Consumer Marketing: Strategi Pemasaran untuk Kesuksesan Bisnis

Consumer Marketing: Strategi Pemasaran untuk Kesuksesan Bisnis

Consumer marketing atau pemasaran konsumen merupakan salah satu jenis pemasaran yang paling dipakai dalam strategi digital perusahaan. Di era teknologi canggih dengan bantuan internet seperti saat ini, tidak heran jika banyak perusahaan beralih ke strategi digital untuk memasarkan produk dan/atau jasa kepada pelanggannya.

Influencer adalah salah satu pihak yang memainkan peranan penting dalam consumer marketing. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan perubahan pola belanja pelanggan di era digital ini. Dimana semuanya serba cepat, bahkan dalam hitungan detik.

Artikel kali ini akan membahas mengenai apa itu consumer marketing, strategi yang bisa digunakan, dan bagaimana prospeknya untuk bisnis Anda di masa mendatang. Selengkapnya bisa Anda simak penjelasan di bawah ini!

BACA JUGA: 7 Strategi Meningkatkan Customer Loyalty dan Retention untuk Bisnis Anda

Apa itu Consumer Marketing?

Sebelumnya, mari kita bahas mengenai pengertian pemasaran konsumen. Consumer marketing adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mempromosikan dan menjual produk dan/atau layanan kepada pelanggan atau end user.

Pemasaran konsumen melibatkan beberapa faktor untuk bisa membuat strategi yang tepat. Mulai dari mencari tahu apa yang dibutuhkan, diinginkan, dan disukai oleh target audiens, membuat produk yang bisa memenuhi kebutuhan mereka, hingga membuat kampanye pemasaran yang menarik.

Artinya, Anda juga harus bisa menentukan harga yang tepat untuk sebuah produk dan/atau jasa yang akan ditawarkan, menempatkannya di tempat yang tepat, sampai memberikan pelayanan pelanggan yang bisa memuaskan mereka.

Singkat kata, consumer marketing adalah bentuk promosi dan penjualan produk dan/atau jasa kepada individu dengan menggunakan data pelanggan untuk menciptakan pengalaman yang dipersonalisasi guna memastikan dampak maksimum pada pasar konsumen.

Mengapa Anda Perlu Melakukan Consumer Marketing?

Tahukah Anda bahwa, consumer marketing memegang peranan penting untuk keberhasilan sebuah bisnis? Hal ini dikarenakan pemasaran konsumen memiliki fokus pada pemahaman kebutuhan dan keinginan pelanggan dengan mengembangkan strategi pemasaran yang efektif. 

Berikut beberapa alasan mengapa Anda perlu melakukan consumer marketing untuk bisnis, yaitu:

  • Meningkatkan brand awareness dan visibilitas merek
  • Membangun loyalitas pelanggan dengan hubungan jangka panjang yang konsisten
  • Penjualan dan pendapatan bisnis ikut meningkat

Jika dilakukan secara benar dan tepat, consumer marketing bisa membawa bisnis Anda menuju kesuksesan. Sebab jenis pemasaran yang satu ini membantu bisnis dalam memahami audiens, menciptakan kampanye pemasaran yang efektif,   dan pertumbuhan jangka panjang.

Agar bisa menciptakan strategi pemasaran konsumen yang berhasil, maka Anda tidak boleh melupakan komponen penting. Yaitu perasaan. Mungkin sekilas Anda merasa bahwa hal tersebut adalah hal yang sepele. Tapi faktanya, komponen perasaan inilah yang mendorong consumer marketing untuk berkembang.

Di sini, perusahaan harus fokus pada bagaimana caranya mempengaruhi pelanggan dengan menarik minat dan hati mereka agar mau membeli lebih dari produk dan/atau jasa yang ditawarkan. Selain itu, Anda juga harus bisa meninggalkan kesan pertama yang baik di benak pelanggan.

