Employer branding adalah gambaran atau reputasi sebuah perusahaan sebagai tempat kerja. Reputasi ini terbentuk berdasarkan persepsi dari dalam (karyawan) dan juga dari luar (masyarakat). Aspek ini menjadi salah satu hal penting jika Anda ingin menarik talenta terbaik di bidangnya.
Dengan kata lain, employer branding adalah cara memasarkan perusahaan Anda untuk mendapatkan karyawan baru dan talenta terbaik di antaranya. Jika image perusahaan Anda bagus, maka hal ini akan memudahkan Anda untuk merekrut kandidat potensial.
Lalu, mengapa employer branding sangat penting? Apa tujuannya? Dan bagaimana strategi yang harus dilakukan? Selengkapnya ada di penjelasan bawah ini.
BACA JUGA: 5 Cara Mudah Mengelola Manajemen Program Loyalitas Bisnis Anda
Apa itu Employer Branding?
Lebih dari sekedar alat pemasaran perusahaan, employer branding adalah metode atau strategi yang dirancang untuk memposisikan perusahaan ANda sebagai pemberi kerja yang diinginkan. Hal ini dilakukan dengan menekankan nilai dan budaya, identitas unik, hingga pencitraan yang positif.
Singkatnya, employer branding adalah keseluruhan hal yang berkaitan dengan proses rekrutmen, lingkungan kerja, hingga fasilitas dan benefit yang bisa mempengaruhi persepsi karyawan terhadap suatu perusahaan.
Reputasi perusahaan menjadi salah satu hal terpenting. Mengapa? Sebab hal ini bisa menunjukkan image perusahaan di mata masyarakat. Bagaimana cara Anda memberikan pelayanan kepada pelanggan, menyelesaikan masalah yang dihadapi pelanggan, hingga ulasan-ulasan baik dan buruk terkait perusahaan Anda.
Faktanya, banyak perusahaan yang menyadari dampak ini. Sehingga mereka berusaha keras dan berlomba-lomba untuk membuat image terbaik untuk mendapatkan karyawan atau pelanggan. Kendati demikian, employer branding bukanlah suatu hal yang bisa dibangun dalam waktu sekejap saja. Melainkan butuh waktu dan konsistensi. Satu kesalahan kecil pun bisa mempengaruhi image positif yang sudah Anda buat.
Apa Tujuan Employer Branding?
Salah satu manfaat terpenting dari sebuah reputasi perusahaan adalah retensi karyawan. Bagi mereka, memilih perusahaan yang bisa memberikan banyak manfaat dan bisa membantu pengembangan karir adalah yang terpenting. Untuk lebih mengetahui apa saja tujuan employer branding, mari kita simak penjelasan di bawah ini.
Menarik Talenta Terbaik
Faktanya, sebanyak 69% pekerja akan menolak tawaran pekerjaan dari perusahaan yang memiliki reputasi buruk. Meskipun pada saat itu mereka sedang tidak memiliki pekerjaan. Artinya, mereka akan memilih untuk melamar dan menerima penawaran kerja dari perusahaan yang memiliki reputasi baik.
Di pasar kerja yang sangat kompetitif seperti saat ini, employer branding adalah suatu hal yang bisa dijadikan kelebihan untuk menarik talenta terbaik di antara yang terbaik. Tidak hanya itu, reputasi perusahaan juga bisa mendorong dan meningkatkan retensi karyawan.
Employer Branding Bisa Memberikan Anda Spotlight di Media Sosial
Efek dari reputasi perusahaan akan bisa terlihat dengan jelas di media sosial. Menciptakan produk hebat dan memberikan pelayanan pelanggan yang berkualitas merupakan tujuan penting bagi perusahaan. Ketika Anda sudah memberikan hal tersebut, maka Anda akan mendapatkan spotlight di media sosial. Dimana akan ada banyak orang-orang yang memberikan ulasan positifnya dan dukungan dari berbagai pihak.
Semakin Banyak Rekomendasi Karyawan
Tujuan employer branding adalah untuk menciptakan banyak rekomendasi karyawan. Artinya, referensi karyawan menjadi tolak ukur yang baik untuk mengukur seberapa bagus kinerja bisnis Anda di bidang urusan tenaga kerja dan merek perusahaan.
Mengurangi Biaya Perekrutan dan Retensi
Pada prakteknya, perusahaan yang memiliki reputasi buruk harus mengeluarkan biaya 10% lebih banyak untuk setiap proses perekrutan yang dilakukan. Sementara itu, perusahaan dengan employer branding yang kuat mengeluarkan biaya lebih sedikit dan jauh lebih rendah. Bahkan Anda tidak perlu pusing memikirkan bagaimana cara mendapatkan karyawan baru, karena mereka yang akan datang kepada Anda.
