka yang telah menunjukkan dedikasi, kontribusi, dan kesetiaan mereka. Dengan begitu Anda bisa menciptakan dan menambah nilai program loyalitas.
Jika Anda mencari penyedia solusi loyalitas yang dapat membantu untuk menyesuaikan program loyalitas yang dipersonalisasi, Anda bisa mempercayakannya kepada Benefit One Indonesia. Sudah berpengalaman selama lebih dari 10 tahun dan dipercaya oleh berbagai perusahaan besar serta ternama di dunia.
Benefit One Indonesia siap membantu Anda sebagai one stop solution, memberikan banyak opsi hadiah untuk pelanggan, hingga memberikan solusi inovatif yang bisa membantu perkembangan dan pertumbuhan bisnis Anda.Jadi, tunggu apa lagi? Segera hubungi kami melalui WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang! Cari tahu bagaimana kami bisa membantu bisnis Anda.