Strategi Reward Redemption Dalam Program Loyalitas Pelanggan

Strategi Reward Redemption Dalam Program Loyalitas Pelanggan

Reward redemption adalah salah satu bagian dari program loyalitas pelanggan yang perlu menjadi perhatian Anda. Mengapa? Sebab melalui hal ini, Anda bisa mengetahui jumlah pelanggan atau anggota yang berpartisipasi dalam program tersebut.

Melalui reward redemption, Anda juga bisa mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap reward atau hadiah yang mereka terima selama mengikuti program loyalitas pelanggan.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai manfaat dan strategi yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan reward redemption pada bisnis Anda. Simak artikel ini sampai selesai, ya!

Tentang Reward Redemption

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Harvard Business Review, dengan meningkatkan retensi pelanggan sekitar 5%, Anda bisa mendapatkan keuntungan mencapai 95%. Salah satu cara untuk mempertahankan pelanggan setia adalah dengan membuat program loyalitas.

Di dalam program loyalitas ada yang namanya point-based reward atau reward berdasarkan jumlah poin yang terkumpul. Artinya, ketika pelanggan sudah mengumpulkan sejumlah poin, maka mereka bisa menukarkannya dengan berbagai hadiah yang diinginkan.

Proses itulah yang disebut dengan reward redemption. Ketika pelanggan menukarkan sejumlah poin dengan hadiah yang mereka inginkan.Seperti yang disebutkan sebelumnya, melalui hal ini Anda bisa mengetahui jumlah pelanggan atau anggota yang berpartisipasi dan tingkat kepuasan mereka terhadap hadiah yang ada.

Seperti yang diketahui bersama, pelanggan setia memegang peranan penting pada kelangsungan sebuah bisnis. Maka dari itu, Anda harus benar-benar bisa memberikan hadiah yang menarik sehingga banyak pelanggan yang melakukan reward redemption.

Reward redemption adalah faktor dalam program loyalitas dimana pelanggan harus mengambil atau melakukan tindakan untuk “menggunakan” poin reward yang mereka miliki dengan sejumlah hadiah atau imbalan lainnya.

Manfaat Point Reward 

Tahukah Anda bahwa, program loyalitas pelanggan tidak hanya bisa untuk mempertahankan pelanggan setia tetapi juga bisa mendatangkan yang baru? Dinamika program ini terus berkembang untuk mengikuti kebutuhan dan kepuasan pelanggan. Bahkan beberapa perusahaan pun berlomba-lomba untuk memberikan hadiah yang bisa mempertahankan pelanggan dan mendorong mereka untuk melakukan reward redemption.

Berikut beberapa manfaat point reward untuk kelangsungan bisnis Anda yang perlu diketahui. Di antaranya adalah:

Mempertahankan Pelanggan yang Ada dan yang Lama

Manfaat terbesar dari sebuah program loyalitas pelanggan adalah bisa meningkatkan retensi pelanggan. Dalam sebuah bisnis, pelanggan setia memegang peranan penting, Mereka akan cenderung melakukan pembelian berulang, meningkatkan penjualan, hingga menjadi perwakilan bisnis.

Maka dari itu untuk mempertahankannya, Anda harus bisa memberikan hadiah atau imbalan yang sesuai dengan sejumlah yang mereka habiskan untuk bisnis. Misalnya, bagi pelanggan yang sudah berbelanja minimal Rp1 juta bisa mendapatkan kesempatan untuk memenangkan hadiah eksklusif. 

Dalam hal ini, pelanggan akan terus melakukan pembelian hingga mencapai Rp1 juta untuk bisa mendapatkan hadiah tersebut. Sehingga ketika jumlahnya sudah mencapai angka yang diinginkan, mereka bisa melakukan reward redemption pada hadiah eksklusif itu.

Memperkuat Hubungan dengan Pelanggan

Keterlibatan pelanggan merupakan salah satu aspek penting yang bisa memberikan pengaruh langsung pada kelangsungan bisnis Anda dari waktu ke waktu. Hal ini juga bisa membantu Anda untuk meningkatkan brand awareness. Point reward menjadi strategi terbaik untuk hal tersebut.

Ketika pelanggan sudah menjadi anggota dari program loyalitas, Anda akan memiliki informasi kontaknya. Dengan begitu akan lebih mudah untuk Anda mengirimkan email marketing untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan. Semakin banyak poin yang mereka kumpulkan, maka semakin sering mereka akan melakukan reward redemption.