Strategi Employer Branding
Seperti yang sudah disebutkan di atas, membangun employer branding adalah hal yang tidak mudah. Butuh waktu dan konsistensi untuk bisa membangun dan membuat reputasi perusahaan yang baik dimata semua orang. Kendati demikian, bukan berarti Anda tidak bisa dilakukan.
Ada beberapa strategi employer branding yang bisa Anda lakukan, yaitu:
Membuat Nilai dan Budaya Perusahaan yang Unik & Selaras
Saat Anda ingin merekrut karyawan baru, mempertahankan karyawan, atau mempromosikan tempat kerja, maka Anda harus fokus pada orang-orang yang selaras dengan tujuan perusahaan. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk menciptakan dan menyelaraskan citra perusahaan dengan nilai dan budaya yang sudah dibuat.
Meningkatkan Proses Orientasi Karyawan Baru
Kesan pertama pada masa orientasi karyawan baru tidak dapat diulang kembali. Artinya, jika Anda memberikan kesan terbaik, maka mereka akan dengan senang hati terdorong untuk melibatkan diri dalam setiap aspek di perusahaan. Tentu saja hal ini merupakan bentuk investasi jangka panjang. Jika mereka merasa betah dan nyaman, maka mereka juga akan memberikan dedikasi dan kontribusi terbaiknya untuk perusahaan.
Pengembangan Karyawan Sebagai Strategi Employer Branding
Setiap karyawan pasti ingin karir yang berkembang di tempat kerja mereka. Hal ini tidak hanya untuk kepentingan diri mereka sendiri, tetapi juga untuk kelangsungan perusahaan. Ketika karyawan menjadi lebih handal dalam menyelesaikan pekerjaannya, maka mereka akan semakin produktif dan bisa berkolaborasi dengan divisi lain. Di sisi lain, pengembangan karyawan ini juga bisa meningkatkan kepuasan mereka terhadap tempat kerja.
Promosikan Perusahaan Anda di Berbagai Saluran
Agar perusahaan Anda bisa terdengar dan terlihat oleh banyak orang, maka Anda harus mempromosikan perusahaan di berbagai saluran. Mulai dari website perusahaan, media sosial, situs karir, dan lainnya. Tujuannya adalah untuk mempresentasikan perusahaan dan menampilkan pencapaian serta pengalaman karyawan selama bekerja. Bagikan hal-hal yang baik dan unik tentang perusahaan Anda agar para pencari kerja mengetahui bagaimana rasanya bekerja di situ.
Lacak Prosesnya
Strategi employer branding terakhir adalah melacak prosesnya. Mengukur keberhasilan dari reputasi perusahaan ini penting untuk dilakukan. Anda jadi bisa memahami dampak yang dihasilkan serta menyempurnakan pendekatan jika ada yang tidak sesuai.
Ada beberapa faktor yang bisa dijadikan tolak ukur untuk melacak proses ini, seperti:
- Biaya perekrutan
- Kualitas Perekrutan
- Tingkat penerimaan penawaran kerja
- Tingkat retensi
- Sumber perekrutan
- Tingkat lamaran pekerjaan yang didapatkan dalam satu periode
BACA JUGA: Konsep Program Loyalitas Mana yang Cocok untuk Bisnis Anda?
Tingkatkan Employer Branding Perusahaan Anda Bersama Benefit One Indonesia
Satu hal yang bisa menarik banyak minat pencari kerja adalah adanya program penghargaan karyawan. Program ini dibuat untuk membuat karyawan merasa dihargai dan diakui dalam setiap pencapaian, kontribusi, dan dedikasi yang sudah mereka berikan untuk perusahaan.
Apabila Anda melewatkan program ini, maka bisa menurunkan tingkat kepuasan karyawan. Jika angka tersebut sudah menurun, cepat atau lambat karyawan akan berpindah ke perusahaan lain yang lebih “menghargai” mereka. Tentu Anda tidak ingin hal ini terjadi, bukan?
Oleh karena itu, Anda harus menyelipkan program penghargaan karyawan dalam paket employee benefit. Dimana setiap dedikasi dan kontribusi karyawan akan dihargai dan diakui. Lebih baik lagi jika Anda menggunakan sistem point rewards dari Benefit One Indonesia yang sudah terbukti dampaknya.
Benefit One Indonesia akan memberikan banyak pilihan hadiah atau reward yang bisa Anda berikan kepada karyawan. Tidak hanya itu, kami juga akan membantu Anda dengan solusi pintar yang sudah digabungkan dengan teknologi terkini. Kelebihan lainnya, Anda tidak perlu mengatur atau repot untuk mengurus masalah ini. Semuanya akan diselesaikan oleh tim Benefit One Indonesia.Pilihlah mitra loyalitas yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun dan dipercaya oleh berbagai perusahaan besar dan ternama di seluruh dunia. Anda tertarik untuk menjalin mitra dengan Benefit One Indonesia? Segera hubungi kami melalui WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!