Sales promotion atau promosi penjualan adalah salah satu metode yang paling efektif jika Anda ingin meningkatkan penjualan, kepuasan pelanggan, dan juga brand awareness. Bahkan cara ini sudah dilakukan sejak zaman dulu dan sudah terbukti keberhasilannya.
Menariknya, sales promotion bisa dilakukan oleh setiap jenis bisnis di industri manapun, baik dalam skala besar maupun kecil. Maka dari itu, Anda harus mengetahui beberapa contoh promosi penjualan yang bisa digunakan untuk meningkatkan pendapatan bisnis.
Penasaran? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini, ya!
BACA JUGA: 7 Strategi Produk Marketing B2C dan 3 Tantangannya di Pasar
Apa itu Sales Promotion?
Promosi penjualan atau sales promotion adalah sebuah strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan untuk bisa merangsang permintaan dan meningkatkan penjualan dalam jangka pendek. Strategi ini sudah ada sejak digunakan sejak tahun 1789 hingga kini. Banyak perusahaan yang menggunakannya untuk meningkatkan penjualan atau layanan.
Penjelasan lainnya dari sales promotion adalah sebuah upaya yang dilakukan perusahan dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan atau mendorong uji coba dari produk dan/atau layanan. Tujuan utamanya adalah untuk membujuk para target audiens agar mereka bisa menjadi pelanggan bisnis.
Kelebihan dari sales promotion adalah bisa diumumkan melalui setiap saluran komunikasi yang Anda miliki. Seperti media sosial, email, program loyalitas, website, hingga pesan broadcasting via aplikasi. Agar bisa berhasil menarik minat target audiens, Anda harus menggunakan citra bisnis, kata-kata yang efektif, memberikan nilai dan emosi di setiap promosi penjualan yang dilakukan.
Tujuannya adalah untuk mengundang mereka agar mau membeli produk dan/atau layanan yang Anda tawarkan dengan penawaran menarik. Salah satu cara yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan memberikan produk gratis di setiap pembelian. Faktanya, sebanyak 82% pelanggan menyukai produk gratis dan mereka akan meninggalkan kesan terbaiknya pada brand yang memberikan hal tersebut.
Tujuan Melakukan Sales Promotion untuk Bisnis Anda
Pada prakteknya, sales promotion sering digunakan untuk meningkatkan brand awareness, menarik pelanggan baru, menjadi jembatan antara bisnis dengan pelanggan, hingga meningkatkan penjualan. Umumnya, promosi penjualan ini dilakukan ketika bisnis sedang dalam keadaan sepi.
Oleh karena itu, kebanyakan perusahaan sering melakukan promosi ketika sedang musim liburan atau di waktu-waktu tertentu untuk meningkatkan penjualan secara singkat. Tujuan utama sales promotion adalah menarik rasa antusiasme dari target audiens, menumbuhkan rasa urgensi, mempengaruhi perilaku pelanggan, hingga memberikan keunggulan kompetitif di pasar industri.
Sementara itu, tujuan lainnya dari melakukan sales promotion adalah:
- Mempertahankan Pelanggan: bentuk penawaran menarik yang diberikan bisa membuat pelanggan untuk tetap terlibat dan merasa senang. Sehingga bisa mengubah mereka menjadi pelanggan yang loyal
- Menarik Pelanggan Baru: selain mempertahankan pelanggan, Anda juga bisa menarik pelanggan baru dari penawaran menarik tersebut
- Menghasilkan Keuntungan: rasa urgensi dan keinginan yang diciptakan dari penawaran jangka pendek tersebut bisa membantu untuk meningkatkan pendapatan secara signifikan. Bahkan bisa lebih besar dari pendapatan bisnis biasanya
- Meminimalkan Resiko: penawaran yang Anda berikan juga harus diimbangi dengan jumlahnya. Dengan kata lain, jika penawaran tersebut terus dilakukan secara berkala, maka hal ini bisa menguntungkan bisnis Anda. Sehingga Anda meminimalkan resiko kerugian di masa depan
- Mempercepat Siklus Penjualan: sales promotion adalah bentuk penawaran terbaik yang bisa membuat prospek bagus untuk bisnis Anda di masa mendatang
Contoh Sales Promotion Efektif untuk Meningkatkan Pendapatan Bisnis Anda
Ada banyak contoh sales promotion efektif yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan pendapatan bisnis Anda. Akan tetapi perlu diketahui bahwa, tidak semua contoh ini bisa diterapkan di bisnis Anda. Maka dari itu ada baiknya jika Anda memilih mana yang cocok dan bisa diterapkan di bisnis sehingga menghasilkan keuntungan dan mencapai tujuan yang diinginkan.
