Strategi penghargaan loyalitas pelanggan merupakan salah satu cara agar bisa terus bertahan di tengah persaingan industri bisnis yang semakin ketat. Tujuannya adalah untuk mendapatkan keunggulan kompetitif dan juga membuat pelanggan lebih terlibat serta terhubung dengan bisnis Anda.
Sayangnya, menyusun dan mengimplementasikan strategi penghargaan loyalitas pelanggan bukanlah hal yang mudah. Jika tidak dilakukan dengan benar dan seksama, bisa-bisa hal ini malah balik merugikan bisnis Anda. Maka dari itu, mari kita pelajari apa saja kesalahan umum yang sering terjadi hingga bagaimana cara membuat strategi yang menguntungkan untuk bisnis Anda. Selengkapnya ada di bawah ini!
BACA JUGA: Konsep Program Loyalitas Mana yang Cocok untuk Bisnis Anda?
Sekilas Tentang Strategi Penghargaan Loyalitas Pelanggan
Tahukah Anda bahwa, program loyalitas pelanggan sudah ada sejak beberapa dekade tahun lalu? Selain sebagai alat promosi bisnis, program ini juga digunakan untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan. Bahkan tidak sedikit perusahaan yang rela mengeluarkan budget lebih untuk membuat program ini unggul dibandingkan kompetitornya.
Salah satunya adalah dengan menggunakan strategi penghargaan loyalitas pelanggan. Dimana perusahaan akan memberikan hadiah atau reward kepada pelanggan atas dukungan yang sudah diberikannya selama ini. Biasanya, program loyalitas memiliki sistem pengumpulan poin digital.
Dimana setiap pelanggan yang melakukan transaksi dengan jumlah minimal tertentu akan mendapatkan poin. Nantinya dari transaksi berulang tersebut, pelanggan akan mendapatkan poin dengan jumlah yang sudah ditentukan. Semakin banyak poin yang dikumpulkan, maka pelanggan berhak menukarkannya dengan hadiah yang mereka inginkan.
Namun pada prakteknya, strategi penghargaan loyalitas pelanggan ini malah banyak disalahartikan hingga bahkan banyak perusahaan yang salah dalam menerapkannya. Sebut saja menjadikan pemberian hadiah tersebut sebagai promosi untuk jangka pendek. Hasilnya, Anda hanya akan mendapatkan keterlibatan, pendapatan, hingga value dari pemberian hadiah tersebut dalam waktu yang singkat.
Lalu kesalahan umum apa saja yang harus dihindari saat menyusun dan mengimplementasikan strategi penghargaan loyalitas pelanggan?
Manfaat dari Penerapan Strategi Penghargaan Loyalitas Pelanggan yang Efektif
Sejatinya, strategi penghargaan loyalitas pelanggan adalah bagian dari program loyalitas yang kompleks. Namun di sisi lain, strategi ini bisa menjadi sangat efisien untuk membangun loyalitas pelanggan. Sebab, program ini mendorong mereka untuk melakukan pembelian secara berulang hingga bisa mendapatkan hadiah atau reward yang mereka inginkan.
Hasil dari penerapan strategi penghargaan loyalitas pelanggan ini akan membuat brand bisnis Anda berada di benak mereka dan juga menjadi bagian dari kehidupan mereka. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan, meliputi:
- Meningkatkan retensi pelanggan
- Angka customer lifetime value yang lebih tinggi
- Keterlibatan pelanggan meningkat
- Memberikan keuntungan yang lebih besar
- Peningkatan advokasi merek
- Bertambahnya pelanggan setia dan baru
- Menciptakan dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan
- Mendorong pemasaran word-of-mouth
- Membuat pelanggan merasa dihargai
- Memotivasi kebiasaan pelanggan
Kesalahan Umum yang Harus Dihindari Saat Menyusun Strategi Penghargaan Loyalitas Pelanggan dan Solusinya
Perlu diketahui dan digaris bawahi bahwa, membuat strategi penghargaan loyalitas pelanggan bukanlah hal yang mudah. Terutama jika Anda tidak memperhatikan dampak jangka panjangnya. Akan tetapi, jika Anda memiliki tools yang tepat hingga sumber daya yang mendukung, maka strategi ini bisa diimplementasikan dengan mudah dan efektif.
