Trade marketing adalah sebuah proses memasarkan produk dan/atau layanan dari produsen ke grosir, distributor, atau pengecer. Tujuannya adalah untuk meningkatkan permintaan barang di ketiga pihak tersebut. Namun, fokus utama dari rangkaian proses ini adalah pada media untuk melakukan penjualan akhir. Bukan pada strategi penjualan akhir.
Pastinya, proses trade marketing berbeda dengan proses pemasaran tradisional yang dilakukan para pebisnis pada umumnya. Pelajar segala hal yang berkaitan dengan pengertian trade marketing, mengapa hal tersebut penting untuk bisnis Anda, hingga beberapa strategi yang bisa Anda lakukan.
Semuanya bisa Anda baca melalui penjelasan di bawah ini.
BACA JUGA: Memahami Pengertian Sell In & Sell Out Serta 6 Strateginya
Trade Marketing Adalah
Pengertian trade marketing adalah sebuah proses dimana produsen mempromosikan produk dan/atau layanannya untuk meningkatkan permintaan pasar di antara para distributor, pengecer, atau pedagang grosir. Jenis pemasaran ini juga membutuhkan ketersediaan stok yang stabil dan konsisten.
Seperti yang disebutkan di atas, tujuan trade marketing adalah untuk meningkatkan permintaan produk. Dengan kata lain, fokus utamanya adalah untuk menempatkan produk di rak-rak toko, supermarket, dan beberapa toko distribusi lainnya. Seiring meningkatnya permintaan produk tersebut, nanti pihak produsen akan memproduksi lebih banyak lagi untuk bisa memenuhi permintaan pasar. Hal ini bisa menjadi perputaran siklus bisnis yang sehat.
Kedua belah pihak (produsen dan distributor) akan melakukan banyak kegiatan promosi untuk produk dan/atau layanan yang dijual. Cara ini akan membuat distributor dan pelanggan sadar akan keberadaan produk tersebut. Sehingga nanti akhirnya akan ada pelanggan potensial yang bisa meningkatkan permintaan produk dan/atau layanan.
Perbedaan yang paling mendasar dengan pemasaran tradisional adalah pada target utamanya. Jika pemasaran tradisional menargetkan end consumer atau pengguna akhir, target trade marketing adalah media atau wadah supply chain dalam proses perputaran bisnis. Yaitu pengecer, distributor, dan pedagang grosir.
Bisa dikatakan bahwa, trade marketing adalah produsen berskala besar atau kecil yang ingin mencoba untuk menjual produk mereka kepada para pengecer, distributor, dan pedagang grosir sebagai mitra dari rantai pasokan bisnis. Jadi tidak terhalang pada satu jenis produsen saja. Tetapi semua produsen dari semua pasar industri bisa melakukan hal ini.
Alasan Perlu Melakukan Trade Marketing Adalah
Alasan perlu melakukan trade marketing adalah berkaitan dengan tujuan utamanya. Untuk meletakkan produk di rak-rak toko distributor. Jika para distributor percaya bahwa produk dari produsen bisa menghasilkan pendapatan yang baik, maka hal ini membuat mereka menjadi pemasok produk untuk memenuhi permintaan pelanggan.
Singkatnya, para distributor, pengecer, dan pedagang grosir memerlukan produk untuk dijual di tokonya. Hal pertama yang harus mereka lakukan adalah membeli produk tersebut di suatu tempat. Nah, umumnya mereka langsung membelinya dari produsen agar bisa mendapatkan potongan harga. Namun mereka juga bisa membelinya dari peritel lain.
Terutama bagi Anda yang bergerak di industri FMCG (Fast Moving Consumer Goods). Tentu Anda memerlukan distributor, pengecer, dan juga para pedagang grosir untuk memasarkan produk Anda ke pengguna akhir, bukan? Namun sayangnya, di setiap toko distributor atau pengecer ada banyak produk sejenis dari brand bisnis lainnya.
Lalu bagaimana Anda mengakalinya? Inilah waktu yang tepat untuk memberikan promosi produk. Misalnya seperti pemberian diskon, pembelian bundle, atau promo menarik lainnya. Disaat yang bersamaan juga, Anda perlu membangun hubungan yang baik dan kuat kepada para media supply chain tersebut.
Hal ini dilakukan karena berimbas pada target penjualan produk dan/atau layanan, laba atas investasi, dan margin keuntungan. Manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika melakukan trade marketing adalah meningkatkan proposisi nilai dengan membedakan bisnis Anda dari pesaing.
