Membangun Brand Community dari Program Loyalitas Pelanggan

Membangun Brand Community dari Program Loyalitas Pelanggan

Tahukah Anda bahwa, program loyalitas pelanggan merupakan sebuah alat yang sangat kuat? Dari program ini, Anda bisa menciptakan brand community yang bisa membantu brand Anda menjadi semakin dikenal banyak orang. Lebih baiknya lagi, Anda bisa meningkatkan customer engagement, retention, dan juga brand advocate.

Disaat yang bersamaan pula, dari brand community, Anda bisa mendapatkan banyak umpan balik, data, dan wawasan yang bisa membantu untuk lebih memahami pelanggan. Apakah Anda sudah membuatnya? Jika belum, simak penjelasan lengkap tentang brand community, mengapa penting untuk bisnis Anda, dan bagaimana cara kerjanya, di bawah ini.

BACA JUGA: Brand Champion Adalah Cara Membangun Bisnis Lebih Optimal

Mengenal Apa itu Brand Community

Brand community digunakan oleh banyak pelaku bisnis untuk menguatkan brand dan berinteraksi dengan pelanggan. Pada prakteknya, membangun komunitas itu seperti mengumpulkan para pelanggan setia yang memiliki minat pada satu merek yang sama sambil bertukar pikiran dan pengalaman.

Lalu apa itu brand community? Secara teori, brand community adalah sebuah tempat dimana orang-orang yang memiliki hubungan emosional dengan sebuah merek dapat terhubung satu sama lain. Mereka adalah kumpulan orang yang mengikuti semua update tentang produk dan/atau layanan terbaru, membagikannya dengan orang lain, dan saling terhubung.

Singkatnya, brand community adalah sebuah komunitas yang terdiri dari pelanggan loyalitas terbaik dari merek bisnis Anda. Namun, komunitas ini tidak bisa membangun brand awareness. Hanya karena seseorang mengetahui dan membeli produk dan/atau layanan dari merek Anda, bukan berarti mereka termasuk dari anggota komunitas tersebut.

Kabar baiknya, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Vanilla Forums menyebutkan bahwa, membangun brand community adalah salah satu kunci untuk mempertahankan pelanggan setia. Hal ini didukung dengan fakta bahwa, 66% pelaku bisnis percaya bahwa, komunitas merek memiliki dampak yang luar biasa untuk membuat pelanggan bertahan.

Mengapa Brand Community Penting untuk Merek Anda?

Mungkin sebagian besar dari pelaku bisnis tidak menyadari bahwa mereka sudah membangun komunitas merek melalui media sosial. Para pengikut atau followers di akun media sosial Anda, bisa disebut sebagai anggota komunitas. Akan tetapi mereka tidak saling terhubung satu sama lain.

Sebuah brand community adalah kumpulan orang-orang yang saling terhubung untuk membicarakan sebuah merek. Tugas Anda adalah untuk mencari komunitas tersebut dan melakukan interaksi dengan mereka. Sejatinya, sebuah komunitas adalah wadah untuk menciptakan keterlibatan dan interaksi antara para anggota yang ada dengan sebuah brand.

Coba bayangkan, Anda memiliki sekelompok orang yang secara teratur menggunakan produk dan/atau layanan dan dapat dihubungi kapan saja. Dari sini Anda sudah bisa menyadari pentingnya brand community, bukan? Kehadiran mereka bisa membantu Anda untuk keperluan pemasaran. Mulai dari launching produk dan/atau layanan baru, fitur baru, berbagai konten blog, hingga mengumpulkan banyak umpan balik, sebelum akhirnya dirilis secara masal.

Kehadiran brand community bisa membantu bisnis Anda untuk membuat sebuah keputusan yang nantinya akan digerakkan oleh pelanggan dan menyebarkannya. Maka dari itu, Anda harus bisa membangun sebuah komunitas yang kuat dan berkembang. Lebih baik lagi jika Anda memiliki program loyalitas pelanggan. Dimana pelanggan akan mendapatkan banyak bentuk apresiasi sesuai dengan apa yang sudah mereka berikan.

Berikut beberapa alasan lain mengapa brand community penting untuk merek Anda, yaitu:

  • Membangun ikatan pelanggan yang kuat
  • Menciptakan saluran untuk pelayanan pelanggan yang efektif
  • Personalisasi pengalaman pelanggan
  • Menyediakan wadah untuk pengujian produk, pemasaran, dan konsep
  • Menghasilkan konten yang dibuat oleh pengguna
Membangun Brand Community dari Program Loyalitas Pelanggan

Bagaimana Brand Community Bisa Membantu Membangun Sebuah Merek?

Apakah Anda mengetahui apa yang membuat pelanggan menjadi setia pada sebuah merek? Umumnya hal ini terjadi karena ada rasa saling percaya satu sama lain, menganut nilai-nilai yang sama, hingga personalisasi pengalaman pelanggan. Hal yang sama juga berlaku di brand community yang bisa berjalan seiring dengan program loyalitas pelanggan.