Berikut beberapa contoh sales promotion efektif untuk meningkatkan pendapatan bisnis Anda, di antaranya seperti:
BOGO (Buy One, Get One)
Contoh pertama dari sales promotion adalah BOGO atau buy one, get one free. Penawaran menarik ini sudah banyak dilakukan oleh para pebisnis untuk mengurangi inventaris lama di gudangnya. Jika Anda ingin menghabiskan stok gudang, maka strategi ini bisa Anda lakukan. Kelebihan dari BOGO adalah bisa menciptakan rasa urgensi karena stok barang yang habis atau penawaran hanya pada waktu tertentu saja.
Strategi ini tidak hanya berlaku pada buy one, get one free saja. Anda juga bisa menerapkan “buy two, get the third for free” dan lainnya. Hanya perlu menyesuaikannya saja dengan kebutuhan strategi pemasaran bisnis.
Program Loyalitas Sebagai Sales Promotion
Program loyalitas juga bisa menjadi salah satu contoh sales promotion yang efektif. Dari program ini, Anda bisa mendapatkan pelanggan setia dan mempertahankannya. Jangan lupa untuk memberikan penawaran menarik agar mereka terus berada di dalam genggaman bisnis Anda. Dengan demikian, mereka akan dengan senang hati melakukan pembelian berulang dari brand Anda.
Kupon Diskon atau Kode Promo
Jika Anda bermain di industri retail online, maka strategi promosi penjualan yang satu ini cocok untuk dilakukan. Umumnya strategi ini dilakukan ketika ada pelanggan yang meninggalkan barangnya di keranjang atau untuk memenangkan pelanggan lama. Anda bisa memberikannya melalui email, media sosial, pesan broadcast, atau website.
Flash Sale atau Promo Hari Ini
Strategi ini bisa menciptakan rasa urgensi di benak pelanggan. Dengan memberikan penawaran potongan harga dalam jangka waktu yang terbatas, membuat mereka akan melakukan pembelian. Contoh promosi penjualan ini bisa dilakukan dengan memberikan batasan waktu tertentu. Misalnya seperti hitungan mundur, selama 24 jam, atau yang lainnya.
Diskon Menarik untuk Pembeli Pertama
Tahukah Anda bahwa, pelanggan baru akan mencari sebuah brand yang memberikan keuntungan pada transaksi pertamanya? Contoh sales promotion berikutnya adalah dengan memberikan diskon menarik untuk pembeli pertama. Cara ini juga bisa Anda manfaatkan dengan mengajak mereka untuk bergabung dengan program loyalitas.
Bundles untuk Strategi Sales Promotion
Salah satu contoh sales promotion yang paling sering digunakan adalah bundles. Promosi penjualan ini dilakukan dengan memberikan sebuah produk dan/atau jasa berama produk dan/atau jasa lainnya yang sejenis atau sedang populer. Biasanya hal ini dilakukan ketika sedang melakukan penurunan harga dan untuk merangsang permintaan serta meningkatkan pendapatan.
Hadiah dengan Pembelian atau Produk Gratis
Trik promosi penjualan berikutnya adalah dengan memberikan hadiah atau produk gratis di setiap pembelian yang dilakukan. Cukup dengan menawarkan hadiah yang sesuai dengan jumlah nominal pembelian yang diinginkan. Misalnya, setiap pembelian maksimal Rp500 ribu, maka pelanggan akan mendapatkan satu produk gratis. Anda bisa mempromosikan penawaran menarik ini di media sosial, email, pop up website, dan saluran pemasaran lainnya yang dimiliki.
Ad Campaign
Saat ini, media sosial dan mesin pencarian memberikan fasilitas ad campaign. Dimana Anda bisa menampilkan iklan kepada target audiens secara berbayar. Anda bisa memilih saluran mana yang paling efektif dan paling banyak digunakan oleh pelanggan. Jangan lupa untuk membuat desain dan penawaran menarik serta call in action yang bisa membuat orang-orang penasaran.
Penjualan di Waktu-waktu Tertentu
Banyak perusahaan yang memanfaatkan waktu-waktu tertentu untuk meningkatkan pendapatan bisnis. Seperti di saat Idul Fitri, Idul Adha, natal, tahun baru, tahun ajaran baru, musim liburan, dan tanggal kembar di setiap bulannya. Trik seperti ini bisa dilakukan untuk meningkatkan brand awareness, membuat pelanggan penasaran, dan menciptakan rasa urgensi. Lakukan promosi penjualan ini melalui saluran komunikasi yang paling efektif.
Sales Promotion dengan Media Sosial
Media sosial menjadi salah satu alat pemasaran yang paling efektif saat ini. Dimana Anda bisa mendapatkan UGC (User Generated Content) dengan mudah dari para pelanggan dan orang-orang yang mencintai brand. Dengan kata lain, Anda harus memanfaatkan peluang ini untuk membuat promosi penjualan dengan memberikan giveaways. Ketika cara ini berhasil menarik minat orang-orang, maka hal ini bisa menimbulkan buzz marketing untuk menciptakan kesadaran merek. Tertarik untuk mencoba?
