7 Strategi Membangun Budaya Perusahaan yang Green Flag

7 Strategi Membangun Budaya Perusahaan

Siapa sangka jika membangun budaya perusahaan itu tidak bisa diselesaikan dalam satu waktu. Butuh waktu yang lama dan serangkaian trial and error yang dilalui. Hal ini merupakan bagian integral dari kesuksesan bisnis yang nantinya akan mempengaruhi segala hal. Mulai dari menarik talenta baru, retensi karyawan, keterlibatan karyawan, hingga kepuasan karyawan.

Namun untuk membangun budaya perusahaan yang green flag atau positif memerlukan banyak hal. Dalam artikel kali ini kami akan menguraikan apa saja yang dibutuhkan untuk membangun tempat kerja yang menyenangkan dan sehat untuk seluruh karyawan Anda.

BACA JUGA: Seperti Apa Employee Value Proposition yang Baik?

Apa Itu Budaya Perusahaan?

Apa Itu Budaya Perusahaan?

Satu hal yang perlu digaris bawahi adalah budaya perusahaan yang positif bukan bagian dari benefit yang harus diterima oleh karyawan. Melainkan bagian dari inti perusahaan yang akan menentukan kesuksesan dan kemajuan di masa mendatang. Bukan bagian dari visi dan misi perusahaan yang mendefinisikan tujuan dan aspirasi.

Apa itu budaya perusahaan? Adalah nilai, perilaku, dan norma yang menjadi satu panduan untuk membentuk bagaimana cara karyawan berinteraksi dan bekerja sama. Mencakup nilai-nilai inti perusahaan, gaya kepemimpinan para atasan, lingkungan tempat kerja, serta tradisi perusahaan.

Sebuah budaya perusahaan yang kuat akan mendorong keterlibatan, inovasi, dan kolaborasi yang nyata. Hal ini nantinya akan mempengaruhi bagaimana cita-cita yang tercantum dalam visi misi beruba menjadi nyata dalam kegiatan sehari-hari.

Tanpa disadari, ternyata aspek penting ini sangat mempengaruhi bagaimana Anda dan karyawan lainnya dalam melakukan pengambilan keputusan, komunikasi dengan sesama rekan kerja, pengalaman karyawan selama bekerja dari awal masa orientasi hingga nantinya harus keluar, serta menjadi pendorong kesuksesan dan kemajuan bisnis.

Mengapa Membangun Budaya Perusahaan Itu Sangat Penting?

Mengapa Membangun Budaya Perusahaan Itu Sangat Penting?

Ada banyak manfaat luar biasa yang akan Anda dapatkan dari membangun budaya perusahaan yang green flag. Berikut beberapa manfaat yang perlu diingat, dikutip dari beberapa penelitian. Yaitu:

  • Karyawan yang merasa terhubung dengan budaya perusahaan, akan 3,7 kali lebih terlibat. 68% dari mereka juga memiliki kemungkinan yang kecil untuk merasa lelah
  • Dapat meningkatkan kepuasan karyawan dan 95% diantaranya tidak memiliki niatan untuk mencari pekerjaan baru di tempat lain
  • Karyawan menganggap perusahaan dengan budaya yang positif 10 kali lebih penting daripada gaji yang mereka terima setiap bulan
  • Perusahaan dengan budaya kerja yang kuat akan menikmati keuntungan 60% lebih tinggi dari pada perusahaan rata-rata

Fakta lain menyebutkan bahwa, karyawan yang merasa dihargai dan diakui lebih mungkin untuk tetap terlibat dan berkomitmen. Hal ini tentu menunjukkan bahwa karyawan juga memerlukan validasi untuk memenuhi kebutuhan emosional di luar kompensasi finansial.

Terlebih saat ini ada banyak tipe pekerjaan yang bisa dilakukan. Seperti Work From Office atau WFO, dan/atau remote. Meskipun tanpa interaksi tatap muka, perusahaan harus memiliki niat untuk membina hubungan, kolaborasi, dan nilai-nilai bersama. Jika Anda berinvestasi untuk membangun budaya perusahaan yang kuat, artinya Anda juga sedang membangun SDM yang berkembang, di manapun mereka berada.

Tanda-tanda Anda Sudah Membangun Budaya Perusahaan yang Green Flag

Tanda-tanda Anda Sudah Membangun Budaya Perusahaan yang Green Flag

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa, budaya perusahaan memegang peranan penting dalam membuat karyawan terlibat, produktivitas, dan tingkat retensi. 

