Menjaga penawaran Anda tetap segar dan menarik bagi pelanggan sangatlah penting untuk dilakukan. Terutama bagi mereka yang bergabung dalam program loyalitas pelanggan. Di sinilah pay with points atau membayar dengan poin benar-benar menonjol.
Dengan kata lain, Anda bisa mengubah program loyalitas pelanggan menjadi suatu alat yang ampuh untuk meningkatkan pendapatan bisnis. Sebab mengetahui nilai sebenarnya dari poin loyalitas sangatlah penting. Bukan hanya sekedar menawarkan hadiah besar kepada pelanggan, tetapi juga memberikan sesuatu yang berharga tanpa harus mengeluarkan biaya berlebih.
BACA JUGA: Poin Reward Pelanggan: Cara Mengaplikasikan, Dampak Buruk, & Solusinya
Apa itu Pay With Points?
Mekanisme pembayaran dengan poin atau pay with points adalah sebuah fitur strategis dalam program loyalitas pelanggan yang dibentuk untuk meningkatkan keterlibatan dan retensi dengan memungkinkan anggota agar terus menggunakan poin loyalitas yang sudah terkumpul sebagai mata uang saat bertransaksi.
Pay with points memngkinkan pelanggan setia untuk menukarkan poin yang sudah dikumpulkan untuk membayar sebagian atau seluruh biaya pembelian, layanan, atau pengalaman, yang secara efektif terintegrasi dengan sistem berbasis hadiah ke dalam proses transaksi.
Di sisi lain, mekanisme pembayaran ini merupakan hal yang menguntungkan bagi kedua belah pihak. Pelanggan dan perusahaan. Bagi pelanggan, hal ini merupakan kesempatan yang menggiurkan untuk memperluas kemampuan belanja mereka sembari memanfaatkan poin yang sudah terkumpul, yang bisa ditukarkan sebagai alat pembayaran. Sedangkan bagi perusahaan, opsi ini dapat membantu mengurangi tantangan yang berkaitan dengan insentif loyalitas lainnya.
Fitur Utama Dalam Pay With Points
Sederhananya pay with points adalah fitur program loyalitas yang memungkinkan pelanggan menukarkan poin yang terkumpul dengan hadiah, diskon, atau bahkan uang untuk transaksi. Dalam program loyalitas, fitur ini juga yang paling populer karena memberikan manfaat nyata bagi pelanggan atas kesetiaan yang mereka berikan.
Berikut beberapa fitur utama dalam pay with points, di antaranya adalah:
Proses Penukaran yang Mudah
Fitur pertama dari pay with points adalah proses penukaran yang mudah. Tentu pelanggan menginginkan kemudahan dan kenyamanan dalam menukarkan poin untuk pembayaran transaksi. Oleh karena itu, ada baiknya untuk membuat proses penukarannya sederhana dan mudah. Pastikan Anda juga memberikan informasi singkat terkait proses penukaran ini.
Personalisasi
Personalisasi adalah fitur pay with points lainnya yang dapat membuat pelanggan dihargai. Anda bisa memberikan personalisasi melalui penawaran diskon atau hadiah berdasarkan riwaya pembelian atau preferensi pelanggan. Dengan begitu Anda bisa memberikan pengalaman yang unik dan bermakna bagi mereka.
Sistem Poin yang Transparan
Sistem poin yang transparan sangat penting untuk membangun kepercayaan dan kredibilitas dengan pelanggan. Dalam hal ini, mereka ingin memahami bagaimana poin diperoleh dan ditukarkan, serta nilai dari setiap poin yang dikumpulkan. Anda harus bisa menyediakan sistem poin yang jelas, transparan, dan mudah dimengerti. Lalu berikan pembaruan rutin mengenai saldo dan aktivitas poin pelanggan baik sebelum atau sesudah melakukan transaksi. Tujuannya adalah untuk membangun kepercayaan dan mendorong keterlibatan lebih dalam.
Fleksibilitas
Satu lagi fitur pay with points yang perlu Anda perhatikan adalah fleksibilitas. Artinya, Anda harus menawarkan fleksibilitas pada saat pelanggan ingin menukarkan poin mereka dengan berbagai hadiah. Termasuk di antaranya diskon, produk gratis, cahsback saat melakukan transaksi, atau saat pembayaran dalam jaringan mitra. Berikan pilihan penukaran pada pelanggan, seperti secara online atau melalui toko fisik. Buatlah pengalaman yang menyenangkan dan lebih nyaman bagi mereka.
BACA JUGA: Bagaimana Cara Kerja E-Voucher? Kustomisasi & Personalisasi Kupon Untuk Pelanggan Anda
Tingkatkan Pay With Points dalam Program Loyalitas Anda Bersama Benefit One Indonesia
Pay with points merupakan fitur yang dapat menciptakan dan memberikan pengalaman unik dan berarti bagi pelanggan jika dilakukan dengan baik. Dengan menggabungkan fitur utama seperti yang dijelaskan di atas, Anda bisa memupuk hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan dan memberikan mereka pilihan untuk membelanjakan uangnya sesuai keinginan. Dimana pada akhirnya dapat mengarah pada peningkatan keterlibatan dan loyalitas.
Apakah Anda sedang mencari mitra loyalitas? Percayakan saja kepada Benefit One Indonesia sebagai one stop solution untuk bisnis Anda. Kami bisa membantu meningkatkan pay with points dengan memberikan banyak pilihan hadiah, seperti hadiah fisik dan digital. Selain itu, kami juga bisa membantu untuk mendorong lebih banyak keterlibatan.
Tidak hanya untuk pelanggan setia saja, Anda juga bisa menggunakannya untuk program loyaltias karyawan. Tim Benefit One Indonesia juga akan memberikan solusi inovatif, laporan, dan wawasan terkait data pelanggan atau karyawan yang Anda butuhkan.Tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan, dan bisa langsung terhubung dengan sistem manajemen bisnis Anda melalui API. Tunggu apalagi, cari tahu bagaimana Benefit One Indonesia bisa membantu bisnis Anda sekarang! Hubungi kami melalui WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang! Cari tahu bagaimana kami bisa membantu bisnis Anda.