Referral Program
Program rujukan atau referral program adalah salah satu contoh sales promotion yang bisa mendorong pelanggan untuk merekomendasikan produk dan/atau jasa kepada orang lain. Fakta menariknya adalah sebanyak 92% pelanggan menyebutkan bahwa mereka lebih mempercayai rujukan dari orang-orang yang mereka percaya dibandingkan bentuk iklan lainnya. Program rujukan bisa menjadi cara cepat untuk meningkatkan pendapatan yang saling menguntungkan kedua belah pihak (pelanggan dan merek).
Bagaimana Cara Menentukan Contoh Sales Promotion yang Tepat untuk Bisnis Anda?
Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan salah satu atau dua dari contoh sales promotion diatas, mungkin ada beberapa faktor yang harus Anda pertimbangkan. Yaitu:
Menentukan Tujuan Bisnis yang Jelas
Sebaiknya Anda sudah menentukan tujuan bisnis yang ingin dicapai dari kegiatan promosi penjualan yang akan dilakukan. Apakah untuk meningkatkan penjualan? Meningkatkan kesadaran merek? Menarik pelanggan baru? Atau mendorong pembelian berulang? Pilihlah contoh sales promotion yang paling sesuai dan efektif untuk bisnis Anda.
Tetap Awasi Pesaing Anda
Pelajari bagaimana pesaing Anda berhasil melakukan penjualan. Lakukan analisis taktik penjualan dan pemasaran untuk mempelajarinya. Jika perlu, lakukan analisis SWOT untuk mengetahui kelemahan dan peluang yang bisa Anda manfaatkan serta mencari keunikan brand.
Perhatikan Tren Pasar untuk Menentukan Contoh Sales Promotion
Selain melakukan analisis SWOT, ada baiknya jika Anda juga memperhatikan tren pasar yang sedang berlangsung. Terus awasi, lakukan evaluasi, dan lakukan penyesuaian strategi promosi penjualan agar bisa tetap sesuai dan memiliki kompetitif unggul.
Eksplor Berbagai Kemungkinan Sales Promotion yang Ada
Agar bisa menentukan taktik promosi penjualan yang sesuai dan efektif, mungkin Anda harus mempertimbangkan berbagai kemungkinan contoh yang ada. Lakukan berbagai uji coba dan cari tahu mana yang paling sesuai dan efektif untuk bisnis Anda.
Lakukan Uji dan Pengukuran Pada Hasilnya
Uji coba A/B bisa Anda lakukan untuk melakukan evaluasi pada hasil contoh sales promotion yang dilakukan. Seberapa efektif strategi tersebut pada tujuan bisnis Anda. Hal ini perlu dilakukan agar Anda bisa menentukan taktik mana yang paling sesuai untuk dan memberikan hasil yang diinginkan.
BACA JUGA: 7 Strategi Meningkatkan Customer Loyalty dan Retention untuk Bisnis Anda
Memaksimalkan Sales Promotion Bisnis Anda Bersama Benefit One Indonesia
Dari 11 contoh sales promotion yang sudah dijelaskan di atas, Anda bisa memahami bahwa masing-masing memiliki kelebihan dan keunggulannya. Sayangnya, tidak semua contoh tersebut bisa dipakai untuk setiap bisnis. Anda perlu melakukan penyesuaian pada strategi bisnis, target audiens, dan tujuan yang diinginkan.
Salah satu contoh promosi penjualan yang paling banyak digunakan adalah program loyalitas. Dimana Anda tidak hanya bisa meningkatkan pendapatan bisnis saja, tetapi juga bisa mempertahankan pelanggan setia dan mendapatkan yang baru. Untuk bisa mewujudkannya, Anda perlu bekerja sama dengan mitra loyalitas terpercaya.
Seperti Benefit One Indonesia yang sudah memiliki pengalaman di industri ini lebih dari 10 tahun. Dipercaya oleh berbagai perusahaan ternama di luar dan dalam negeri, menjadikan Benefit One Indonesia sebagai mitra loyalitas terbaik yang bisa Anda pilih.
Tidak hanya memberikan penawaran dan insentif menarik untuk pelanggan dan mitra bisnis Anda, tetapi Benefit One Indonesia juga bisa memberikan solusi cerdas yang bisa membantu Anda membangun dan mengembangkan bisnis. Didukung dengan teknologi canggih dan terkini, akan menjadikan program loyalitas Anda yang terbaik di antara para pesaing.Tertarik untuk mencobanya? Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!