Hal lain yang perlu diperhatikan adalah ide ketika ingin menyusun strategi penghargaan loyalitas pelanggan tersebut. Pastikan Anda menyisipkan value pada setiap reward yang diberikan agar bisa membuat pelanggan setia lebih lama. Berikut beberapa kesalahan umum yang harus dihindari, yaitu:
- Menetapkan hadiah utama yang terlalu mewah sehingga membuat kesan bahwa hadiah tersebut tidak dapat dicapai
- Mengabaikan preferensi dan kebiasaan belanja pelanggan
- Tidak mendengarkan apa yang diinginkan oleh pelanggan
- Tidak melakukan penelitian terlebih dulu sebelum menetapkan hadiah
- Kurangnya komunikasi dengan pelanggan
- Hadiah yang diberikan tidak cukup untuk melampaui ekspektasi pelanggan
- Memberikan hadiah yang sama dengan kompetitor
- Proses penukaran hadiah yang terlalu rumit dan panjang
Lantas, bagaimana cara mengatasi kesalahan umum tersebut jika sudah terlanjur terjadi?
Ketika Anda menetapkan hadiah utama yang terlalu tinggi, maka Anda perlu menurunkan nilai dari hadiah tersebut. Lalu sesuaikan juga dengan budget serta pengeluaran pelanggan Anda. Misalnya, Anda menetapkan hadiah utama mobil mewah. Sedangkan bisnis Anda bergerak di bidang food and beverage dan pengeluaran pelanggan Anda tidak terlalu banyak.
Jika hal ini terus dilakukan, besar kemungkinan pelanggan akan kehilangan minat untuk mengikuti strategi penghargaan loyalitas pelanggan yang sudah Anda siapkan sedemikian rupa. Oleh karena itu, Anda bisa menurunkan nilai hadiahnya. Contohnya dengan memberikan promo buy one get one, atau potongan harga untuk item tertentu.
Jangan lupa untuk melakukan penelitian sebelum menyusun strategi penghargaan loyalitas pelanggan ini. Sebab dari hasil penelitian tersebut, Anda bisa mengetahui preferensi pelanggan, latar belakang mereka, dan banyak hal yang bisa dijadikan sebagai faktor penentu.
Langkah-langkah Menyusun Strategi Penghargaan Loyalitas Pelanggan
Program loyalitas pelanggan merupakan sebuah mekanisme taktis yang bisa membantu untuk mengubah perilaku pelanggan. Bahkan dengan program ini, Anda bisa mendorong mereka untuk terus melakukan pembelian berulang, mendaftarkan diri pada program loyalitas, mendatangkan pelanggan baru, dan masih banyak lagi.
Di bawah ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menyusun strategi penghargaan loyalitas pelanggan agar bisa memberikan hasil yang efektif, yakni:
Mengumpulkan Data Sebanyak Mungkin untuk Memahami Pelanggan
Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengumpulkan data sebanyak mungkin untuk memahami pelanggan. Tentu Anda akan mendapatkan banyak data dan informasi dari pelanggan yang sudah mendaftarkan diri ke program loyalitas. Manfaatkan data tersebut untuk meningkatkan penjualan, meningkatkan personalisasi dan customer journey, hingga mengetahui preferensi dan kebiasaan belanja pelanggan.
Selain dengan cara tersebut, Anda juga bisa mendapatkan data pelanggan dengan melakukan survei dan penelitian terhadap pelanggan baru atau orang-orang yang berpotensi menjadi pelanggan. Gunakan data ini untuk keperluan jangka panjang dan menyusun strategi penghargaan loyalitas pelanggan.
Buatlah Strategi Penghargaan Loyalitas Pelanggan yang Menonjol
Tujuan utama dari penyusunan strategi penghargaan loyalitas pelanggan adalah untuk memberikan banyak pilihan hadiah. Akan tetapi Anda juga harus memperhatikan pilihan hadiah yang ditawarkan. Jangan sampai merusak reputasi perusahaan Anda. Buatlah strategi yang menonjol. Seperti dengan menawarkan fleksibilitas atau memberikan hadiah sesuai yang diinginkan pelanggan. Usahakan untuk tidak menawarkan hadiah yang sama dengan kompetitor, ya!