Anda bisa meningkatkan pengaruh mereka di antara para pelanggan yang bergabung di brand community. Tujuannya untuk membangun hubungan yang lebih baik lagi dengan mereka. Cara yang satu ini tidak semudah teori. Dibutuhkan waktu, usaha, dan strategi yang efektif agar berhasil. Tapi percayalah, bahwa cara ini sangat berharga dan bisa memberikan dampak positif untuk brand Anda.

Lalu bagaimana brand community bisa membantu membangun sebuah merek? Ini penjelasannya:

Co-creation Brand Community

Co-creation atau ko-kreasi melibatkan pelanggan dalam proses kreativitas dan pengembangan produk dan/atau layanan baru dari sebuah bisnis. Tujuannya adalah untuk menciptakan produk dan/atau layanan yang lebih baik lagi, dan meningkatkan loyalitas pelanggan dengan mengajak mereka terlibat serta menjadi bagian dari sebuah merek.

Program ini bisa membantu Anda untuk memahami pandangan pelanggan terkait produk dan/atau layanan dari bisnis. Apabila sebuah brand bisa mendengarkan apa yang dibutuhkan dan diinginkan pelanggan, maka mereka akan merasa dihargai oleh brand tersebut.

Brand Advocacy

Salah satu kelebihan dari program loyalitas adalah bisa memberikan insentif kepada pelanggannya. Bahkan tidak sedikit dari brand yang akan memberikan insentif lebih bagi pelanggan yang mau menyebarkan, merekomendasikan produk dan/atau layanan, hingga merekrut anggota baru.

Brand advocacy sudah menjadi bagian dari brand community. Ketika ada hubungan emosional yang terjalin dengan pelanggan, maka mereka tidak akan berpikir dua kali untuk terlibat lebih jauh. Proses ini disebut sebagai mengubah pelanggan setia menjadi pendukung merek yang didorong oleh hubungan emosional. Selanjutnya, Anda hanya perlu menyiapkan imbalan yang sesuai.

VIP Tier

VIP tier atau tingkatan VIP merupakan sejenis tingkatan anggota dalam program loyalitas pelanggan. Biasanya, anggota yang bergabung akan dikelompokkan menjadi beberapa tingkatan. Bisa dari jumlah uang yang dibelanjakan, jumlah misi yang diselesaikan, dan lain-lain, tergantung kebijakan dari sebuah brand. VIP tier adalah salah satu opsi yang bisa Anda berikan kepada pelanggan setia yang bergabung di brand community.

Misalnya dengan menyatukan pelanggan yang paling setia, lalu menawarkan hadiah eksklusif sebagai imbalannya, memberikan personalisasi pengalaman, hingga akses yang lebih awal untuk setiap produk dan/atau layanan terbaru. Tingkatan ini hanya ditujukan kepada pelanggan yang ingin mendapatkan hal berbeda dari yang lainnya. Singkatnya, hal ini bisa menimbulkan rasa eksklusivitas dan prestige di antara pelanggan.

Brand Community Berdasarkan Gamifikasi

Anda juga bisa menggunakan pendekatan gamifikasi untuk memberikan pengalaman berbeda, unik, dan seru kepada pelanggan. Pendekatan ini juga membantu Anda untuk berinteraksi kepada pelanggan dengan cara unik, sekaligus mendorong mereka untuk lebih terlibat. Nantinya, Anda akan mendapatkan banyak data, informasi, dan wawasan yang berharga.

Pendekatan gamifikasi sangat bagus diterapkan di brand community. Mengapa? Sebab bisa membuat program loyalitas menjadi lebih menarik dan mendorong perilaku berulang yang diinginkan. Terlebih jika target pasar Anda adalah generasi muda seperti generasi millenial dan gen Z.

BACA JUGA: Brand Advocate Adalah Cara Terbaik Promosikan Bisnis Anda

Membangun Brand Community Bersama Benefit One Indonesia

Intinya, brand community bisa digunakan untuk memperkuat identitas merek dan juga mendorong rasa kepemilikan di antara pelanggan yang bisa menciptakan rasa loyalitas. Dalam hal ini, sangat penting agar pelanggan bisa membangun hubungan emosional yang positif baik dengan komunitas atau bisnis. Sehingga merek Anda akan berada di top of mind mereka.

Pendekatan terbaik untuk menciptakan brand community adalah dengan memberikan personalisasi pengalaman dan menawarkan hadiah atau reward yang sesuai untuk meningkatkan loyalitas dalam jangka waktu lama. Anda bisa mempercayakan Benefit One Indonesia untuk membantu Anda mengatasi masalah tersebut.

Benefit One Indonesia hadir sebagai Solusi Digital Loyalty Terlengkap untuk bisnis Anda. Kami hadir untuk membantu Anda membangun loyalitas pelanggan, mendorong tim penjualan, meningkatkan kedekatan dengan karyawan dan pelanggan, hingga memberikan solusi dan pilihan hadiah yang beragam.

Kami sudah berpengalaman sejak 2014 dan sudah dipercaya oleh lebih dari ratusan perusahaan besar di seluruh dunia. Kami menawarkan solusi pintar untuk menjaga koneksi atau kerjasama Anda dengan mitra bisnis.Cari sistem reward digital? Dapatkan loyalitas dan penghargaan tanpa batas dengan menggunakan aplikasi kami. Tunggu apa lagi? Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!