Manfaat Trade Marketing Adalah
Dari penjelasan di atas bisa dikatakan bahwa pihak pengecer, distributor, dan pedagang grosir memegang kendali untuk menjual produk dari produsen. Secara tidak langsung, hal ini membuat persaingan sehat di antara para produsen untuk mendapatkan kerjasama bisnis dengan mitranya.
Jika Anda sudah berhasil mendapatkan mitra dan bisa menjaga hubungan baik, bisnis Anda akan menerima banyak manfaat. Di bawah ini merupakan beberapa manfaat trade marketing adalah:
Dapat Memenuhi Permintaan Pasar
Hal pertama yang menjadi manfaat trade marketing adalah Anda bisa dengan mudah memenuhi permintaan pasar. Dengan menghasilkan banyak pembelian di tingkat supply chain, jenis pemasaran ini bisa memastikan bahwa stok produk Anda akan selalu penuh dan ada untuk memenuhi permintaan pasar.
Kelebihan Trade Marketing Adalah Bisa Memberikan Umur Panjang Pada Bisnis
Ketika Anda melakukan pemasaran dengan cukup baik, pihak pengecer, distributor, dan pedagang eceran akan mengedepankan produk dari brand Anda. Artinya, Anda sudah memiliki mitra potensial yang akan terus menerus menjual produk Anda ke pelanggan.
Membangun Hubungan Baik di Trade Marketing Adalah Kunci Sukses
Kunci sukses dari trade marketing adalah ketika Anda berhasil membangun hubungan baik dengan para mitra bisnis. Hal ini bisa memberikan Anda hubungan dan kerjasama bisnis dengan jangka waktu yang lama.
Keunggulan Trade Marketing Adalah Membantu Bisnis Anda Tetap Untung
Salah satu manfaat trade marketing adalah bisa membantu Anda tetap untung meskipun tidak mengetahui siapa pelanggan yang membelinya. Jadi, manfaatkan hal ini dengan membuat strategi pemasaran yang paling efektif untuk memasarkan produk Anda dalam supply chain.
Elemen Trade Marketing Adalah
Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dan pertimbangkan dengan cermat sebelum memilih mitra bisnis (pengecer, distributor, dan pedagang grosir). Tiga elemen trade marketing adalah alokasi sumber daya, distribusi kategori, dan potensi ritel. Ini penjelasannya:
Alokasi Sumber Daya Pada Trade Marketing Adalah
Tantangan terbesar yang harus dihadapi setiap pebisnis di era digital seperti saat ini adalah jangkauan audiens yang luas dan tersebar banyak. Sebab kebutuhan dan permintaan pasar terus mengalami perubahan. Maka dari itu, sangat penting untuk Anda mengalokasikan sumber daya yang dimiliki agar bisa menyesuaikan dengan kebutuhan pasar. Sehingga bisa memastikan bahwa produk Anda dipasarkan ke audiens yang lebih besar lagi.
Trade Marketing Adalah Tentang Distribusi Kategori
Maksudnya, Anda menempatkan produk sejenis pada kategori yang sama untuk didistribusikan kepada media supply chain (distributor, pengecer, dan pedagang grosir). Dengan demikian, hal ini memungkinkan Anda untuk menggunakan hanya satu strategi saja untuk memasarkan produk. Misalnya, produsen perlengkapan rumah tangga memasarkan sapu, alat pel, kompor, dan lainnya dalam satu kategori kepada para mitra bisnis. Hasil dari cara ini adalah produk Anda mendapatkan pendistribusian terbaik.
Potensi Ritel di Trade Marketing Adalah
Kunci keberhasilan trade marketing adalah mengetahui apa yang diharapkan atau tujuan utamanya. Dalam artian, Anda harus memastikan strategi pemasaran bisa berjalan dengan baik untuk meningkatkan penjualan melalui beberapa toko ritel. Dengan kata lain, Anda harus membuat strategi promosi terbaik agar produk dari bisnis Anda berada di rak toko dan diletakan paling depan. Bukan produk dari kompetitor sejenis.
Strategi Trade Marketing Adalah
Untuk bisa mencapai tujuan utama dari trade marketing, Anda perlu menyiapkan strategi-strategi pemasaran yang handal. Sehingga nantinya, bukan Anda lagi yang mencari wadah rantai pasokan, tetapi mereka yang akan mencari dan menjual produk dan/atau layanan dari bisnis Anda.
Strategi trade marketing adalah:
Membuat Branding yang Kuat dan Mudah Diingat
Branding merupakan perpanjangan dari kegiatan pemasaran yang Anda lakukan. Hal ini merupakan bagian terpenting dari bisnis Anda yang tidak boleh dilupakan. Sebab, pelanggan membuat keputusan pembelian berdasarkan citra dan hal positif lainnya dari suatu brand. Sama dengan mitra supply chain yang tidak akan mengenal atau menjual produk Anda jika tidak memiliki reputasi atau image yang baik.