Tanda-tanda Anda sudah membangun budaya perusahaan yang green flag adalah:

  • Adanya Keamanan Psikologis: karyawan merasa aman untuk menyuarakan pendapat mereka tanpa takut adanya serangan balik dari rekan kerja atau atasan
  • Adanya Pengakuan Karyawan: perusahaan juga perlu memberikan bentuk pengakuan dan penghargaan secara rutin atas dedikasi dan kontribusi yang diberikan
  • Komunikasi yang Terbuka: para atasan atau pemimpin mendorong transparansi dan umpan balik yang konstruktif
  • Memiliki Rasa Tujuan yang Kuat: karyawan merasa selaras dan sejalan dengan nilai dan misi perusahaan
  • Pertumbuhan dan Pengembangan Karyawan: karyawan memiliki kesempatan untuk belajar dan berkembang dalam karir mereka

Strategi Membangun Budaya Perusahaan yang Green Flag

Strategi Membangun Budaya Perusahaan yang Green Flag

Tahukah Anda bahwa, budaya perusahaan yang hebat itu tidak terjadi dalam satu malam atau secara kebetulan? Aspek penting ini sengaja dibangun untuk mendorong keterlibatan, retensi, dan kesuksesan bisnis secara keseluruhan. Seperti apa strategi yang bisa Anda gunakan? Di antaranya:

Memasukkan Misi & Nilai-nilai Dalam Pekerjaan Sehari-hari

Strategi membangun budaya perusahaan yang green flag pertama adalah dengan memasukkan misi dan nilai-nilai dalam pekerjaan sehari-hari. Maksudnya, setiap hal yang dilakukan oleh seluruh lapisan karyawan harus mencerminkan dua poin tersebut. Sebab, misi dan nilai-nilai inilah yang nantinya akan membentuk pekerjaan yang dilakukan.

Misalnya, jika nilai perusahan adalah integritas, kejujuran, pengakuan, dan kerjasama tim, maka karyawan harus merasakan bahwa perusahaan memberikan hal tersebut kepada mereka. Disaat yang bersamaan, karyawan juga harus merasa diberdayakan untuk melakukan kolaborasi dengan rekan kerja atau orang lain secara sehat, serta memberikan pengakuan secara adil.

Memimpin dengan Memberikan Contoh untuk Membangun Budaya Perusahaan

Membangun budaya perusahaan yang green flag merupakan latihan dari atas ke bawah. Artinya, jika karyawan melihat pemimpin mereka bekerja keras, mengenali orang-orang di sekitar mereka, memberikan pengakuan dan penghargaan kepada orang-orang, dan bersikap secara jujur, adil, dan transparan, maka karyawan pun akan mengikuti perilaku tersebut.

Sebagai atasan, Anda juga harus mengimplementasikan misi dan nilai-nilai tersebut untuk dicontoh oleh tim dan karyawan lainnya. Sehingga nantinya akan memperkuat perilaku dan mereka pun cenderung melakukannya secara berulang. 

Kumpulkan & Manfaatkan Umpan Balik

Selanjutnya, Anda juga harus mencari tahu bagaimana cara meningkatkan budaya di tempat kerja. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan survei kepada seluruh karyawan. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan banyak data dan wawasan terkait aspek penting ini. Semakin banyak pengetahuan yang didapat, maka semakin mudah untuk membangun budaya perusahaan yang akan menjangkau semua lapisan karyawan.

Berikan Tujuan Untuk Setiap Orang Di Tempat Kerja

Faktanya, ketika karyawan merasa bahwa apa yang mereka lakukan itu memiliki peran dan tujuan yang penting, maka kualitas kerja mereka akan meningkat sampai 30%. Strategi ini dapat memberikan dampak yang efektif apabila Anda:

  • Menjelaskan dan mengkomunikasikan kepada seluruh karyawan bagaimana pekerjaan yang mereka lakukan sangat berkontribusi pada tujuan yang hendak dicapai
  • Menciptakan peluang untuk pembelajaran dan pengembangan, sehingga mereka merasa bergerak ke suatu tempat dalam karir mereka
  • Memberikan penghargaan dan pengakuan atas pekerjaan baik, dedikasi, dan kontribusi yang sudah diberikan oleh karyawan
  • Mengizinkan karyawan untuk terlibat dalam pengambilan keputusan dan arah perusahaan