Consumer Marketing: Strategi Pemasaran untuk Kesuksesan Bisnis

Strategi Consumer Marketing yang Bisa Anda Gunakan

Lalu bagaimana caranya menciptakan strategi consumer marketing yang efektif agar bisa menarik minat pelanggan? Tenang saja, Benefit One Indonesia akan membantu menjelaskannya satu per satu. Seperti di bawah ini:

Mempertimbangkan Lima Kebutuhan Dasar Pelanggan

Strategi consumer marketing yang pertama adalah dengan mempertimbangkan lima kebutuhan dasar pelanggan. Terdiri dari product (produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi), dan people (orang) atau yang disebut dengan 5P. Dimana semua kebutuhan tersebut merupakan dasar dari bentuk pelayanan pelanggan.

Periksa Saluran Media Sosial Bisnis Anda!

Media sosial merupakan salah satu alat pemasaran paling efektif. Dari media sosial, Anda bisa mengetahui apa saja yang sedang dibicarakan oleh orang-orang terkait brand. Bagaimana cara mereka mengulas produk dan/atau jasa dari brand Anda, cara menggunakannya, hingga berapa banyak produk dan/atau jasa yang mereka gunakan. Selanjutnya, Anda bisa membuat strategi pemasaran yang lebih personal dengan menggunakan consumer marketing.

Membuat Survei untuk Strategi Consumer Marketing

Cara lain untuk berkomunikasi dengan pelanggan adalah survei. Dengan membuat survei, Anda bisa mengetahui preferensi pelanggan, apa yang mereka butuhkan, apa yang perlu ditingkatkan dari brand Anda, dan masih banyak lagi. Hal ini bisa membantu Anda untuk menyusun strategi pemasaran konsumen yang tepat dan efektif.

Consumer Marketing Berdasarkan Konten

Pada dasarnya, consumer marketing merupakan pemasaran berdasarkan konten. Jadi keterlibatan konten adalah kunci utamanya. Ketika ada audiens yang berinteraksi dengan brand, maka Anda bisa mempelajari lebih lanjut tentang strategi pemasaran yang sudah diaplikasikan. Bagaimana reaksi mereka terhadap strategi tersebut, berapa banyak orang yang terlibat, seberapa sering brand Anda dibicarakan, dan lain-lain. Kemudian Anda bisa merencanakan pembuatan konten yang lebih baik lagi untuk menutupi kekurangan.

Tetap Up To Date!

Seperti yang disebutkan di atas, di era teknologi canggih dan digital seperti saat ini semuanya serba cepat. Jika Anda tidak memperbarui konten dan informasi yang diberikan kepada pelanggan, bisa-bisa bisnis Anda akan tertinggal jauh. Mulai dari media sosial, situs website resmi, email marketing, iklan kampanye, dan lainnya harus tetap di up to date.

BACA JUGA: Memahami Pengaruh Consumer Behaviour dalam Bisnis & Faktornya

Benefit One Indonesia, Mitra yang Tepat untuk Meningkatkan Consumer Marketing Bisnis Anda

Faktanya, strategi consumer marketing bisa membantu Anda pelanggan lebih dalam dan personal. Dimulai dari melakukan riset tentang pola perilaku, memahami kebutuhan dan keinginan mereka, memberikan produk dengan harga yang sesuai dan promosi yang tepat, hingga melakukan pemasaran di segmentasi pelanggan yang tepat.

Selanjutnya Anda akan mendapatkan data yang bisa memberikan gambaran mengenai “seberapa puas pelanggan terhadap brand Anda?”. Ketika mereka sudah merasa puas, langkah selanjutnya adalah mempertahankannya. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan membuat program loyalitas pelanggan.

Dimana Anda tidak hanya bisa mempertahankan pelanggan, tetapi juga meningkatkan keterlibatan mereka dengan brand. Benefit One Indonesia adalah salah satu mitra loyalitas terpercaya yang bisa Anda andalkan. Ada banyak jenis reward dan hadiah yang bisa Anda berikan kepada pelanggan setia atau mitra bisnis sekalipun.Berpengalaman di bidangnya lebih dari 10 tahun, Benefit One Indonesia akan memberikan solusi pintar untuk menjaga kesuksesan dan perkembangan bisnis Anda di masa mendatang. Tertarik untuk mencobanya? Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!