Poin Reward Pelanggan: Cara Mengaplikasikan, Dampak Buruk, & Solusinya

Poin Reward Pelanggan: Cara Mengaplikasikan, Dampak Buruk, & Solusinya

Pada dasarnya, pelanggan itu didorong oleh tujuan mereka. Dan ketika ada sebuah perusahaan atau bisnis tertentu yang bisa membantu untuk mencapai tujuan tersebut, maka mereka akan menunjukkan kesetiaannya. Nah, salah satu cara untuk mengikat kesetiaan mereka itu adalah dengan menggunakan poin reward pelanggan.

Mungkin dulu belum banyak bisnis yang mengadopsi sistem poin reward pelanggan ini. Namun sekarang setelah bisnis mengalami perkembangan setiap tahunnya, semakin banyak pelaku usaha yang menerapkan sistem tersebut. Lalu, bagaimana cara yang tepat agar pelanggan mau terlibat dengan sistem poin loyalitas ini? Apa yang terjadi jika pelanggan tidak menggunakan sisa poin loyalitas yang sudah didapatkan?

Simak penjelasan selengkapnya di artikel bawah ini.

BACA JUGA: Strategi Penghargaan Loyalitas Pelanggan, Solusi Modern Mempertahankan Pelanggan Setia

Apa itu Poin Reward Pelanggan?

Sebelumnya, mari kita membahas sedikit terkait apa itu poin reward pelanggan. Pada prakteknya, sistem poin ini merupakan bagian dari sebuah program loyalitas yang berbasis poin dirancang untuk meningkatkan keterlibatan dan pembelian pelanggan dengan memberikan imbalan seperti diskon dan manfaat lainnya.

Sebanyak 68% pelanggan setia akan bergabung dengan sebuah program loyalitas dari sebuah merek jika ada penawaran menarik. Seperti hadiah atau insentif lainnya yang bisa mendorong mereka untuk melanjutkan pembelian secara berulang. Dengan memberikan poin reward pelanggan, mereka akan cenderung membelanjakan lebih banyak uang untuk menukarkannya dengan hadiah yang ditawarkan.

Tentu saja sebagai pelaku bisnis, hal ini tidak boleh dilewatkan begitu saja. Manfaatkan hal ini untuk mengikat pelanggan setia agar bisa terus memberikan keuntungan bisnis untuk kedua belah pihak. Lalu, seperti apa cara yang tepat untuk mengaplikasikan sistem poin reward pelanggan ini?

Cara Mengaplikasikan Poin Reward Pelanggan

Dalam menjalankan pemasaran sebuah bisnis, program loyalitas sudah terbukti menjadi salah satu taktik yang paling efektif untuk meningkatkan pendapatan dan kesetiaan pelanggan. Bahkan, 84% pelanggan menyebutkan bahwa mereka akan setia pada sebuah brand yang mampu menawarkan program tersebut. Kemudian sebanyak 66% menyebutkan bahwa, imbalan yang diberikan bisa mengubah pola perilaku belanja mereka.

Berikut beberapa cara mengaplikasikan poin reward pelanggan secara efektif. Di antaranya adalah:

Poin untuk Mengikuti Media Sosial

Apakah bisnis Anda memiliki beberapa akun media sosial? Manfaatkan hal ini untuk menarik pengikut dan pelanggan baru. Ajak orang-orang untuk mengikuti media sosial dan mengunduh aplikasi bisnis Anda. Minta mereka untuk mengunggah bukti bahwa sudah mengikuti media sosial, dan berikan sejumlah poin untuk setiap satu akun yang diikuti.

Pendaftar Baru Berhak Mendapatkan Poin

Berikanlah sejumlah poin untuk pelanggan yang sudah mengunduh aplikasi dan mendaftarkan dirinya pada program loyalitas Anda. Anggap saja sebagai ucapan terima kasih dan selamat bergabung. Jangan lupa menjelaskan kepada mereka terkait tata cara serta syarat dan ketentuan yang berlaku. Tujuannya adalah agar mereka mengerti bagaimana cara mendapatkan poin reward pelanggan.

Memberikan Poin Reward Pelanggan Ketika Belanja Online

Pastikan aplikasi bisnis Anda bisa memudahkan pelanggan untuk melakukan pembelian. Berikan sejumlah poin reward pelanggan ketika mereka melakukan transaksi. Disini Anda bisa memberikan beberapa ketentuan. Seperti untuk pembelian pertama, untuk pembelian dengan nominal tertentu, atau untuk pembelian produk tertentu.

Referral Poin Reward Pelanggan

Anda juga bisa memberikan sejumlah poin untuk pelanggan yang sudah merekomendasikan brand ke orang lain. Berikan pelanggan sebuah kode referral unik yang bisa dibagikan ke banyak orang. Nantinya, pelanggan akan mendapatkan poin setiap kode tersebut digunakan.

Menggunakan Fitur Gamifikasi

Gamifikasi sudah terbukti menjadi salah satu fitur yang bisa membuat pelanggan tertarik dan meningkatkan keterlibatan. Fitur ini sudah banyak diadopsi oleh berbagai bisnis. Jika Anda belum melakukannya, maka sekarang adalah saatnya. Ajak pelanggan untuk memainkan sejumlah permainan yang disediakan dan berikan sejumlah poin untuk setiap kemenangan.