Lakukan Riset dengan Baik
Perlu diingat bahwa, hal terpenting dari trade marketing adalah pengetahuan. Maksudnya, Anda harus mengetahui produk yang dijual secara keseluruhan. Sejauh mana Anda mengetahui produk tersebut? Nantinya data ini bisa digunakan untuk mengidentifikasi masalah dan memberikan solusinya dengan cepat. Sama pentingnya dengan kompetitor. Anda harus melakukan riset dan membuat analisis kompetitor sejenis sebelum membuat strategi pemasaran.
Bentuk Investasi Terbaik di Trade Marketing Adalah
Investasi tidak selamanya tentang uang. Bentuk investasi terbaik di trade marketing adalah hubungan dengan mitra bisnis dan jangka waktu bisnisnya. Tentu saja dari semua jenis pemasaran yang ada, tujuan utamanya adalah untuk mencari keuntungan. Mitra supply chain juga mencari keuntungan bisnis yang sama dengan apa yang diharapkan produsen. Maka dari itu, sebagai produsen, Anda perlu membangun dan mempertahankan hubungan dengan mitra bisnis.
Memamerkan Produk di Trade Marketing Adalah Keharusan
Jangan pernah melewatkan kesempatan untuk memamerkan produk dan/atau layanan dari bisnis Anda pada setiap acara yang ada. Misalnya dalam pameran dagang, bazar, atau acara-acara besar bergengsi lainnya. Strategi ini merupakan yang terbaik dan efektif untuk meningkatkan jumlah audiens dan meningkatkan brand awareness. Terlebih ketika Anda akan bertemu banyak pebisnis lainya. Anda juga bisa memanfaatkan hal ini untuk membangun koneksi dan jaringan bisnis.
Memaksimalkan Penggunaan Internet dan Media Sosial
Strategi yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah dengan bantuan internet dan media sosial. Pemasaran digital merupakan cara terbaik untuk bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak lagi. Di sisi lain, cara ini juga bisa meningkatkan brand awareness secara online.
Mengoptimalkan Penggunaan Iklan untuk Promosi Produk
Penggunaan iklan dan promosi produk bisa meningkatkan penjualan dan mendorong pembelian berulang. Anda bisa menggunakan strategi ini secara berkala dan teratur untuk menarik atensi mitra bisnis dan pelanggan. Di sisi lain, hal ini bisa meningkatkan permintaan dan kebutuhan pasar dalam artian yang positif.
Memanfaatkan Alat Pemasaran yang Ada dengan Maksimal
Strategi terakhir yang bisa Anda lakukan adalah memanfaatkan alat pemasaran yang ada dengan maksimal. Meliputi pemasaran digital, pemasaran tradisional, komunitas, dan masih banyak lagi. Cara ini merupakan yang terbaik untuk bisa mendapatkan pengakuan dari mitra bisnis dan juga masyarakat banyak.
BACA JUGA: Pentingnya Meningkatkan Kesejahteraan Mitra Bisnis
Partner Terbaik untuk Loyalitas Pelanggan dalam Trade Marketing Adalah Benefit One Indonesia
Program loyalitas pelanggan bisa meningkatkan penjualan dalam trade marketing yang Anda lakukan. Selain meningkatkan penjualan, hal ini juga memungkinkan kedua belah pihak menjadi mitra bisnis yang awet dan saling menguntungkan untuk jangka waktu yang lama.
Faktanya, Anda bisa mempercayakan hal tersebut kepada ahlinya yaitu Benefit One Indonesia. Memiliki berbagai program dan jenis reward hadiah yang bisa membantu Anda untuk membangun hubungan yang lebih baik lagi dengan mitra supply chain. Sehingga Anda bisa fokus pada aspek pengembangan bisnis lainnya.
Benefit One Indonesia hadir sebagai Solusi Digital Loyalty Terlengkap untuk bisnis Anda. Kami hadir untuk membantu Anda membangun loyalitas pelanggan, mendorong tim penjualan, meningkatkan kedekatan dengan karyawan dan pelanggan, hingga memberikan solusi dan pilihan hadiah yang beragam.
Kami sudah berpengalaman sejak 2014 dan sudah dipercaya oleh lebih dari ratusan perusahaan besar di seluruh dunia. Kami menawarkan solusi pintar untuk menjaga koneksi atau kerjasama Anda dengan mitra bisnis.Cari sistem reward digital? Dapatkan loyalitas dan penghargaan tanpa batas dengan menggunakan aplikasi kami. Tunggu apa lagi? Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!