Meningkatkan Brand Advocates

Pelanggan setia berpotensi mendatangkan pelanggan baru. Di sinilah mereka akan berperan sebagai brand advocates atau pendukung brand. Berdasarkan hasil penelitian, sebanyak 86% pelanggan setia akan membagikan brand yang mereka gunakan dan percaya kepada orang lain

Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk membuat point reward yang menarik. Misalnya seperti sistem poin dua arah. Dimana pelanggan akan mendapatkan sejumlah poin ketika berhasil mengajak satu orang untuk menggunakan brand Anda. Nantinya untuk setiap poin yang terakumulasi, mereka bisa langsung melakukan reward redemption untuk hadiah yang diinginkan.

Marketing Campaign yang Dipersonalisasi

Melalui reward redemption, Anda bisa mengetahui hadiah mana yang menarik minat pelanggan dan mana yang tidak dari database di program loyalitas. Hal ini bisa Anda gunakan untuk mempersonalisasi layanan kepada beberapa pelanggan yang dituju. Sebab, data yang didapatkan juga bisa memberitahu Anda terkait pola pembelian, perilaku pelanggan, hingga referensi yang mereka inginkan.

Meningkatkan Penjualan

Adanya reward redemption pada program loyalitas adalah meningkatkan penjualan. Artinya ketika pelanggan sudah menaksir hadiah yang diinginkan, maka mereka akan terus belanja lebih banyak lagi sampai jumlah poinnya mencukupi.

Strategi Meningkatkan Reward Redemption

Sebuah program loyalitas yang baik adalah program yang bermanfaat bagi kelangsungan bisnis dan pelanggan. Dalam hal ini artinya pelanggan akan terus melakukan tindakan atau pembelian untuk mendapatkan hadiah. sehingga nantinya bisa melakukan reward redemption untuk mendapatkan hadiah yang mereka inginkan.

Berikut beberapa strategi meningkatkan reward redemption yang bisa Anda lakukan. Di antaranya adalah:

Menetapkan Tanggal Akhir untuk Penukaran Hadiah

Strategi meningkatkan reward redemption yang pertama adalah dengan menetapkan tanggal akhir untuk penukaran hadiah. Di sini, Anda harus memberikan alasan yang kuat mengapa mereka harus menebus hadiah sebelum tanggal akhir yang ditentukan. Sebab hal ini akan memberikan pemikiran di benak klien untuk menghindari kerugian melepaskan sejumlah hadiah yang diberikan.

Namun, Anda harus tetap hati-hati dalam menggunakan strategi ini. Meskipun terdengar menjanjikan, hal ini bisa menimbulkan ketidakpuasan pelanggan yang tidak suka diburu-buru. Maka dari itu, alangkah lebih baik untuk melihat atau mengetahui berapa jumlah pelanggan yang antusias dengan reward redemption ini.

Mengirimkan Pengingat Waktu untuk Reward Redemption

Faktanya, lebih dari 57% pelanggan setia tidak mengetahui jumlah poin yang mereka kumpulkan. Hal ini karena mereka tidak setiap saat mengecek jumlah tersebut. Lalu apa yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan reward redemption? Anda bisa mengirimkan pesan pengingat waktu atau informasi terkait jumlah poin yang mereka miliki.

Melalui email pemberitahuan, Anda bisa memberitahukan bahwa pelanggan A memiliki jumlah poin sekian. Lalu pelanggan B sekian, dan seterusnya. Pastikan email yang Anda kirimkan memiliki ajakan untuk melakukan reward redemption yang jelas.

Memberikan Pelanggan Kesempatan Lebih untuk Melakukan Reward Redemption

Ketika semakin banyak pelanggan menyadari bahwa reward redemption bisa memberikan hadiah yang mereka inginkan, maka semakin besar potensi mereka untuk terus menambah poin. Jika dilakukan secara berulang, hal ini bisa menambah tingkat kepuasan dan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda.

Bingung Pilih Hadiah untuk Reward Redemption? Percayakan Saja Pada Benefit One Indonesia

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda harus memberikan hadiah yang sesuai dengan jumlah yang dihabiskan pelanggan untuk bisnis. Nah jika Anda masih merasa bingung ingin memberikan hadiah apa, Anda bisa percayakan hal tersebut kepada Benefit One Indonesia.

Benefit One Indonesia hadir sebagai Solusi Digital Loyalty Terlengkap untuk bisnis Anda. Kami hadir untuk membantu Anda membangun loyalitas pelanggan, mendorong tim penjualan, meningkatkan kedekatan dengan karyawan dan pelanggan, hingga memberikan solusi dan pilihan hadiah yang beragam.

Kami sudah berpengalaman sejak 2014 dan sudah dipercaya oleh lebih dari ratusan perusahaan besar di seluruh dunia. Kami menawarkan solusi pintar untuk menjaga koneksi atau kerjasama Anda dengan mitra bisnis.Cari sistem reward digital? Dapatkan loyalitas dan penghargaan tanpa batas dengan menggunakan aplikasi kami. Tunggu apa lagi? Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!