Poin Reward Pelanggan Kejutan

Satu lagi cara mengaplikasikan poin reward pelanggan adalah dengan memberikannya sebagai kejutan. Misalnya ketika saat bisnis Anda merayakan hari jadi, ketika pelanggan berulang tahun, ketika pelanggan melakukan pembelian kesekian kalinya, atau hal-hal lain yang bisa memberikan pendekatan personal. Sejatinya pelanggan menyukai kejutan dan cara ini bisa membuat mereka senang serta meningkatkan kepuasan.

Poin Reward Pelanggan: Cara Mengaplikasikan, Dampak Buruk, & Solusinya

Dampak Poin Reward Pelanggan yang Tidak Digunakan

Poin reward pelanggan yang sudah dikumpulkan dan diakumulasikan nantinya bisa ditukarkan dengan hadiah yang mereka inginkan. Namun, apa yang akan terjadi ketika ada sisa poin yang tidak bisa ditukarkan dan dibiarkan begitu saja?

Kita ambil contoh, pelanggan A memiliki 5000 total poin yang ingin ditukarkan dengan hadiah sebuah produk tertentu dengan poin 3500. Artinya, setelah poin tersebut ditukarkan, pelanggan A masih memiliki sisa 1500 poin. Akan tetapi karena pelanggan A sudah mendapatkan hadiah yang diinginkannya, ia tidak akan menukarkannya dengan hadiah lain. Dengan kata lain, pelanggan A akan membiarkan 1500 poin yang tersisa begitu saja.

Mungkin hal ini terlihat sepele. Tapi bagaimana jika ada banyak pelanggan yang melakukan hal sama? Membiarkan sisa poin yang dimilikinya begitu saja? Menurut sebuah studi, hal ini bisa memberikan dampak buruk untuk kelangsungan sebuah bisnis dan juga pelanggan. Seperti:

Dampak Bagi Bisnis

  • Bisa mengacaukan keuangan bisnis sehingga pengambilan keputusan untuk langkah selanjutnya bisa terganggu
  • Menahan dana atau resources yang bisa digunakan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan atau perkembangan bisnis selanjutnya
  • Kehilangan pendapatan dan/atau peluang pemasaran karena tidak berhasil merubah poin yang sisa menjadi sebuah keuntungan
  • Keefektifan program loyalitas yang dijalankan akan berkurang dan bisa merubah status prioritas dalam bisnis

Dampak Bagi Pelanggan

  • Pelanggan akan merasa kecewa karena tidak bisa menukarkan sisa poin yang ada. Hal ini terjadi karena tidak adanya hadiah dengan poin rendah atau setara dengan jumlah poin yang tersisa
  • Pelanggan bisa meninggalkan program loyalitas karena tidak bisa menggunakan seluruh poin yang sudah dikumpulkan
  • Pelanggan kehilangan insentif dan benefit yang menguntungkan dari program loyalitas ini dan bisa membuat mereka merasa tidak dihargai
  • Bisa merusak kepercayaan pelanggan terhadap sebuah brand dan program loyalitas yang diikutinya
  • Adanya potensi untuk berpindah ke program loyalitas dari brand lain karena merasa tidak dihargai

BACA JUGA: 7 Cara Mudah Membangun Customer Loyalty dari Nol untuk Bisnis Anda

Atasi Masalah Sistem Poin Reward Pelanggan Bersama Benefit One Indonesia

Memang pada prakteknya, akan ada beberapa poin yang tersisa. Namun untuk menghindari kerugian dalam jumlah yang besar, Anda bisa menerapkan beberapa solusi terbaik. Seperti:

  • Menjelaskan semua aturan, tata cara, syarat dan ketentuan, serta hal lain yang perlu diketahui terkait sistem poin reward pelanggan secara terbuka dan transparansi. Buatlah informasi sedetail mungkin dan sebarkan di setiap saluran komunikasi yang Anda miliki
  • Memberikan beragam pilihan hadiah. Pastikan ada hadiah dengan poin tertinggi dan terendah agar semua pelanggan bisa menukarkannya. Jika perlu, berikan opsi alternatif untuk sisa poin yang tidak bisa digunakan
  • Buat sistem penukaran hadiah yang sederhana dan mudah untuk dilakukan
  • Menerapkan fitur gamifikasi dan personalisasi untuk mendorong keterlibatan pelanggan
  • Mengatur masa kadaluarsa poin reward pelanggan agar bisa menimbulkan rasa urgensi tanpa memberikan tekanan

Semua solusi itu bisa Anda dapatkan jika bekerja sama dengan mitra loyalitas yang sudah terpercaya dan berpengalaman di bidangnya. Seperti Benefit One Indonesia yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun dan sudah dipercaya oleh berbagai perusahaan besar di seluruh dunia.

Tim Benefit One Indonesia tidak hanya memberikan beberapa solusi di atas, akan tetapi juga memberikan insight yang bisa membantu bisnis Anda berkembang. Tidak hanya untuk pelanggan, program loyalitas dari Benefit One Indonesia juga bisa Anda gunakan untuk meningkatkan keterlibatan karyawan.Tertarik untuk mencobanya? Langsung saja hubungi kami melalui WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!