Mempromosikan Keberagaman, Inklusivitas, dan Keselamatan Di Tempat Kerja

Untuk membangun budaya perusahaan yang green flag, Anda juga harus menciptakan tempat kerja yang inklusif. Dimana semua orang dari beragam latar belakang diterima dan didukung. Sebagai atasan atau pemimpin mereka, jangan sampai Anda menganggap remeh atau mengabaikan keluhan apapun dari karyawan. Tujuannya adalah untuk memastikan semua orang merasa aman di tempat kerja dengan menetapkan kebijakan tanpa toleransi.

Memprioritaskan Fleksibilitas untuk Membangun Budaya Perusahaan

Tidak semua perusahaan di setiap industri dapat menawarkan pekerjaan jarak jauh atau hybrid. Namun bukan berarti tidak ada cara untuk memberikan fleksibilitas kepada mereka untuk work-life balance yang baik. Anda bisa memberikan:

  • Lokasi kerja yang fleksibel
  • Waktu kerja yang fleksibel
  • Cuti berbayar yang tidak terbatas sesuai dengan kebijakan masing-masing perusahaan
  • Jumlah hari kerja yang disesuaikan dengan kebutuhan
  • Pembagian pekerjaan yang adil berdasarkan jobdesc

Serta masih banyak lagi penawaran fleksibilitas yang bisa Anda berikan. Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan perusahaan dan karyawan.

Lalu apa untungnya memberikan fleksibilitas seperti ini? Tujuannya adalah untuk membuktikan kepada karyawan bahwa Anda mempercayai mereka dan peduli dengan kehidupan pribadi di luar waktu kerja. Penelitian menunjukkan bahwa, fleksibilitas di tempat kerja dapat menghasilkan kebahagiaan tiga kali lipat lebih besar.

Mengimplementasikan Program Penghargaan dan Pengakuan Karyawan

Satu lagi strategi membangun budaya perusahaan yang green flag adalah dengan mengimplementasikan program penghargaan dan pengakuan karyawan. Sebab pada dasarnya, merasa diakui dan dihargai adalah kunci dari budaya yang sehat. Bentuk pengakuan yang sesuai dapat membuat karyawan lima kali lebih terhubung dengan perusahaan, serta meningkatkan loyalitas mereka tiga kali lipat.

Anda dapat bekerja sama dengan perusahaan pihak ketiga untuk menyediakan platform program penghargaan karyawan yang menarik dan solutif, serta dapat memberikan berbagai macam rewards yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan karyawan.

BACA JUGA: Kesalahan dalam Budaya Pengakuan Karyawan Di Tempat Kerja dan Solusinya

Membangun Budaya Perusahaan yang Green Flag Bersama Benefit One Indonesia

Banyak orang menghabiskan sebagian besar hidupnya di tempat kerja. Sehingga sangat penting untuk Anda membangun sebuah tempat kerja yang menyenangkan untuk mereka. Dalam hal inilah budaya perusahaan sangat berperan penting. Budaya yang dapat mengakui dan menghargai karyawan akan membuat mereka merasa aman, senang, dan loyalitas. Anda tentu menginginkan hal ini, bukan?

Untuk mengembangkan tempat kerja yang mendukung, maka perusahaan harus menetapkan nilai-nilai yang jelas, mendorong inklusivitas, berinvestasi pada pengalaman karyawan, serta memanfaatkan teknologi untuk mempertahankan keterlibatan mereka. Platform program penghargaan karyawan dari Benefit One Indonesia dapat membantu Anda memecahkan masalah ini.

Sebagai one stop solution, Benefit One Indonesia tidak hanya memberikan platform saja. Tetapi juga berbagai macam rewards yang dapat membuat karyawan terus terlibat dan produktif. Anda pun dapat melacak kemajuan setiap karyawan dari aplikasi ini. Setiap progress yang tercatat, Anda akan mendapatkan data dan wawasan untuk mengenali setiap karyawan.

Tim Benefit One Indonesia pun akan memberikan laporan inovatif dan solutif untuk kemajuan dan kesuksesan perusahaan Anda. Penasaran? Anda dapat menghubungi WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim kami. Cari tahu bagaimana Benefit One Indonesia dapat membantu untuk membangun budaya perusahaan yang green flag.