Menggunakan Tools yang Tepat untuk Meningkatkan Pelayanan Pelanggan
Tools yang tepat merupakan salah satu kunci sukses dari penerapan strategi penghargaan loyalitas pelanggan. Bahkan dari tools ini Anda bisa mengembangkan beberapa alternatif lain yang akan ditawarkan kepada pelanggan. Jika Anda ingin program loyalitas ini beroperasi secara efisien dan fleksibel di semua saluran, maka sangat penting untuk menggunakan tools yang tepat. Sehingga dapat memudahkan pelanggan untuk mengakses.
Manajemen Hubungan yang Baik Sebagai Strategi Penghargaan Loyalitas Pelanggan
Dalam hal ini, manajemen hubungan harus memperhatikan pelanggan secara real time dengan cepat dan tanggap. Sehingga pelanggan bisa mendapatkan pelayanan saat itu juga. Hal ini sangat membantu pelanggan dalam berbagai aspek. Terutama ketika mereka sedang mengalami kesulitan dalam proses penukaran hadiah atau ketika terjadi kendala. Pelayanan yang tanggap, cepat, dan responsif bisa meningkatkan kepuasan dan kesetiaan pelanggan.
Kesederhanaan Adalah Kunci Utamanya!
Terakhir, mungkin Anda harus mempertimbangkan kesederhanaan dalam menyusun strategi penghargaan loyalitas pelanggan. Sebuah program dengan sedikit aturan dan batasan yang diberlakukan, justru akan menarik lebih banyak pelanggan. Imbangi hal ini dengan penawaran hadiah yang sesuai dan relevan. Jika tidak, maka pelanggan pun tidak akan tertarik.
Agar bisa membuat pelanggan Anda merasa senang dan dihargai, maka Anda perlu menetapkan hadiah utama yang bisa dicapai, menyediakan hadiah yang cukup, dan proses penukaran yang mudah. Dengan begitu, hasil dari implementasi strategi penghargaan loyalitas pelanggan akan terasa signifikan. Mulai dari meningkatnya keterlibatan pelanggan, penjualan dan pendapatan yang meningkat, hingga datangnya pelanggan baru.
BACA JUGA: Program Loyalitas Digital di Era Teknologi Canggih untuk Bisnis Anda
Susun Strategi Penghargaan Loyalitas Pelanggan Anda Bersama Benefit One Indonesia
Strategi penghargaan loyalitas pelanggan yang sukses akan memberikan wawasan dan juga bisa membantu membangun hubungan Anda dengan pelanggan. Maka dari itu, Anda memerlukan tools yang tepat dengan sistem dan konsep yang sederhana agar bisa menarik minat pelanggan. Tidak hanya itu, bahkan Anda juga bisa mendorong pelanggan untuk mengambil tindakan spesifik yang sesuai dengan tujuan perusahaan.
Saat ini, sangat penting untuk mencoba semua cara agar bisa mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya dan juga menonjol dari kompetitor Anda. Ketika sedang menyusun strategi penghargaan loyalitas pelanggan, harap diingat untuk menawarkan hadiah yang mudah dicapai. Hal ini bertujuan untuk mencegah pelanggan merasa tidak tertarik atau putus asa sebelum mencoba.
Benefit One Indonesia hadir sebagai Solusi Digital Loyalty Terlengkap untuk bisnis Anda. Kami hadir untuk membantu Anda membangun loyalitas pelanggan, mendorong tim penjualan, meningkatkan kedekatan dengan karyawan dan pelanggan, hingga memberikan solusi dan pilihan hadiah yang beragam.
Kami sudah berpengalaman sejak 2014 dan sudah dipercaya oleh lebih dari ratusan perusahaan besar di seluruh dunia. Kami menawarkan solusi pintar untuk menjaga koneksi atau kerjasama Anda dengan mitra bisnis.Cari sistem reward digital? Dapatkan loyalitas dan penghargaan tanpa batas dengan menggunakan aplikasi kami. Tunggu apa lagi? Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!